Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Cross-platform Apa Perbedaan Antara Aplikasi Web dan Aplikasi Native?

Apa Perbedaan Antara Aplikasi Web dan Aplikasi Native?

-

Saat menggunakan smartphone, Anda tentunya tidak akan jauh dari kata aplikasi, baik itu aplikasi-aplikasi tambahan yang harus Anda download secara langsung melalui Google Play atau App Store. Atau jenis aplikasi-aplikasi yang memang sudah terpasang secara langsung di ponsel pintar Anda, saat Anda membeli ponsel Anda untuk pertama kalinya.

Namun, sebenarnya, aplikasi di smartphone Anda dibedakan menjadi dua, yaitu aplikasi web dan aplikasi asli atau native. Tentunya kedua aplikasi ini memiliki perbedaan dasar antara satu sama lain dan pasti Anda akan tertarik sekali untuk memahami perbedaan-perbedaan tersebut. Sebab, mengenali aplikasi-aplikasi di ponsel Anda secara mendalam tentunya akan memperkaya wawasan sekaligus pengetahuan Anda.

Pengertian aplikasi native dan aplikasi web

CODING-1

Artikel Terkait  Jasa Pembuat Aplikasi Android dan iPhone Terpercaya

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya pahami dulu pengertian dari masing-masing aplikasi ini. Bagaimanapun sebelum paham, kita tidak bisa menilai kualitas suatu produk itu baik atau buruk.

Aplikasi native

Saat Anda memutuskan untuk men-download aplikasi untuk ponsel Anda melalui App Store dan Google Play, maka sudah pasti Anda mengunduh aplikasi asli atau aplikasi native. Aplikasi asli atau native selalu didistribusikan melalui application store-nya seperti Apple App Store khusus iPhone dan iPad, juga Google Play khusus smartphone versi Android. Anda sebagai pengguna smartphone untuk masing-masing perangkat ini, baik iPhone ataupun iPad, dan ponsel berbasis Android, dapat langsung mengakses application store untuk memilih jenis aplikasi yang Anda inginkan lalu melakukan proses download dan install.

Aplikasi native atau aplikasi asli adalah aplikasi yang diciptakan dengan menggunakan bahasa pemrograman yang secara spesifik dikhususkan untuk platform tertentu. Bahasa pemrograman populer yang digunakan secara khusus untuk aplikasi jenis ini adalah Swift atau Objective-C, yang biasanya digunakan untuk platform jenis iOS (Apple). Sementara untuk platform jenis Android pada umumnya menggunakan bahasa pemrograman Java.

Saat Anda meng-install aplikasi native maka aplikasi ini akan langsung di-install di terminal, sebagai contoh aplikasi untuk game. Saat sebuah game di-install ke smartphone Anda, maka Anda dapat memainkannya secara offline dan juga dapat dioperasikan dengan cepat.

Apa itu Aplikasi Web

Aplikasi web adalah aplikasi yang dapat Anda akses dengan menggunakan web browser atau penjelajah web dengan menggunakan jaringan internet atau intranet. Selain itu, aplikasi web juga dikenal sebagai program yang tersimpan pada sebuah server dan kemudian diakses melalui sebuah antar muka atau interface yang bisa dilihat melalui browser.

Meskipun ini adalah aplikasi yang berbasis web, namun ketika mengaksesnya menggunakan browser ponsel, penampilan maupun fungsionalitasnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi asli. Apalagi saat ini situs web sudah diharuskan untuk memiliki tampilan yang tetap professional meskipun diakses melalui terminal berukuran kecil seperti smartphone.

Perbedaannya dengan aplikasi native adalah aplikasi web diakses melalui sebuah browser, sementara aplikasi asli atau native harus diawali dengan menginstallnya dari store.

Kelebihan dan kekurangan aplikasi native

CODING1

Setiap produk IT, besar maupun kecil pasti selalu memiliki dua sisi, yaitu kelebihan dan kekurangan yang perlu kita ketahui sebelum memutuskan untuk membuat atau menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari maupun di lingkungan perusahaan. Pertama adalah aplikasi native. Apa saja yang dimilikinya?

Kelebihan

Jika dilihat dari kelebihannya aplikasi jenis ini dapat menggunakan fungsi-fungsi di dalam perangkat itu sendiri, sekaligus memberikan pemberitahuan mengenai push sekaligus fungsi untuk menggunakan informasi lokasi.

Kemudian aplikasi asli atau native memiliki performa aplikasi yang cepat karena ada bagian dari aplikasi tersebut dapat digunakan secara offline, user friendly, dan dapat memberikan user experience yang baik, termasuk bisa dibuat dengan visual yang tidak dicover dalam aplikasi web.

Artikel Terkait  Manfaat Pengembangan Aplikasi Xamarin Bagi Kelancaran Bisnis Anda

Kekurangan

Tetapi, di balik semua kelebihan tersebut, sudah pasti terdapat kekurangannya juga. Jika Anda tertarik dengan dunia Technology Information (TI), khususnya dalam pengembangan aplikasi, maka untuk mengembangkan aplikasi asli atau native, maka Anda juga harus mepertimbangkan kekurangannya seperti:

    • Membutuhkan biaya yang tinggi dan juga waktu yang lumayan banyak untuk
    • Anda perlu membuat aplikasi tersebut ke dalam beberapa platform, jika ingin membuat aplikasi Anda bisa mendukung berbagai platform misalnya platform android, iOS, serta desktop.
    • Aplikasi native memerlukan update berkala untuk tetap dapat digunakan dengan baik oleh pengguna. Itulah mengapa kita sering melihat aplikasi-aplikasi besar seperti Gojek, Tokopedia beberapa kali mengalami perubahan versi hingga tampilan. Selain karena tuntutan kemajuan OS, mereka juga harus terlihat fresh dan menarik.
    • Semakin besar sebuah aplikasi, maka biaya pemeliharaan dan pemeliharaannya juga semakin tinggi.

 

Kelebihan dan kekurangan aplikasi web

CODING3

Kemudian kedua adalah aplikasi web. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk memesan kepada developer untuk membuat aplikasi jenis ini, cobalah pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

Kelebihan

Keuntungan dari kita menggunakan aplikasi web sudah pasti berbeda dengan aplikasi asli atau native. Kelebihan yang kita dapatkan antara lain:

      • Jika menggunakan aplikasi web, kita tidak perlu mengunduh aplikasi dari store yang berpotensi membuat memori terminal penuh. Kita cukup menggunakan browser untuk akses.
      • Terkadang untuk menggunakan suatu aplikasi dari store kita harus membayar sejumlah uang ke store untuk aplikasi yang berbayar, namun jika aplikasi web semuanya gratis.
      • Sama seperti aplikasi asli atau native, aplikasi web juga menggunakan bahasa pemrograman seperti Javascript, CSS, HTML, Pyhton, dan bahasa pemrograman lainnya. Selain itu dengan adanya HTML 5, aplikasi web juga dimungkinkan untuk memiliki tampilan yang dilengkapi dengan animasi sehingga membuat tampilannya lebih elegan.
      • Dengan menggunakan HTML 5 Aplikasi Web dapat menerapkan aspek-aspek terkait fungsi-fungsi dalam sebuah smartphone. Sayangnya, banyak juga fungsi yang tidak dapat diterapkan disebabkan karena ketergantungan terhadap jenis OS terminal atau browser.
      • Hal ini menyebabkan beberapa Aplikasi Web memiliki kemiripan fitur dengan aplikasi asli (Native). Sebagai contoh, fungsi push, sering digunakan dalam aplikasi Asli (Native). Sementara untuk Aplikasi Web yang menggunakan HTML 5¸ menggunakan fungsi Push Web (Notification API).
      • Keuntungan dari menggunakan Aplikasi Web adalah dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Sebagai contoh, jika Anda memiliki usaha atau bisnis di bidang ritel atau pergudangan, Anda dapat menggunakan Aplikasi Web untuk melakukan pengolahan data persediaan barang.
      • Apabila Anda memiliki Human Resource Department (HRD), aplikasi web dapat dimanfaatkan untuk pengolahan data karyawan.
      • Bahkan, dinas-dinas milik pemerintahan menggunakan aplikasi jenis ini untuk mengatur sistem manajemen kepegawaian, pengelolaan arsip, pengolalaan data surat, dan banyak hal bermanfaat lainnya.
      • Banyak keunggulan dari aplikasi web yang membuat aplikasi jenis ini bermanfaat untuk kehidupan Anda sehari-hari, seperti tidak perlu memiliki sebuah lisensi, tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi, dapat digunakan kapanpun dan dimanapun sekalipun tidak melakukan instalasi, sistem operasi yang digunakan pun bebas. Keunggulan lainnya adalah dapat diakses dengan menggunakan media lain seperti laptop, Personal Computer (PC) hingga smartphone sekalipun.

Artikel Terkait  3 Jenis Aplikasi Mobile Paling Populer dan Sukses Saat ini

Kekurangan

 

      • Saat dukungan web responsive belum ada, kita perlu membuat tampilan web yang berbeda-beda untuk mendukung berbagai terminal, namun sekarang setelah semakin berkembangnya Bahasa program, kita bisa membuat satu coding untuk mendukung semuanya, jadi bisa dibilang bagian ini telah berubah dari kekurangan menjadi kelebihan dalam menggunakan aplikasi web.
      • Tidak bisa di install, karena kita harus langsung mengaksesnya melalui browser.
      • Aplikasi web tidak bisa mengakses fitur-fitur/fungsi yang dimiliki smartphone seperti kamera, GPS dan lain-lain.
      • Performa akses bergantung pada kualitas jaringan internet yang kita gunakan.
      • Tidak bisa digunakan secara offline.
      • Cenderung lebih lambat karena harus memanggil semua konten website.
      • Tidak bisa menerapkan fungsi push notifikasi layaknya di aplikasi native.

Demikian hal-hal menarik tentang perbedaan antara aplikasi asli (native) dan aplikasi web. Semoga ulasan dalam artikel ini semakin memperkaya wawasan Anda terkait aplikasi-aplikasi yang sering Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari dan Anda pun dapat mengambil manfaat dari aplikasi-aplikasi yang Anda gunakan.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya