Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiMobile Programming11 JavaScript Library Animation Terbaik 2021

11 JavaScript Library Animation Terbaik 2021

-

Animasi membuat website maupun aplikasi Anda menjadi semakin menarik, mengingat manusia merupakan makhluk yang bergantung pada visualisasi.

Dewasa kini, ada banyak cara untuk menambahkan animasi ke dalam proyek Anda. Anda dapat menggunakan CSS untuk membuat sebuah animasi sederhana.

Namun, untuk animasi yang lebih kompleks Anda dapat menggunakan JavaScript. Animasi JavaScript diimplementasikan dengan menambahkan perubahan bertahap pada gaya elemen.

Daftar 11 JavaScript Library Animation Terbaik 2021

animasi-sprite-2

Anda dapat menambahkannya sebaris sebagai bagian dari kode Anda, atau memasukkannya ke dalam objek lain. Oleh karena itu pada artikel ini kami merekomendasikan 11 JavaScript Library Animation terbaik untuk Anda.

1. Vivus.js

Vivus adalah salah satu JavaScript library animation yang memungkinkan Anda untuk menganimasikan SVG yang memberi kesan baik ketika animasi tersebut sedang digambar. Karena tidak memiliki ketergantungan, ini cepat dan ringan. Jika Anda ingin meniru gambar di layar secara real-time maka Vivus ini akan sangat cocok untuk Anda.

Vivus menyediakan berbagai template animasi sehingga Anda dapat memilih salah satu animasi yang tersedia – Delayed, Sync atau OneByOne. Selain itu, Anda juga dapat membuat skrip khusus untuk menggambar SVG (Scalaable Vector Graphics) Anda.

Untuk fleksibilitas lebih, Anda dapat mengganti animasi setiap jalur menggunakan fungsi JavaScript sederhana. Saat ini Vivus sudah mendapatkan 13 ribu bintang di website GitHub.

2. AniJS

Ani.Js adalah library JavaScript yang memungkinkan Anda menambahkan animasi pada elemen-elemen dengan mudah, menggunakan struktur ‘sentence-like’ atau struktur yang memudahkan Anda menambah animasi koding, hanya menggunakan kalimat-kalimat. Hal ini juga yang membuat AniJS menjadi library JavaScript terunik untuk membuat animasi.

Perangkat lunak ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang baru mengenal animasi. AniJS bersifat non-spesifik yang memungkinkan pada developer untuk menggunakan AniJS dalam desain UX. AniJS mendapat rating 3.5 ribu bintang di website GitHub.

Library ini tidak bergantung pada library atau perangkat lunak pihak ketiga sehingga dapat membantu Anda dalam mempercepat proses pengembangan. Perangkat lunak ini juga kompatibel untuk digunakan dalam membangun aplikasi di Android maupun iOS juga diberbagai browser populer.

Artikel Terkait  Mau Membuat Game Sendiri? Yuk Kuasai Bahasa Pemrograman Ini Dulu!

3. Anime.js

Library JavaScript ini adalah library animasi yang ringan dan sudah mendapat rating 35 ribu bintang di website GitHub. Anda dapat membuat animasi dengan menggunakan HTML, CSS, JavaScript, SVG, dan DOM untuk menciptakan single API yang powerful.

Anime.js memiliki sistem staggering yang dapat membuat berbagai pembuatan ripple, gerakan arah, tindak lanjut, dan efek yang tumpang tindih tampak sederhana. Anda dapat menggunakan banyak fitur seperti built-in callback untuk melakukan pengulangan gerakan animasi dan control function. Contoh, Anda dapat memainkan, menjeda, mengontrol, membalikan dan memicu peristiwa secara sinkron.

4. Velocity.js

front-end-2

JavaScript library animation ini adalah kombinasi terbaik antara jQuery dan transisi CSS. Rating Velocity di GitHub pun cukup tinggi yaitu mendekati 17 ribu bintang dan dibanggakan oleh pengguna terkemuka seperti WhatsApp dan Mailchimp.

Looping (pengulangan), reversing (pembalikan), delaying (penundaan), hiding/ showing elements (menampilkan atau menyembunyikan elemen), property math (property matematika), dan hardware acceleration (akselerasi perangkat keras)  adalah bagian dari fitur yang dimiliki oleh Velocity. Anda dapat menggunakan library ini untuk menggulir jendela browser.

Velocity dapat bekerja dengan baik ketika dikolaborasikan penggunaannya dengan jQuery yang dimuat di browser Anda dan tidak bergantung padanya, bahkan untuk membatalkan animasi sebelumnya.

5. Popmotion

Popmotion adalah JavaScript Library Animation yang fungsional untuk berbagai lingkungan JavaScript. Popmotion dapat bekerja dengan hampir semua API yang menerima angka sebagai input seperti React, Three.js, A-Frame, dan PixiJS. Popmotion memiliki ukuran yang sangat kecil yakni hanya 11,7kB namun tetap memiliki performa yang tetap baik.

Popmotion menampilkan animasi seperti bingkai utama, decay, timeline untuk menyinkronkan berbagai hal dan masih banyak lagi. Anda dapat mengubah rangkaian animasi atau fungsi apapun, serta dapat menggunakan fungsi murni untuk membuat konfigurasi milik Anda sendiri. Saat ini library Popmotion telah memperoleh rating 18 ribu bintang di GitHub.

5. Three.js

Three.js adalah salah satu library JavaScript yang cukup populer dengan rating yang mencapai 60 ribu bintang di GitHub. Cara kerja Library Three.js bergantung pada WebGL untuk membuat dan merender animasi 3D pada browser.

Three.js menyediakan banyak dokumentasi untuk membantu Anda. Ketika Anda melewati kurva pembelajaran, Anda akan dapat menciptakan berbagai jenis dan bentuk animasi menggunakan library ini. Anda dapat membuat sebuah scene dengan menggunakan editor Three.js. Setelah itu Anda dapat menambahkan figur geometris dan menyesuaikan pencahayaan.

Materi, tekstur, objek, warna, dan fogging seluruhnya dapat diubah dan file akhir dipublikasikan ke proyek Anda.

Artikel Terkait  Apa Peran Scrum Master Dalam Pengembangan Aplikasi? Panduan Bagi Pemilik Aplikasi

7. GreenSock JS

GreenSock GSAP adalah library animasi untuk JavaScript yang bekerja dengan sekumpulan file JavaScript kecil yang membuat animasi Anda tampak keren di semua browser utama. GreenSock JS dapat menghubungkan beberapa properti animasi dan menghilangkan bug browser dengan lancar.

Action GSAP termasuk dalam pembuatan animasi pada kanvas dan menganimasikan objek apa pun ke dalam sebuah scene. Secara progresif, Three.js juga mengungkapkan, mengubah atau memindahkan objek apa pun di sepanjang jalur.

Dalam hal ini, GreenSock JS bekerja dengan banyak aplikasi perangkat lunak seperti SVGPlugins, PixiPlugin, WebGL, Adobe Animate dan EaseJS. Struktur modularnya membantu Anda memilih fungsi yang Anda butuhkan. Saat ini GreenSock JS telah memiliki 8 juta pengguna dan mendapat 10 ribu bintang di GitHub.

8. Mo.js

Mo.js adalah opsi untuk Anda yang suka membuat motion graphic menggunakan JavaScript Library Animation. Motion graphic  sendiri memiliki peran besar dalam animasi dan Mo.js adalah salah satu opsi yang baik untuk Anda gunakan dalam membuat sebuah impact.

Mo.js memiliki ejumlah tutorial dan demo untuk membantu khususnya bagi pemula, sehingga para pemula tidak akan kesulitan membuat bentuk geometris dan animasi waktu ke titik.

API tersebut mungkin tampak sederhana, tetapi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengannya. Di dalam toolkit Mo.js, Anda akan menemukan Editor Kurva dan Editor Timeline untuk membantu Anda membuat animasi, serta pemain yang berguna untuk mengontrol animasi Anda.

Ada berbagai modul untuk staggering, easing, timeline, dan lainnya. Semua fitur yang dimilikinya, Mo.js  berhasil memperoleh rating mendekati 16 ribu bintang di GitHub.

9. ScrollReveal JS

Jika Anda ingin menganimasikan elemen web Anda saat digulir hingga terlihat, maka ScrollReveal JS menjadi pilihan yang baik untuk Anda. Javascript Library Animation ini lebih mudah dipelajari dibanding library yang lain.

Terlebih, library ini cukup populer dengan lebih dari 18,5 ribu bintang di GitHub. ScrollReveal juga mendukung berbagai jenis efek dan berfungsi baik dengan browser web dan seluler. Library ini sengaja bekerja dengan konfigurasi bare-bones, sehingga Anda dapat menggunakannya sebagai kanvas untuk kreativitas Anda.

10. Type.js

Type.js ada;ah library yang sederhana, dan benar-benar lebih seperti plugin ketika Anda menganimasikan ketikan pada layar Anda. Setelah Anda memasukan string makan pengunjung akan melihanya diketik dengan kecepatan tertentu.

Tidak hanya itu, dengan Typed.js Anda dapat menggunakan tombol Backspace serta memulai kalimat baru pada proyek Anda.

Jika Anda ingin memberi akses pada pengunjung dengan JS nonaktif serta untuk melihatnya pula, Anda hanya perlu menempatkan div HTML pada halaman. Dengan demikian bit dan mesin pencari juga dapat melihat kata atau kalimat yang Anda ketik. Library ini telah mendapat 9.5 ribu bintang di GitHub. Pengguna yang kuat juga banyak berasal dari Slack dan Envanto.

Artikel Terkait  9 Tipe Error Ngoding dan Solusi Praktisnya

11. Lottie by AirBnB

AirBnB adalah salah satu perusahaan raksasa yang juga bergerak dibidang teknologi. Salah satu produk terbaik AirBnB adalah Lottie. Lottie adalah format grafik animasi ringan yang menyeimbangkan grafik berkualitas tinggi dengan biaya pembuatannya. Lottie membuat aplikasi lebih kecil dan mencakup fitur dinamis.

Library Javascript ini dapat digunakan untuk web, Android, iOS dan IoT, tanpa perlu perangkat lunak tambahan. Lottie dapat berjalan di browser apapun yang mendukung JavaScript. Animasi disimpan dalam teks biasa dan dapat dibaca oleh banyak orang. Karena data teks disimpan dalam format JSON, itu mudah berasimilasi dengan lingkungan JavaScript apa pun.

Ini menjadikannya format grafik animasi yang populer untuk menyempurnakan tampilan depan seluler. Versi androidnya sendiri sudah banyak dinikmati oleh para developer serta mendapat hampir 30 ribu bintang di GitHub.

Itulah 11 JavaScript Library Animation yang dapat Anda coba untuk membuat aplikasi, website, dan berbagai proyek lainnya agar lebih animatif. Anda dapat menyesuaikan library pilihan Anda dengan kebutuhan Anda.

Seluruh library ini dapat Anda unduh di GitHub, yaitu sebuah website khusus manajemen proyek dan sistem versioning code sekaligus platform jaringan sosial yang dibuat khusus untuk para developer. Pada GitHub Anda juga akan menemukan berbagai tutorial pengunduhan hingga menjalankan code dari berbagai bahasa pemrograman. Selamat mencoba.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya