Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteMaintenanceWhatsApp GB dan Ancamannya Bagi Pengguna WhatsApp!

WhatsApp GB dan Ancamannya Bagi Pengguna WhatsApp!

-

Pada tanggal 2 Februari 2021 lalu, istilah WhatsApp GB (WA GB) mencuat di kalangan umum, terutama di kalangan pengguna Twitter. Aplikasi tersebut dinilai sejumlah netizen ilegal dan berbahaya bagi privasi pengguna WhatsApp.

Pihak WhatsApp juga menyatakan bahwa pihaknya tidak mendukung aplikasi tersebut, dikarenakan mereka tidak dapat mem-validasi praktik keamanannya.

Seperti apakah WhatsAppGB tersebut?

Yuk, disimak pembahasannya!

WhatsApp

WhatsApp merupakan sebuah aplikasi pesan instan untuk smartphone. Jika dilihat dari fungsinya aplikasi ini sama seperti SMS, tetapi tidak menggunakan pulsa, melainkan data internet.

Aplikasi ini didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum, pada tanggal 24 Februari 2009. Dengan bermodalkan uang sebesar $400.000, mantan pekerja Yahoo itu mengunjungi temannya Alex Fishman untuk berdiskusi mengenai App Store yang waktu itu baru berusia tujuh bulan.

Koum merasa bahwa toko tersebut memiliki potensi.

Kemudian Fishman membantu Koum mencarikan developer aplikasi iPhone dan Fishman menemukan developer aplikasi iPhone, Igor Solomennikov, yang berasal dari Rusia.

Dan pada akhirnya ia mendirikan WhatsApp Inc.

Meskipun WhatsApp Inc. telah berdiri, aplikasi perusahaan tersebut pun masih jauh dari kata beres. Namun popularitas WhatsApp tetap melesat cepat di hampir semua platform.

Per Februari 2013 pengguna aktif WhatsApp meledak di angka dua ratus juta. Kemudian angka ini meledak menjadi dua kali lipat pada bulan Desember, kemudian naik lagi menjadi lima ratus juta pada bulan April 2014. Kemudian menjadi sembilan ratus juta pada September 2015.

Dikarenakan pesatnya perkembangan aplikasi tersebut, Facebook pun tergila-gila pada WhatsApp. WhatsApp Inc pun menerima pinangan Facebook dengan mahar sebesar $19 milliar.

Fitur-Fitur Unik WhatsApp

whatsapp1

WhatsApp memiliki keunikan sendiri.

Yaitu dalam hal kemudahan.

Sistem pengenalan kontak WhatsApp, verifikasi dan pengiriman pesan dilakukan melalui nomor smartphone yang sudah terlebih dahulu didaftarkan. Berbeda sekali dengan BBM yang menggunakan PIN, ataupun LINE yang tidak hanya membutuhkan nomor ponsel, tetapi juga membutuhkan e-mail dan nama pengguna.

WhatsApp dapat di-download di aplikasi Play Store. Atau bagi penggun iphone dapat mengunduhnya di App Store. Selain itu juga dapat digunakan di smartphone-smartphone lainnya, seperti Nokia S40, S60, BlackBerry dan Windows Phone.

Situs resmi WhatsApp pun dapat memberikan informasi yang lebih lengkap.

Selain aplikasi resmi WhatsApp, WhatsApp juga memiliki aplikasi-aplikasi lainnya.

Sebagai contoh WhatsApp GB atau WA GB.

Pembahasannya adalah sebagai berikut!

WhatsAppGB

Aplikasi ini bukanlah aplikasi baru, aplikasi tersebut sudah ramai diperbincangkan oleh banyak orang sejak beberapa tahun lalu.

Apa yang dimaksud dengan WhatsAppGB alias WA GB?

WhatsAppGB adalah WhatsApp MOD, sebuah aplikasi Android tidak resmi yang dibangun dengan fitur-fitur canggih yang tidak dimiliki oleh aplikasi WhatsApp resmi. Meskipun begitu, aplikasi modifikasi ini dinilai tidak aman untuk digunakan, sekalipun menyediakan banyak fitur hebat yang tidak tersedia di aplikasi WhatsApp resmi.

Lalu, apa bedanya WhatsApp resmi dengan WA GB?

Artikel Terkait  Rekomendasi Tools Online Terbaik Untuk Mengecek Website Anda Down atau Tidak

Perbedaan WhatsApp Resmi dan WhatsAppGB

WA GB memiliki perbedaan dengan WhatsApp resmi.

Aplikasi ini dapat menampung karakter hingga 139 karakter, namun WA GB dapat menampung lebih banyak lagi yaitu 255 karakter. Kemudian dapat berbagi Dok secara sekaligus yaitu 30 dok untuk WhatsApp resmi dan 100 dok untuk WA GB. Dalam hal berbagi media, aplikasi WhatsApp resmi dapat mengirim media dengan ukuran hingga 15 MB, sementara WA GB dapat mengirim media dengan ukuran hingga 50 MB.

WhatsApp juga mendukung bahasa hingga 45 bahasa, namun WA GB dapat mendukung lebih banyak hingga 130 bahasa.

WhatsApp resmi tidak memiliki fitur-fitur seperti menyalin status, sembunyikan terakhir dilihat, berbagi dokumen pdf dan txt, mengirim pesan kosong, dan mengubah tema. Sementara WA GB memiliki semua itu.

Bahaya yang Ditimbulkan WhatsAppGB bagi Penggunanya

Terdapat beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh aplikasi tersebut kepada penggunanya, diantaranya:

Menghalangi Privasi Pengguna

Sama seperti WhatsApp Plus, GBWhatsApp, OGWhatsApp atau versi WhatsApp modifikasi lainnya, aplikasi ini pun dapat menghalangi privasi pengguna karena pesan tidak disajikan dari server resmi seperti yang di-hosting oleh WhatsApp LLC dari Facebook.

Rentan Malware dan SpyWare

Seluruh aplikasi versi modifikasi WhatsApp rentan untuk menyuntikkan Malware dan Spyware karena server yang di-hosting kurang aman. Oleh karena itu lebih rentan untuk menyebabkan kerusakan data.

Versi WhatsApp Modifikasi Tidak Di-Enkripsi

Seluruh versi modifikasi WhatsApp tidak dienkripsi, sehingga membuat pesan apapun yang dikirim dapat dibaca oleh orang ketiga. Sehingga sangat berbahaya saat digunakan untuk mengirim pesan berisi informasi rahasia, seperti kredensial perbankan, data pribadi, atau informasi pribadi lainnya yang dapat membahayakan penggunanya.

Bertentangan dengan Kebijakan WhatsApp

Menggunakan aplikasi ini ataupun WhatsApp versi modifikasi lainnya memang tidak ilegal, tetapi bertentangan dengan kebijakan WhatsApp, memicu pihak resmi WhatsApp, yaitu WhatsApp Inc.,  melarang penggunaan WhatsApp secara permanen.

Permintaan Izin yang Tidak Umum

Aplikasi WhatsApp versi modifikasi juga sering melakukan permintaan izin yang tidak umum untuk menjalankan aplikasi. Pengembang aplikasi dapat memanfaatkan informasi pribadi pengguna aplikasi yang dapat berbahaya bagi dirinya jika smartphone-nya digunakan untuk tujuan bisnis apapun.

Itulah ancaman-ancaman yang diberikan oleh aplikasi ini.

Selain itu terdapat aplikasi-aplikasi lain sejenis aplikasi ini yang juga berbahaya.

Aplikasi apa sajakah itu?

Berikut ini pembahasannya!

Aplikasi Sejenis WA GB Lainnya

whatsapp3

Aplikasi sejenis aplikasi ini adalah sebagai berikut.

GBWhatsApp Mini

GB WhatsApp Mini adalah aplikasi WhatsApp versi modifikasi yang didesain agar dapat berjalan di smartphone Android kelas bawah dengan RAM dan daya CPU yang kecil. Aplikasi ini menggunakan WhatsApp Skin resmi, meskipun ada juga opsi untuk mengubah warna dan temanya.

GBWhatsApp Mini sebenarnya merupakan versi ringan dari GBWhatsApp yang populer dengan semua fitur penting disertakan dan beberapa fitur tidak terlalu penting dikecualikan.

OGWhatsApp

Aplikasi ini menawarkan banyak tema kepada penggunanya, serta terdapat peningkatan batas jumlah huruf dalam status dan penggunanya tidak perlu khawatir dalam mengirim file video hingga audio berukuran besar. Selain itu, gambar profil kontak pengguna aplikasi OGWhatsApp dapat diperbesar.

YoWhatsApp (YoWa)

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya mengunci WhatsApp-nya tanpa Pengunci aplikasi pihak ketiga. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membuat penggunanya menyembunyikan pesan terakhir yang terlihat untuk sejumlah kontak yang dipilih, sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh aplikasi modifikasi lainnya.

FMWhatsApp

Menawarkan penyesuaian tema yang rendah, menyediakan opsi lain untuk obrolan, dapat menggunakan beberapa nomor sekaligus, merupakan fitur-fitur yang diberikan oleh aplikasi ini. Selain itu, pengguna aplikasi ini dapat mengirimkan file dengan size lebih dari satu GB, menawarkan lebih dari tiga jenis tanda centang dan gaya gelembung.

WhatsApp Indigo

Aplikasi modifikasi yang satu ini menyajikan fitur gelembung dalam berbagai warna, sebagai contoh, Crayon, Cyan, Grey, Pink, dan lain sebagainya. Di antara banyak fitur yang disediakan oleh WhatsApp versi modifikasi lainnya, aplikasi ini memungkinkan penggunanya mengirim file

sebesar 72 mb dan mengirim gambar dalam kualitas aslinya, bukan seperti WhatsApp versi resmi yang memangkas kualitasnya.

Meskipun menjadi ancaman bagi penggunanya, aplikasi WhatsApp versi modifikasi memiliki keunggulan-keunggulan yang dapat diberikan kepada penggunanya.

Seperti yang dipaparkan dalam pemaparan sebelumnya, juga oleh pihak aplikasi itu sendiri.

Artikel Terkait  Informasi Terlengkap Seputar Black Box Testing | Metode Uji UI, Fitur dan Fungsi App Terbaik

Keunggulan WA GB

Aplikasi ini meng-klaim dirinya sebagai alternatif terbaik daripada aplikasi WhatsApp resmi yang dibuat oleh WhatsApp Inc..

Aplikasi ini yang juga disebut sebagai versi MOD atau MODDED dari aplikasi WhatsApp resmi meng-klaim memiliki fitur dan fungsi tambahan dari aplikasi resmi WhatsApp untuk Android yang dirilis oleh WhatsApp. Inc.

Kelebihan aplikasi ini adalah dari sisi pengaturan privasi, penggunanya dapat mengoptimalkan pengaturan privasi sesuai dengan kebutuhannya.

Melalui pengaturan privasi pengguna aplikasi ini dapat melakukan beberapa hal sekaligus, misalnya meyembunyikan status online, mengatur status “… sedang menulis”, centang biru, centang biru untuk voice note, double centang, hingga mengembalikan pesan yang dihapus.

Selain itu terdapat kelebihan lainnya, seperti dapat mematikan sambungan internet, mengganti font dan tema, hingga mengirimkan pesan terjadwal.

Mematikan Koneksi Internet

Sebuah smartphone tentunya mempunyai fitur untuk mematikan koneksi internet. Saat fitur tersebut dipilih, maka koneksi sebuah smartphone akan mati secara otomatis. Dan seluruh aplikasi yang membutuhkan koneksi internet pun akan mati.

Tetapi dalam aplikasi WA GB terdapat fitur yang dapat mematikan koneksi internet hanya untuk WhatsApp. Fitur itu disebut dengan DND Mode. Dan fitur ini hanya dimiliki WA GB.

Mengirimkan Pesan Terjadwal

WA GB juga memiliki fitur khusus lainnya berupa pengiriman pesan secara terjadwal. Jadi apabila seseorang ingin mengirimkan pesan penting atau khusus kepada orang-orang tersayang atau rekan-rekan penting lainnya, dapat langsung melakukan pengaturan jadwal pengiriman pesan tersebut agar tidak lupa nantinya.

Orang tersebut dapat langsung memilih tiga titik yang terletak di pojok kanan atas, kemudian pilih Message Scheduler. Kemudian pilih lambang + yang terletak di pojok kanan atas, pilih nomor penerima.

Lalu, isi pesan yang diinginkan, dan atur tanggal dan waktu pengiriman. Dan pesan pun akan terkirim dengan sendirinya sesuai dengan tanggal dan waktu yang diinginkan!

Memiliki Font dan Tema yang Beragam

Aplikasi ini memiliki font yang beragam, kemudian tema yang menarik juga dapat ditemukan. Berbeda sekali dengan WhatsApp resmi dimana seseorang hanya dapat mengganti wallpaper.

Dikarenakan kelebihannya tersebut, pihak WhatsApp resmi sendiri sudah mengadaptasi beberapa fitur WhatsApp versi modifikasi ini.

Sebagai contoh, fitur “Terakhir Dilihat…” yang sudah diaptasi sejak 2016 lalu, kemudian fitur centang biru dan fitur untuk menyembunyikan nama saat melihat status orang lain.

Namun, selebihnya, fitur-fitur lainnya masih dimiliki oleh WA GB.

Jadi, meskipun memberikan ancaman, aplikasi ini tetap memiliki keunggulan tersendiri, bukan?

Jadi, Apa Sebaiknya WhatsAppGB Digunakan?

Jadi, apa sebaiknya aplikasi ini digunakan?

WhatsApp menyatakan dalam halaman resminya bahwa pihaknya tidak mendukung aplikasi tersebut. Dikarenakan aplikasi tersebut merupakan aplikasi tidak resmi yang dikembangkan oleh pihak ketiga dan sama seperti WhatsApp Plus, WhatsApp menilai bahwa aplikasi ini melanggar ketentuan layanan.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihak WhatsApp akan melakukan pemblokiran sementara kepada akun penggunanya yang terdeteksi menggunakan aplikasi tersebut. Dan WhatsApp akan melakukan pemblokiran secara permanen apabila penggunanya tidak beralih ke aplikasi resmi setelah diblokir sementara.

Akun yang tertangkap basah menggunakan WA GB dan sejenisnya pun sering mendapatkan pesan yang menyebutkan bahwa akun mereka telah dicekal secara sementara. Bahkan jika tidak langsung pindah ke aplikasi resmi WhatsApp, akun-akun ini akan terancam dihapus secara permanen.

Namun, terdapat bantuan apabila pengguna aplikasi ingin beraih ke aplikasi WhatsApp resmi yaitu berupa informasi. Namun, WhatsApp sendiri tidak menjamin bantuan tersebut akan sukses dikarenakan WhatsApp tidak mendukung aplikasi yang tidak resmi.

Apabila Anda masih ingin mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi ini, terdapat dua hal lainnya juga yang harus Anda pertimbangkan.  Aplikasi ini tidak tersedia di Play Store, sehingga apabila pengguna Android ingin menggunakan aplikasi tersebut, harus melakukan penginstallan aplikasi tersebut ke pihak ketiga melalui perangkatnya langsung. Dan pihak WhatsApp tidak bertanggung jawab atas berfungsinya aplikasi WA GB di smartphone Android.

Selain itu, apikasi ini juga tidak tersedia di App Store, sehingga aplikasi tidak dapat digunakan di perangkat iOS seperti iPhone, iPad dan iPod. Kebijakan penerbitan aplikasi dan ketentuan iOS lah yang membuat aplikasi ini tidak dapat digunakan di produk-produk Apple tersebut.

Aspek keamanan pun harus Anda perhatikan.

Meskipun, memang, pihak WA GB pun menyatakan bahwa akun penggunanya tidak diblokir. Hal itulah yang membuat pihak WA GB menilai bahwa aplikasi modifikasi buatannya tidak melanggar nilai-nilai utama WhatsApp resmi.

Artikel Terkait  Web Lambat Karena Gambar? Cara Terpraktis Mengatasi “Serve Scaled Images” di Web

Kesimpulan

Berdasarkan informasi tersebut, tentunya aplikasi WA GB memiliki keunggulan tersendiri disamping ancaman yang diberikan.

Sekalipun memiliki keunggulan, tetap saja Anda harus dapat mempertimbangkan faktor-faktor lainnya, sebagai contoh, faktor keamanan, dan faktor-faktor lainnya.

Jadi, Anda dapat memilih keputusan yang tepat, apakah akan menggunakan aplikasi tersebut atau tidak.

Demikian informasi mengenai WA GB, perbedaannya dengan WhatsApp resmi, ancaman serta keunggulannya.

Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda, sehingga Anda dapat lebih berhati-hati lagi dan Anda dapat lebih mempertimbangkan lagi seandainya Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan WA GB.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya