Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Backend Belajar Komputasi Terdistribusi dengan Hadoop | Framework Big Data

Belajar Komputasi Terdistribusi dengan Hadoop | Framework Big Data

-

Siapa bilang bahwa framework hanya digunakan untuk membangun sebuah website atau aplikasi saja? Rupanya ada sebuah teknologi framework yang dapat digunakan untuk mengolah big data, lho.

Framework Hadoop adalah framework yang dapat dipakai untuk melakukan beragam bentuk pengolahan big data. Sudahkah Anda pernah mendengar nama Hadoop sebelumnya?

Jika belum, maka tidak perlu risau. Artikel edisi kali ini akan mengupas tuntas seputar Hadoop. Penasaran ingin tahu lebih banyak apa itu Hadoop dan cara kerjanya? Mari lanjutkan scroll ke penjelasan berikut ini untuk mengetahui peranan Hadoop dalam pengolahan komputasi khususnya untuk distribusi big data. Selamat membaca!

Framework Hadoop Adalah Jawaban untuk Komputasi Big Data

hadoop-2

Saat ini, kita sudah berada di era big data atau mega data. Di setiap detiknya, ada begitu banyak data-data yang masuk dan diterima oleh sebuah server. Saking banyaknya jumlah dan ragam data tersebut, maka kita perlu memakai solusi paling efektif untuk menjalankan komputasi big data. Sebab, sangat mustahil bagi kita untuk menjalankan komputasi big data tanpa bantuan alat khusus.

Kabar bagusnya, para ahli IT sudah menemukan jawaban untuk permasalahan tersebut. Framework Hadoop adalah solusinya. Namun apa itu Hadoop?

Hadoop adalah framework untuk mengolah big data. Tujuan penggunaan Hadoop teknologi adalah untuk mengerjakan komputasi terdistribusi big data dengan lebih mudah. Framework ini juga dapat digunakan oleh siapa saja, sebab Hadoop adalah teknologi berbasis open source.

Saat ini, Hadoop teknologi adalah framework yang ditulis dengan Java, otomatis, menjadi sebuah kabar bahagia untuk Anda yang menguasai bahasa programming Java. Sementara untuk persoalan lisensi, lisensi Hadoop teknologi adalah di bawah naungan Apache.

Hadoop adalah teknologi yang dibuat untuk memudahkan pengolahan big data. Dirilis pertama kali di tahun 2005 oleh duo Mike Cafarella dan Doug Cutting, Hadoop sampai saat ini masih ramai dipergunakan dalam dunia pengolahan mega data khususnya bagi perusahaan internet dan teknologi ternama seperti Yahoo dan Google.

Uniknya, nama Hadoop adalah nama yang diambil dari mainan gajah-gajahan milik anak Doug, begitu pula dengan logonya yang berupa gajah kecil berwarna kuning.

Contoh implementasi Hadoop banyak dijumpai pada perusahaan IT besar seperti Google, Yahoo, Microsoft, dan lain sebagainya. Pada prakteknya, contoh implementasi Hadoop adalah pada proses komputasi terdistribusi mega data, di mana data berukuran besar akan terbagi secara efisien menjadi potongan-potongan task yang lebih kecil. Dengan begini, machine learning dan mesin pengolahan data lainnya dapat mengolah data dengan lebih mudah plus mendapat kesimpulan yang akurat.

Beberapa contoh implementasi Hadoop lainnya adalah untuk aktivitas-aktivitas seperti berikut ini:

  • Melakukan read (baca) data-data secara masif.
  • Mengolah file data besar.
  • Proses batch data.
  • Melaksanakan mekanisme pengolahan data yang kompleks seperti data warehousing, searching, data analytics dan log processing.

Sementara Hadoop tidak bisa untuk digunakan menyelesaikan tugas-tugas berikut ini:

  • Mengolah file berukuran kecil yang banyak.
  • Mengolah data yang bersifat low latency.
  • Melakukan penulisan dan pembaharuan (write and update) data.
  • Melakukan processing streaming data.

Artikel Terkait  Framework Backend Terbaik untuk Pengembangan Web di Tahun 2021

Komponen Penting Pendukung Kinerja Hadoop Framework

hadoop-3

Untuk bisa melaksanakan kinerjanya, ada 2 komponen penting yang dimiliki oleh Hadoop framework, yakni MapReduce dan HDFS. MapReduce berperan dalam proses engine data processing, sementara HDFS berperan sebagai data storage.

MapReduce

MapReduce berperan dalam proses engine data processing. MapReduce di Hadoop juga berperan untuk melakukan proses distribusi data dengan 2 fungsi yakni Map dan Reduce. Fungsi Map dipakai untuk melakukan distribusi tugas pengelolaan data antar komputer. Kemudian, kerja dilanjutkan dengan mengurangi hasil pengelolaan data ke dalam sebuah ringkasan bernama ‘reduce’.

Secara lebih rinci, tahap-tahap pekerjaan distribusi data dalam MapReduce terbagi menjadi 4 secara berurutan yakni:

  • Splitting = membagi (split) data menjadi beberapa blok.
  • Mapping = memperoleh key-value dengan memproses setiap blok.
  • Shuffling = setiap key dengan value yang sama akan dikumpulkan.
  • Reducing = proses agregasi kepada semua pasangan key-value.

HDFS

HDFS adalah singkatan dari Hadoop Distributed File System. HDFS berfungsi untuk menyimpan data (storage) dari data-data yang sudah terdistribusi di sistem Hadoop. Sama seperti MapReducing, HDFS terdiri dari 2 elemen utama bernama Datanode dan Namenode. Datanode berfungsi menyimpan semua blok data, sementara Namenode menyimpan metadata.

Dalam kerjanya, Namenode memberi arahan dan informasi tentang replika serta penempatan metadata ke Datanode. Dengan begini, Datanode dapat menjalankan tugasnya dengan baik untuk menyimpan data di blok yang tepat.

Contoh perintah di HDFS:
hdfs dfs –ls hdfs dfs -mkdir <folder name>

hdfs dfs -copyFromLocal <local file path>

<dest(present on hdfs)>

hdfs dfs -cat <path>

hdfs dfs -copyToLocal <<srcfile(on hdfs)>

<local file dest> hdfs dfs -cp <src(on hdfs)>

<dest(on hdfs)> hdfs dfs -mv

<src(on hdfs)>

<src(on hdfs)>

Artikel Terkait  Database Adalah ? | Cara Meningkatkan Keamanan Database

Ekosistem Hadoop

Tak hanya kedua komponen di atas, Hadoop juga mempunyai ekosistem sendiri. Awalnya, Hadoop mempunyai 4 modul utama sebagai ekosistemnya yakni:

  • YARN = platform resource management yang digunakan untuk proses pengelolaan resource dan schedulling di kluster.
  • HDFS = sistem distribusi file dalam Hadoop.
  • Common = memuat tools, utilities dan aneka library yang menunjang kinerja Hadoop.
  • MapReduce = berisi model algoritma khas Hadoop untuk mengelola big data menjadi bentuk yang lebih sederhana

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, jumlah ekosistem dalam Hadoop terus bertambah. Hal ini masuk akal mengingat Hadoop adalah software berbasis open source. Jadi, saat ini Anda bisa menemukan aneka modul Hadoop lain seperti Spark, Zookeeper, Pig, Hive, Oozie, Sqoop, Flume dan seterusnya. Anda bisa menambahkan ekosistem tersebut sesuai dengan kebutuhan kerja.

Tertarik untuk memakai Hadoop? Anda bisa mengunduh Hadoop dan menginstalnya secara gratis dari link http://hadoop.apache.org . Namun untuk bisa menjalankan Hadoop, Anda perlu memastikan bahwa komputer sudah terinstal dengan bahasa pemrograman Java. Selebihnya, Anda bisa mendapatkan tutorial langsung untuk menginstal dan menjalankan Hadoop pertama kali saat selesai mendownload software.

Ada 3 jenjs Hadoop yang berkembang di pasaran saat ini, yakni versi 1.x, 2.x dan 3.x. ukuran software ini juga tidak besar, mulai dari 64 MB sampai 128 MB saja. Pun dengan satu software kecil sederhana Hadoop ini, Anda bisa menjalankan aneka kerja pengolahan big data dengan lebih mudah.

Apabila Anda saat ini bekerja sebagai data analist atau data scientist di perusahaan berskala besar yang sudah bisa memperoleh banyak data dalam hitungan waktu, maka tidak ada salahnya untuk mencoba memakai Hadoop demi mempermudah pekerjaan Anda.

Demikianlah artikel edisi kali ini seputar perkenalan Hadoop. Kita akan berbincang-bincang lebih banyak lagi seputar framework Hadoop maupun framework lainnya pada artikel IT edisi berikutnya. Untuk itu, yuk follow website dan media sosial Appkey.id agar tidak ketinggalan informasi! Sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya