Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Biaya Pembuatan Website Alternatif Cpanel Gratis Untuk Mengelola Website Anda

Alternatif Cpanel Gratis Untuk Mengelola Website Anda

-

Jika Anda seorang pengembang atau menjalankan bisnis kecil, Anda tentu mencari jenis panel kontrol yang berkualitas bagus. Kami menyarankan untuk memakai panel kontrol yang efisien dan hemat biaya, bahkan gratis.

Pada dasarnya, kita dapat mengelola website tanpa panel kontrol. Akan tetapi, tanpa panel kontrol, semua perubahan pengguna memerlukan metode baris perintah. Hal ini membuat kita akan lebih rumit dan sangat sulit untuk mengelola server. Selain itu, manajemen server itu sendiri bisa menjadi proses yang membosankan bagi pengguna.

Kehadiran panel kontrol mampu melakukan tugas administrasi sistem Linux, seperti menginstal, mengkonfigurasi, memperbarui paket perangkat lunak, dan mengaktifkan aplikasi di website. Sekali lagi, ketika panel kontrol open source, pengguna dapat dengan bebas memodifikasi untuk menambahkan fitur baru juga.

Sebagian besar alternatif cpanel ini adalah open source, yang berarti kita dapat menelusuri dan memeriksa kode yang mendasarinya. Bahkan, kita dapat membuat perubahan jika mau dan mampu. Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita memahami tentang pengertian cpanel.

Apa itu Cpanel? Apa Cpanel Gratis?


Hosting04

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Termurah Dan Berkualitas

Apa itu cpanel? Cpanel adalah salah satu panel kontrol berbasis Linux yang paling populer untuk akun hosting web. Cpanel memungkinkan kita mengelola semua layanan di satu tempat dengan mudah. Saat ini, cpanel adalah standar industri dan sebagian besar pengembang web sangat mengenalnya. Cpanel merupakan panel berbayar yang banyak digunakan di dunia saat ini. Oleh karena itu, istilah free cpanel, hosting gratis cpanel, dan free hosting cpanel unlimited mungkin jarang kita dengar saat ini karena memang panel control ini berbayar.

Apa itu Hosting Cpanel? Apakah Ada Altenatif Hosting Cpanel Gratis?


Hosting01

Hosting cpanel pada dasarnya adalah web hosting Linux yang mencakup instalasi cpanel. Lalu apa yang dimaksud dengan hostinger cpanel? Hostinger cpanel artinya penyedia hosting cpanel.

Cpanel memiliki pro dan kontra, tetapi berfungsi dengan cukup baik di sebagian besar kasus dan membuat pilihan yang masuk akal ketika kita mencari solusi panel kontrol. Panel kontrol ada pula yang gratis. Panel kontrol ini pun ada yang mampu membuat manajemen server lebih mudah dan lebih cepat melalui antarmuka berbasis web. Selain itu, perangkat lunak panel kontrol yang dipasang di server mana pun memungkinkan pengguna untuk mengelola server dan layanan hosting web. Kita akan membahas altenatif panel kontrol yang gratis  di bawah ini.

Bila biasanya kita harus membayar untuk menggunakan cpanel, dengan beberapa alternatif ini Anda bisa menggunakan cpanel gratis.

Alternatif Cpanel Gratis


Hosting03

Ada ribuan alternatif untuk cpanel di luar sana. Karena setiap penyedia hosting berbeda maka kita perlu memeriksa dengan setiap host potensial untuk mendapatkan ide tentang solusi panel kontrol apa yang mereka gunakan.

Pada akhirnya, tidak masalah jika menggunakan cpanel atau alternatif, selama kita dapat mencapai apa yang diinginkan. Jika kita memerlukan panel kontrol untuk melakukan sesuatu yang spesifik maka periksa kembali penyedianya.

Zpanel: Altenatif Cpanel Gratis Untuk Linux, UNIX, MacOS, dan Microsoft Windows


Zpanel adalah penyedia panel kontrol (web hosting) yang menyediakan panel secara gratis dan sangat mudah digunakan di Linux, UNIX, MacOS, dan Microsoft Windows. Zpanel ditulis dalam bahasa PHP murni dan berjalan dengan baik di  Apache, PHP dan MySQL. Zpanel muncul dengan serangkaian fitur inti penting untuk menjalankan layanan hosting web kita. Fitur inti ini meliputi Apache Web Server, hMailServer, FileZilla Server, MySQL, PHP, Webalizer, RoundCube, phpMyAdmin, phpSysInfo, FTP Jailing, dan masih banyak lagi.

Froxlor: Cpanel Gratis Ideal untuk Setiap Pengembang Website


Froxlor menggambarkan dirinya sebagai alternatif cpanel yang ringan dan gratis. Selain itu, froxlor menggambarkan dirinya sebagai alternatif paling baik dalam membantu host web berpengalaman menangani beberapa website.

Panel kontrol Froxlor tidak termasuk manajer file bawaan. Oleh karena itu, kita harus terbiasa menyiapkan FTP dan memindahkan file di sekitar website kita dengan cara itu.

Untuk setiap pengembang yang sedang membangun website untuk klien, Froxlor adalah alternatif cpanel gratis yang ideal. Panel kontrol memungkinkan kita untuk mengelola sumber daya yang dihosting oleh pemilik website di website mereka. Plus, kita dapat mengizinkan pengunjung website untuk menghasilkan tiket dukungan di website kita dan kemudian meresponsnya melalui Froxlor.

Artikel Terkait  Cara Mendapat Domain Gratis Tanpa Syarat

Cpanel Gratis Webmin


Webmin adalah salah satu alternatif cpanel gratis terpopuler karena sebagian besar menawarkan fungsionalitas yang sama seperti cpanel. Selain itu, Webmin merupakan alternatif cpanel yang paling kaya fitur. Webmin memungkinkan kita untuk mengkonfigurasi website sepenuhnya dan memberi kita akses ke kontrol server yang dapat memengaruhi bagaimana konten kita disimpan, dikelola, dan dilindungi. Di samping itu, Webmin memungkinkan kita memonitor bandwidth, membuat firewall iptables kita, mengatur pekerjaan cron, mengamankan koneksi SSH kita, dan banyak lagi.

Seperti halnya cpanel, Webmin hanya tersedia untuk server Linux yang menjalankan Ubuntu, Debian, atau CentOS. Kode Webmin tersedia secara bebas di Github sehingga pengembang tingkat lanjut dapat dengan bebas memodifikasi kode sumber untuk mengubah panel kontrol dan proses pemasangannya sesuai keinginan mereka.

Webmin juga menawarkan keamanan yang sangat baik berkat sertifikat enkripsi gratis yang disediakan. Kita dapat menambahkan SSL ke website tertentu dan mengelola sertifikat kita, juga memilih apakah setiap domain beroperasi pada IPv4 atau IPv6.

ISPConfig Dengan Fitur Paling Unik


ISPConfig adalah pesaing lama lainnya di ruang alternatif cpanel gratis dan mungkin menjadi kuda hitam dari perbandingan ini. Dengan ISPConfig, kita juga dapat menkonfigurasi server web Apache2/nginx, server mail, DNS, mirroring, dan banyak lagi.

Fitur paling unik dari ISPConfig adalah kemampuannya untuk mengelola beberapa server dari panel kontrol tunggal. Jika kita akan bekerja dengan lebih dari satu server dan menginginkan pengalaman yang konsisten di semua server tanpa harus memasang panel kontrol yang sama di setiap server, ISPConfig mungkin saja solusinya.

ISPConfig bekerja dengan Debian, Ubuntu, dan CentOS, yang membuatnya fleksibel untuk hampir semua aplikasi. Kode sumber tersedia melalui repositori GitLab organisasi di bawah lisensi BSD open source.

Artikel Terkait  Fungsi Web Server dan Cara Kerjanya

Cpanel Gratis Ajenti yang Menggambarkan Dirinya “Peduli”


Ajenti adalah panel kontrol komprehensif. Ajenti memiliki kemampuan untuk membangun firewall, menginstal paket, mengelola pengguna, memantau penggunaan sumber daya, dan lain-lain. Ajenti adalah panel kontrol yang bagus untuk mereka yang sudah memiliki beberapa layanan yang berjalan di server mereka. Panel lain hanya menghapus konfigurasi yang ada, tetapi Ajenti berkomitmen untuk setidaknya mencoba mengambil konfigurasi kita saat ini tanpa mengubahnya. Ajenti juga menggambarkan dirinya “peduli” karena semua perubahan tidak merusak dan tidak akan menimpa file, opsi, dan komentar kita. Proyek inti Ajenti adalah open source dan dapat ditemukan di GitHub.

[jasa-pembuatan-website]


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya