Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteLaravelMengenal Composer Laravel dan Cara Menggunakannya

Mengenal Composer Laravel dan Cara Menggunakannya

-

Pernahkah Anda mendengar istilah Composer? Anda mungkin berpikir Composer adalah seseorang yang ahli dalam penataan musik atau membuat musik. Namun kali ini kita akan membahas Composer yang berbeda. Composer yang akan kita bahas adalah paket manager level aplikasi yang dipakai dalam Bahasa pemrograman PHP.

Composer ini menyediakan format standar untuk mengelola dependensi perangkat lunak PHP dan perpustakaan yang diperlukan. Komposer berjalan melalui baris perintah. Tujuan utama dari composer adalah untuk menginstal dependensi atau library untuk suatu aplikasi.

Pada artikel ini, Web App akan secara khusus membahas tentang Composer Laravel dan berbagai keuntungan bagi developer yang menggunakan Composer pada proyeknya. Simak terus artikel berikut ini jika Anda ingin tahu lebih jauh tentang Composer Laravel.

Apa itu Composer Laravel?

laravel composer

Jika Anda pernah menulis sesuatu dalam PHP sebelumnya, Anda mungkin merasa bahwa Anda harus terus menemukan kembali wheel pada PHP kapan pun Anda ingin melakukan tugas umum seperti Otentikasi Pengguna, Manajemen Database, atau Request Routing.

Jika Anda mulai secara manual memilih bit yang Anda inginkan dari Laravel maka itu akan menjadi sangat sulit untuk dikelola. Setiap perpustakaan mungkin juga memiliki dependensi, sehingga Anda akan berakhir berantakan, terutama jika Anda membutuhkan orang lain untuk mengerjakan proyek Anda.

Di sinilah Composer Laravel hadir untuk membantu Anda. Composer adalah Dependencies Manager untuk PHP. Composer akan mengelola dependensi yang Anda perlukan pada proyek demi proyek. Ini berarti bahwa Composer Laravel akan menarik semua pustaka, dependensi yang diperlukan, dan mengelola semuanya di satu tempat.

Composer dijalankan oleh command line (baris perintah). Tujuan utama dari composer adalah untuk menginstal dependensi atau library untuk suatu aplikasi. Composer juga opsi untuk pengguna agar  dapat menginstal aplikasi PHP yang tersedia di Packagist. Packagist yang berada di dalam Composer adalah repositori utama yang berisi semua paket yang tersedia. Composer juga memiliki kemampuan autoloading untuk library demi memudahkan penggunaan third-party code (kode pihak ketiga).

Perintah yang Umum Dipakai oleh Composer

Dalam Composer Laravel ada beberapa baris perintah yang dibutuhkan. Berikut ini adalah penjelasannya.

  • Require

Perintah require digunakan untuk menambahkan library atau paket sebagai parameter ke file composer.json, lalu menginstalnya. Misalkan saya ingin menambahkan facebook php SDK di file composer.json. Diberikan di bawah ini adalah sintaks dari perintah yang dibutuhkan:

1.	{  
2.	      "require":  
3.	      {  
4.	           "facebook/php-sdk": "3.2.*",  
5.	      }  
6.	}  
  • Install

Perintah install Composer Laravel digunakan untuk menginstal semua library atau paket dari file composer.json. Perintah ini digunakan untuk mengunduh semua repositori ketergantungan PHP dari file composer.json.

  • Update

Perintah update digunakan untuk mengupdate semua library atau paket dari file composer.json berdasarkan versi yang disebutkan dalam file composer.json. Kita dapat mengatakan bahwa perintah update memperbarui dependensi ke versi terbaru.

  • Remove

Perintah remove digunakan untuk menghapus library atau paket dan menghapusnya dari file composer.json.

Artikel Terkait  Tips dan Trik Rahasia Laravel yang Anda Wajib Tahu!

Langkah-Langkah Download dan Install Composer Laravel

  • Klik tautan yang diberikan di bawah ini untuk mengunduh Komposer: https://getcomposer.org/download/.
  • Untuk mengunduh Composer untuk Windows, klik tautan Composer-Setup.exe.
  • Saat mengklik tautan di atas, file Composer-Setup.exe diunduh.
  • Untuk menginstal Composer, jalankan file yang diunduh.
  • Setelah mengklik file yang diunduh, muncul layar Composer Set Up yang berisi keterangan tentang developer mode.
  • Pilih developer mode di layar di atas dan klik tombol Berikutnya.
  • Pilih path di mana Anda ingin menginstal setup composer, dan kemudian klik tombol Next.
  • Pilih command line PHP dan jalurnya adalah “c:\wamp\bin\php\php5.6.40\php.exe”.
  • Jika Anda ingin menggunakan proxy, maka centang kotak server proxy dan masukkan url proxy. Di sini, kami menggunakan Composer tanpa server proxy, jadi saya hapus centang pada kotak. Klik tombol Next.
  • Layar di bawah ini menunjukkan bahwa setup siap untuk menginstal, klik tombol Install.
  • Setelah mengklik tombol install, muncul layar yang berisi berbagai informasi penting terkait instalasi Composer.
  • Klik tombol Next.
  • Jika Anda ingin melihat dokumentasi online, centang kotak ” View online documentation” dan klik tombol Finish.

Jika Anda mengikuti semua langkah langkah tersebut dengan benar maka Install Laravel Composer di perangkat Anda bisa selesai dengan. Sekarang kita akan memeriksa apakah composer berhasil diinstal atau tidak. Untuk memeriksa ini, buka command prompt dan ketik Composer.

Setelah itu Anda akan bisa memastikan apakah Composer Anda sudah berhasil terinstal atau belum. Jika belum terinstal, Anda bisa mengulang lagi langkah-langkah di atas hingga berhasil. Namun jika tidak berhasil, Anda bisa membuka github https://github.com/.

Anda mungkin bingung mengapa aplikasi ini bernama Composer. Namun faktanya aplikasi ini mampu benar-benar membantu Anda.  Berikut ini kami merangkum beberapa penjelasan dan gambaran tentang Composer Laravel.

  1. Composer adalah alat untuk dependency manajemen dalam Bahasa pemrograman PHP. Ini memungkinkan Anda untuk mendeklarasikan perpustakaan tempat proyek Anda bergantung dan itu akan mengelola (menginstal/memperbarui) mereka untuk Anda (rujuk tautan.
  2. Ini membantu kami menginstal/memperbarui berbagai persyaratan/komponen untuk aplikasi kami seperti kerangka Laravel, Doctrine, lodash dan sebagainya.
  3. Kedengarannya aneh, kami benar-benar berpikir komposer adalah alat yang digunakan untuk menginstal paket di tumpukan PHP. Carl yang efisien dan kuat untuk memastikan bahwa lingkungan php diatur dengan benar.
  4. Tapi kami terus menemukan posting forum yang berbicara tentang caching dan menyarankan untuk melakukan hal-hal seperti komposer clear-cache seolah-olah itu adalah bagian dari aplikasi yang sedang berjalan. Seperti aktif melakukan sesuatu di aplikasi yang sedang berjalan.

Penggunaan Laravel Composer View untuk Membagikan Data

View memegang logika presentasi aplikasi Laravel. Ini disajikan secara terpisah dari logika aplikasi menggunakan mesin templating blade Laravel.

Melewati data dari pengontrol ke tampilan semudah mendeklarasikan variabel dan menambahkannya sebagai parameter ke metode pembantu tampilan yang dikembalikan. Tidak ada kekurangan cara untuk melakukan ini.

Kami akan membuat kelas SampleController yang akan menangani logika seperti di bawah ini:

php artisan make:controller SampleController

Berikut adalah contoh pengontrol di app/Http/Controllers/SampleController.php

class SampleController extends Controller
{
    /**
     * meneruskan array ke tampilan 'foo'
     * sebagai parameter kedua.
    */
    public function foo()
    {
        return view('foo', [
            'key' => 'Rubah coklat cepat melompati anjing yang malas'        ]);
    }

    /**
    * Berikan variabel kunci ke 'tampilan foo
      * menggunakan metode kompak sebagai
      * parameter kedua.    */
    public function bar()
    {
        $key = 'Jika woodchuck bisa membuang kayu,';

        return view('foo', compact('key'));
    }

    /**
    * Berikan kunci, pasangan nilai ke tampilan
      * menggunakan metode with.    */
    public function baz()
    {
        return view('foo')->with(
            'key',
              'Berapa banyaknya kayu yang akan dibuang.'
        );
    }

Itulah penjelasan tentang Laravel Composer dalam penginstalan dan pemrograman. Ingin tahu lebih banyak informasi seputar Laravel ataupun PHP kunjungi Web App di https://appkey.id/.

 

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya