Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteMaintenanceSSL Gratis: Cara Mudah Untuk Mengamankan Websitemu

SSL Gratis: Cara Mudah Untuk Mengamankan Websitemu

-

Last Updated on November 27, 2023 by APPKEY-YOGI

SSL (Secure Sockets Layer) adalah salah satu hal penting untuk menjaga keamanan informasi pribadi. Terlebih jika kalian menggunakan website sebagai salah satu penunjang bisnis tentu keamanan dan kepercayaan pelanggan adalah yang nomor satu bukan? Apakah kalian bingung dimana untuk mendapatkan SSL atau apakah kalian adalah kaum-kaum gratisan? Tenang saja, pada artikel ini kita akan membahas beberapa cara untuk mendapatkan SSL gratis. Yuk simak selengkapnya!

Namun sebelum itu, yuk kita ketahui terlebih dahulu lebih jelas, apa sih SSL itu!

Apa Itu SSL?

Secure Sockets Layer atau SSL merupakan keamanan protokol internet yang digunakan dalam sistem keamanan website. SSL akan bekerja dengan mengenksripsi lalu lintas jaringan dari web klien ke web server atau bisa pula dari browser ke website. SSL akan mengubah data pribadi menjadi kode yang sulit dibaca (dienkripsi).

Biasanya data yang dikirim antara server dan browser terkirim dalam bentuk teks biasa sehingga sangat mudah untuk mengalami penyadapan sehingga akan sangat mudah menggunakan informasi yang diperoleh melalui penyadapan itu untuk suatu kepentingan karena tidak perlu repot untuk diterjemahkan.

Saat ini browser sudah dapat membaca website mana saja yang tidak aman. Biasanya ketika pengunjung memasuki website yang kurang aman akan diberi peringatan “not secure”. Cara mudah lain yang dapat mengenali apakah website sudah terdapat SSL atau tidak adalah dengan melihat linknya.

Pada bagian awal link, website yang sudah terdapat SSL ditandai dengan penambahan huruf S setelah kata HTTP menjadi HTTPS. Sedangkan jika website tanpa SSL hanya akan menampilkan HTTP saja. SSL dapat mengamankan jutaan lebih data pengguna setiap hari.

Artikel Terkait  Kenali Apa Itu Phishing, Jangan Sampai Terlena

ssl gratis

Fungsi SSL

Selain untuk mengenkripsi data, berikut adalah beberapa fungsi SSL yang lainnya.

  1. Mencegah Serangan Phising

Mungkin kalian sering menerima email phising dalam bentuk iklan atau lainnya yang mengarahkan kita untuk membuka situs lain. Padahal bisa saja situs tersebut hanya sebagai jebakan untuk dapat mengambil semua informasi pribadi pengunjung. Dengan adanya SSL serangan ini akan lebih mudah untuk diminimalisir.

  1. Efisiensi Biaya

Dengan menggunakan SSL, pengguna tidak perlu lagi untuk mendownload software tambahan. Dengan demikian kalian tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pemeliharaan dan pengelolaan software.

  1. Meningkatkan Keamanan Website

SSL dapat mengubah data menjadi bentuk kode-kode yang sulit dibaca sehingga akan sulit untuk mencuri data pengunjung.

  1. Meningkatkan Ranking SEO

Algoritma google disusun agar menempatkan peringkat yang lebih tinggi untuk situs yang ber-SSL sehingga memungkinkan situs web kalian akan berada di tingkat teratas.

Jenis SSL

Secara umum, SSL dibagi menjadi dua jenis yaitu SSL berbayar dan SSL gratis. Tentu saja keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Berikut adalah penjelasannya.

SSL Gratis

Yang namanya gratis pasti paling banyak dicari oleh para pengguna karena tidak perlu repot untuk membayar. Tapi tentu saja ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan jika ingin sekali memilih SSL ini. Ibarat kata “ada uang ada barang”, berikut adalah beberapa hal yang harus kalian pertimbangkan.

  • Kompabilitas browser yang sangat terbatas.
  • Kustomisasi yang terbatas.
  • Tidak adanya asuransi.
  • Penerbitan yang lumayan membutuhkan waktu.
  • Tidak adanya support sehingga jika mengalami kesulitan akan kebingungan.
  • Masa berlakunya pendek.

SSL Berbayar

Biasanya perusahaan atau situs web yang sudah besar akan memilih SSL jenis ini karena sangat mengutamakan kerahasiaan dan keamanan data pengunjung. Berikut adalah beberapa pertimbangan untuk kalian yang ingin memilih jenis SSL ini.

  • Masa berlaku yang lumayan lama.
  • Mempunyai asuransi yang besar.
  • Tingkat kepercayaan akan lebih tinggi.
  • Support yang sangat memadai.
  • Jaminan untuk keamanan yang tinggi.
  • Kompabilitas dan kustomisasi lebih lengkap.
Artikel Terkait  Cara Mengatasi Your Connection Is Not Secure pada Browser

ssl gratis

Cara Mendapatkan SSL Gratis

Jika kita mengacu pada penjelasan diatas, tentu SSL berbayar akan jauh lebih aman, bebas dan cepat. Namun jika kalian memilih SSL gratis dengan alasan tertentu, kami akan membagikan bagaimana cara untuk mendapatkannya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kalian tempuh.

  1. Kunjungi Get HTTPS for Free

Seperti namanya yang sudah sangat terpampang jelas sekali, situs ini akan membantu kalian untuk mendapatkan SSL secara gratis dan tanpa pungutan sama sekali. Tapi akan lebih cocok untuk kalian yang sudah terbiasa dengan generate CSR atau Certificate Signing Request. Kekurangannya adalah tampilan websitenya yang tidak user-friendly dan akan sangat susah untuk para pemula.

  1. Let’s Encrypt

Didirikan oleh Linux Foundation, Let’s Encrypt memiliki tujuan untuk menyediakan sertifikat SSL secara free untuk siapa saja. Masa berlakunya yaitu selama tiga bulan dan kalian tidak perlu khawatir untuk lupa memperbarui karena sudah ada fitur auto renew.

  1. SSL for Free

Penyedia SSL satu ini menawarkan berbagai fitur yang lumayan menarik, gratis dan dapat untuk bekerja pada semua browser utama. SSL ini hanya berlaku selama tiga bulan sama seperti penyedia SSL yang lainnya.

  1. Geo Trust

Bertolak belakang dari situs Get HTTPS for Free, layanan SSL ini sangat mudah dalam pemasangannya dan proses penerbitan yang cepat sehingga untuk kalian yang masih awam dapat dipermudah. Di Geo Trust juga menawarkan banyak jenis SSL dan sudah termasuk validasi nama domain.

  1. CloudFlare Universal

Bisa dikatakan CloudFlare Universal merupakan penyedia sertifikat SSL yang termudah. Kalian hanya cukup mendaftarkan nama domain dan mengaktifkan fitur SSL.

  1. Basic SSL

Ini adalah penyedia sertifikat SSL yang dapat kalian gunakan secara gratis selama masa trial sembilan puluh hari. Setelah itu kalian harus bayar berlangganan untuk terus dapat menikmati layanannya. Kompatibel dengan hampir semua browser dan dukungan seluler secara penuh. Kemudahan dalam proses validasi adalah salah satu keunggulannya. Bisa diaktifkan hanya dalam hitungan menit.

  1. cPanel Free SSL
Artikel Terkait  Cara Mengatasi Masalah Connection Refused di FileZilla

Jika kalian sudah menggunakan manajemen sistem cPanel, kalian bisa menggunakan free SSL yang sudah tersedia. Jadi kalian tidak perlu untuk membeli atau mencari dari SSL yang lain. Cara memasangnya juga tidak sulit, kalian hanya perlu membuka dashboard, lalu pilih SSL Status dan jalankanlah auto SSL. Jika kalian ingin menggunakan SSL dari penyedia lain,kalian hanya perlu untuk mengubah pengaturannya.

Kesimpulan

Kata gratis merupakan salah satu angin segar bagi setiap orang termasuk para pembuat situs, sebab SSL tidak hanya tersedia yang berbayar namun ssl gratispun ada. SSL adalah salah satu komponen penting untuk menjaga keamanan data penggunanya.

Beberapa fungsi dari SSL adalah mencegah serangan phising, efisiensi biaya, meningkatkan keamanan website dan meningkatkan ranking SEO. Ada dua jenis SSL yang dapat diketahui yaitu SSL gratis dan SSL berbayar.

Beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mendapat SSL gratis adalah kunjungi Get HTTPS for Free, Let’s Encrypt, SSL for Free, Geo Trust, CloudFlare Universal, Basic SSL dan cPanel Free SSL.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya