Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteBackendPostman adalah: software untuk pengujian API

Postman adalah: software untuk pengujian API

-

Last Updated on March 1, 2023 by

Aplikasi-aplikasi masa kini memiliki fitur yang sangat beragam dan bervariasi. Fitur-fitur tersebut dapat dihadirkan berkat hadirnya API atau Application Programming Interface yang berfungsi “membawa” data dari suatu layanan ke layanan lainnya. Nah, agar API dapat bekerja dengan baik, perlu ada tahap pengujian, salah satunya dari segi keamanan sebelum API tersebut bisa digunakan baik oleh pembuatnya maupun developer lain yang ingin memanfaatkannya. Tetapi, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara menguji API? Postman adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk melakukan pengujian API. Untuk penjelasan lengkapnya, artikel kami kali ini akan membahas sedikit tentang Postman serta beberapa fitur yang dimiliki.

Apa itu Postman?

postman adalah

Postman adalah software yang banyak digunakan untuk menguji API dengan antarmuka (user interface) yang mudah digunakan. Selain itu, Postman juga dapat membantu mengelola dan mendokumentasikan API.

Untuk menggunakan Postman untuk menguji API tidak perlu menginstal framework atau pengaturan lainnya. Tinggal masukkan alamat web tempat suatu API berada, kemudian Postman langsung akan mengirim API request dan menerima respon yang diberikan, lalu memunculkannya ke pengguna.

Fitur-fitur Postman

API Repository

Postman menyediakan tempat untuk menyimpan, mengumpulkan, dan mengembangkan seluruh API yang digunakan oleh tim serta organisasi dalam satu tempat. API repository memudahkan Anda untuk mengelola serta mengembangkan keseluruhan daur hidup API. API repository memiliki API Builder yang memudahkan perancangan API menggunakan spesifikasi yang tersedia seperti OpenAPI, GraphQL atau RAML. API Builder dapat diintegrasikan dengan source control seperti Git untuk mengotomatisasi dokumentasi API, Continuous Integration & Continuous Development (CI/CD) serta alat lainnya. API yang Anda buat juga dapat disimpan sebagai Public API untuk memberikan kesempatan orang lain memanfaatkannya, atau pada akun Enterprise dapat ditetapkan sebagai Private API untuk kepentingan internal.

Tools

Postman memiliki alat-alat untuk membantu pembangunan API, mulai dari perancangan, pengujian, dokumentasi, sampai publikasi. Postman Collections dapat digunakan untuk pengembangan API pada tahap-tahap berbeda. Pembuatan dokumentasi untuk mempermudah penggunaan API dapat dilakukan secara otomatis serta dapat langsung dibagikan pada pihak yang ingin menggunakannya. Pengujian API juga difasilitasi pada Postman atau dapat dijalankan lewat command line melalui Newman, baik itu functional test, integration test, regression test dan lain-lain. Tools lainnya adalah mock server untuk simulasi berjalannya API request, monitor performa API di berbagai lokasi, serta pencatatan cookie dan request yang dihasilkan dari browser.

Governance

Postman memiliki fitur yang membantu mengarahkan perancangan desain API yang tepat dengan memberikan petunjuk pada tim developer tentang peraturan desain API serta mendiskusikannya dengan tim terkait. Tim desain API dapat menerapkan contoh implementasi yang baik dan melakukan kolaborasi dengan tim developer untuk menghasilkan API berkualitas. Karena aspek keamanan API juga penting, wewenang akses API juga bisa diatur saat proses pengembangan. Dari pelaporan performa API, Anda dapat mengetahui apa saja aspek dari API Anda yang masih harus dibenahi.

Artikel Terkait  Cara Membuat Database Baru | Xampp, MySQL, Access

Workspace

Workspace pada Postman adalah fitur yang membantu mengelompokkan pekerjaan baik itu untuk individu, tim, atau dengan partner. Dengan akun gratis di Postman, Anda dapat mengakses workspace untuk diri Anda sendiri (personal) dan tim kecil hingga 3 anggota. Jumlah anggota tim yang lebih besar hanya tersedia pada plan berbayar, dan workspace dengan partner hanya tersedia pada Postman Enterprise. Postman Workspace tidak terbatas di situ saja, ada juga public workspace bagi Anda yang ingin membagikan hasil kerja pada Postman Public API Network.

Integration

Postman memiliki kemampuan integrasi dengan layanan lain, seperti Dropbox, GitHub, GitLab atau BitBucket untuk pencadangan Postman Collection; BitBucket Pipelines, CircleCI, GitHub Actions, GitLab CI/CD atau Jenkins untuk CI/CD; Microsoft Teams atau Slack untuk komunikasi; APISec untuk menguji keamanan API; Atlassian Statuspage untuk membantu memberitahu jika ada gangguan ke pengguna; dan masih banyak lagi.

Open Source

Postman adalah perangkat lunak dengan sumber yang terbuka, artinya developer dan perusahaan dapat mengembangkan kemampuan Postman sesuai kebutuhan. Postman Runtime, format Postman Collection, SDK, dan NewMan adalah beberapa perangkat lunak yang telah dibuat open-source.

Bagaimana menggunakan Postman?

postman adalah

Postman adalah program yang dapat diunduh dan diinstal secara gratis untuk PC berbasis Windows, macOS, dan Linux. Tidak hanya dalam bentuk program, Postman juga tersedia dalam bentuk aplikasi web. Anda perlu membuat akun untuk mulai menggunakan Postman baik itu versi aplikasi PC maupun web. Setelah menginstal (jika Anda menggunakan aplikasi) dan membuat akun, Anda akan diajak untuk mengatur preferensi akun, kemudian setelah proses tersebut selesai, Anda akan langsung dibawa ke halaman utama.

Artikel Terkait  White Box Testing Adalah : Developer Wajib Tahu!

Pada halaman utama terdapat beberapa tombol untuk mengoperasikan Postman. Klik “New” untuk membuat permintaan atau koleksi baru. Pada layar ini terdapat pilihan HTTP Request yang ingin dilakukan seperti POST, GET, PUT, DELETE, dan lain-lain. Di sampingnya terdapat kotak untuk mengisi tautan API yang datanya ingin diminta, disebut Request URL. Setelah mengisi Request URL, klik “Send” di sampingnya untuk mengirim API request. Respon dari API request akan muncul pada bagian Response jika tautan API ditemukan.

Di samping tombol Send terdapat tombol panah yang mengarah bawah, yaitu tombol Save yang memungkinkan Anda menyimpan request yang dilakukan sehingga seluruh perubahan dapat tersimpan. Di antara Request URL dan bagian Response terdapat beberapa tab, dengan penjelasan fungsi sebagai berikut: 

  • Params, yaitu parameter pada API yang diakses berupa pasangan key-value yang juga dapat dicek atau uncheck untuk menyembunyikan parameter yang tidak diperlukan sehingga memudahkan pembacaan API.
  • Auth, yaitu otorisasi (authorization) untuk mengamankan akses API. Jika ditetapkan otorisasi, maka diperlukan langkah tambahan seperti memasukkan token atau username dan password untuk dapat mengakses API.
  • Headers, yaitu informasi tambahan dalam API yang dapat dipilih untuk dimunculkan.
  • Body, yaitu isi dari request yang dapat diatur sendiri.
  • Pre-req atau pre-request script, yaitu script yang dapat dijalankan sebelum mengirim request untuk memastikan lingkungan tempat dieksekusinya API request diatur dengan baik.
  • Test, yaitu script yang dijalankan saat request dilakukan untuk memastikan respon API diterima dengan baik.
Artikel Terkait  Cara Memperbaiki ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR di Browser

Selain itu, ada beberapa fitur lain yang tersedia di halaman utama, yaitu Import yang memungkinkan Anda untuk mengimpor collection yang sudah dibuat pada Postman sebelumnya, dan Runner yang memungkinkan pengujian API dilakukan otomatis, terjadwal, atau manual (hanya saat diminta pengguna).

Pengujian API otomatis di Postman

Untuk memastikan aplikasi yang menggunakan API dapat berjalan sebagaimana mestinya, pengujian dengan API perlu dilakukan berulang kali dengan skenario berbeda-beda. Pengujian berulang ini dapat dipermudah dengan menjalankannya secara otomatis pada berbagai titik akhir (endpoint) sehingga kendala yang bisa terjadi saat eksekusi API dapat diatasi. Selain itu, pengujian otomatis juga dapat menghindari kesalahan yang dilakukan manusia saat melakukan pengujian manual.

Untuk melakukan pengujian API secara otomatis, dapat dimulai dari pengujian API secara manual terlebih dahulu, lalu melihat respon yang diterima. Kemudian Anda dapat membuat test suite yang dapat dijalankan dari titik endpoint yang berbeda secara berulang-ulang. Test suite ditulis dalam bahasa JavaScript dan bisa dijalankan sebelum dan sesudah menerima response. Tersedia contoh kode snippet yang bisa dicoba jika perlu pedoman untuk mulai membuat test suite. Setelah test suite selesai dibuat, jalankan API request secara manual terlebih dahulu dan biarkan test suite bekerja menguji API dari berbagai endpoint. Otomatisasi pengujian API selanjutnya dapat dibuat lebih kompleks dengan menambah test suite, jenis request, dan menambahkan otorisasi.

Penutup

Postman adalah sebuah aplikasi untuk pengujian API. Selain pengujian API, Postman juga bisa dipakai untuk mendokumentasikan, memelihara, memantau, bahkan membangun API dari awal, semua dalam satu aplikasi dengan antarmuka yang mudah digunakan pengguna.

Demikian pembahasan kami tentang aplikasi ini. Bagi Anda yang ingin tahu pembahasan lainnya seputar pengembangan web dan aplikasi, terus ikuti situs kami di APPKEY.id. Jangan sampai ketinggalan ya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya