Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteBackendgRPC Adalah? Kenali Lebih Dalam Framework RPC Satu Ini!

gRPC Adalah? Kenali Lebih Dalam Framework RPC Satu Ini!

-

Dalam pengembangan API, tentunya sudah familiar dengan REST. Lalu, pernahkah Anda pernah mendengar tentang gRPC? gRPC adalah framework baru untuk pengembangan API yang powerful. Tentunya hal ini akan menarik untuk kita bahas. Yuk, simak sampai akhir!

API

grpc adalah

Untuk masuk ke pembahasan gRPC adalah suatu keharusan untuk mengenal Application Programming Interface (API). Maka dari itu, mari mengenal API terlebih dahulu. API merupakan penghubung atau perantara antar aplikasi. Dengan kata lain, API sebagai jembatan agar aplikasi satu dengan aplikasi yang lainnya dapat berkomunikasi.

Sebagai ilustrasi, anggaplah ada sebuah kedai kopi yang mana terdapat pelanggan, pelayan, dan barista. Pelanggan akan memesan kopi melalui pelayan dan pelayan akan meneruskannya ke barista untuk dibuatkan kopi. Ketika kopi selesai, barista akan kembali ke pelayan agar kopi dapat diantarkan ke pelanggan. Jadi, pelayan di sini diilustrasikan sebagai API, pelanggan dan barista sebagai aplikasinya.

Jika pada aplikasi, misalnya Anda mengakses sebuah aplikasi pemesanan hotel dan memutuskan untuk memesan suatu kamar hotel. Maka aplikasi tersebut akan mengakses API. Dari API akan meneruskannya ke server. Server menerima permintaan tersebut dan mengirimkan respon ke API kembali. API akan menyampaikan respon tersebut ke aplikasi pemesanan hotel.

Dua aplikasi memungkinkan untuk berkomunikasi melalui API meskipun kedua aplikasi tersebut menggunakan dua bahasa pemrograman yang berbeda. Selain itu, adanya API tidak perlu lagi menambahkan data secara manual dan pengembangan aplikasi menjadi lebih efisien. Dengan API dapat menghindari adanya server down.

Ada empat jenis API berdasarkan penggunaannya, seperti Public API yang dapat diakses siapapun, private API hanya diakses secara internal dan tidak terbuka secara umum, Partner API yang digunakan untuk kepentingan umum dengan terbatas pihak yang telah diberikan izin, dan terakhir adalah Composite API digunakan untuk menyimpan data dari berbagai server hanya pada satu tempat.

Artikel Terkait  JMeter Apache : Aplikasi Java Untuk Menguji Website

Selain itu, API memiliki beberapa arsitektur yang salah satunya akan kita bahas lebih dalam pada artikel ini, apa saja itu? Berikut adalah arsitektur API yang sering digunakan oleh pengembang.

Artikel Terkait  Manfaat Penting Menggunakan IoT Backend Sebagai Layanan

1. SOAP

Simple Object Protocol (SOAP) merupakan sebuah protokol untuk melakukan transmisi data pada lintas jaringan dan juga digunakan untuk membangun API. Extensible Markup Language (XML) dimanfaatkan oleh SOAP. SOAP sendiri telah distandarisasi oleh World Wide Web Consortium (W3C).

SOAP lebih aman dibandingkan dengan REST API karena SOAP secara ketat mendefinisikan bagaimana sebuah message dikirim dan apa saja yang harus disertakan di dalamnya. Meskipun lebih aman, tetapi pedomannya lebih kaku dan membuat kode menjadi berat serta lebih sulit diterapkan secara umum.

Karena itu, SOAP lebih sering diterapkan untuk mentransfer data internal yang membutuhkan keamanan yang tinggi. Selain itu, SOAP dapat bekerja dengan komunikasi protocol apapun yang tidak hanya HTTP saja.

2. RPC

Remote Procedural Call (RPC) merupakan protokol yang memanggil proses. Dengan kata lain RPC API dapat mengeksekusi script pada server tidak seperti REST dan SOAP. JSON (JSON-RPC) dan XML (XML-RPC) dapat digunakan untuk panggilan dalam RPC API. Meskipun keduanya mirip, XML lebih aman dan lebih akomodatif dibandingkan dengan JSON.

RPC memang lebih ketat, tetapi RPC relatif sederhana dan mudah untuk mengeksekusi kode pada jaringan jarak jauh. Dari segi kapabilitas dan keamanannya yang terbatas, RPC lebih jarang terlihat dibandingkan dengan REST dan SOAP. Namun, RPC dapat digunakan untuk sistem internal untuk membuat proses permintaan sederhana.

3. REST

Representational State Transfer (REST) populer digunakan sebagian besar pengembang dalam membangun web API. REST cukup mudah untuk digunakan, scalable dan ringan. Lalu, REST API merupakan API yang mengikut panduan REST yang digunakan untuk mentransfer data dari server ke client. REST API cepat dan mentransfer data dengan aman. Adapun beberapa panduan REST, yaitu:

  • Client-server separation: bentuk dari REST adalah requestdari client dan diteruskan ke server, lalu server memberikan respon ke client. Server tidak dapat melakukan request. Begitupun sebaliknya, client tidak dapat melakukan respon.
  • Uniform interface: semua bentuk protokolkomunikasi adalah dalam bentuk HTTP. Server merespon permintaan client menggunakan format Javascript Notation Object (JSON).
  • Stateless: setiap interaksi antara serverdan client sifatnya independen. Server tidak menyimpan data dari request client dan tidak akan mengingat interaksi yang dilakukan sebelumnya.
  • Layered system: baik request clientmaupun respon server harus dalam bentuk format yang sama.
  • Cacheable: respon dari server harus menunjukkan apakah sumber daya yang disediakan akan di-cachedan dalam waktu berapa lama.
Artikel Terkait  Cara Membuat Database Baru | Xampp, MySQL, Access
Artikel Terkait  Tutorial Cara Membuat Database MySQL dengan Phpmyadmin dan Cmd

gRPC

gRPC adalah arsitektur open-source yang dikembangkan oleh Google yang memungkinkan berkomunikasi antar microservices dengan kecepatan yang tinggi. Google mengembangkannya dan merilis dengan open-source pada tahun 2015. Banyak perusahaan besar yang menggunakannya, seperti Netflix, Cisco, Uber, dan lainnya.

gRPC menggunakan format pesan protocol buffers (Protobuf) yang mana format message ini efisien untuk melakukan serialisasi data. Jadi, tidak seperti REST API yang menggunakan JSON/XML. Protobuf mampu menserialisasi dan deserialisasi dari struktur data untuk berkomunikasi dengan yang lainnya melalui binary. Selain itu, Protobuf ringan dan cepat, serta dapat membantu untuk mengurangi ukuran dari message.

gRPC berbasis RPC dan dibangun atas HTTP/2.0 sebagai transport layer protocol untuk berkomunikasi. Karena berbasis RPC, clients dapat memanggil service method apapun pada gRPC, baik dalam mesin lokal maupun remote server.

Ada beberapa service method pada gRPC, antara lain:

  1. Unary, yaitu service methodyang mengambil satu input dan mengembalikan satu output. Unary ideal untuk RPC yang sederhana.
  2. Server streaming, yaitu service methodyang menerima satu input dari client dan mengirim stream output yang mana dapat dikirim kembali beberapa output saat data tersedia. Server streaming ideal untuk tugas yang membutuhkan pengolahan data yang berat.
  3. Client streaming, yaitu service methodyang membuatkan koneksi ke server dan ketika server stream dapat dimulai, client side dapat mengirim data hingga stream Client streaming ideal ketika lebih memerhatikan latensi.
  4. Bidirectional, yaitu service methodyang secara simultan mengirim dan menerima data stream dengan dua arah. Bidirectional ideal untuk komunikasi secara real-time.

Berbeda dengan REST API yang harus menggunakan tools third-party ke auto-generate kode untuk panggilan API dalam berbagai bahasa, gRPC mendukung inbuilt protoc compiler untuk mendukung fitur code generation dalam arsitektur. Protoc compiler dalam gRPC mampu untuk terkoneksi dalam berbagai microservice yang berbeda yang kodenya juga dalam berbagai bahasa dan berjalan di berbagai platform.

Artikel Terkait  Apa itu MEAN Stack? Penjelasan Tentang Pengembangan Web JavaScript

Kelebihan dan Kekurangan gRPC

grpc adalah

Ada banyak keuntungan gRPC mengapa Anda harus menggunakannya. Berikut adalah berbagai keuntungannya.

Artikel Terkait  Tutorial Membuat Visualisasi Data Dengan Phyton dan Seaborn

1. Dukungan Bahasa yang Luas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gRPC mendukung bahasa dan framework, seperti Java, Ruby, Go, Node.js, Python, C#, dan PHP. Selain itu, gRPC juga dapat memanggil fungsi apapun tidak hanya GET ataupun PUT, sehingga gRPC dapat lebih serbaguna.

2. Ukuran Messageyang Lebih Kecil

Message pada gRPC lebih kecil karena menggunakan format binary message (protocol buffers), sehingga lebih cepat.

3. Komunikasi yang Cepat

Karena menggunakan HTTP/2 bukan HTTP/1.1, gRPC lebih efisien karena memungkinkan untuk mengurangi penggunaan bandwidth jaringan dan mengurangi latensi. Selain itu, karena ukuran message lebih kecil, membuat proses transfer menjadi lebih cepat antar server dan client.

4. Koneksi Streaming

gRPC mendukung streaming connection mode. Hal ini dapat meningkatkan performansi, apalagi ketika data terlalu besar untuk dikirim ataupun diterima sekaligus. Dengan mode ini, client dapat secara terus menerus menerima data dari server tanpa harus menunggu semua respon diterima, sehingga pengguna tidak perlu menunggu hingga semua data ditransfer secara lengkap.

5. Dukungan Pluggable

Keuntungan terakhir gRPC adalah mendukung plugin pelacakan, load balancing, pemeriksaan kesehatan, dan autentikasi, sehingga lebih mudah untuk mengatur dan mengelola performansi sistem yang tinggi.

Meski gRPC merupakan tool yang powerful, gRPC sulit untuk melakukan debug ketika aplikasi mengalami error. Selain itu, ekosistem pada gRPC relatif kecil dibandingkan dengan REST.

Kapan Menggunakan gRPC?

Jika mengalami suatu kondisi, maka dapat diselesaikan dengan alat yang sesuai sesuai kondisi itu juga. Maka, kapan menggunakan gRPC ini? Beberapa kondisi yang yang mana ideal menggunakan gRPC adalah sebagai berikut.

  1. Menggunakan koneksi microservice
  2. Bandwith jaringan yang lemah
  3. Real-time streaming
  4. Ketika dalam lingkungan yang beragam bahasa.

Kesimpulan

Itulah bahasan terkait gRPC. Secara keseluruhan, gRPC adalah framework yang cepat, andal, dan efisien untuk meng-handle remote procedure call. Jadi sudahkah Anda ingin beralih menggunakan gRPC atau tetap menggunakan REST/SOAP?


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya