Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteServer / HostingMS Azure adalah: Fitur dan Keunggulan dari Microsoft Azure

MS Azure adalah: Fitur dan Keunggulan dari Microsoft Azure

-

Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Saat ini sudah banyak layanan cloud computing yang muncul. Memang, komputasi awan atau cloud computing adalah suatu solusi bagi bisnis untuk melakukan banyak hal seperti mengembangkan aplikasi dan layanan, melakukan pekerjaan analisis, dan menyimpan dataset dalam jumlah besar tanpa perlu membangun data center sendiri. Mereka tinggal menyewa layanan dari penyedia cloud terkemuka dengan penggunaan yang disesuaikan, kemudian biarkan aneka proses bisnis dijalankan melalui komputasi awan. Pada artikel sebelumnya telah dibahas beberapa penyedia cloud computing, yaitu Oracle dan Amazon. Tentunya pilihan tidak terbatas di situ saja. MS Azure adalah pilihan layanan cloud computing lainnya yang boleh dilirik.

Nah, di artikel kali ini kami akan membahas serba-serbi MS Azure atau Microsoft Azure secara lengkap. Yuk disimak lebih lanjut, siapa tahu bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda!

MS Azure adalah

ms azure adalah

MS Azure adalah suatu platform cloud computing dari Microsoft yang menyediakan rangkaian layanan mencakup komputasi, analisis, penyimpanan, dan jaringan. Rangkaian layanan ini dapat dipilih oleh pengguna sesuai kebutuhan mereka, terutama untuk mengembangkan aplikasi hingga skala besar. Saat artikel ini ditulis, Azure mencakup lebih dari 200 produk dan layanan cloud yang dapat dimanfaatkan pengguna.

Cloud computing dapat dimanfaatkan perusahaan untuk berbagai kepentingan, seperti back up dan penyimpanan data dalam jumlah besar, upaya pemulihan (disaster recovery), analisis data dan lain-lain. Perusahaan tidak perlu repot membangun data center yang besar, cukup sewa layanan cloud seperti Microsoft Azure untuk membantu menopang bermacam jenis pekerjaan, terutama yang membutuhkan penyimpanan data serta tenaga komputasi yang besar dengan biaya sesuai layanan yang digunakan dan dibutuhkan perusahaan. Untuk memastikan layanan MS Azure dapat dipakai di mana saja, data center Azure sudah tersedia di lebih dari 60 daerah yang tersebar di lebih dari 140 negara. Namun, tidak semua layanan dapat dipakai di semua negara, jadi pengguna harus memastikan layanan yang akan dipakai tersedia di daerah mereka.

Beberapa keunggulan MS Azure adalah jenis layanan yang beragam dan mampu memenuhi berbagai kebutuhan, mendukung berbagai jenis sistem operasi, bahasa pemrograman, perangkat dan database, serta keamanan yang ketat dan terjamin.

Artikel Terkait  Remote Server adalah : Cara Praktis Akses Server Kekinian

Layanan dari Microsoft Azure

MS Azure adalah platform yang menawarkan beragam jenis layanan, sehingga siap untuk memenuhi segala jenis penggunaan. Banyaknya layanan tersebut dimasukkan dalam beragam kategori. Berikut adalah beberapa kategori layanan Azure yang paling populer:

  1. Komputasi: layanan dalam kategori ini memungkinkan Anda menjalankan aplikasi di cloud, terdiri dari aplikasi untuk mengelola virtualmachine (VM), container dan menjalankan aplikasi dari jarak jauh (remote).
  2. Mobile: layanan dalam kategori ini membantu developer untuk membangun aplikasi di perangkat mobile, dengan kemampuan mengirim notifikasi, menjalankan berbagai tugas di back-end, membangun application program interface(API) serta memungkinkan untuk memasangkan data tentang lokasi dengan data terkait.
  3. Web: membantu Anda dalam pengembangan aplikasi web. Kemampuannya antara lain pencarian, pengiriman konten, notifikasi, manajemen API dan reporting.
  4. Penyimpanan: menyediakan penyimpanan berbasis clouduntuk data terstruktur dan tidak terstruktur. Layanan ini juga dapat menangani proyek big data, penyimpanan tetap dan penyimpanan berbasis arsip.
  5. Analytics: menyediakan analisis secara real-time, analisis data dalam jumlah besar, business intelligence, aliran data Internet of Things (IoT) dan data warehousing.
  6. Networking: menyediakan jaringan untuk menjalankan aplikasi, termasuk virtual network, koneksi dan gateway khusus, pengelolaan trafik data, DNS hosting, penyelidikan masalah dan perlindungan dari serangan distributed denial-of-service(DDoS).
  7. Media & Content Delivery Network: menyediakan layanan yang menyangkut pemutaran media, seperti streaming, encoding,  dan perlindungan hak cipta.
  8. Integrasi: mencakup layanan pencadangan (backup) server, pemulihan serta penghubung ke cloudpribadi dan publik.
  9. IoT: mencakup layanan untuk memantau dan menganalisis data dari perangkat IoT, seperti data sensor yang dimiliki.
  10. Alat pengembang: membantu pengembang untuk membagi kode, menguji aplikasi dan melacak masalah. Layanan di dalamnya termasuk Azure DevOps yaitu alat untuk memfasilitasi pengerjaan proyek secara kolaborasi, serta dan software development kit (SDK).
  11. Keamanan: mencakup alat-alat untuk mengenali serangan keamanan pada cloud, serta mengelola kunci enkripsi dan data sensitif lainnya.
  12. AI & Machine Learning: menyediakan alat yang memungkinkan developer untuk memasukkan AI, machine learningdan kemampuan komputasi yang melibatkan pemikiran dalam aplikasi dan dataset mereka.
  13. Container: memungkinkan suatu bisnis membuat dan mengatur containerdi dalam Azure cloud menggunakan platform seperti Docker dan Kubernetes.
  14. Database: mencakup layanan database as a service (DBaaS) untuk SQL dan NoSQL serta jenis-jenis basis data lainnya. Dalam kategori ini termasuk dukungan Azure SQL Data Warehouse, caching,serta integrasi dan migrasi basis data. Layanan basis data unggulannya adalah Azure SQL, yaitu database relasional yang memiliki kemampuan SQL tanpa perlu server.
  15. Migration: menyediakan layanan untuk pemindahan beban kerja pada perusahaan dari penyimpanan data lokal ke Azure cloud, serta memungkinkan perusahaan untuk memperkirakan biaya dan waktu untuk migrasi data.
  16. Management and governance: memungkinkan administrator mengelola suatu lingkungan Azure dengan alat-alat seperti backup, pemulihan, penyesuaian, otomatisasi, penjadwalan, dan alat monitoring.
  17. Mixed reality: membantu developer membangun aplikasi dalam lingkup Windows Mixed Reality.
  18. Microsoft Intune: adalah aplikasi untuk mengelola perangkat yang digunakan dalam suatu lingkungan bisnis, sehingga perangkat-perangkat tersebut dapat menerima informasi internal perusahaan. Data sensitif yang terkait dengan perusahaan dalam perangkat tersebut juga dapat dipantau serta dihilangkan secara jarak jauh oleh admin.

Artikel Terkait  Server Side Scripting adalah : Pengertian dan Fungsinya

Keamanan data

Untuk menjaga dan memastikan keamanan data pengguna di Microsoft Azure sesuai dengan peraturan yang berlaku, Microsoft membuat Trust Center yang menjelaskan bagaimana komitmen mereka terkait keamanan dan privasi. Menurut Trust Center, Microsoft hanya akan menggunakan data jika diperlukan dan disetujui serta tidak akan memberikan data pada pemerintah setempat, kecuali diwajibkan di peraturan.

Biaya

Seperti penyedia layanan cloud lainnya, model biaya MS Azure adalah pay-as-you-go atau hanya bayar layanan yang digunakan. Namun, jika sebuah aplikasi menggunakan beberapa layanan sekaligus, tingkatan biaya dari tiap layanan mungkin berbeda yang akhirnya mempengaruhi biaya akhirnya. Ini adalah hal yang wajar, karena tiap fitur aplikasi pasti akan bergantung pada layanan lainnya. Misalnya suatu aplikasi memanfaatkan tiga aspek, yaitu VM untuk memastikannya berjalan dengan baik, penyimpanan untuk mencatat dan menyimpan data yang dihasilkan, serta networking agar aplikasi dapat terhubung ke jaringan lainnya. Beberapa layanan dapat digunakan secara gratis dengan kuota tertentu, jika pengguna perlu lebih banyak maka mereka dapat membayar sesuai yang mereka pakai.

Untuk membantu menghitung biaya, Azure sendiri memiliki alat Cost Management yang dapat membantu memantau biaya yang digunakan agar lebih efisien. Selain itu, jika pengguna membuat komitmen tertentu, seperti melakukan pembayaran selama periode setahun untuk menggunakan layanan dengan kapasitas tertentu, biasanya Microsoft akan mematok biaya lebih murah daripada pembayaran sesuai pemakaian.

Penutup

Demikian artikel kali ini soal pembahasan MS Azure sebagai salah satu alternatif layanan cloud computing untuk kebutuhan Anda. Layanan cloud computing seperti Azure memang memudahkan perusahaan untuk mengembangkan aplikasi mereka tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk membangun pusat data, karena seluruh tenaga dapat dialihkan ke penyedia layanan lain yang memiliki sumber daya yang lebih mumpuni seperti Microsoft Azure. Jadi bagaimana, tertarik mengembangkan aplikasi Anda lebih besar lagi dengan Microsoft Azure?

Jangan lupa untuk terus ikuti kami di appkey.id agar selalu update informasi terbaru lainnya terkait pengembangan web dan software!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya