Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteTeknologi WebApakah Perbedaan Internet dan Ethernet? Yuk Cari Tahu!

Apakah Perbedaan Internet dan Ethernet? Yuk Cari Tahu!

-

Last Updated on December 7, 2023 by APPKEY-YOGI

Internet tentu sudah sangat kalian kenal baik bukan? Tanpa adanya internet kita tidak akan bisa mengakses media sosial, google dan lainnya. Tapi apakah kalian pernah melihat kata ethernet? Baik internet maupun ethernet keduanya dapat digunakan untuk terhubung ke jaringan dan juga dapat mengirim data dari satu komputer ke komputer lainnya. Penasaran apa perbedaan diantara keduanya? Yuk simak!

Sebelum mengetahui perbedaan diantara keduanya, alangkah lebih baik kita ketahui terlebih dahulu apa itu Internet dan Ethernet.

internet dan ethernet

Apa Itu Internet

Internet adalah jaringan yang jangkauannya luas dan bisa menghubungkan komputer dari seluruh dunia. Internet ditemukan pada tahun 1970-an dan sejak saat itu cara berkomunikasi orang di dunia mulai berubah. Pada awalnya, pendahulu internet yaitu ARPANET hanya komputer yang terhubung di jaringan yang sama dapat berkomunikasi satu sama lain.

Baru sekitar tahun 1980-an para insinyur komputer mulai melakukan uji coba untuk menghubungkan komputer yang terletak di jaringan yang berbeda melalui Protokol Kontrol Transmisi/Protokol Internet (TCP/IP) tanpa adanya TCP/IP perangkat dengan jaringan terpisah tidak akan bisa terhubung satu sama lain.

Internet memiliki sistem kerja yang cukup rumit. Ketika kalian mencari suatu informasi di google misalnya, hal yang kalian cari di penelusuran akan diterima oleh DNS (Domain Name System) lalu setelahnya akan diteruskan ke data center google. Hasil dari pencarian kalian akan menuju kepada kalian menggunakan suatu kabel khusus dibawah tanah, di udara (seperti kabel listrik) atau dibawah lautan.

Kalian bisa mendapatkan informasi, berkomunikasi dan lainnya secara instan dan cepat menjangkau seluruh area di belahan dunia. Meskipun terdengar sangat menggembirakan, tentu saja menggunakan internet memiliki beberapa tantangan tersendiri terutama pada keamanan.

Artikel Terkait  15 Tren Pengembangan Web di Tahun Ini

Karena bisa diakses oleh seluruh orang di dunia, akan sangat memudahkan seseorang yang memiliki niat tidak baik dan memiliki kemampuan IT yang tinggi untuk meretas dan mencuri data pribadi seseorang.

Apa Itu Ethernet

Ethernet adalah jaringan yang menggunakan kabel yang memungkinkan untuk komputer terhubung dengan perangkat lainnya dalam LAN (Local Area Network). Selain antar komputer, ethernet juga dapat digunakan untuk menghubungkan komputer dengan wifi atau printer.

Dibandingkan Internet, ethernet memiliki sistem kerja yang cukup sederhana. Ethernet memiliki komputer yang bertugas sebagai server kemudian disambungkan dengan client (perangkat lainnya) menggunakan hub atau switch. Server dapat mengatur file yang terdapat di komputer client dan komputer client dapat membagikan file dengan komputer client yang lain.

Ethernet dapat membuat komputer dan perangkat lainnya saling berkomunikasi meski tidak terhubung dengan jaringan internet. Meskipun tidak bisa digunakan untuk mengakses google dan aplikasi lainnya, ethernet dapat membuat komputer bisa mengakses file atau dokumen yang disimpan di komputer lain.

Ethernet pertama kali ditemukan pada tahun 1980-an dan masih digunakan sampai sekarang terutama di lingkup sekolah, perusahaan maupun instansi pemerintah karena dapat berkirim data, dokumen atau file dengan cepat dan tentunya aman karena aksesnya yang terbatas.

Perbedaan Internet dan Ethernet

Setelah kalian melihat pengertian dari Internet dan Ethernet diatas, pasti kalian sudah sedikit terbayang dengan perbedaannya bukan? Untuk lebih jelas lagi, yuk kita simak dibawah ini!

Jangkauan

Jangkauan internet lebih luas dari pada jangkauan ethernet. Internet memiliki jangkauan hingga ke belahan dunia manapun sedangkan ethernet hanya sebatas ruang kerja atau sekolahan.

Keamanan

Dari segi keamanan, ethernet lebih aman daripada internet karena aksesnya terbatas dan hanya orang-orang tertentu yang dapat mengaksesnya sedangkan internet bisa diakses oleh semua orang sehingga sangat mudah kemungkinan resiko untuk diretas.

Artikel Terkait  URL Adalah : Pengertiannya yang Tidak Banyak Orang Tahu

Kecepatan

Kecepatan pada internet bergantung pada penyedia layanan internet dan paket yang dipilih. Kecepatannya pun bervariasi antara 128 kbps sampai 100 Gbps. Sedangkan ethernet bergantung pada jenis kabel yang digunakan. Untuk kecepatannya, ethernet memiliki kecepatan antara 10 Mbps sampai 100 Gbps. Bisa dilihat jika internet mengalami masalah akan sulit untuk diperbaiki sedangkan ethernet cenderung lebih mudah.

Pengiriman Data

Pada internet, data dikirimkan dalam bentuk paket yang mengarah ke berbagai jaringan dan perangkat oleh router. Sedangkan ethernet data dikemas dalam bentuk frame dan disalurkan melalui kabel ke perangkat lain di dalam jaringan.

Komunikasi

Internet dapat berkomunikasi ke beberapa arah sekaligus di saat yang sama namun ethernet hanya bisa ke satu arah, apabila mencoba untuk mengirim ke lebih dari satu arah, kemungkinan data yang dikirim akan menjadi rusak.

internet dan ethernet

Jenis-Jenis Internet

Berikut adalah beberapa jenis-jenis internet berdasarkan wilayahnya.

Local Area Network (LAN)

Jangkauan internet ini hanya sekitar satu kilometer saja dan memakai kabel ethernet agar terhubung. Biasanya yang memakai jaringan LAN ini adalah sekolah, perkantoran dan lainnya.

Metropolitan Area Network (MAN)

Jenis ini adalah versi lebih upgrade dari LAN dimana jangkauan wilayahnya lebih luas. Tapi untuk transfer data masih menggunakan kabel.

Wide Area Network (WAN)

Jenis ini jangkauannya bisa meliputi satu negara. Biasanya pemakaiannya tidak hanya untuk pribadi, namun juga digunakan pada lingkup bisnis.

Jenis Jaringan Ethernet

Berikut adalah jenis jaringan ethernet.

Standard

Ini adalah ethernet asli yang ditemukan pada tahun 1970-an dan memiliki kecepatan sekitar 10 Mbps.

Fast

Dikembangkan pada tahun 1990-an dan memiliki kecepatan sampai 100 Mbps. Fast ethernet adalah ethernet yang paling umum digunakan saat ini.

Artikel Terkait  Niche Blog Terbaik di 2023: Yuk Buat Blogmu Semakin Bersinar

Gigabit

Ethernet ini memiliki kecepatan maksimum satu gigabit per detik (Gbps). Biasanya untuk jenis ini banyak digunakan di ruang lingkup perusahaan.

Ten-Gigabit

Ten-Gigabit dikembangkan pada tahun 2000-an dan memiliki kecepatan maksimum 10 Gbps. Biasanya digunakan pada pusat data dan jaringan backbone.

Jadi urutan yang paling lambat adalah Standard lalu Fast, Gigabit dan Ten-Gigabit, untuk penggunaan, jika dipakai di rumah atau kantor kecil, menggunakan fast sudah sangat cukup. Untuk perusahaan atau yang membutuhkan bandwidth yang tinggi, menggunakan Gigabit atau Ten-Gigabit merupakan pilihan yang tepat.

Kesimpulan

Internet dan Ethernet adalah hal penting dalam kaitannya untuk terhubung ke dalam jaringan. Tanpa adanya dua hal ini, kita tidak dapat berkomunikasi dan berkirim data dari satu komputer ke komputer lainnya.

Internet memiliki jaringan yang cakupannya luas dan dapat terhubung dengan komputer dari seluruh dunia, sedangkan ethernet memiliki ruang lingkup yang sempit dan biasanya dipakai dalam lingkup yang kecil seperti dalam perusahaan, sekolah dan lainnya.

Perbedaan antara internet dan ethernet yaitu terletak pada jangkauan, keamanan, kecepatan, pengiriman data dan komunikasi. Internet dan ethernet memiliki beberapa jenis. Beberapa jenis internet berdasarkan wilayahnya yaitu Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN) dan Wide Area Network (WAN). Sedangkan untuk ethernet, beberapa jenisnya yaitu Standard, Fast, Gigabit dan Ten-Gigabit.

Kecepatan internet bergantung pada penyedia layanan internet dan paket yang dipilih sedangkan pada ethernet kecepatannya bergantung pada jenis kabel hub atau switch.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya