Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Teknologi Web Fungsi Kode Captcha | Kenapa Harus dan Apakah Manfaatnya?

Fungsi Kode Captcha | Kenapa Harus dan Apakah Manfaatnya?

-

Saat berinternet, pernahkah Anda diminta untuk menginput serangkaian kode random sebelum bisa mengakses sebuah laman website? Serangkaian kode random tersebut dikenal sebagai captcha. Penggunaan captcha cukup sering kita jumpai dalam keseharian di dunia maya.

Salah satu contoh penggunaan captcha terjadi pada proses pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di tahun 2019 lalu. Para pendaftar CPNS wajib memasukkan captcha dalam situs SSCN BKN saat membuat akun yang dipakai dalam proses seleksi.

Apa itu captcha dan mengapa kita diminta untuk menggunakannya? Mari cari tahu jawabannya dalam artikel kali ini tentang kode captcha. Kami sudah merangkup lengkap seluk-beluk tentang definisi, contoh kode captcha, hingga cara mengatasi kode captcha tidak muncul di laman browser Anda. Yuk lanjut membaca!

Mengenal Captcha, Sistem Proteksi Anti Bot

Nama captcha sudah umum dikenal oleh masyarakat. Namun tahukah Anda bahwa captcha sendiri merupakan sebuah singkatan?

Captcha (diucapkan: cap-ch-uh) adalah kependekan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart. Dalam bahasa Indonesia, nama tersebut diterjemahkan menjadi: Uji Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk Membedakan Komputer dengan Manusia.

Kode captcha adalah alat yang digunakan untuk memastikan bahwa pengakses suatu laman web memang manusia sungguhan, bukan sistem komputer, robot atau bot. Captcha merupakan metode turing test yang diciptakan oleh ilmuwan bernama Alan Turing di tahun 1950 silam. Hingga dewasa ini, sistem kode yang satu ini masih dipakai untuk sistem proteksi di internet.

Sebelum kehadiran captcha, ada banyak software spam dan malware bertebaran dan memungkinkan terjadinya pendaftaran akun berulang pada sebuah laman website. Dengan begini, potensi pencurian dan penyalahgunaan data semakin terbuka lebar untuk terjadi. Oleh sebab itu, banyak developer website menggunakan captcha untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan website dari hacker.

Captcha hadir dalam beragam bentuk. Captcha yang paling sering muncul adalah serangkaian kode angka dan huruf dalam susunan kacau. Nantinya, Anda akan diminta untuk mengetikkan kode tersebut ke box yang telah disediakan. Bentuk lain kode captcha adalah gambar-gambar random dalam 9 box kecil. Selanjutnya, Anda akan diberikan instruksi untuk memilih gambar-gambar tertentu.

Menyelesaikan tugas dari captcha memang tergolong mudah bagi manusia, namun tidak halnya untuk sistem bot atau malware. Inilah mengapa sistem captcha dipilih sebagai proteksi untuk banyak website, form pendaftaran, dan akses untuk mendownload sebuah file.

Di sisi lain, captcha sering membuat banyak orang kesal karena merasa “dihalangi” untuk mencapai laman utama. Kadangkala, user bisa mengurungkan niatnya untuk mengisi formulir atau sign up akun karena merasa malas untuk menyelesaikan captcha. Namun tanpa kode ini, halaman website Anda bisa disusupi bot atau malware dengan mudah.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Ecommerce Profesional dan Terpercaya

4 Fungsi Captcha untuk Website Anda

Fungsi utama kode captcha adalah untuk memastikan pengakses laman adalah manusia sungguhan, bukan bot atau malware. Captcha mampu mencegah sistem bot untuk mendaftar ke sebuah laman atau mengakses file dari tautan yang disebar ke publik.

Di samping itu, masih ada 4 fungsi captcha lainnya untuk website Anda. Kelima fungsi tersebut adalah:

1. Melindungi Web dari Search Engine Bot

Fungsi captcha pertama adalah melindungi web dengan mencegah masuknya search engine bot. Ada kalanya seorang pemilik website tidak ingin websitenya ditemukan, dibaca, apalagi disusupi oleh pihak asing seperti bot. Sistem captcha akan memproteksi website Anda dari ketiga kemungkinan tersebut. Search engine bot sendiri biasanya dimiliki oleh perusahaan besar untuk melacak kinerja dari website-website lain.

2. Mencegah Komentar Spam

Kegunaan captcha kedua adalah untuk mencegah spam berupa komentar palsu di website atau blog. Komentar-komentar palsu ini umumnya dilakukan oleh bot atau program untuk menaikkan peringkat pencarian blog atau website di search engine. Hanya saja spam komentar ini dirasa cukup mengganggu. Jika web atau blog diproteksi oleh captcha, maka hanya user manusia saja yang bisa memberikan komentar.

3. Memproteksi Email dari Scrapper

Captcha juga bisa digunakan untuk melindungi e-mail Anda dari scrapper atau spammer. Kode captcha akan “menyembunyikan” email Anda dari software spamming sehingga tidak dapat diakses. Alamat email baru akan terbuka jika Anda bisa memasukkan kode captcha dengan tepat.

4. Mencegah Serangan Kamus

Sistem password atau sandi website Anda juga rentan terkena bahaya atau serangan. Serangan tersebut dikenal dengan nama serangan kamus. Dengan memasang kode captcha, website Anda akan memiliki perlindungan dobel dimana user harus memasukkan password plus menginput captcha yang diberikan.

Artikel Terkait  Spam Email Adalah? Pengertian, Akibat dan cara mencegahnya

 Contoh-Contoh Kode Captcha

Guna mempersulit bot memasuki website, captcha dihadirkan dalam beragam bentuk seperti huruf dan angka dalam susunan random dan bentuk meliuk-liuk. Captcha juga bisa hadir dalam bentuk gambar random atau kode suara.

Untuk Anda yang belum terbayang akan bentuk kode captcha, di bawah ini kami sediakan beberapa contoh kode captcha yang sering dijumpai di internet:

Contoh captcha kombinasi huruf

captcha-1

Contoh captcha kombinasi huruf dan angka

captcha-3

Contoh captcha kombinasi huruf serta ilustrasi gambar dengan instruksi khusus

gmbar-3

ara Mudah Mengatasi Kode Captcha Tidak Muncul di Browser

Kadangkala penggunaan captcha tidak berjalan dengan lancar. Ketidaklancaran captcha terjadi saat kode captcha tidak muncul di laman browser seperti yang seharusnya. Jika hal ini terjadi, maka Anda bisa kesulitan untuk melanjutkan proses pengaksesan ke halaman selanjutnya.

Namun tenang saja, kini sudah ada cara mudah untuk memunculkan kode captcha di browser. Menurut Google Support, ketidakmunculan kode ini bisa disebabkan karena ada terlalu banyak cache tertampung dalam browser.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti 3 langkah sederhana berikut:

  1. Buka halaman setting pada browser.
  2. Cari menu pembersihan, lalu lakukan pembersihan pada cache, cookies dan riwayat browser.
  3. Begitu selesai, muat ulang laman browser Anda. Captcha kini akan muncul otomatis di halaman browser.

Cara di atas bisa diaplikasikan pada semua jenis browser (Chrome, Mozilla, Internet Explorer, dan lain-lain). Jika cara di atas tidak berhasil, Anda bisa mencoba sejumlah alternatif lainnya yakni:

Google Chrome

Untuk Anda yang menggunakan Chrome, ada 4 cara alternatif memunculkan captcha di browser Chrome yakni:

  1. Membuka halaman baru di browser dalam mode penyamaran atau incognito.
  2. Mengatur ulang (re-set) pengaturan browser ke mode default atau mode awal.
  3. Menonaktifkan atau disabling semua ekstensi yang terhubung ke browser.
  4. Membuat new user (akun baru).

Mozilla Firefox

Anda yang menggunakan Mozzila Firefox bisa menempuh 3 cara alternatif untuk memunculkan captcha di browser antara lain:

  1. Membersihkan cookies dan cache di setting.
  2. Mengecek akses tampilan gambar pada laman web di bagian setting. Bisa jadi captcha tidak muncul karena Anda mematikan akses pemunculan gambar di web.
  3. Mematikan adds-on yang sebelumnya terpasang di browser.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait seluk-beluk captcha. Apakah Anda juga pernah merasa terpaksa menyelesaikan captcha? Sekarang, setelah membaca artikel ini, semoga Anda sudah memahami kegunaan utama dari penggunaan captcha, ya! Lebih baik untuk memasang proteksi dan merasa kerepotan sedikit demi melindungi data-data website dari serangan oknum tak bertanggung jawab. Jangan sampai kita terlena dan abai dengan keselamatan diri selama menggunakan internet.

Semoga artikel kali ini bermanfaat menambah wawasan Anda, ya! Jangan lupa untuk mengecek artikel informatif dan menarik lainnya dari kami. Have a nice day!

[jasa-pembuatan-aplikasi]


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya