Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteWeb Programming6 Bahasa Pemrograman Unik untuk Dipelajari pada 2023

6 Bahasa Pemrograman Unik untuk Dipelajari pada 2023

-

Last Updated on July 1, 2023 by

2023 adalah tahun perubahan, yang juga berlaku untuk dunia pemrograman. Mulai dari bahasa pemrograman yang mulai memudar hingga yang baru muncul, kalian bisa terus tumbuh dan berkembang dalam spektrum teknologi yang semakin luas.

bahasa pemrograman

Jika kalian ingin meningkatkan keterampilan dan belajar bahasa masa depan, mengapa tidak investasikan waktu untuk belajar bahasa pemrograman yang sedang naik daun? Bahasa-bahasa yang terdaftar di bawah ini mungkin belum terkenal sebagaimana mestinya, tetapi mereka sedang mendapatkan perhatian. Yuk simak selengkapnya!

Rekomendasi 6 Bahasa Pemrograman Unik yang Bisa Dipelajari pada 2023

Berikut ini adalah daftar 6 bahasa pemrograman yang tidak biasa dan revolusioner yang perlu dipelajari pada 2023.

F#

F# (dibaca F sharp) adalah pesaing terdekat dari Python yang sangat terkenal, dan kesederhanaan serta kehematannya terus menambah karakteristik yang unik pada esensi bahasa ini. Karena merupakan bahasa open-source seperti counterpart-nya, F# semakin banyak mendapatkan perhatian sebagai bahasa lintas platform yang berfokus pada performa.

Pertama kali dikembangkan oleh Microsoft pada tahun 2005, bahasa ini mendapatkan inspirasi desain yang jelas dari bahasa lain seperti Haskell, Python, dan Scala. Sebagai bahasa pemrograman, kalian bisa menggunakan F# untuk analisis data, inferensi statistik, penelitian ilmiah, desain game, membangun dan merancang aplikasi desktop, dan kecerdasan buatan.

Beberapa fitur menonjol dari bahasa unik satu ini meliputi sintaks yang ringan, eksekusi cepat, fungsi kelas pertama, pattern matching, dan tipe data yang kaya.

Elixir

Bahasa seperti Ruby dan Python mungkin sudah berlalu waktunya, tetapi bahasa-bahasa ini terus mendukung pengembangan bahasa lainnya. José Valim sang penemu bahasa Elixir menciptakannya untuk mengatasi kekurangan Ruby, sambil tetap setia pada sumbernya, Erlang.

Artikel Terkait  Tutorial Membuat Login Multi User dengan Codeigniter

Berikut adalah beberapa fitur teratas dari Elixir yang perlu diperhatikan:

  1. Perpustakaan Open Telecom Platform (OTP) untuk pemrograman konkuren.
  2. Opsi untuk bekerja dengan berbagai platform cloud.
  3. Debugging baik, pengetikan dinamis, dan sintaks yang terstruktur dengan rapi.
  4. Daftar luas alat untuk pengembangan aplikasi web, seperti Mix, IEx, dan Phoenix.

Julia

Sebagai pendatang baru di blok teknologi, Julia berjanji menjadi bahasa pemrograman yang mengubah permainan. Meskipun telah ada selama satu dekade, Julia adalah kontender kuat yang membantu dalam pembelajaran mesin, komputasi ilmiah, dan bahkan penanganan data. Bahkan dikatakan bahwa Julia sedang mengancam posisi Python dengan kemampuan dan fitur kuatnya.

Julia sebagai bahasa, benar-benar memiliki tiga sisi yaitu membawa kecepatan C, keahlian pemrograman Python, dan kekuatan statistik R. Menurut pengembang Julia, berikut adalah beberapa fitur yang membedakannya dari pesaingnya:

  1. Kecepatan pemrosesan yang baik.
  2. Pengetikan dinamis, menjadikannya host yang baik untuk pemrograman interaktif.
  3. Dilengkapi dengan binari pra-dibuat, memungkinkan programmer untuk mereproduksi lingkungan dengan sekali klik.
  4. Penyediaan untuk membangun seluruh mikroservis dan aplikasi, mengingat I/O sinkron, metaprogramming, dan fitur debugging yang dimilikinya.
  5. Pemrosesan paralel di beberapa level untuk menghasilkan kode GPU asli.
  6. Perpustakaan serbaguna yang beberapa asli untuk Julia. Programmer bisa mengimpor dan menggunakan perpustakaan eksternal dari Fortran, Python, Java, C++, dan banyak lainnya.

Crystal

Ada bahasa pemrograman yang secara literal melayani semua bentuk pengembangan aplikasi. Jika menjadi pengembang front-end, programmer harus belajar JavaScript. Demikian pula, Java, Go, Elm, dan Rust cocok untuk pemrograman backend.

Ada banyak bahasa pemrograman lain di pasar; tergantung pada penggunaan dan kebutuhan, programmer bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhannya. Tetapi di mana Crystal masuk dalam gambaran?

Seperti Elixir, Crystal juga mendapatkan kecepatannya dari C dan kehalusannya dari Ruby, memungkinkannya untuk fokus pada peningkatan kinerja dan meningkatkan pengalaman pengguna. Jika telah memiliki pengalaman dalam coding di Ruby, mungkin Crystal akan cocok.

Artikel Terkait  Ngoding Semakin Lancar dengan 15 PHP Editor Terbaik untuk Tahun Ini

Bahasa ini menyerap keterbacaan sintaks dan struktur dari yang sebelumnya. Karena itu adalah sintaks coding yang diperiksa tipe statis, pengembang akan lebih jarang melakukan kesalahan ketik dan kesalahan sintaks.

Untuk meningkatkan penggunaan, dan menambahkan keunggulan fungsionalitas yang jarang tersedia dengan setiap bahasa lain, pengembang bisa menggunakan sistem makro bawaannya untuk membantu dengan templating dasar dan menjalankan program eksternal.

Red

Red mendapatkan inspirasi dari Relative Expression Based Object Language (REBOL). Seperti beberapa bahasa lain dalam daftar ini, bahasa ini mengatasi kekurangan bahasa dasarnya yaitu REBOL itu sendiri.

Red adalah bahasa pengembangan full-stack pertama sejenisnya, yang mencoba untuk dapat sesuai dengan konsep satu alat untuk menguasai semuanya.

Ini adalah bahasa yang dapat dieksekusi dengan satu kali eksekusi tanpa dependensi tambahan dan berukuran lebih kecil dari satu megabyte. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan Red untuk kebutuhan pemrograman:

  1. Sintaks yang mudah digunakan.
  2. Homoikonik, karena memiliki meta-bahasa dan format data aslinya sendiri.
  3. Ini adalah bahasa pemrograman simbolis yang mendukung dukungan objek, sistem makro, dan set data yang kaya.
  4. Bahasa cross compiler ini berukuran kurang dari satu megabyte, dengan dukungan yang tidak ada habisnya untuk paralelisme, konkurensi, dan kemampuan pemrograman sistem tingkat rendah.

bahasa pemrograman

Kotlin

JetBrains menciptakan Kotlin dan membagikannya kepada pengguna akhir melalui IDE-nya yang berkualitas tinggi. Karena Kotlin adalah bahasa berorientasi objek yang serbaguna, Google mensponsori bahasa ini dan merupakan bahasa pengembangan aplikasi resmi Android.

Ini adalah bahasa yang diketik secara statis dengan kelas data yang terdefinisi dengan baik, menjadikannya ringkas dan aman untuk digunakan. Bahasa ini berjalan dengan lancar di Java Virtual Machine (JVM).

Artikel Terkait  Pedoman Mudah Membuat Hyperlink HTML

Kalian bisa belajar Kotlin tanpa memiliki pengalaman coding sebelumnya, dan kemudian siap untuk mengembangkan aplikasi seperti profesional. Beberapa manfaat tambahan dari Kotlin meliputi:

  1. Fungsi pesanan yang dibuat dengan baik, ekspresi, dan metodologi evaluasi.
  2. Ekspresif, ringkas, dan memerlukan kode boilerplate lebih sedikit.
  3. Penggunaan bahasa ini aman, mengingat sistem tipe yang memungkinkan nullabilitasnya, dan NullPointerExceptions.
  4. Kemampuan multi-platformnya memungkinkan untuk berbagi logika aplikasi antara berbagai platform, termasuk web, mobile, desktop, dan laptop.
  5. Jangkauan perpustakaan yang selalu berkembang dari komunitas Kotlin meningkatkan efikasi dan efektivitasnya, terutama ketika Anda berjuang dengan pengembangan.

Bersiaplah untuk Masa Depan dengan Bahasa Pemrograman Unik

Setiap bahasa pemrograman telah melalui kompetisi untuk muncul sebagai kontender kuat untuk tempat teratas. Namun, beberapa bahasa yang lainnya telah tertinggal dan tenggelam seiring bertambahnya waktu.

Untuk tetap relevan dan fokus di masa depan, penting untuk melupakan beberapa bahasa yang telah usang, yang bisa membuat programmer kehilangan pekerjaan pada akhirnya. Saatnya menyesuaikan diri, menanamkan rasa lapar akan keunggulan, dan mulai belajar bahasa pemrograman berkinerja tinggi di masa depan.

Kesimpulan

Untuk tetap kompetitif dan relevan dalam dunia teknologi yang terus berubah, penting bagi para profesional IT untuk terus memperbarui keterampilan mereka dengan belajar bahasa pemrograman baru dan inovatif. Tahun 2023 menandai perubahan signifikan dalam dunia pemrograman dengan bahasa baru yang mulai mendapatkan perhatian dan popularitas dengan kemampuan unik dari masing-masing bahasa. Semoga ulasan kali ini bermanfaat ya!

Ikuti WEBAPP untuk terus mendapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga website! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan artikel terbaru dan menarik terkait teknologi serta pengembangan aplikasi setiap harinya! Sampai jumpa lagi!.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya