Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteWeb ProgrammingAccelerated Mobile Page, "Senjata" agar Website Lebih Cepat

Accelerated Mobile Page, “Senjata” agar Website Lebih Cepat

-

Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Saat ini, jumlah orang yang menjelajahi internet melalui smartphone sudah melampaui jumlah pengunjung internet yang menggunakan komputer desktop atau laptop. Bagi sebagian orang, telepon seluler pintar menjadi alat pencari dan pengolah informasi yang lebih terjangkau dari sisi harga dan lebih praktis digunakan di mana saja. Nah, maka dari itu wajar saja bila ingin meningkatkan pengalaman pengunjung web atau aplikasi, salah satu caranya bisa dengan memprioritaskan pengunjung dari smartphone. Hal ini dapat diwujudkan dengan menerapkan suatu standar bernama Accelerated Mobile Page agar website Anda dapat ditampilkan dan dioperasikan lebih cepat, bahkan pada perangkat yang tidak memiliki spesifikasi tinggi sekalipun. Penasaran mengetahui Accelerated Mobile Page lebih lanjut? Artikel kali ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Accelerated Mobile Page adalah

accelerated mobile page

Accelerated Mobile Pages atau disingkat AMP adalah framework dari Google yang mampu mengubah bentuk website menjadi lebih sederhana dan lebih cepat dimuat. Secara teknis, Accelerated Mobile Page adalah halaman HTML dari website yang dipangkas sehingga memiliki waktu muat yang lebih singkat daripada halaman HTML biasa. Website dapat menyajikan halaman versi AMP dengan menggunakan tag rel=amphtml pada struktur HTML website tersebut.

Komponen Accelerated Mobile Page

Halaman-halaman yang menerapkan Accelerated Mobile Pages terdiri dari tiga konfigurasi utama:

  1. HTML: Karena JavaScript yang kompleks tidak dibolehkan, kode HTML yang disesuaikan bersama dengan tag unik akan digunakan. Framework AMP juga mengharuskan pemilik web untuk menggunakan versi CSS yang lebih sederhana.
  2. JS: Digunakan untuk mendapatkan resourcedan menyederhanakannya sehingga tidak ada pemuatan bahan yang tidak penting. Dengan memanfaatkan komponen perpustakaan JS yang dimiliki AMP, pemilik web masih dapat memuat konten, membuat animasi, mengubah tata letak, dan masih banyak lagi.
  3. CDN: Content Delivery Networkberbasis proxy yang disebut AMP cache adalah komponen penting dalam platform Setiap cache dari website versi AMP akan disimpan dalam banyak server CDN. Saat pengunjung dari suatu negara mengakses website, server terdekat dari pengunjung tersebut akan mengantarkan konten web AMP agar dapat dimunculkan lebih cepat.
Artikel Terkait  jQuery Adalah? Pengertian, Fungsi dan Contohnya
Artikel Terkait  Redis adalah : Panduan Pemula dan Caching dengan Node JS

Dengan kode yang sedikit, jika Anda mengintegrasikan AMP untuk menstandarisasi halaman mobile website, artinya Anda memberi prioritas pada kecepatan dan keterbacaan website Anda dibandingkan hal lain.

Cara kerja Google Accelerated Mobile Page

Untuk memuat halaman lebih cepat, Google AMP bekerja dengan cara:

  1. Mengeksekusi seluruh JavaScript AMP secara asynchronous, artinya bagian dari halaman yang perlu dimuat ulang hanya yang mengalami perubahan saja. Sedangkan konten-konten lain yang tidak berubah dan tidak diperlukan tidak akan dimuat ulang.
  2. Kemudian, AMP akan menentukan struktur dan ukuran halaman tanpa bantuan resourcelain, sehingga browser dapat mengetahui seberapa besar halaman yang akan dimuat.
  3. Google AMP juga akan menaruh JavaScript pihak ketiga pada sandbox iframe, jadi elemen-elemen tersebut tidak dapat memblokir pemuatan elemen utama pada halaman.
  4. AMP dapat mengutamakan pemuatan elemen yang penting, seperti konten dan gambar. Jadi elemen-elemen tersebut dapat dimuat lebih cepat.

Mengapa harus menerapkan AMP?

Menurut survey dari Google, 46% orang mengatakan bahwa menunggu pemuatan situs saat browsing menggunakan perangkat mobile adalah hal yang paling mereka tidak suka. Survey lainnya menunjukkan bahwa 50% dari pengunjung akan meninggalkan suatu halaman jika waktu pemuatannya lebih dari 10 detik.

Saat website Anda mampu muncul lebih cepat, pengunjung akan merasa betah karena punya waktu lebih banyak untuk berinteraksi di dalam website. Untuk situs berita, artikel, atau blog, pengunjung dapat lebih nyaman membaca artikel tanpa adanya hal-hal yang membuat mereka terganggu, seperti iklan yang menutupi halaman dan memperlambat perangkat. Jika situs Anda merupakan situs jual-beli, calon pelanggan akan lebih mudah menemukan produk dan melakukan transaksi. Proses ini yang disebut konversi, dimana pengunjung web akan berubah menjadi pembeli jika mereka puas berbelanja di tempat Anda, kemudian akan menjadi pelanggan jika mereka membeli produk Anda berulang kali. Hal-hal ini tentu akan memberi kesan yang positif pada pengunjung.

Artikel Terkait  PHP 8 Adalah : Menyambut Fitur-Fitur Canggih PHP 8
Artikel Terkait  Web Dinamis adalah : Cara Praktis Ngoding Web Dinamis Menggunakan PHP

Ditambah lagi, waktu pemuatan website menjadi salah satu faktor paling penting agar website Anda memiliki nilai yang baik di mata mesin pencari seperti Google. Jadi, jika Anda terus meningkatkan pengalaman pada website salah satunya dengan mengurangi waktu pemuatannya, besar kemungkinan website Anda akan muncul pada halaman awal di hasil pencarian yang juga akan berdampak pada semakin banyaknya orang yang akan menemukan website Anda.

Penerapan Accelerated Mobile Page

Pada awalnya, AMP dirancang untuk halaman-halaman statis dan sederhana, seperti artikel, situs berita, serta blog. Namun seiring perkembangannya, AMP juga dapat diterapkan untuk website jual beli atau e-commerce. Biasanya website jual beli perlu waktu lebih lama untuk memuat konten karena banyaknya elemen yang harus dimunculkan. Jika website tidak segera muncul dan tidak segera merespon semua yang diklik oleh pengunjung, pastinya mereka akan meninggalkan halaman web tersebut dan mencari hasil lainnya yang bisa lebih cepat memunculkan informasi yang mereka inginkan. AMP dapat membantu website-website yang memiliki banyak resource untuk menyederhanakan tampilannya, sehingga mempersingkat waktu pemuatan dan respon halaman.

Untuk mengimplementasi AMP pada website, Anda perlu menggunakan tag spesifik AMP. Beberapa tag berikut perlu diikutsertakan sehingga setiap halaman dapat memunculkan versi AMP-nya dengan benar:

  • Document type standar untuk halaman HTML: <!doctype html>
  • Tag bersifat top-levelyang menunjukkan halaman AMP: <html amp>
  • Tag <head> dan <body> wajib digunakan. Tag-tag berikut diletakkan dalam tag head:
    • Tag untuk menunjukkan encoding: <meta charset=”utf-8”>
    • Tag untuk memuat library AMP JS: <script async src=”https://cdn.ampproject.org/v0.js”></script>
    • Tag canonical: <link rel=”canonical” href=”(alamat menuju halaman web tersebut)”>
    • Tag agar halaman bersifat responsive terhadap ukuran layar pengguna: <meta name=”viewport” content=”width=device-width” />
    • Gunakan AMP boilerplate code.

Selain itu, untuk konten seperti gambar, audio, atau video perlu menggunakan tag dari AMP seperti amp-img, amp-video, amp-audio atau amp-iframe, yang disesuaikan dengan jenisnya. Untuk seluruh daftar tag AMP dapat Anda lihat di halaman berikut ini.

Artikel Terkait  Mengapa Jest Adalah Salah Satu Framework JavaScript Teratas?
Artikel Terkait  PHP 8 Adalah : Menyambut Fitur-Fitur Canggih PHP 8

Halaman-halaman yang paling bagus diterapkan AMP adalah halaman yang paling sering dikunjungi, tergantung jenis website Anda. Untuk website yang banyak memuat artikel, AMP dapat diterapkan pada halaman-halaman artikel. Untuk website e-commerce, AMP bisa diterapkan pada halaman daftar produk dan halaman produk itu sendiri. Namun apapun jenis website Anda, jangan lupa untuk gunakan AMP pada halaman utama (homepage), karena homepage inilah yang akan menjadi “muka depan” website Anda yang akan banyak dilihat pengunjung.

Kesimpulan

Demikian pembahasan kali ini mengenai Accelerated Mobile Pages, yaitu suatu komponen yang telah distandarisasi oleh Google yang bertujuan untuk mengubah halaman web menjadi lebih sederhana. Accelerated Mobile Page dapat membantu Anda dalam mengubah website menjadi lebih mobile-friendly dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan pengoperasian yang lebih lancar, bahkan dalam perangkat dengan spesifikasi yang rendah sekalipun. Maka dari itu, siap meningkatkan pengalaman pengunjung website Anda dengan menerapkan AMP?

Jangan lupa untuk terus ikuti kami di APPKEY.id untuk informasi menarik tentang pengembangan website dan aplikasi mobile lainnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya