Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteWordpressOxygen Builder : Review Lengkap Page Builder Wordpress!

Oxygen Builder : Review Lengkap Page Builder WordPress!

-

Last Updated on June 24, 2023 by

Ketika penyuntingan website sebelumnya erat kaitannya dengan coding dan pikiran teknis, alat seperti Oxygen builder telah mengubah permainan. Oxygen memungkinkan pengguna untuk mengedit seluruh website mereka dengan fungsionalitas cerdas, tanpa berurusan dengan satu baris kode pun.

Dengan Oxygen builder, non-programmer dapat mengembangkan dan membuat situs web dengan menghilangkan semua hambatan desain. Mari simak ulasan lengkapnya mulai dari pengertian, fitur unggulan, cara instalasinya hingga review singkat apakah page builder ini cocok untuk digunakan pada pembahasan dibawah ini!

Apa Itu Oxygen Builder?

oxygen builder

Oxygen builder tidak terbatas pada definisi builder halaman atau builder tema. Alat hybrid ini memungkinkan pengguna untuk mengendalikan kreativitas maksimal mereka pada situs web yang akan dibangun.

Pengguna dengan pengetahuan teknis terbatas dapat menggunakan Oxygen untuk sepenuhnya menyesuaikan situs web mereka. Ini adalah opsi populer di antara pengguna yang menahan diri dari kompleksitas coding dan pembangunan halaman.

Mengapa Harus Menggunakan Oxygen Builder?

Oxygen builder adalah alat yang dapat mempermudah proses pembuatan situs web dan secara mandiri membawa perubahan yang disesuaikan ke situs web melalui teknik penyuntingan seret dan lepas yang mudah. Fleksibilitas dengan aksesibilitas digabungkan untuk memungkinkan pengguna membuat situs web yang kompleks tanpa menggunakan puluhan plugin.

Pengguna menggunakan Oxygen page builder karena memberikan kontrol penuh atas WooCommerce dan situs web WordPress. Situs yang dibuat dengan builder halaman ini menawarkan backend yang dapat diedit dan frontend yang cepat saat dimuat yang menjadi kombinasi terbaik bagi para pengembang atau pembuat situs web mana pun.

Fitur Unggulan Oxygen Page Builder

Oxygen page builder menawarkan fitur terbaik yang memungkinkan pengguna menyesuaikan desain situs web yang dibangun. Berikut beberapa fitur paling menonjol yang dimiliki oleh page builder satu ini.

Artikel Terkait  Cara Menggunakan WooCommerce Indonesia di Wordpress

1. Penyuntingan Visual

Oxygen page builder menyediakan kemampuan penyuntingan visual yang sangat baik. Antarmuka pembangun situs visual dapat diakses dengan mengklik tombol Edit dengan Oxygen di dalam menu Templates.

Pembangun halaman memungkinkan pengguna memilih instalasi kosong atau memulai dengan desain yang telah dibuat sebelumnya. Pengguna dapat mengedit setiap elemen desain di halaman yang termasuk dalam kelas CSS yang sama sekaligus

Panel struktur yang muncul di panel sidebar kanan memungkinkan pengguna melihat struktur elemen HTML kapan saja dan memungkinkan penyuntingan real-time dengan menyeret dan menjatuhkan elemen di penyunting visual.

2. Kontrol Layout yang Kuat

Oxygen menawarkan kontrol layout yang mudah digunakan kepada penggunanya. Tidak seperti pembangun halaman lainnya, pengguna tidak perlu menggunakan kolom apa pun, cukup gunakan mesin layout flexbox untuk dengan mudah menyelaraskan elemen dan beralih antara layout vertikal dan horizontal.

Selain itu, Oxygen builder menyediakan penyesuaian jarak dan ukuran dengan mudah dengan hanya menyeret sisi elemen untuk kenyamanan pengguna.

3. Integrasi Gutenberg

Gutenberg mengubah pengalaman penyuntingan dengan menambahkan fleksibilitas dan media ke halaman situs. Oxygen membuat integrasi Gutenberg menjadi lebih mudah. Pengguna dapat membuat blok Gutenberg tanpa kompleksitas coding dengan menggunakan solusi seret dan lepas yang mudah.

Apa pun yang didesain di Oxygen dapat digunakan sebagai blok Gutenberg. Jadi pengguna bisa menambahkan blok, menyesuaikan gambar, teks, dan URL tautan. Kemampuan untuk membuat layout blok Gutenberg yang disesuaikan memberikan Oxygen keunggulan dari pesaingnya. Pengguna juga dapat menggunakan blok tersebut di situs web lain melalui alat impor/ekspor.

4. Kebersihan Kode

Kebersihan kode adalah fitur lain yang membedakan Oxygen dari pesaingnya. Karena Oxygen mengambil alih tema WordPress yang ada, kompleksitas kode juga berkurang dan menjamin kebersihan kode untuk manajemen yang mudah.

Dibandingkan dengan pesaing terbesarnya yaitu Elementor, Oxygen memberikan output coding HTML yang sangat tepat. Oxygen dapat menunjukkan satu baris kode yang mungkin ditampilkan oleh Elementor dalam blok kode. Pengurangan baris kode menjamin waktu pemuatan yang cepat, indeksasi yang mudah, dan hasil yang lebih baik secara keseluruhan.

Artikel Terkait  Mengenali Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

5. Header Builder

Header Builder Oxygen memungkinkan pengguna membuat header yang menarik perhatian. Pengguna dapat memasukkan elemen desain ke header melalui seret dan lepas serta mempercantiknya menggunakan efek khusus dan layout.

Dengan kontrol responsif, header dapat disesuaikan agar terlihat baik di semua perangkat. Pengguna juga dapat menggunakan Oxygen builder untuk menggunakan sticky header dan menggunakannya sebagai CTA untuk halaman situs Anda.

6. Fungsionalitas Data Dinamis

Fitur Data Dinamis Oxygen memungkinkan pengguna untuk menghubungkan elemen desain ke data database WordPress. Apa pun yang ada di database WordPress dapat dimasukkan dalam desain. Ini juga memungkinkan pengguna untuk mengimpor dan mengekspor pengaturan desain dan CSS yang dibuat melalui Oxygen.

Manfaat utama dari fitur Data Dinamis adalah Anda dapat mengimpor data secara langsung tanpa mengunduh arsip. 

Cara Menginstal Oxygen Page Builder

oxygen builder

Oxygen adalah pembangun halaman premium yang dilengkapi dengan fitur dan fungsi yang luas. Ini tidak tersedia di repositori WordPress. Oleh karena itu, pengguna perlu membeli lisensinya terlebih dahulu dan kemudian mengunggahnya secara manual ke daftar plugin WordPress.

Jika sudah memiliki lisensi, menginstal pembangun halaman Oxygen sangat mudah. Pengguna hanya perlu menavigasi ke Dashboard WordPress > Plugin > Tambah Baru > Unggah Plugin > Pilih File dan pilih file zip pembangun halaman Oxygen yang telah diunduh dari halaman resminya. Setelah mengunggah plugin, klik Install Now dan Activate Plugin.

Setelah mengaktifkan plugin, layar Selamat Datang akan muncul dan meminta pengguna untuk memilih jenis instalasi Oxygen. Oxygen menawarkan situs web yang telah dibuat sebelumnya di mana pengguna dapat dengan mudah mengimpor konten dan desain demo dari perpustakaan. Selain itu, Oxygen juga menawarkan instalasi kosong dengan layout dan desain yang polos.

Syarat Untuk Menggunakan Oxygen Builder

Untuk dapat mulai membuat website dengan Oxygen, beberapa syarat diperlukan untuk pengalaman pembangunan halaman yang mulus. Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi.

  • Versi WordPress 5.0 atau lebih tinggi 
  • Versi PHP 7.0 atau lebih tinggi kecuali PHP 8 
  • Versi MySQL / MariaDB 5.6 / 10.1 atau lebih tinggi 
  • Browser Chrome, Firefox, Safari, dan semua browser modern
Artikel Terkait  Cara Menginstall Wordpress Localhost dengan Mudah

Perhatikan bahwa PHP 8 belum didukung oleh Oxygen Page Builder. Persyaratan di atas tergantung pada penyedia hosting yang digunakan, jadi pastikan penyedia hosting memiliki versi terbaru di server dan platform hosting. 

Harga Paket Oxygen Page Builder

Tidak seperti pembangun halaman lainnya, Oxygen tidak memerlukan langganan bulanan atau tahunan tetapi cukup pembayaran satu kali untuk menikmati manfaatnya seumur hidup. Oxygen telah membagi rencana harga menjadi empat paket. Berikut penjelasan lengkap dari masing-masing paket.

  1. Paket Dasar 
  • Biaya pembayaran satu kali sebesar $129 
  • Pembangun visual yang fleksibel dan kuat untuk WordPress 
  • Garansi uang kembali 60 hari
  1. Paket WooCommerce 
  • Biaya pembayaran satu kali sebesar $169 
  • Integrasi WooCommerce 
  • Gunakan untuk membangun situs web dan toko WooCommerce secara visual 
  • Garansi uang kembali 60 hari
  1. Paket Agency
  • Biaya pembayaran satu kali sebesar $199 
  • Integrasi WooCommerce 
  • Pembangun blok Gutenberg 
  • UI klien yang disederhanakan 
  • Garansi uang kembali 60 hari
  1. Paket Utama 
  • Biaya pembayaran satu kali sebesar $229 
  • Integrasi WooCommerce 
  • Pembangun blok Gutenberg 
  • UI klien yang disederhanakan 
  • Elemen komposit 
  • Garansi uang kembali 60 hari

Kesimpulan

Oxygen builder adalah pilihan yang cerdas bagi pengguna yang ingin membuat website impian namun tak memiliki kemampuan pemrograman. Oxygen dapat menjadi alat yang sangat baik yang membebaskan pengguna dari berurusan dengan teknisitas pemrograman dengan berbagai fitur unggulannya. Oxygen adalah kontender yang solid dalam daftar pembangun halaman WordPress terbaik. Semoga ulasan kali ini menambah wawasan Anda ya!

Ikuti WEBAPP untuk terus mendapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga website! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan artikel terbaru dan menarik terkait teknologi serta pengembangan aplikasi setiap harinya! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya