Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Mudah
Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi google play store? Coba atasi dengan beberapa langkah berikut ini.
22539
post-template-default,single,single-post,postid-22539,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Mudah

Apakah anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store?

Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami oleh para pengguna perangkat hp Android. Permasalahan ini terjadi saat pengguna hp Android, mencoba masuk ke Google Play Store untuk menginstall aplikasi. Tetapi, tidak bisa mengaksesnya. Malah pengguna Android mendapatkan pesan atau notifikasi Error semacam ini: “Authentication is required. You need to sign into your Google Account. Try Again”. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, isi pesannya seperti ini: “Diperlukan autentikasi. Anda perlu sign ke akun Google anda. Coba lagi.”

Banyak pengguna Android kebingungan dan menyangka bahwa aplikasi Play Storenya Error. Padahal sebenarnya, hal itu (autentikasi is required) sebagai pertanda, informasi, atau pesan peringatan dari sistem Google Play kepada para pengguna Android agar akun Google mereka wajib diverifikasi atau diperlukan autentikasi terlebih dahulu, sebelum mengakses ke sistem Play Store.

Diperlukan autentikasi, maksudnya adalah pengguna Android perlu atau wajib memberikan informasi/kredensial kepada sistem Google Play. Informasi itu berupa password dari akun Google. Password yang dimasukkan saat login harus benar-benar valid agar pengguna Android dapat lolos verifikasi dan validasi. Sehingga, bisa dengan mudah masuk ke Play Store dan juga bisa melakukan pembelian secara legal dan aman selama di Play Store.

Sekarang ini, permasalahan autentikasi dapat diatasi dengan mudah dan cepat, karena sudah ada langkah-langkah atau metode tertentu untuk mengatasi permasalahan ini. Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara mengatasi masalah autentikasi Google Play Store. Terlebih dahulu, kami akan menjelaskan satu per satu tentang pengertian autentikasi, Google Play Store, dan autentikasi pada Google Play Store.

Apa Autentikasi Google Play Itu?

 

autentifikasi-google 

Artikel Terkait  Alternatif Cpanel Gratis Untuk Mengelola Website Anda

Autentikasi (authentication) adalah proses verifikasi identitas seseorang atau pengguna perangkat tertentu saat akan masuk ke dalam suatu sistem. Proses verifikasi tersebut, umumnya menggunakan Username dan Password pengguna yang akan dijadikan informasi untuk mengetahui apakah orang yang mengakses itu adalah pemilik akun asli yang sah dan berhak masuk ke dalam sistem.

Sementara itu, seperti yang kita ketahui bahwa Google Play Store adalah toko aplikasi resmi milik Google yang disediakan untuk tempat berbelanja bagi para pengguna hp Android. Pada saat pertama kali diluncurkan oleh Google, Google Play Store masih disebut Android Market.

Setelah dijelaskan mengenai pengertian autentikasi dan Google Play Store. Maka, autentikasi Google Play Store adalah sistem dari Android yang menjalankan proses verifikasi identitas pengguna Android, saat mengakses ke Google Play Store. Proses verifikasi akun Google, menggunakan Username dan Password Gmail pengguna. Hasil verifikasi ini dijadikan sebagai bahan informasi untuk mengetahui identitas dari pengguna Android. Apakah pengguna Android itu pemilik asli dari Android dan pemilik akun Google yang sah yang berhak mengakses ke Play Store.

Mungkin, autentikasi Google ini sebelumnya sudah didesain oleh pengembang Android dan pengembang Google yang bertujuan untuk menjamin keamanan data pengguna Android selama aktivitas berbelanjanya di dalam Play Store saat menggunakan ponsel cerdas Android.

Setelah tadi dijelaskan mengenai pengertian autentikasi, google play store, dan masalah autentikasi Google play store. Sekarang, kami akan menjelaskan tema utama dari pembahasan artikel kali ini, yaitu cara mengatasi masalah autentikasi Google play store dengan mudah.

Ada beberapa langkah yang bisa anda terapkan untuk mengatasi masalah autentikasi Google Play. Coba atasi dengan beberapa langkah mudah berikut ini.

Hapus Data dari Google Play Store

 
Cara untuk menghapus data dari Play Store, Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Anda masuk ke Settings.
  2. Kemudian, pilih Aplikasi.
  3. Klik Google Play Store.
  4. Scroll ke bawah ke Storage. Setelah itu, tap Clear Data. Setelah tap Clear Data, lalu muncul pesan konfirmasi dari sistem.

Catatan dalam Melakukan Autentikasi Google Play:

 
Jika anda mau, anda bisa mencoba untuk Clear cache terlebih dahulu. Tetapi, hanya melakukan Clear data, otomatis hal itu akan menghapus cache.

Hapus Akun Google

 

delete-google 

Salah satu cara yang perlu anda coba dalam mengatasi permasalahan autentikasi Google Play adalah dengan menghapus akun Google yang mendapatkan pesan/notif “diperlukan autentikasi”. Menghapus Akun Google bisa menjadi solusi yang tepat yang bisa anda lakukan untuk menyelesaikan masalah autentikasi Google. Biasanya, cara ini sering dilakukan oleh pengguna Android yang baru saja membeli HP Android second atau bekas, dimana di dalam HP Android tersebut, masih terdapat banyak data-data dan aplikasi-aplikasi dari pemilik lama yang masih terpasang dan belum dihapus, termasuk salah satunya akun Google pemilik lama. Mungkin, sebelum menjual hpnya itu, pemilik lama HP Android belum sempat atau lupa untuk menghapus akun Google-nya.

Jika, tidak segera menghapus akun Google pemilik lama yang ada di dalam HP Android second itu, maka masalah autentikasi Google Play Store tidak akan bisa teratasi. Anda pun tidak akan pernah bisa masuk ke Play Store.

Berikut ini merupakan cara menghapus akun Google di HP android :

  1. Pilih menu Settings/Setelan pada HP android anda.
  1. Pada bagian menu settings, pilih Accounts.
  1. Pada bagian Accounts, pilih Google.
  1. Pilih Akun Google yang akan diremove yang mengalami masalah autentikasi Google.
  1. Tap tombol menu yang ada di HP android anda, icon menu berbentuk kotak. Berada di paling bawah sebelah kiri.
  1. Setelah tekan tombol menu, lalu klik Remove account.
  2. Selesai.

Setelah selesai menghapus akun, Anda dapat add account lagi. Kemudian, coba akses ke play store. Apakah pesan Error autentikasi Google Play sudah hilang atau masih muncul? Biasanya, trik ini akan berjalan dengan baik.

Artikel Terkait  Cara Ganti DNS untuk Browsing Lebih Cepat dan Aman

Uninstall Update Play Store

 
Terkadang, penyebab masalah autentikasi Google, datang bukan dari pengguna android yang lupa memasukan data password Gmail saat login di akun Google. Tetapi, masalah disebabkan ada kesalahan/error sistem dari Play Store-nya sendiri. Jika, benar hal itu yang menjadi penyebabnya. Maka, cara untuk mengatasinya adalah seperti ini:

Buka play store di menu settings.

  1. Buka menu Settings
  2. Pilih Aplikasi/Apps
  3. Pilih Google Play Store
  4. Tap Uninstall Updates

Setelah selesai, anda akan melihat versi asli dari Play Store yang dipasang pada perangkat hp anda. Kemudian, anda install versi terbaru dari Google Play Store dan coba masuk sekali lagi ke Google Play Store. Perhatikan apakah pesan notifikasi “diperlukan autentikasi” sudah tidak muncul lagi.

Refresh Sinkronisasi

 

refresh 

Mungkin, terdapat beberapa data akun Google yang belum disinkronkan atau diperbarui yang membuat sistem Play Store mencurigai validitas data dari pengguna Android. Maka, pengguna Android harus menyinkronkan data akun Google terlebih dahulu yang mungkin bisa menghilangkan pesan autentikasi. Melakukan sinkronisasi baru cukup mudah. Hanya pilih dan klik saja. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka menu Setting di hp Android Anda.
  2. Tap Accounts untuk masuk pada akun Anda.
  3. Tap aplikasi Google anda.
  4. Pilih Gmail anda yang akan disinkronkan.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses sinkronisasi selesai. Proses sinkronisasi cukup cepat, tidak membutuhkan waktu yang lama.

Kemudian, Anda dapat kembali akses ke Play Store dan periksa apakah pesan Autentikasi Google Play itu sudah hilang.

Kesimpulan

 
Nah, itulah penjelasan dari kami mengenai cara dalam mengatasi autentikasi Google Play Store. Ternyata, permasalahan autentikasi Google Play Store itu terjadi karena beberapa hal. Umumnya, permasalahan terjadi karena adanya permasalahan pada akun Google dan Error pada aplikasi Play Store.

Artikel Terkait  Cara Beli Domain dan Registrasi Domain dengan Mudah

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang anda juga sudah tahu bagaimana cara mengatasinya. Selain itu, anda juga sudah memahami tentang apa yang dimaksud dengan autentikasi secara umum, lebih mengenal apa itu play store, dan pastinya sudah memahami masalah autentikasi di Google Play Store. Minimal tidak akan membuat anda menjadi panik dan kebingungan. Jika nanti anda mengakses lagi ke Play Store dan mendapatkan pesan notifikasi lagi: “diperlukan autentikasi.” Maka, anda sudah tahu bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan autentikasi ini.

Namun, jika nanti anda mengakses lagi Play Store dan menemukan pesan autentikasi Google itu sudah hilang alias tidak muncul, lalu anda pun bisa masuk ke play store. Berarti, anda sudah berhasil mengatasi permasalahan autentikasi Google. Selanjutnya, anda bisa mulai mengunduh berbagai aplikasi, game, menonton film favorit, dan membaca buku-buku yang baru dirilis.

Demikianlah, pembahasan artikel untuk kali ini. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat menyelesaikan permasalahan autentikasi Google anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: