Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
7 Cara Menghilangkan Malware di Laptop dengan Mudah
Bagaimana cara menghilangkan malware dengan cepat? Malware merupakan salah satu jenis virus jahat yang gampang-gampang susah untuk dihilangkan. Coba cara ini untuk mengatasinya.
21859
post-template-default,single,single-post,postid-21859,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

7 Cara Menghilangkan Malware di Laptop dengan Mudah

Malware mengacu pada semua jenis perangkat lunak berbahaya yang mencoba menginfeksi komputer atau perangkat seluler. Peretas menggunakan malware untuk sejumlah alasan seperti, mengekstraksi informasi pribadi atau kata sandi, mencuri uang, atau mencegah pemilik mengakses perangkat mereka. Malware merupakan istilah umum yang dipakai untuk merujuk ke berbagai bentuk perangkat lunak yang dianggap mengganggu.

Tidak selalu mudah untuk mengetahui apakah komputer Anda terinfeksi malware atau tidak, karena akhir-akhir ini penjahat cyber akan berusaha keras untuk menyembunyikan kode mereka dan menyembunyikan apa yang sedang dilakukan program-program mereka pada komputer yang terinfeksi.

Jika menyadari laptop Anda mungkin terinfeksi virus atau malware mengkhawatirkan, Anda perlu mengambil tindakan yang hati-hati dan tegas, bisa jadi menghapus virus lebih cepat dan lebih mudah daripada yang mungkin Anda pikirkan. Oleh karena itu, cara menghapus malware merupakan pengetahuan penting bagi Anda yang memiliki laptop atau komputer.

Artikel Terkait  15 Contoh Desain Website Terbaik dan Paling Menginspirasi

Bagaimana Cara Mendeteksi Virus?

 

malware-1

Tidak selalu jelas bahwa komputer Anda terinfeksi. Sangat sulit untuk memberikan daftar gejala khas komputer yang terinfeksi karena gejala yang sama juga dapat disebabkan oleh ketidakcocokan perangkat keras atau ketidakstabilan sistem, namun berikut adalah beberapa contoh yang mungkin menunjukkan bahwa laptop Anda telah terinfeksi.

Beberapa tanda peringatan PC atau laptop Anda mungkin terkena virus adalah.

  • Komputer yang berjalan sangat lambat
  • Pesan pop-up yang muncul entah dari mana dan sulit untuk dihilangkan
  • Program komputer mulai yang tidak Anda kenal atau tidak Anda mulai sendiri
  • Anda dapat mendengar suara hard drive secara konstan

Salah satu dari gejala ini mungkin disebabkan oleh virus. Jika Anda mengalami dua atau tiga sekaligus, itu indikasi kuat bahwa laptop Anda terkena virus. Jika Anda belum memiliki antivirus, segera unduh program antivirus.

Artikel Terkait  Uji Kecepatan Internet di Rumah dengan Cepat Pake Cara Ini!

Cara Menghilangkan Malware

 

malware 2

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi malware. Bagaimana cara menghilangkan malware dengan cepat? Malware merupakan salah satu jenis virus jahat yang gampang-gampang susah untuk dihilangkan. Coba cara ini untuk mengatasinya.

Cara Menghilangkan Malware dengan Menghapus Virus

 

Langkah 1: Masuk ke Mode Aman

 
Lakukan ini dengan mematikan dan menghidupkan kembali laptop Anda. Kemudian, segera setelah Anda melihat sesuatu di layar, tekan tombol F8 berulang kali. Ini akan memunculkan menu Advanced Boot Options. Dari sana, pilih Safe Mode with Networking dan tekan Enter. Ketika melakukan ini, nonaktifkan internet di laptop Anda.

Langkah 2:  Hapus File Sementara

 
Saat Anda dalam Safe Mode, Anda harus menghapus File Sementara Anda menggunakan alat Pembersihan Disk.

  • Buka menu Start
  • Semua Program (atau hanya beberapa Program)
  • Aksesoris
  • Alat Sistem
  • Pembersihan disk
  • Gulir daftar Files To Delete, dan pilih Temporary Files

Menghapus file-file ini dapat mempercepat pemindaian virus yang akan Anda lakukan.

Langkah 3 : Unduh Pemindai Virus

 
Jika Anda tidak memiliki pemindai virus yang diinstal, ini saatnya untuk terhubung kembali ke internet dan mengunduhnya. Bahkan jika Anda tidak dapat terhubung ke internet, Anda mungkin masih dapat mengunduh Microsoft Safety Scanner karena Anda memulai komputer Anda dalam Safe Mode with Networking.

Langkah 4: Jalankan Pemindaian Virus

 
Jalankan pemindaian virus. Anda dapat mengidentifikasi virus dan menghapusnya. Jika perlu, hapus virus secara manual. Beberapa virus harus dihapus secara manual. Anda hanya boleh mencoba ini jika Anda berpengalaman menggunakan Windows Registry dan tahu cara melihat dan menghapus file sistem dan program. Jika cara menghilangkan malware di laptop ini tidak ampuh, Anda perlu mencoba cara lainnya. Selain itu, jika Anda tidak yakin, hubungi pakar TI yang berspesialisasi dalam menghapus virus.

Artikel Terkait  Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Cara Menghilangkan Malware dengan Pulihkan atau Install Kembali File atau Perangkat Lunak yang Rusak

 
Ketika melakukan pemindaian, mungkin Anda bisa mendeteksi virus dan menemukan file yang dirusak virus. Dalam hal ini, Anda mungkin perlu menginstal ulang semua file atau program yang rusak oleh virus.  Di sinilah cadangan sangat berguna, dan kami sangat menyarankan Anda membuatnya secara teratur.

Cara Menghilangkan Malware dengan Meningkatkan Pertahanan Anda

 
Ada dua langkah untuk bisa meningkatkan pertahanan di laptop Anda, yaitu.

  • Selalu perbarui perlindungan Anda

Memperbarui perangkat lunak antivirus Anda akan membantu melindungi laptop Anda dari virus dan malware. Menjaga agar tetap mutakhir sangat penting karena virus baru bisa saja sedang ada yang membuat  jadi walaupun Anda membeli antivirus sebulan yang lalu, mungkin perlu diperbarui sekarang.

  • Buat cadangan

Buat cadangan file Anda secara teratur dan simpan di hard drive eksternal. Ini dapat membantu mencegah hilangnya informasi penting jika Anda mendapatkan virus lain. Jika Anda belum pernah membuat cadangan sebelumnya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai.

Artikel Terkait  Lupa Pass Gmail (Google Mail)? Ini Solusinya!

Cara Menghilangkan Malware dengan Mengambil Langkah Proaktif untuk Mencegah Mendapatkan Langkah Lain

 
Berikut ini beberapa hal cepat dan mudah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari mengunduh virus lagi.

  • Install pembaruan perangkat lunak terbaru untuk Windows
  • Instal program antivirus
  • Cadangkan data Anda secara teratur
  • Hindari mengklik pesan pop-up yang mengklaim telah mendeteksi masalah dengan komputer Anda
  • Berhati-hatilah dalam membuka email dari alamat yang tidak Anda kenal, terutama jika mengandung tautan atau lampiran

Cara Menghilangkan Malware dengan Gunakan Rkill untuk Menghentikan Program yang Mencurigakan

 
RKill adalah program yang akan berusaha untuk menghentikan semua proses berbahaya yang terkait dengan infeksi sehingga Anda akan dapat melakukan langkah selanjutnya tanpa terganggu oleh perangkat lunak berbahaya.

Karena Rkill ini hanya akan menghentikan proses berbahaya dan tidak menghapus file apa pun, setelah menjalankannya Anda tidak boleh mem-boot ulang komputer Anda.

Berikut langkah-langkah dalam menggunakan program Rkill.

  • Unduh Rkill.
  • Klik dua kali pada ikon RKill.

Klik dua kali pada program Rkill untuk menghentikan program jahat berjalan.

  • Tunggu hingga pemindaian RKill selesai.

RKill sekarang akan mulai bekerja di latar belakang, harap bersabar sementara dalam mencari proses berbahaya dan mencoba untuk mengakhirinya.

  • RKill akan menghentikan program jahat. Lanjutkan dengan langkah-langkah lainnya.

Ketika alat Rkill telah menyelesaikan tugasnya, itu akan menghasilkan log. Jangan reboot komputer Anda setelah menjalankan RKill karena bisa saja program malware akan mulai lagi.

Artikel Terkait  Proxy Server Adalah Komputer Server | Bagaimana Cara Kerjanya?

Cara Menghilangkan Malware dengan Memeriksa Ulang Program Jahat dengan Emsisoft Emergency Kit

 
Cara menghilangkan virus malware berikutnya adalah dengan Memeriksa Ulang Program Jahat dengan Emsisoft Emergency Kit. Emsisoft Emergency Kit adalah pemindai on-demand gratis dan kuat yang dapat digunakan untuk menghapus virus, trojan, spyware, adware, worm, dan program jahat lainnya.

Meskipun pemindaian sebelumnya lebih dari cukup, kami merekomendasikan Emsisoft Emergency Kit kepada pengguna yang masih memiliki masalah terkait malware atau hanya ingin memastikan laptop mereka 100% bersih.

Anda dapat menggunakan Emsisoft Emergency Kit dengan langkah-langkah berikut:

  • Unduh Emsisoft Emergency Kit.
  • Instal Emsisoft Emergency Kit.

Klik dua kali pada file pengaturan Emsisoft Emergency Kit untuk memulai proses instalasi, lalu klik tombol “Instal”. Klik pada tombol Install

  • Mulai Emsisoft Emergency Kit.

Di desktop Anda, folder “EEK” (C: \ EEK) sekarang harus terbuka. Untuk memulai Emsisoft, klik file “Start Emsisoft Emergency Kit” untuk membuka program ini.

Dalam penyajiannya, bisa muncul dialog Kontrol Akun Pengguna yang menanyakan apakah Anda ingin menjalankan file ini. Jika ini terjadi, Anda harus mengklik “Yes” untuk melanjutkan instalasi.

Izinkan Emsisoft dijalankan di laptop Anda

  • Klik pada “Malware Scan”.

Emsisoft Emergency Kit akan mulai dan akan meminta Anda untuk memperbaruinya sendiri. Setelah proses pembaruan selesai, klik pada tab “Scan”, dan lakukan “Malware Scan”.

Lakukan Pemindaian Malware dengan Emsisoft Emergency Kit.

Emergency Emsisoft Kit sekarang akan memindai laptop Anda untuk file berbahaya. Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit.

  • Klik pada “Quarantine selected”.

Setelah pemindaian selesai, akan ada tampilan layar yang melaporkan file berbahaya yang terdeteksi di komputer Anda. Untuk menghapus program jahat, klik ” Quarantine selected”.

Klik pada Karantina yang dipilih untuk menghapus program jahat

Ketika proses penghapusan virus selesai, Emsisoft Emergency Kit perlu me-restart komputer Anda. Klik tombol “Reebot” untuk memulai kembali PC Anda.

Artikel Terkait  WhatsApp Website: Cara Menggunakannya di Android dan PC

Cara Menghilangkan Malware dengan Mengatur Ulang Pengaturan Browser ke Default Aslinya

 
Cara menghilangkan malware lainnya adalah dengan mengatur ulang pengaturan browser ke default aslinya. Jika browser Anda sedang diarahkan atau melihat iklan yang tidak diinginkan, Anda perlu mengatur ulang pengaturan browser web ke default aslinya. Langkah ini perlu Anda lakukan jika masalah belum terpecahkan oleh langkah-langkah sebelumnya. Dalam pembahasan kali ini, kita ambil contoh Google Chrome.

Google Chrome memiliki opsi yang akan mengatur ulang sendiri ke pengaturan default. Menyetel ulang pengaturan browser Anda akan mereset perubahan yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh menginstal program lain. Namun, bookmark dan kata sandi yang Anda simpan tidak akan dihapus atau diubah.

  • Buka menu “Settings” Chrome.

Klik tombol menu utama Chrome, diwakili oleh tiga garis horizontal. Saat menu muncul, pilih opsi berlabel “Settings”.

  • Di bagian bawah, klik “Advanced”.

“Settings” Chrome sekarang harus ditampilkan di tab atau jendela baru, tergantung pada konfigurasi Anda. Selanjutnya, gulir ke bagian bawah halaman dan klik tautan “Advanced”.

  • Di bawah bagian “Reset,” klik “Reset”.

Pengaturan lanjutan Chrome sekarang harus ditampilkan. Gulir ke arah bawah hingga bagian “Reset and clean up”. Langkah berikutnya adalah klik tombol “Reset settings to their original defaults”.

  • Konfirmasikan dengan mengklik “Reset”.

Dialog konfirmasi  harus ditampilkan, karena komponen yang akan dikembalikan ke keadaan default jika Anda melanjutkan dengan proses reset. Untuk menyelesaikan proses pemulihan, klik tombol ““Reset Settings”.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: