Design adalah? Mari kita belajar web design
Desain adalah proses perencanaan dan perancangan yang dilakukan untuk membuat suatu objek yang memiliki fungsi dan keindahan
21713
post-template-default,single,single-post,postid-21713,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Design adalah? Mari kita belajar web design

Setiap proses produksi suatu produk barang maupun jasa, kita tidak bisa lepas dari aspek design atau tampilan dari produk yang akan kita buat. Mengapa design ini penting? Karena design adalah kesan pertama yang dilihat oleh calon pengguna dari produk kita.

Bayangkan ketika kita membeli sebuah mobil, atau mungkin sebuah rumah, tentunya desain interior dan juga eksteriornya yang akan kita jadikan pertimbangan dalam membuat keputusan untuk membeli mobil atau rumah tersebut.

Sebagaian besar dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah design ini. Namun, sudah kita memahaminya secara benar? Selain kedua contoh di atas, dalam rekayasa perangkat lunak kita juga mengenal istilah desain UI (user interface yang berarti antar muka pengguna) dan UX (User experience atau pengalaman pengguna)

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang pengertian desain secara umum dan juga pengertian desain perangkat lunak dan bagaimana pembuatannya.

Design adalah..

 
desain

Artikel Terkait  CSS Adalah? Memahami Pengertian, Cara Kerja dan Penggunaannya dalam Website

Di Wikipedia disebutkan bahwa Design adalah rencana atau spesifikasi untuk konstruksi objek atau sistem atau untuk implementasi suatu kegiatan atau proses, atau hasil dari rencana atau spesifikasi itu dalam bentuk prototipe, produk atau proses. Kata kerja mendesain mengekspresikan proses pengembangan suatu desain. Dalam beberapa kasus, konstruksi langsung suatu objek tanpa rencana sebelumnya yang eksplisit (seperti dalam kerajinan, beberapa teknik, pengkodean, dan desain grafis) juga dapat dianggap sebagai kegiatan desain. Desain biasanya harus memenuhi tujuan dan kendala tertentu, dapat mempertimbangkan pertimbangan estetika, fungsional, ekonomi, atau sosial-politik, dan diharapkan berinteraksi dengan lingkungan tertentu. Contoh utama desain termasuk cetak biru arsitektur, gambar teknik, proses bisnis, diagram sirkuit, dan pola menjahit.

Orang yang menghasilkan desain disebut desainer, yang merupakan istilah yang umumnya digunakan untuk orang yang bekerja secara profesional di salah satu dari berbagai bidang desain – biasanya menentukan area yang sedang ditangani (seperti perancang tekstil, perancang busana, perancang produk). , perancang konsep, perancang web (perancang situs web) atau perancang interior), tetapi juga yang lain seperti arsitek dan insinyur. Urutan aktivitas seorang desainer disebut proses desain, mungkin menggunakan metode desain. Proses menciptakan desain bisa singkat (sketsa cepat) atau panjang dan rumit, yang melibatkan banyak penelitian, negosiasi, refleksi, pemodelan, penyesuaian interaktif dan desain ulang.

Metode Design

 
desain

Artikel Terkait  Cara Mendapat Domain Gratis Tanpa Syarat

Metode design adalah area luas yang berfokus pada hal-hal berikut ini:

  • Menjelajahi kemungkinan dan kendala dengan memfokuskan keterampilan berpikir kritis untuk meneliti dan mendefinisikan ruang masalah untuk produk atau layanan yang ada — atau pembuatan kategori baru (lihat juga Brainstorming)
  • Mendefinisikan ulang spesifikasi solusi desain yang dapat mengarah pada pedoman yang lebih baik untuk kegiatan desain tradisional (grafis, industri, arsitektur, dll.)
  • Mengelola proses mengeksplorasi, mendefinisikan, membuat artefak terus menerus seiring waktu
  • Membuat prototipe skenario yang mungkin terjadi, atau solusi yang secara bertahap atau secara signifikan meningkatkan situasi yang diwarisi
  • Trendspotting: memahami proses tren.

Itulah tadi beberapa penjelasan yang saya harap bisa lebih memberi kita pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan desain secara umun. Namun pada kesempatan kali ini kita akan berfokus pada desain terhadap perangkat lunak. Dan yang saya jadikan contoh kali ini adalah situs web.

Pengertian web design adalah

 
web desain

Segala sesuatu tentang situs web yang Anda miliki – termasuk konten, bagaimana tampilannya, dan cara kerjanya – ditentukan oleh web design. Web design adalah proses konseptualisasi, perencanaan, dan pembangunan koleksi file elektronik yang menentukan tata letak, warna, gaya teks, struktur, grafik, gambar, dan penggunaan fitur interaktif yang mengantarkan halaman ke pengunjung situs Anda. Sebuah rancangan situs web yang profesional dapat membantu membuat bisnis Anda terlihat handal secara online.

Ketika memutuskan untuk membuat sebuah situs web, kita memiliki beberapa pilihan. Jadi, jika kita tidak terbiasa dengan penggunaan bahasa pemrograman HTML dalam penerapannya pada desain Web, ada beberapa pilihan lain yang bisa digunakan untuk membuat desain situs web:

  • Gunakan penyedia jasa yang ahli dalam desain situs web untuk membuat dan membangun situs Web yang unik dan profesional.
  • Buat desain situs web Anda sendiri menggunakan perangkat lunak seperti FrontPage atau Dreamweaver. (Paket perangkat lunak ini memang membutuhkan keahlian teknis.)
  • Gunakan alat desain situs web online dengan template desain Web yang telah ditetapkan sebelumnya dan / atau dapat disesuaikan untuk menyesuaikan dengan warna, grafik, dan teks perusahaan Anda.

Tingkat penyesuaian yang termasuk dalam desain situs web Anda akan menentukan kecepatan dan biaya untuk membuat dan menjalankan situs Anda.

Mari belajar web design

 
desain12

Jika Anda ingin mempelajari sesuatu – terutama jika Anda ingin belajar desain web – Anda perlu melakukan dua hal:

  1. Anda harus menyadari apa yang perlu Anda pelajari.
  2. Anda harus memotivasi diri sendiri untuk benar-benar melakukan pekerjaan yang diperlukan untuk mempelajari hal-hal itu.

Web design adalah sesuatu yang bisa menjadi rumit. Setelah Anda mengetahui apa yang perlu Anda pelajari, itu bisa membuat Anda terlalu frustrasi daripada termotivasi.

Setelah Anda melihat berapa banyak pekerjaan yang diperlukan, Anda merasa lumpuh. Hal berikutnya yang Anda tahu, Anda mencari-cari di Facebook, dan tidak membuat kemajuan.

Itulah mengapa pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips dengan Anda tentang belajar web design.

The “Virtuous Cycle”, belajar dengan melakukan

 
Cara terbaik untuk belajar design adalah belajar dengan melakukan. Tetapi, jika Anda tidak tahu apa yang BISA dilakukan, maka Anda benar-benar tidak bisa berbuat banyak.

Jadi, pendekatan terbaik adalah belajar cukup banyak untuk mengetahui apa yang dapat Anda lakukan, kemudian lanjutkan dan lakukan hal-hal itu – terutama pada proyek yang menarik bagi Anda.

Artikel Terkait  Virtual Credit Card : Solusi Bagi Yang Susah Apply Kartu Kredit! Simak Cara Buatnya Sekarang Juga di Sini!

Ini menciptakan siklus yang baik dimana Anda ingin terus mengerjakan proyek yang menarik bagi Anda, jadi Anda harus belajar hal-hal baru untuk melakukannya.

Teknik ini sangat efektif untuk mempelajari banyak hal, seperti cara menulis buku. Tetapi itu juga berlaku untuk belajar desain web.

Jadi, inilah cara melakukannya. Lakukan beberapa tutorial (tetapi jangan TERLALU banyak).

Jika Anda benar-benar mulai dari nol dalam mempelajari desain web, Anda perlu melakukan beberapa tutorial (belajar cukup banyak untuk melakukan hal-hal) untuk mendapatkan pengetahuan dasar untuk benar-benar bekerja pada suatu proyek (melakukan sesuatu).

Teknologi paling penting yang perlu Anda pelajari untuk melakukan desain web adalah HTML. Sebentar lagi akan menjadi CSS.

Jadi, ambil buku tentang HTML dan CSS. Buku sangat bagus untuk melakukan tutorial karena Anda benar-benar dapat duduk buku di depan Anda (kertas atau ebook – saya lebih suka kertas) saat Anda bekerja bersama di komputer Anda.

Lakukan cukup tutorial di buku sampai Anda merasa nyaman dengan mengambil langkah selanjutnya. Bahkan, Anda mungkin ingin melompat ke langkah berikutnya sebelum Anda repot-repot dengan tutorial.

Mulai Situs Web (SEBELUM Anda siap)

 
Anda mungkin ingin mengambil semua buku desain web terbaik, dan duduk dan mencoba setiap tutorial di dalamnya. Anda juga HARUS menjadi robot, Namun jika Anda melakukan ini, Anda tidak akan menjadi perancang web pada akhirnya.

Anda bisa belajar banyak, tetapi Anda masih belum menjadi perancang web. Bahkan jika Anda mengambil kursus desain visual online, itu tidak akan membuat Anda menjadi desain web semalam.

Beberapa orang terkenal pernah berkata “penulis menulis”. Begitu juga dengan designer web, ia hanya akan berkembang jika belajar dengan membuat sebuah design. Sehingga akan muncul istilah “desainer web mendesain web”.

Anda tidak akan belajar banyak jika tidak melakukannya. Jadi, Anda harus mulai melakukan sesegera mungkin.

Ajari diri Anda mendesain web dengan proyek Anda sendiri

 
Saya sarankan Anda memulai blog. Situs blog bisa Anda gunakan untuk tempat mencoba untuk latihan membuat desain.

Memiliki proyek pribadi, seperti blog, memberi Anda tempat di mana Anda dapat mencoba hal-hal baru, dan karena ini adalah bersifat pribadi bos Anda tidak akan memecat Anda jika Anda mengacaukannya.

Buka wordpress.com dan mulai blog (gratis). Anda bahkan tidak perlu membeli domain. Mereka memiliki banyak templat yang berbeda (“tema”) untuk dipilih untuk blog yang Anda ingin buat.

Jangan takut rusak, karena meskipun rusak Anda selalu bisa mencobanya lagi nanti. Ingat! Anda hanya akan membangun sebuah blog bukan gedung pencakar langit.

Untuk mulai mencoba, coba tetapkan waktu yang Anda targetkan dengan menggunakan alarm selama misalnya 5 menit. Usahakan agar selesai tepat dengan waktu yang Anda tetapkan.

Sekarang, kunjungi blog Anda di Google Chrome. Klik kanan di bagian mana saja pada halaman dan pilih “Inspect Element”. Sebuah panel dengan banyak code di dalamnya akan muncul.

Perhatikan semua tag dan bagian-bagiannya yang berwarna yang berbeda. Awalnya mungkin terlihat menakutkan, tetapi suatu hari semuanya akan masuk akal dan biasa saja untuk Anda.

Semua kode yang terlihat adalah code yang menyajikan tampilan “front-end” dari blog Anda (kata-kata, desain, animasi dll). Panel di sebelah kiri adalah HTML, dan panel di sebelah kanan adalah CSS. Untuk saat ini, berkonsentrasilah pada panel di sebelah kiri.

Semua kata dalam warna ungu adalah “tag” HTML. Temukan tag di sana yang Anda ingin tahu. Mungkin itu “judul” atau “tubuh”. Cobalah caritahu itu di Google, dan lihat apa yang Anda temukan.

Anda bisa melakukan hal yang sama untuk semua situs web apapun, karena dengan membiasakan diri dengan ini, akan membantu Anda untuk belajar sebagian besar tentang desain web.

Ulangi Siklus Sampai Anda Belajar Desain Web

 
Dari sana Anda akan bisa belajar 3 hal berikut ini:

  • Anda memiliki proyek yang menarik bagi Anda.
  • Anda ingin melakukan sesuatu pada proyek itu, tetapi tidak tahu caranya.
  • Anda mulai mempelajari apa yang perlu Anda lakukan pada bagian proyek itu.

Dan kembali lagi, untuk menemukan berbagai tutorial Anda bisa dapatkan dengan merambah google. Anda bisa menghemat banyak waktu, Anda dapat menemukan jawaban untuk masalah Anda melalui pencarian, meski kadang-kadang Anda membutuhkan tutorial langsung hanya untuk memberi Anda dasar.

Tetapi, yang lebih penting daripada sumber daya yang Anda gunakan adalah memiliki sesuatu untuk membuat Anda tetap termotivasi.

Kiat gampangnya adalah menggunakan blog Anda untuk mendokumentasikan apa yang Anda pelajari, saat Anda mempelajarinya.

Jika Anda bosan dengan situs Anda, atau Anda mendapatkan ide baru, silakan memulai proyek lain. Saat Anda siap, buat blog WordPress di domain dan host Anda sendiri. Anda akan menemukan bahwa setiap kali Anda memulai proyek baru, Anda akan tahu melakukan hal-hal tertentu secara berbeda sejak awal.

Pelajari Bagian Visual dari Desain Web

 
Anda tidak dapat (atau, lebih tepatnya, Anda tidak akan bisa) menjadi desainer web tanpa mengetahui HTML dan CSS.

Anda tidak akan menjadi perancang web yang baik tanpa belajar bagaimana membuat apa yang Anda buat terlihat bagus. Anda tahu, mendesainnya.

Sebuah studi Stanford menemukan bahwa 46% dari semua komentar tentang apakah orang mempercayai situs web ada hubungannya dengan tampilannya. Jadi, mengetahui bagian visual dari desain web sangat penting.

Sayangnya, tidak seperti ketika Anda sedang belajar HTML, tidak ada “inspect element” yang dapat Anda gunakan untuk mencari tahu mengapa desain terlihat bagus (Namun, Inspect Elemen masih bagus, untuk mencari tahu “bagaimana mereka melakukan itu?”). Semakin Anda memahami faktor-faktor ini, semakin baik Anda dapat merekayasa ulang desain yang Anda sukai.

Jangan merasa kewalahan dengan semua yang perlu dipelajari saat Anda mempelajari desain web. Yang paling penting adalah menemukan cara untuk memotivasi diri sendiri untuk benar-benar melakukan desain web (tetapi pertama-tama Anda harus belajar cukup hanya untuk melakukan hal dasar itu).

Namun jika Anda masih belum bisa mulai belajar desain dengan tips di atas, Anda selalu bisa menggunakan jasa professional untuk mendesain web yang ingin Anda buat.

Artikel Terkait  Website E Commerce Adalah? Pengertian dan Kegunaannya

Bagaimana Desain Web Profesional Dapat Membantu Bisnis Online Anda?

Web Desain

Sama pentingnya dengan memiliki nama domain yang hebat, desain web profesional dapat membantu Anda dalam beberapa hal berikut ini:

  • Memuaskan pelanggan. Desain Web profesional memenuhi kebutuhan pengunjung Anda – memberi tahu mereka dengan cepat apa yang ingin mereka ketahui tanpa item desain yang tidak perlu dan membingungkan. Memastikan navigasi dalam desain situs Web Anda dapat diprediksi, konsisten, dan mudah dipahami akan membantu membangun hubungan positif dengan pengunjung Anda.
  • Menarik mesin pencari. Tidak peduli seberapa menarik tampilan desain situs Web Anda, itu tidak akan muncul di halaman hasil mesin pencari jika tidak dikodekan dengan cara yang dapat dibaca oleh mesin pencari.
  • Hindari gangguan teknis. Tidak perlu banyak untuk mengubah pelanggan. Waktu pemuatan yang lama, tautan yang rusak, dan gambar yang corrupt hanyalah beberapa dari masalah desain web yang dapat diperbaiki oleh layanan desain web profesional.

Dengan menjangkau pelanggan dan mesin pencari, desain situs Web memiliki tujuan ganda penting yang memiliki dampak besar pada penjualan online Anda.

Bagaimana perusahaan kami dapat membantu bisnis online Anda?

 
Kami menyediakan paket-paket desain Web profesional yang dapat disesuaikan yang memungkinkan Anda memiliki desain situs web profesional yang layak mewakili perusahaan Anda. Anda dapat memilih untuk bekerja satu-satu dengan pakar desain Web profesional untuk merancang dan membangun situs web Anda menggunakan teknik desain situs Web terbaru, atau Anda dapat mengambil pendekatan lebih langsung dan menggunakan templat desain situs Web yang dapat disesuaikan untuk membangun situs web sendiri. Apa pun itu, kami dapat membantu memastikan bahwa desain situs Web Anda terlihat hebat dan melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: