Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Kegunaan Aplikasi VPN dan Cara Kerjanya
Apa saja kegunaan aplikasi vpn? VPN dapat digunakan untuk membuat suatu jaringan privat melalui jaringan publik (internet). Berikut cara kerjanya.
20886
post-template-default,single,single-post,postid-20886,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Kegunaan Aplikasi VPN dan Cara Kerjanya

Virtual Private Network atau yang sering disebut sebagai VPN, memungkinkan Anda membuat koneksi aman ke jaringan lain melalui Internet. VPN dapat digunakan untuk mengakses situs web yang dibatasi wilayah, melindungi aktivitas penelusuran Anda ketika menggunakan Wi-fi public dan lain sebagainya.

VPN ini awalnya hanya berupa cara untuk menghubungkan jaringan bisnis bersama dengan aman melalui internet atau memungkinkan Anda untuk mengakses jaringan bisnis dari rumah.

VPN pada dasarnya meneruskan semua lalu lintas jaringan Anda ke jaringan, di mana manfaatnya – seperti mengakses sumber daya jaringan lokal dari jarak jauh dan melewati sensor internet – semuanya berasal. Sebagian besar sistem operasi memiliki dukungan VPN terintegrasi.

Apa itu Aplikasi VPN dan Apa Kegunaan aplikasi VPN?


komputer-jaringan-1

Dalam istilah yang sangat sederhana, VPN menghubungkan PC, ponsel cerdas, atau tablet Anda ke komputer lain (disebut server) di suatu tempat di internet, dan memungkinkan Anda untuk menjelajah internet menggunakan koneksi internet komputer tersebut. Jadi jika server itu berada di negara yang berbeda, itu akan tampak seolah-olah Anda berasal dari negara itu, dan Anda berpotensi dapat mengakses hal-hal yang biasanya tidak Anda lakukan.

Jadi bagaimana ini membantu Anda? Pertanyaan bagus! Anda dapat menggunakan VPN untuk:

  • Abaikan pembatasan geografis di situs web atau streaming audio dan video.
  • Tonton media streaming seperti Netflix dan Hulu.
  • Lindungi diri Anda dari pengintaian di hotspot Wi-Fi yang tidak dapat dipercaya.
  • Dapatkan setidaknya beberapa anonimitas daring dengan menyembunyikan lokasi Anda yang sebenarnya.
  • Lindungi diri Anda agar tidak dicatat saat torrenting.

Banyak orang saat ini menggunakan aplikasi VPN untuk menghilangkan atau melewati batasan geografis untuk menonton konten di negara lain. Aplikasi VPN juga sangat berguna untuk melindungi diri Anda saat bekerja di kedai kopi, tetapi itu bukan satu-satunya penggunaan lagi.

Bagaimana Mendapatkan VPN dan Aplikasi VPN Apa yang Harus Kita Pilih?


Sesuai dengan kegunaan aplikasi VPN itu sendiri, Anda dapat menggunakan VPN dari tempat kerja Anda, membuat sendiri server VPN, atau kadang-kadang meng-host salah satu dari rumah Anda – tetapi secara realistis sebagian besar orang hanya mencari sesuatu untuk melindungi mereka sambil memberikan atau membantu mereka menonton beberapa media online yang sepertinya tidak dapat mereka akses dari negara mereka.

Hal termudah untuk dilakukan adalah langsung menuju ke salah satu situs ini, mendaftar, dan unduh klien VPN untuk PC Windows, Mac, Android, iPhone, atau iPad Anda. Ya, Semudah itulah kita bisa mendapatkan aplikasi VPN.

  • ExpressVPN – Server VPN ini merupakan kombinasi yang saling melengkapi antara kemudahan penggunaan, kecepatan, dan memberikan dukungan media streaming dan juga torrent, dan dengan harga yang lumayan terjangkau.
  • Tunnelbear – VPN ini sangat mudah digunakan, bagus untuk digunakan di kedai kopi, dan memiliki tingkat gratis (terbatas). Itu tidak baik untuk torrent atau streaming media.
  • StrongVPN – VPN ini memang tidak terlalu mudah seperti VPN yang lain, namun Anda dapat menggunakannya untuk torrent dan streaming media.

Semuanya memiliki versi uji coba gratis, sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkan uang Anda kembali jika Anda berubah pikiran.

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi VPN?


komputer-jaringan-4

Saat kita berusaha menghubungkan komputer atau perangkat lain seperti smartphone atau tablet kepada VPN, perangkat ini bertindak seolah-olah perangkat itu berada di jaringan lokal yang sama dengan VPN. Semua trafic jaringan kita dikirim melalui koneksi yang aman ke VPN. Karena komputer Anda berperilaku seolah-olah berada di jaringan, ini memungkinkan Anda untuk mengakses sumber daya jaringan lokal dengan aman bahkan ketika Anda berada di sisi lain dunia. Anda juga dapat menggunakan Internet seolah-olah Anda hadir di lokasi VPN, yang memiliki beberapa manfaat jika Anda menggunakan Wi-Fi umum atau ingin mengakses situs web yang diblokir secara geografis.

Saat kita menjelajahi situs web sembari terhubung ke VPN, itu artinya komputer kita menghubungi situs web melalui koneksi VPN terenkripsi. VPN meneruskan permintaan untuk yang kita kirim dan meneruskan tanggapan dari situs web kembali melalui koneksi aman. Jika kita menggunakan VPN berbasis di AS untuk mengakses Netflix, Netflix akan melihat koneksi kita berasal dari dalam AS.

Artikel Terkait  Macam-Macam Software dan Fungsinya | Yang Nomor 4 Bakal Bikin Kamu Terkejut!

Contoh lain dari Kegunaan Aplikasi VPN


VPN adalah alat yang cukup sederhana, tetapi dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal. Beberapa kegunaan aplikasi VPN dapat kita lihat sebagai berikut:

    • Akses Jaringan Bisnis Saat Bepergian: VPN sering digunakan oleh pelancong bisnis untuk mengakses jaringan bisnis mereka, termasuk semua sumber daya jaringan lokal, saat dalam perjalanan. Sumber daya lokal tidak harus terpapar langsung ke Internet, yang meningkatkan keamanan.
    • Akses Jaringan Rumah Anda Saat Bepergian: Anda juga dapat mengatur VPN Anda sendiri untuk mengakses jaringan Anda sendiri saat bepergian. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses Desktop Jarak Jauh Windows melalui Internet, menggunakan berbagi file lokal, dan memainkan game melalui Internet seolah-olah Anda berada di LAN yang sama (jaringan area lokal).
    • Sembunyikan Aktivitas Menjelajah Anda Dari Jaringan Lokal dan ISP Anda: Jika Anda menggunakan koneksi Wi-Fi publik, aktivitas browsing Anda di situs web non-HTTPS terlihat oleh semua orang, jika mereka tahu cara melihatnya. Jika Anda ingin menyembunyikan aktivitas penjelajahan Anda untuk privasi lebih, Anda dapat terhubung ke VPN. Jaringan lokal hanya akan melihat satu koneksi VPN yang aman. Semua lalu lintas lainnya akan bepergian melalui koneksi VPN. Meskipun ini dapat digunakan untuk memintas pemantauan koneksi oleh penyedia layanan Internet Anda, ingatlah bahwa penyedia VPN dapat memilih untuk mencatat lalu lintas di ujung mereka.
    • Akses Situs Web Blokir Geo: Apakah Anda orang Amerika yang mencoba mengakses akun Netflix saat bepergian ke luar negeri atau Anda berharap dapat menggunakan situs media Amerika seperti Netflix, Pandora, dan Hulu, Anda akan dapat mengakses wilayah ini layanan terbatas jika Anda terhubung ke VPN yang berlokasi di AS.
    • Abaikan Sensor Internet: Banyak orang Cina menggunakan VPN untuk berkeliling di Great Firewall of China dan mendapatkan akses ke seluruh Internet. (Namun, Great Firewall tampaknya mulai mengganggu VPN baru-baru ini.)
    • Mengunduh File: Ya, jujur ​​saja – banyak orang menggunakan koneksi VPN untuk mengunduh file melalui BitTorrent. Ini sebenarnya dapat bermanfaat bahkan jika Anda mengunduh torrent yang sepenuhnya legal – jika ISP Anda mencekik BitTorrent dan membuatnya sangat lambat, Anda dapat menggunakan BitTorrent pada VPN untuk mendapatkan kecepatan yang lebih cepat. Hal yang sama berlaku untuk jenis lalu lintas lain yang mungkin mengganggu ISP Anda (kecuali mereka mengganggu lalu lintas VPN itu sendiri.)

 

Memilih Penyedia Aplikasi VPN yang Tepat


Selain kegunaan aplikasi VPN sebagai alat untuk mengakses situs luar yang tidak bisa diakses dari negara kita, yang membuat kita mempertimbangkan untuk menggunakan VPN ini adalah masalah anggaran, elemen-elemen lain dari pemilihan VPN bisa jadi tidak terlalu menjadi penentu. Mari kita lihat beberapa elemen yang perlu dipertimbangkan.

Bagi Anda yang berniat menggunakan VPN, maka penting bagi Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan membaca dokumentasi yang disediakan oleh penyedia layanan VPN sebelum mendaftar untuk layanan tersebut. Lebih baik lagi, baca dokumentasi mereka dan kemudian cari keluhan tentang layanan untuk memastikan bahwa meskipun mereka mengklaim mereka tidak melakukan X, Y, atau Z, pastikan bahwa pengguna tidak melaporkan bahwa mereka sebenarnya melakukan hal itu.

Protokol Apa yang Mereka Dukung?


Tidak semua protokol VPN sama (tidak dengan tembakan panjang). Hands down, protokol yang ingin Anda jalankan untuk mencapai tingkat keamanan yang tinggi dengan overhead pemrosesan yang rendah adalah OpenVPN.

Anda harus melewati PPTP jika memungkinkan. Ini adalah protokol yang sangat ketinggalan zaman yang menggunakan enkripsi yang lemah dan karena masalah keamanan harus dianggap dikompromikan. Mungkin cukup baik untuk mengamankan penjelajahan web yang tidak penting di kedai kopi (mis. Untuk menjaga agar putra penjaga toko tidak mengendus kata sandi Anda), tetapi tidak cukup untuk mengabaikan keamanan yang serius. Meskipun L2TP / IPsec merupakan peningkatan yang signifikan atas PPTP, ia tidak memiliki kecepatan dan audit keamanan terbuka ditemukan dengan OpenVPN.

Artikel Terkait  Cara Membuat Profil Perusahaan Agar terlihat Profesional

Singkatnya, OpenVPN adalah yang Anda inginkan (dan Anda tidak boleh menerima pergantian pemain sampai sesuatu yang lebih baik datang). Jika Anda ingin versi panjang dari cerita pendek, lihat panduan kami untuk protokol VPN untuk melihat lebih detail.

Saat ini hanya ada satu skenario di mana Anda akan menghibur menggunakan L2TP / IPsec bukan OpenVPN dan itu untuk perangkat seluler seperti iOS dan ponsel Android. Saat ini baik Android maupun iOS tidak mendukung OpenVPN asli (walaupun ada dukungan pihak ketiga untuk itu). Namun kedua sistem operasi seluler ini mendukung L2TP / Ipsec secara asli dan, karenanya, merupakan alternatif yang bermanfaat.

Penyedia VPN yang baik akan menawarkan semua opsi di atas. Penyedia VPN yang sangat baik bahkan akan memberikan dokumentasi yang baik dan menjauhkan Anda dari menggunakan PPTP untuk alasan yang sama seperti yang baru saja kami lakukan. Anda juga harus memeriksa kunci yang dibagikan sebelumnya yang mereka gunakan untuk protokol itu, karena banyak penyedia VPN menggunakan kunci tidak aman dan mudah ditebak.)

Berapa Banyak Server yang Mereka Miliki dan Di Mana?


Jika Anda ingin mengakses sumber media AS seperti Netflix dan YouTube tanpa pemblokiran geografis, maka layanan VPN dengan mayoritas simpulnya di Afrika dan Asia tidak banyak berguna bagi Anda.

Terima tidak kurang dari beragam server yang stabil di beberapa negara. Mengingat betapa kuat dan banyaknya layanan VPN yang digunakan, menjadi tidak masuk akal untuk mengharapkan ratusan, jika bukan ribuan, server di seluruh dunia.

Selain memeriksa berapa banyak server yang mereka miliki dan di mana server itu berada, juga bijaksana untuk memeriksa di mana perusahaan itu berada dan apakah lokasi itu sesuai dengan kebutuhan Anda (jika Anda menggunakan VPN untuk menghindari penganiayaan oleh pemerintah Anda, maka akan lebih bijaksana untuk menghindari penyedia VPN di negara yang memiliki hubungan dekat dengan negara Anda).

Berapa Banyak Koneksi Serentak yang Diizinkan?


Sebagian besar dari kita mungkin berpikir bahwa koneksi VPN untuk satu perangkat saja. Lalu bagaimana jika kita ingin menggunakan akses VPN ini untuk lebih dari satu perangkat untuk teman atau anggota keluarga, di router rumah Anda atau di kantor? Dalam kondisi ini kita akan memerlukan beberapa koneksi bersamaan untuk layanan ini. Atau, mungkin, jika Anda terutama yang berorientasi pada keamanan konektifitas, Anda pasti ingin mengonfigurasi beberapa perangkat untuk menggunakan beberapa titik keluar yang berbeda sehingga lalu lintas pribadi atau rumah tangga kolektif Anda tidak semuanya digabungkan bersama.

Minimal, Anda menginginkan layanan yang memungkinkan untuk setidaknya dua koneksi bersamaan; lebih praktis berbicara lebih baik (untuk memperhitungkan semua perangkat seluler dan komputer Anda) dan dengan kemampuan untuk menghubungkan router Anda ke jaringan VPN lebih disukai.

Apakah Mereka Melambat Koneksi, Membatasi Bandwidth, atau Membatasi Layanan?


Pembatasan ISP adalah salah satu alasan mengapa banyak orang beralih ke jaringan VPN, jadi membayar ekstra untuk layanan VPN di atas tagihan broadband Anda hanya untuk mendapatkan pembatasan lagi adalah usulan yang mengerikan. Ini adalah salah satu topik yang beberapa VPN tidak transparan dengan sempurna, sehingga sangat membantu untuk melakukan sedikit penggalian di Google.

Pembatasan bandwidth mungkin tidak menjadi masalah besar di era pra-streaming, tetapi sekarang semua orang streaming video, musik, dan banyak lagi, bandwidth membakar sangat cepat. Hindari VPN yang memberlakukan pembatasan bandwidth kecuali jika pembatasan bandwidth jelas sangat tinggi dan dimaksudkan hanya untuk memungkinkan penyedia layanan untuk orang yang menyalahgunakan layanan.

Dalam nada itu, layanan VPN berbayar yang membatasi Anda untuk data bernilai GB tidak masuk akal kecuali Anda hanya menggunakannya untuk penelusuran dasar sesekali. Layanan dengan cetakan halus yang membatasi Anda untuk X jumlah TB data dapat diterima, tetapi bandwidth yang benar-benar tidak terbatas harus diharapkan.

Artikel Terkait  Firebase Adalah? Memahami Penggunaan Firebase dalam Pengembangan Aplikasi

Terakhir, baca cetakan kecil untuk melihat apakah mereka membatasi protokol atau layanan yang Anda ingin gunakan untuk layanan tersebut. Jika Anda ingin menggunakan layanan untuk berbagi file, baca cetakan kecil untuk memastikan layanan berbagi file Anda tidak diblokir. Sekali lagi, sementara itu biasa melihat penyedia VPN membatasi layanan pada hari itu (dalam upaya untuk mengurangi bandwidth dan menghitung overhead), saat ini lebih umum untuk menemukan VPN dengan kebijakan apa pun.

Log Apa yang Disimpan Jika Kita Menggunakan Layanan Mereka?


Sebagian besar VPN tidak akan menyimpan log aktivitas pengguna apa pun. Ini tidak hanya bermanfaat bagi pelanggan mereka dan nilai jual yang hebat, tapi juga bermanfaat besar bagi mereka karena pencatatan yang terperinci (log) biasanya dapat dengan cepat mengonsumsi disk karena sebagian besar bagi kita, disk PC itu sesuatu yang penting. Banyak penyedia VPN terbesar akan memberi tahu Anda: tidak hanya mereka tidak tertarik untuk menyimpan log, tetapi mengingat besarnya ukuran operasi mereka, mereka bahkan tidak dapat mulai menyisihkan ruang disk untuk melakukannya.

Meskipun beberapa VPN akan mencatat bahwa mereka menyimpan log untuk jendela yang sangat minimum (hanya beberapa jam) untuk memudahkan pemeliharaan dan memastikan jaringan mereka berjalan dengan lancar, ada sangat sedikit alasan untuk menerima sesuatu yang kurang dari nol logging.

Apa Metode Pembayaran yang Mereka Tawarkan?


Jika Anda membeli VPN untuk mengamankan lalu lintas Anda dari pengintaian node Wi-Fi saat bepergian, atau untuk mengarahkan lalu lintas Anda dengan aman ke AS, metode pembayaran anonim kemungkinan bukan prioritas yang sangat tinggi untuk Anda.

Jika Anda membeli VPN untuk menghindari penganiayaan politik atau ingin tetap anonim mungkin, maka Anda akan lebih tertarik secara signifikan pada layanan yang memungkinkan pembayaran melalui sumber anonim seperti cryptocurrency atau kartu hadiah.

Anda mendengar kami tepat pada bagian terakhir: sejumlah penyedia VPN memiliki sistem di mana mereka akan menerima kartu hadiah dari pengecer besar (yang sama sekali tidak terkait dengan bisnis mereka) seperti Wal-Mart atau Target dalam pertukaran untuk kredit VPN. Anda dapat membeli kartu hadiah ke sejumlah toko kotak besar menggunakan uang tunai, menebusnya dengan kredit VPN, dan menghindari menggunakan kartu kredit pribadi Anda atau memeriksa informasi.

Apakah Mereka Memiliki Sistem Kill Switch?


Jika Anda bergantung pada VPN untuk menjaga aktivitas Anda meski anonim, Anda perlu rasa aman bahwa VPN tidak hanya akan turun dan membuang semua lalu lintas Anda ke internet biasa. Yang Anda inginkan adalah alat yang dikenal sebagai “kill switch system”. Penyedia VPN yang baik memiliki sistem mematikan switch sehingga jika koneksi VPN gagal karena alasan apa pun maka secara otomatis mengunci koneksi sehingga komputer tidak menggunakan sambungan internet terbuka dan tidak aman secara default.

Itulah tadi sedikit ulasan tentang kegunaan aplikasi VPN. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: