Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Pengertian Control Panel Hosting dan Fungsinya
Bagi Anda yang belum mengetahui tentang pengertian control panel hosting, informasi berikut akan menjelaskan tentang pengertian dan fungsi cPanel. Simak informasi berikut.
21835
post-template-default,single,single-post,postid-21835,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Pengertian Control Panel Hosting dan Fungsinya

Halo! Temen-teman penggiat IT, khususnya yang sedang mengembangkan situs web, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah hosting. Anda juga pasti pernah mendengar control panel hosting. Apa sih control panel hosting itu? Lalu, apa fungsi dari control panel hosting? Pastinya, pertanyaan-pertanyaan seperti itu pernah terlintas di dalam benak pikiran kita, saat pertama kali mempelajari tentang domain, web hosting, dan website.

Maka, pada artikel kali ini akan menjelaskan pengertian control panel hosting serta fungsinya. Silahkan, anda simak informasi lengkapnya berikut ini:

Apa Control Panel Hosting itu?

 

control-panel-1

Artikel Terkait  Bahasa Pemrograman yang Harus Kamu Pelajari di Tahun 2020

Control panel hosting adalah program software yang disediakan oleh penyedia web hosting yang berfungsi untuk mengoperasikan, mengatur, menjalankan, dan mengelola segala fasilitas yang ada di web hosting. Maka, dengan adanya control panel hosting ini, pemilik website dan penyedia web hosting dapat melakukan pengaturan untuk segala aktivitas yang terkait dengan domain, website, dan web hosting.

Ada beberapa jenis control panel hosting yang tersedia secara online dan semuanya itu menawarkan fitur-fitur serta desain layanan yang berbeda-beda, seperti cPanel, Plesk, DirectAdmin, dan banyak jenis control panel hosting yang lainnya.

Dalam sistem operasinya, tampilan setiap control panel hostng memiliki perbedaan antara satu dengan lainnya. Namun, secara umum fungsi dari fitur-fitur yang tersedia di dalamnya bisa dikatakan hampir sama.

Oke, kita akan mengulas sedikit apa saja jenis-jenis control panel hosting yang tersedia saat ini. Silahkan simak informasinya berikut ini:

cPanel

 
Dewasa ini, control panel hosting yang paling top atau paling banyak digunakan oleh sebagian besar web developer di Indonesia dan juga di dunia adalah control panel hosting yang bermerk cPanel yang berbasis Linux. Hal ini disebabkan, Sistem operasi fitur-fiturnya lebih mudah digunakan dalam mengelola web hosting, website, hingga domain. CPanel memiliki berbagai macam fitur, dan semua fiturnya itu hanya berada dalam satu halaman website saja. Sehingga, memungkinkan semua fitur mudah dijangkau dan juga membuat pengunjung website tidak perlu menekan banyak “klik” pada menu untuk mengakses satu per satu dari setiap fitur-fitur tersebut. Selain itu, keunggulan cPanel dibandingkan dengan control panel hosting jenis lainnya adalah selalu melakukan meng-update semua layanan secara teratur. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan kemudahan kepada pelanggan.

Selain itu, tampilan dari cPanel lebih simple, tidak rumit, dan sangat cocok bagi para pemula yang baru terjun ke dunia internet yang berhubungan dengan domain, website, dan web hosting. Selain itu, ternyata rata-rata pengembang web hosting juga memilih cPanel yang sederhana dan tidak rumit, karena control panel hosting ini menyajikan fitur-fitur yang menarik yang dapat memberikan kepuasan dalam mengelola web hosting.

Plesk

 
Plesk merupakan salah satu jenis Control Panel hosting yang digunakan juga untuk mengelola segala fasilitas hosting. Pada saat pertama kali dirilis, Plesk berada di bawah naungan sebuah perusahaan dari Amerika Serikat, yaitu Plesk Inc dan didesain di Rusia.

Plesk saat ini bisa dijalankan dalam sistem operasi Windows dan Linux. Dengan memilih Plesk sebagai control panel hosting, kita dapat melakukan berbagai aktivitas di website, sama halnya kita menggunakan control panel hosting lainnya yang tidak asing di Indonesia yaitu cPanel. Baik, plesk ataupun cPanel keduanya merupakan control panel hosting yang memiliki reputasi yang baik saat ini.

DirectAdmin

 
DirectAdmin merupakan salah satu jenis control panel hosting yang memiliki akses cepat dan mudah digunakan untuk mengatur dan mengelola hosting dan website, pada dasarnya dapat digunakan sebagai panel kendali web hosting. Control panel ini sudah dikembangkan sejak tahun 2003. DirectAdmin dapat dijalankan dalam sistem operasi LINUX.

Mirip seperti jenis control panel hosting yang lainnya, DirectAdmin digunakan untuk mengelola website dan membantu penyedia web hosting dalam memonitor sistem operasional di web hosting dan website secara interface dengan basis web dan basis grafis. Control panel ini juga dapat mengatur dan mengelola jumlah website, akun email, dan sebagainya.

DirectAdmin sudah diprogram secara otomatis untuk menjalankan sistem operasional, Sehingga penyedia web dapat dengan mudah membagikan dan memberikan kepada pemilik website beberapa cara dan tips dalam mengatur dan mengelola website.

ISPManager

 
ISPmanager adalah control panel berbasis Linux. Bagi anda pengguna windows, mungkin akan sedikit kecewa dengan control panel ini, karena diberi pilihan fitur yang terbatas.

ISPmanager adalah control panel yang memiliki tampilan dan desain yang lebih sederhana. Jika dibandingkan dengan control panel lain. Tetapi, kekurangan dalam tampilan itu tidak menurunkan kualitas fitur yang ditawarkan. Control panel ini banyak digunakan oleh developer web di Eropa Timur.

Semua control panel yang sudah dibahas itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Cukup sulit untuk menilai, control panel hosting yang mana yang terbaik. Akan tetapi, semuanya itu tergantung plihan anda. Namun, panel-panel kendali web ini, sebenarnya memiliki kemiripan antara satu dengan yang lainnya. yaitu untuk membantu dan mempermudah pengelolaan web hosting.

Artikel Terkait  Mengapa Supply Chain Management itu Penting untuk Bisnis? 

Setelah mengupas pengertian dari control panel hosting dan membahas jenis-jenisnya. Selanjutnya, kita akan jelaskan fungsi dari control panel hosting. Silahkan, simak informasi lengkapnya berikut ini:

Apa Fungsi dari Control Panel Hosting itu ?

 

control-panel-3

Fungsi dari control panel ini adalah untuk membantu penyedia web hosting dan user website dalam mengelola dan menjalankan fasilitas-fasilitas yang tersedia di web hosting sesuai dengan kebutuhannya. Untuk penjelasan lebih detailnya, bahwa control panel itu memiliki banyak fungsi. Fungsi-fungsi control panel hosting adalah sebagai berikut:

1. Pengaturan, registrasi, dan transfer nama domain

 
Control panel dapat melakukan proses pemindahan domain. Transfer nama domain, biasanya karena berbagai alasan. Misalnya, pelayanannya kurang bagus dari register lama, sehingga ingin pindah dan ingin menggabungkan domain dengan hosting dalam satu register. Selain itu, terjadinya transfer nama domain, karena ada proses pemindahan kepemilikan nama domain.

2. Penginstallan aplikasi

 
Fungsi control panel ini adalah menangani penggunaan tool yang akan digunakan untuk meng-uninstall program atau fitur Windows, dan menambah gadget.

3. Pengelolaan email address

 
Control panel juga dapat menambah akun email, akses webmail dengan browser, dan konfigurasi email klien.

4. Pengecekan statistik pengunjung website

 
Dalam control panel sudah tersedia fitur untuk bisa melihat statistik visitor dan traffic website anda, Jadi, anda tidak harus meng-upgrade kapasitas load yang dapat memberatkan server internet dan juga tanpa harus mendownload plugin dari luar yang kemungkinan dapat merugikan anda dan penyedia web hosting. Sehingga, anda tidak akan ribet, jika ingin mengamati data stastistik visitor website.

5. Back-up data

 
Fungsi ini berkaitan dengan security sistem dan pengaturan database

Artikel Terkait  Belajar Coding Adalah Investasi untuk Masa Depan | Mengapa?

6. Monitor performa server

 
Di dalam Control Panel juga memiliki tool yang bisa digunakan untuk mengontrol status jaringan internet, melakukan perubahan pengaturan, menetapkan preferensi untuk berbagi file dan komputer, dan juga melakukan konfigurasi sambungan Internet, dan berbagai hal lainnya.

Maka, dapat disimpulkan bahwa fungsi control panel web hosting, yaitu sangat penting, karena keberadaan control panel dapat mempermudah pemilik website dalam menggunakan fasiltas yang ada di hosting. Sementara itu, fungsi control panel bagi penyedia web hosting adalah sebagai panel kendali yang dapat membantu dalam pengelolaan seluruh fasilitas di web hosting yang dimilikinya.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: