Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign Web13 Tips untuk Membuat Landing Page Website Lebih Outstanding

13 Tips untuk Membuat Landing Page Website Lebih Outstanding

-

Landing page website merupakan hal esensial yang perlu diperhatikan ketika Anda membangun sebuah website dengan tujuan bisnis. Landing page adalah penentu apakah customer Anda akan membeli produk atau layanan Anda dengan mengisi formulir untuk mendaftar atau membeli.

Landing page berguna untuk memfokuskan perhatian pengunjung Anda pada satu penawaran tertentu, membatasi gangguan dari segala sesuatu yang lain di situs web Anda.

Pengunjung yang berada di landing page adalah pengunjung dengan satu tujuan: untuk mendapatkan penawaran dengan mengisi formulir pengambilan prospek. Dengan demikian, sangat penting untuk membuat landing page yang baik demi menarik atensi customer Anda.

Pada artikel berikut ini, kami akan memberikan 13 tips untuk membuat Landing Page website yang lebih outstanding sehingga dapat menarik lebih banyak customer.

13 Tips Membuat Landing Page Website

landing-page-website-2

Landing page biasanya digunakan oleh para digital marketer untuk menghasilkan prospek yang lebih baik. Landing page memungkinkan para digital marketer untuk mengarahkan pengunjung situs ke halaman bertarget yang lebih baik.

Selain itu, landing page juga memiliki kemampuan untuk menangkap prospek pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada formulir di halaman web lain. Inilah 13 tips membuat landing page website.

1. Sertakan semua elemen penting dari landing page yang efektif

Landing page adalah halaman yang digunakan untuk mengubah pengunjung menjadi prospek dengan menyelesaikan transaksi atau dengan mengumpulkan informasi kontak dari para customer atau audiens.

Untuk membuat transaksi ini terjadi, sangat penting bahwa landing page Anda terdiri dari komponen berikut:

  • Judul dan sub-judul (opsional)
  • Deskripsi singkat tentang penawaran yang dengan jelas menekankan nilainya
  • Setidaknya ada satu gambar pendukung
  • Elemen pendukung seperti testimonial atau keamanan layanan yang ditawarkan (opsional)
  • Formulir untuk menangkap informasi pengunjung landing page

2. Hapus navigasi utama

Setelah pengunjung tiba di landing page adalah tugas Anda adalah menjaga mereka tetap berada di sana. Oleh karena itu jika ada tautan di halaman yang memungkinkan pengunjung berpindah ke situs web Anda yang berisiko mengganggu mereka.

Hal ini pun dapat menciptakan gesekan generasi prospek dan meningkatkan kemungkinan mereka akan meninggalkan halaman bahkan sebelum mengonversi. Salah satu cara terbaik untuk mengurangi gesekan ini dan meningkatkan tingkat konversi landing page Anda adalah dengan menghapus navigasi utama dari halaman.

3. Cocokkan judul landing page website dengan CTA yang sesuai

Anda harus tetap menjaga agar pesan Anda tetap konsisten baik dalam Call to Action (CTA) dan landing page. Jika orang mengeklik CTA untuk mendapatkan penawaran gratis hanya untuk mengetahui ada hal menarik di landing page, Anda bisa langsung kehilangan kepercayaan mereka.

Demikian pula, jika judul berbeda dari CTA, hal itu dapat menyebabkan kebingungan, dan pengunjung mungkin bertanya-tanya apakah CTA ditautkan ke halaman yang salah. Hilangkan semua hal-hal yang tidak konsisten dari landing page Anda dan secara konsisten mencerminkan apa yang Anda janjikan dalam CTA.

Artikel Terkait  Web Service Adalah : Bagaimanakah Penerapan, Contoh dan Cara Kerjanya?

4. Ingat prinsip “Less is More”

Dalam prinsip desain ada prinsip “Less is More” yang sangat populer. Terapkan filosofi yang sama ke landing page website Anda. Halaman terlalu banyak elemen justru menimbulkan kesan berantakan.

Hal ini pun akan membuat pengunjung merasa terganggu, bingung, dan/atau kewalahan. Oleh karena itu pertahankan teks dan gambar di halaman tetap sederhana dan langsung ke intinya.

5. Tekankan nilai penawaran

Anda bisa menyoroti manfaat penawaran dengan paragraf singkat atau beberapa poin penting. Deskripsi landing page website terbaik menawarkan lebih dari sekadar daftar yang terdiri dari penawaran, ajakan untuk mengunduh, dan masih banyak lagi lainnya.

Sebagai contoh, dibandingkan dengan menulis seperti “Mencakup spesifikasi produk XYZ”, Anda bisa gunakan sesuatu yang lebih menggugah seperti “Cari tahu bagaimana XYZ dapat meningkatkan produktivitas hingga 50%.”

Maksudnya, tekankan bagaimana tawaran itu mengatasi masalah, kebutuhan, atau minat tertentu yang menjadi perhatian target audiens atau customer Anda.

6. Mendorong berbagi pada media sosial

Jangan lupa untuk menyertakan tombol berbagi media sosial yang memungkinkan prospek Anda untuk menginjili konten dan penawaran Anda. Anda bisa menambahkan opsi penerusan email, karena orang memiliki preferensi berbagi yang berbeda.

Membagikan penawaran layanan Anda di sosial media berguna untuk memperluas jangkauan layanan maupun produk Anda. Dengan demikian jangkauan customer Anda pun akan semakin meluas.

7. Buat lebih banyak landing page untuk menghasilkan lebih banyak prospek

Semakin banyak konten, penawaran, dan landing page yang Anda buat, semakin banyak peluang yang Anda miliki menghasilkan prospek untuk bisnis Anda. Lebih banyak landing page juga berarti lebih banyak konten bertarget yang lebih menarik bagi berbagai persona pembeli Anda.

Hal tersebut pun dapat membantu meningkatkan tingkat konversi Anda. Untuk meningkatkan jumlah landing page website yang Anda miliki di situs Anda, berinvestasilah dalam alat pembuatan landing page yang mudah digunakan, buat lebih banyak penawaran, sesuaikan penawaran yang sudah ada serta memenuhi tujuan persona.

Anda bisa membuat berbagai landing page luar biasa di MailChimp.

8. Mintalah informasi yang benar-benar Anda butuhkan

Anda mungkin bertanya-tanya berapa banyak atau sedikit informasi yang Anda perlukan dalam formulir Anda. Tidak ada jawaban pasti atas pertanyaan ini tetapi sebaiknya mengumpulkan hanya informasi yang benar-benar Anda butuhkan untuk memenuhi syarat prospek.

Secara umum, semakin sedikit bidang yang Anda miliki di formulir, semakin tinggi tingkat konversi. Ini karena, dengan setiap bidang baru yang Anda tambahkan ke formulir. Itupun menciptakan lebih banyak pekerjaan bagi pengunjung untuk mengisi formulir, yang berakibat pada konversi yang lebih sedikit.

9. Buatlah Formulir yang Jelas dan Tidak Membingungkan

Meningkatkan rasio konversi formulir adalah dengan membuat formulir yang jelas dan tidak membingungkan bagi pengunjung. Tambahkan tombol kirim yang jelas dan dapat dilihat oleh pengunjung agar mereka bisa langsung mengklik tombol tersebut setelah mengisi formulir.

Selain tombol kirim, Anda bisa gunakan istilah lain seperti “Dapatkan Diskon Sekarang!” atau bisa juga tombol “Subscribe.” Sesuaikan tombol yang tersedia dengan tujuan Anda dalam membuat formulir pada landing page.

10. Tingkatkan kepercayaan customer dengan testimonial

Orang-orang bahkan lebih menolak untuk menyerahkan informasi pribadi mereka sekarang daripada sebelumnya. Hal ini dapat dimengerti mengingat maraknya penyalahgunaan data pribadi.

Untungnya, ada beberapa fitur berbeda yang dapat Anda tambahkan ke landing page website Anda untuk membantu mengurangi kecemasan pengisian formulir pengunjung seperti:

  • Tambahkan pesan privasi (atau tautan ke kebijakan privasi Anda) yang menunjukkan bahwa alamat email pengunjung tidak akan dibagikan atau dijual.
  • Jika formulir Anda memerlukan informasi sensitif, sertakan segel keamanan, peringkat BBB, atau sertifikasi agar pengunjung mengetahui informasi mereka aman dan terjamin.
  • Tambahkan testimonial pelanggan. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kepercayaan customer. Misalnya, jika penawaran Anda adalah untuk uji coba gratis produk atau layanan Anda, Anda mungkin ingin menyertakan beberapa testimoni pelanggan tentang produk atau layanan tersebut.

11. Membuat formulir tampak lebih pendek

Terkadang orang tidak mau mengisi formulir hanya karena terlihat panjang dan memakan waktu. Jika formulir Anda membutuhkan banyak bidang, coba sesuaikan gaya untuk membuat formulir  lebih pendek.

Misalnya, kurangi spasi di antara bidang atau ratakan judul di sebelah kiri setiap bidang, bukan di atasnya, sehingga formulir tampak lebih pendek. Jika formulir menutupi lebih sedikit ruang pada halaman, Anda mungkin terlihat seperti meminta lebih sedikit.

Jika memungkinkan, terapkan Smart Fields bidang formulir dinamis yang secara otomatis menyesuaikan ke versi singkat jika pengunjung telah dimasukkan ke database pemasaran Anda.

12. Sertakan media yang kaya di landing page Anda

Di zaman sekarang ini, salah satu cara untuk membuat landing page Anda menonjol adalah dengan memasukkan media yang kaya.

Misalnya, Anda dapat memiliki gambar bergerak (GIF), gambar, maupun video interaktif. Meskipun desain belum tentu merupakan komponen terpenting dari landing page adalah desain Anda membantu landing page website Anda menonjol.

Tujuannya adalah untuk menarik pengguna agar merasa terdorong untuk mengunduh penawaran konten Anda. Desain dapat membantu dalam hal ini.

Artikel Terkait  15 Tren Pengembangan Web di Tahun Ini

13. Perhatikan salinannya

Komponen paling penting dari landing page website Anda adalah memiliki salinan yang menginspirasi pengguna untuk mengunduh penawaran Anda. Bagaimana kamu melakukan ini?

Nah, cara terbaik adalah menulis salinan yang ditargetkan ke persona Anda. Ini berarti bahwa target pasar Anda seharusnya merasa bahwa mereka dapat menulis salinannya sendiri. Ketika target pasar Anda merasa seperti Anda memahami masalah mereka, mereka cenderung mengunduh penawaran Anda.

Itulah 13 tips membuat landing page website agar lebih outstanding. Cara ini bisa Anda terapkan dalam landing page dengan berbagai tujuan. Jangan lupa kunjungi selalu Web App di https://appkey.id/ dan dapatkan berbagai informasi terbaru seputar pembuatan website serta landing page untuk bisnis Anda.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya