Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design Web Cara Membuat Landing Page yang Menarik dan Responsive

Cara Membuat Landing Page yang Menarik dan Responsive

-

Website adalah salah satu hal yang sangat penting dan harus dimiliki oleh semua pebisnis online. Dengan adanya website maka dengan sendirinya akan meningkatkan kepercayaan dan membuat usaha terlihat lebih professional.

Oleh karena itu penting bagi setiap pemilik usaha mengetahui kriteria website yang baik sehingga dapat menarik pengunjung dan juga pelanggan.

Website Anda harus mampu menarik dan memikat hati pengunjung. Oleh karena itu tampilan website adalah hal pertama yang harus diperhatikan.

Sayangnya banyak pemilik website bisnis online belum memahami hal tersebut. Banyak di antara mereka yang berhenti hanya sampai membuat website saja.

Padahal ada banyak hal yang harus diperhatikan agar website dapat meningkatkan penghasilan secara konsisten. Salah satu yang harus diperhatikan adalah landing page. Apa sih landing page itu? Bagaimana cara membuatnya? Untuk menemukan jawabannya, simak artikel ini hingga akhir, ya!

Pengertian Landing Page

Halaman landing adalah sebuah halaman web yang didesain khusus untuk tujuan mengubah status seorang pengunjung website menjadi pembeli potensial atau dikenal juga dengan istilah leads.

Paling tidak ada dua hal yang menjadi dasar sebuah laman atau halaman web masuk ke dalam kategori landing, yaitu terdapat form yang nantinya dapat diisi oleh pengunjung yang memiliki ketertarikan pada produk yang Anda ditawarkan dan tujuan utamanya adalah untuk mengkonversi pengunjung laman website agar menjadi pembeli potensial.

Halaman landing ini sering digunakan untuk mengarahkan pengunjung dari tautan iklan yang ada di media sosial atau Google ketika pengunjung mengklik iklan tersebut. Tampilan landing lah yang akan mereka lihat pertama kali.

Oleh karena itu halaman ini berdiri sendiri, tidak tertaut dengan halaman utama atau halaman lainnya dari website yang Anda miliki. Salah satu indikasi seseorang tertarik dengan produk Anda adalah membuka halaman landing. Maka jika orang membuka halaman landing maka pastikan Anda sudah menyiapkan hal yang bagus agar mereka langsung ingin membeli produk Anda.

Artikel Terkait  Cara Bikin Design Web Keren Meski Kamu Seorang Newbie

9 Cara membuat Landing Page yang Baik

landing-page-2

Membuat landing page sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda dapat membuatnya secara gratis dengan WordPress pada Plugin. Lalu bagaimana cara membuat desain landing yang menarik? Berikut 9 tipsnya untuk Anda!

1. Desain Tertata Rapi

Tampilan dan struktur halaman website secara keseluruhan akan berpengaruh besar pada tingkat efektivitas landing page dalam usaha menaikkan conversion. Anda sudah tahu bukan tujuan utama lading page? Yaitu untuk memudahkan konversi dari pengunjung website agar menjadi pelanggan atau leads.

Salah satu ciri halaman landing yang efektif ialah memanfaatkan warna dan gambar dengan baik. Gunakanlah perpaduan warna yang kreatif dan eye catching sehingga pengunjung semakin nyaman dan betah berlama-lama melihat produk apa saja yang Anda tawarkan.

2. Buatlah Headline yang Menarik

Judul halaman adalah bagian pertama yang akan dilihat dan dibaca oleh pengunjung website Anda. Maka buatlah headline yang menarik sehingga akan mampu mencuri perhatian pengunjung.

Perlu diketahui bahwa pemilihan kata untuk judul yang dibuat asal-asalan akan membuat pengunjung web tidak mau menghabiskan waktunya di website Anda. Mereka tentu tidak ingin membuang waktu untuk mempelajari lebih dalam mengenai produk Anda jika tampilan halamannya tidak bagus.

Dalam istilah search marketing, keadaan ini disebut sebagai bounce alias pengunjung yang mental tanpa melakukan aktivitas apapun dalam halaman landing website Anda. Oleh karena itu buatlah headline yang bagus sehingga pengunjung betah.

3. Jelaskan Detail pada Bullet Points

Atensi serta perhatian penuh dari pengunjung web bukanlah hal yang mudah untuk didapatkan. Sehingga memastikan agar pengunjung landing page dapat menangkap informasi yang lengkap adalah hal yang harus Anda pastikan.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bullet points. Bullet points akan dapat memudahkan pembaca untuk mengetahui setiap highlight dengan ringkas dan cepat.

Hal ini dilakukan agar pengungjung dapat memperoleh sebanyak mungkin informasi yang disajikan dalam website. Alih-alih harus membaca text dalam bentuk paragraf panjang untuk menemukan informasi yang dicari.

4. Sediakan Form yang Efektif

Ketika ada pengunjung yang membuka website Anda, tentu saja Anda ingin mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Informasi ini akan sangat berguna ketika Anda akan menawarkan produk baru atau tujuan pemasaran lainnya.

Namun, bukan berarti Anda boleh meminta pengunjung website untuk mengisi form dengan isian yang sangat banyak dan panjang di landing page. Sebaiknya Anda tidak melakukan hal tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa, semakin banyak kolom form yang wajib diisi oleh pengunjung, maka semakin kecil juga kemungkinan pengunjung bersedia mengisi form hingga akhir. Hal ini akan menyebabkan konversi turun dan Anda tidak akan mendapatkan data atau informasi penting dari pengunjung tersebut.

ika Anda ingin pengunjung website bersedia mengisi form hingga akhir, maka buatlah form yang singkat dan jelas sehingga hasilnya akan lebih efektif.

Artikel Terkait  Yang Perlu Diketahui Tentang Daftar Periksa Pengujian Desain Web Responsif

5. Gunakan Foto atau Ilustrasi yang Relevan dengan Produk

website-3

Tidak hanya sebagai pemanis atau keperluan optimasi seo saja, gambar memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting. Fungsi utama dari setiap foto atau gambar di laman website ialah menarik perhatian pengunjung. Dengan begitu, Anda harus memastikan gambar yang digunakan untuk halaman landing dapat membantu performa laman web secara menyeluruh. Berikut ini beberapa untuk mengoptimalkan fungsi gambar untuk laman Anda:

  1. Pilih dan gunakan foto yang dapat merepresentasikan produk yang Anda tawarkan
  2. Jika perlu, Anda dapat menampilkan foto tim member jika diperlukan
  3. Pilihlah ilustrasi/foto yang sesuai dengan tujuannya
  4. Guakan foto yang up-to-date sehingga pembaca familier
  5. Siapkan Space untuk Testimoni

Meski bukan suatu hal yang wajib Anda lakukan, namun dalam dunia bisnis online ada beberapa jenis usaha yang membutuhkan testimoni klien dan menampilkannya. Sehingga calon pembeli akan semakin percaya bahwa produk yang Anda jual memang memiliki kualitas terbaik dan pilihan yang tepat untuk mereka.

Terutama jika brand Anda baru diirntis dan belum begitu terkenal, testimoni adalah jalan yang baik untuk mempromosikan bisnis Anda. Cara terbaik adalah dengan menampilkan daftar klien ternama yang pernah memakai produk/jasa Anda.

6. Siapkan Space untuk Testimoni

Meski bukan suatu hal yang wajib Anda lakukan, namun dalam dunia bisnis online ada beberapa jenis usaha yang membutuhkan testimoni klien dan menampilkannya. Sehingga calon pembeli akan semakin percaya bahwa produk yang Anda jual memang memiliki kualitas terbaik dan pilihan yang tepat untuk mereka.

Terutama jika brand Anda baru diirntis dan belum begitu terkenal, testimoni adalah jalan yang baik untuk mempromosikan bisnis Anda. Cara terbaik adalah dengan menampilkan daftar klien ternama yang pernah memakai produk/jasa Anda.

Artikel Terkait  Bagaimana Mengelola White Space di Layout Responsif Seluler?

  1. Buatlah Landing Page yang Friendly

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Google, ada 94% pengguna internet di Indonesia yang menggunakan smartphone untuk mengakses internet. Hal ini karena dengan menggunakan smartphone, lebih mudah sebab selalu dibawa kemanapun dan dapat diakses kapanpun yang mereka inginkan.

Ini menjadi pertimbangan yang harus Anda perhatikan. Pengguna dengan tipe ini tentunya tidak akan baik jika halaman landing Anda tidak memiliki tampilan yang friendly bagi pengguna smartphone. Anda harus memastikan, apapun perangkat yang digunakan oleh pengunjung untuk melihat halaman landing Anda, mereka, dapat diakses secara optimal.

8. Jadikan Isi Landing Page sama dengan Isi Iklan PPC

Hal berikutnya yang harus diperhatikan agar laman yang akan Anda buat menarik dan efektif mampu memberikan pesan denga nisi yang sama dengan pesan di iklan. Ini sangat penting agar pengunjung website Anda tidak merasa dibohongi.

Contohnya, pada iklan Anda menjelaskan bahwa pengunjung akan memperoleh diskon hingga 50%. Tetapi ternyata pada halaman landing diskon yang Anda tawarkan hanya sampai 20% saja.

Tentu hal ini akan membuat pengunjung merasa tertipu dengan penawaran Anda dan meninggalkan laman tanpa berniat melakukan pembelian. Parahnya, bisa saja mereka “kapok” melihat produk Anda karena pengalaman yang tidak baik tersebut.

Artikel Terkait  Design adalah? Mari kita belajar web design

9. Lakukan Uji Coba

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk memastikan landing page Anda sudah sesuai dan maksimal atau tidak dengan cara melakukan uji coba. Uji coba memang bagian yang tidak boleh dilewatkan untuk berbagai hal.

Ini akan sangat berguna untuk menguji apakah halaman landing yang ingin Anda hadirkan untuk pengunjung sudah sesuai dengan rencana atau tidak. Setelah melakukan uji coba dan menemukan berbagai hal yang kurang, maka Anda dapat melakukan perbaikan dan menyempurnakan landing page Anda.

Itulah pembahasan mengenai landing page dan bagaimana tips cara membuatnya agar menarik dan membuat bisnis online Anda dapat berkembang pesat. Dalam bisnis ada banyak hal yang harus diperhatikan agar dapat berjalan lancar.

Salah satunya adalah pelanggan dan pengalaman mereka ketika berinteraksi dengan Anda. Dalam bisnis online, cara penjual dan pembeli berinteraksi salah satunya adalah melalui website. Di sanalah mereka dapat menemukan berbagai informasi yang diperlukan. Mulai dari jenis produk hingga harganya.

Oleh karena itu penting untuk membuat website memiliki tampilan yang menarik, terutama halaman landing. Anda dapat mengikuti 9 cara di atas untuk mengetahui bagaimana cara membangun hal satu ini dengan baik sehingga akan membantu Anda meningkatkan penjualan.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya