Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesigner tools10 Android UI Design Tools untuk Desain App Serbaguna

10 Android UI Design Tools untuk Desain App Serbaguna

-

Sedang mencari rekomendasi android UI design tools yang gratis? Tepat sekali, 10 android UI design tools berikut akan membantu Anda merancang antarmuka berbagai tipe aplikasi dengan mudah!

Setiap aplikasi mempunyai bentuk tampilan antarmuka yang berbeda mengikuti fungsi pemakaiannya. Coba bandingkan UI aplikasi sosial media dengan ecommerce sebagai contoh. Keduanya pasti memiliki pola penempatan menu yang berbeda, bukan?

Maka dari itu, Anda juga memerlukan aplikasi desain UI dengan template yang pas sesuai karakteristik, tujuan, dan fungsi aplikasi. Yuk langsung saja kita simak 10 android UI design tools terbaik untuk mendesain beragam model UI aplikasi berikut ini.

10 Android UI Design Tools Serbaguna (Olshop, Sosmed, Dark Mode, Dll)

android-ui-design-tools-2

Mendesain antarmuka aplikasi jadi lebih mudah berkat bantuan tool-tool desain modern. Inilah beberapa rekomendasi android UI design tools gratis dan serbaguna yang bisa Anda coba:

1. Marvel

Di posisi pertama ada Marvel, sebuah UI design tools online berbasis cloud. Keunggulan utamanya terletak pada fitur kerja kolaboratif multi platform, sehingga bisa diakses oleh banyak orang secara bersamaan.

Marvel menyediakan ratusan template antarmuka app sesuai kategori. Mulai dari app olshop, kesehatan, games, chatting (sosmed) dan lain-lain. Seluruh koleksi bahan desainnya terkumpul jadi satu di library khusus dalam app, mencakup template, vektor, background dan icon gratis.

Anda juga bisa menyinkronisasi Marvel dengan tool-tool desain UI lain, seperti Sketch, Adobe Illustrator, dan sejenisnya. Semisal Anda ingin membuat rancangan dasar antarmuka di Marvel, lalu menyempurnakannya di aplikasi lain. Cukup export file lalu buka di perangkat yang lain, sangat simpel!

2. Proto.io

Proto.io sangat bermanfaat jika Anda ingin membuat desain UI aplikasi yang dinamis. Di sini ada banyak efek transisi luwes yang bisa diterapkan untuk memaksimalkan kenyamanan pengguna (UX).

Lalu ada juga menu spesial bernama touch event yang berguna menjadikan elemen-elemen desain terlihat nyata dan utuh. Sampai saat ini, fitur touch event hanya bisa ditemukan di Proto.io.

Walaupun sudah serba dinamis, Proto.io tetap memungkinkan Anda untuk mengeksport file desain ke dalam bentuk PDF kapanpun dibutuhkan.

3. Limitless

Ingin membuat desain UI yang bersih, berkontras tinggi dan elegan? Aplikasi Limitless adalah jawabannya.

Tool design UI ini sudah terbukti sukses menghasilkan banyak aplikasi yang mencuri perhatian di Play Store. Ia juga sering dipakai untuk menyusun UI aplikasi-aplikasi penting di smartphone Anda, seperti inbox SMS, pemutar musik, kalender, profil kontak, dan seterusnya.

Limitless mempunyai lebih dari 20 layout untuk setiap kategori aplikasi. Anda bebas memilih template mana saja, atau memadukan lebih dari 1 layout sekaligus. Kelebihan utama aplikasi desain ini juga terletak pada fitur-fiturnya, seperti:

  • Tata layout gambar berbasis Retina Ready yang nyaman dipandang oleh mata.
  • Koleksi shape vektor berbagai bentuk.
  • Palet warna custom, bisa menggunakan warna-warna dasar atau membuat sendiri dengan menu pick colour.
  • Export file desain ke beragam format, sehingga dapat disempurnakan memakai tool lainnya.

4. Sketch

Hampir semua desainer UI/UX mengenal aplikasi Sketch. Tool design satu ini sangat terkenal karena memiliki kinerja 11:12 dengan Adobe Photoshop, namun dengan lebih banyak fitur grafis canggih.

Maka dari itu, tak heran jika Sketch dapat dipakai untuk mendesain beragam tipe layout UI, mulai dari aplikasi android, iOS, hingga website. Anda bisa melakukan banyak pekerjaan dengan lancar di Sketch, seperti zoom gambar hingga ke level pixel, export desain ke semua format, hingga mengedit vector custom.

Namun yang menjadi keunggulan utama dari Sketch adalah:

  • Tersedia shared libraries, di mana para desainer bisa saling berbagi dan mendownload komponen-komponen desain secara gratis.
  • Sistem wireframing Sketch setara dengan design tool ternama Omnigraffle.
  • Mempunyai koleksi tool editing vektor yang persis seperti Adobe Illustrator.

Tertarik mencoba Sketch? Anda bisa mendapat akses full premium selama 30 hari di awal pemakaian. Namun untuk seterusnya Anda harus berlangganan premium.

Artikel Terkait  10 Graphic Design Tools Open Source Gratis yang Wajib Dicoba

5. App Wireframes UI Kit

Cukup banyak desainer kebingungan menata menu dan tombol-tombol fitur pada tampilan antarmuka aplikasi. Apakah Anda juga pernah mengalami masalah serupa?

Tidak perlu cemas lagi, sekarang Anda bisa memakai App Wireframes UI Kit sebagai solusinya! Android UI design tools ini mempunyai fitur-fitur lengkap dan tampilan sederhana, sehingga sangat nyaman dipakai untuk menyusun sketsa wireframe UI dari nol.

Cara kerjanya juga tak kalah simpel. Pengguna hanya perlu memilih elemen desain dengan bentuk atau fungsi yang diinginkan, lalu meletakkannya di template. Anda pun bebas membuat banyak rangkaian tata letak UI tanpa perlu berlangganan.

6. Bajing

Memiliki nama yang unik dan eye catching, Bajing adalah aplikasi UI designer yang serba praktis. Template-template layout antarmukanya dapat diaplikasikan untuk semua jenis aplikasi smartphone tanpa terkecuali.

Ketika memakai aplikasi ini, Anda akan menemukan 33 file layout dasar pembentuk antarmuka app. Kit tersebut sudah mencakup layer untuk profil pengguna app, panel navigasi, beranda, halaman login dan daftar, serta media player.

Namun template-template tersebut hanya berupa sketsa dasar dan masih memerlukan proses editing lebih lanjut.

7. Dark UI

Inilah android UI design tools yang dikhususkan untuk mendesain fitur dark mode! Dark UI mampu menyederhanakan proses pembuatan desain antarmuka yang gelap dalam hitungan menit dan tanpa coding.

Dark UI kit memiliki 12 template mode gelap gratis yang bisa dikustomisasikan sesuai jenis app Anda. Koleksi layout tersebut dipastikan akan terus diupdate, baik dari segi jumlah maupun model mengikuti gaya aplikasi kekinian.

Setiap template Dark UI sudah memuat vektor shape, icon app, tombol-tombol, menu, dan background. File layout tersebut bisa langsung diedit pada aplikasi atau diekspor ke tool design UI lainnya seperti Photoshop.

8. Profile : Socmed UI

Anda sedang mengembangkan aplikasi sosial media? Jika iya, maka Anda wajib mendesain tampilan UI-nya dengan Profile: Socmed UI.

Profile merupakan UI design tool dengan berbagai layout keren khas aplikasi sosial media populer. Seluruh templatenya pun tersaji dalam dua mode: dark dan light. Otomatis Anda tidak perlu pusing memikirkan cara mengubah tampilan aplikasi ke dark mode.

Setiap pengguna akan langsung memperoleh UI kit khusus untuk mendesain antarmuka sosmed, mencakup:

  • Template layout berbagai jenis dan menu di sosmed (halaman profil, timeline, feedback news, chatroom, notifikasi interaksi, dan seterusnya).
  • Lebih dari 70 jenis ikon vector khas sosial media (icon profil standar, notifikasi chat, like, komentar, reaction, dan lain-lain).
  • Palet dengan ratusan koleksi warna dan shades.
  • Fitur-fitur editing lengkap yang simpel digunakan.

Uniknya lagi, hasil desain Anda bisa diekspor menjadi file PDF untuk mempermudah dibagikan dan direview oleh rekan tim atau klien yang memakai jasa desain UI Anda.

9. Next eCommerce

Sesuai namanya, Next eCommerce dipakai untuk merancang desain aplikasi olshop kekinian. Anda bisa merancang secara manual dengan kanvas putih, atau memakai koleksi template layout bawaan app.

Koleksi templatenya sangat lengkap. Mulai dari menu katalog produk, beranda depan, halaman dashbor pengguna, login dan pendaftaran, sampai landing page penawaran promo. Semua bisa langsung digunakan secara cuma-cuma.

Lalu ada juga shape vektor yang bisa dikreasikan sesuai kebutuhan pengguna. Tak berhenti sampai di sana, Anda pun dapat mengombinasikan Next eCommerce dengan beragam tool desain lain, seperti Sketch dan Adobe PhotoShop.

10. Balsamiq dan Axure

Rekomendasi android UI design tools serbaguna yang terakhir adalah perpaduan Balsamiq dan Axure. Dua aplikasi ini adalah perpaduan tools sempurna untuk merancang wireframe UI app dengan simpel.

Balsamiq bekerja dengan metode seret-dan-lepas (drag and drop), sehingga Anda bisa menata layout desain UI selayaknya menyusun kepingan puzzle.

Sementara Axure memiliki banyak kategori template mock up UI siap pakai. Cukup pilih template yang dirasa sesuai atau menarik untuk mempercantik aplikasi, lalu aplikasikan.

Hebatnya lagi, Axure punya fitur khusus untuk menambahkan data-data aplikasi sungguhan ke struktur desain. Alhasil desain bisa langsung diuji coba untuk mendapatkan hasil user experience (UX) awal.

Itulah 10 android UI design tools serbaguna yang bisa Anda manfaatkan. Pilihlah aplikasi desain yang paling sesuai fungsinya untuk mewujudkan ide desain Anda, dan selamat mencoba!

Ingin tahu lebih banyak rekomendasi tools-tools desain bermanfaat? Atau, ingin selalu up to date dengan kabar dari dunia teknologi modern?

Yuk ikuti terus APPKEY: WEB APP di https://appkey.id/, karena ada ratusan artikel seru seputar IT menanti Anda di sini secara gratis. Sampai bertemu lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya