Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesigner tools10 Graphic Design Tools Open Source Gratis yang Wajib...

10 Graphic Design Tools Open Source Gratis yang Wajib Dicoba

-

Mencari rekomendasi graphic design tools open source gratis dengan fitur-fitur premium yang lengkap? Pas sekali, berikut kami punya 10 graphic design tools open source yang wajib Anda coba!

Sekarang sudah bukan zamannya lagi membayar mahal untuk tool design graphic berkualitas. Ada banyak aplikasi desainer open source yang tak kalah canggih dari software premium!

Penasaran apa saja listnya? Tanpa basa-basi lagi, mari langsung simak ulasan graphic design tools open source terpopuler berikut ini.

10 Graphic Design Tools Open Source Terbaik Sepanjang Masa

graphic-design-tools--2

Graphic design software open source sangat bermanfaat untuk beragam keperluan. Mulai dari mendesain UI/UX aplikasi dan website, merancang model produk-produk IT, hingga membantu proses belajar desain bagi pemula.

Inilah 10 rekomendasi graphic design tools bersifat terbuka yang wajib dicoba saat ini, lengkap dengan link downloadnya khusus untuk Anda:

1. Krita

Pertama ada Krita. Krita merupakan salah satu graphic desainer software open source raster yang populer. Fitur-fiturnya sangat lengkap, mencakup:

  • Managemen layer.
  • Perpustakaan material desain.
  • Layer masks.
  • Koleksi puluhan kuas (brush) dalam berbagai jenis, ukuran dan bentuk.
  • Support PSD dan editing mode HDR.

Krita mempunyai daya guna yang tinggi. Mulai dari membuat desain grafis lukisan digital, animasi 2D, desain vektor, hingga pembuatan model UI/UX web.

Software ini pun dapat diakses dari semua jenis perangkat – smartphone, tablet, dan komputer desktop. Namun pengalaman pemakaian yang paling maksimal dapat dirasakan jika Anda mengakses Krita dari tablet atau iPad.

2. GIMP (GNU Image Manipulation Program)

  • Support: GNU, Linux, macOS (10.6 ke atas), Windows (7, 8, Vista dan XP SP3), Free BSD, Sun Open Solaris.
  • Link Download GIMP: https://www.gimp.org/downloads/

Nama GIMP (GNU Image Manipulation Program) juga tak kalah populer dibanding Krita. Aplikasi desain ini terbilang powerful dan canggih sebab bisa dipasangkan plugin tambahan jika Anda menginginkannya.

Banyak desainer menjadikan GIMP sebagai alternatif gratis Adobe Photoshop. Fitur-fiturnya memungkinkan kita untuk membuat ratusan desain digital sesuai kreativitas atau hanya sekadar memperbaiki dan menyempurnakan foto yang sudah ada.

Lebih lanjut, GIMP juga sangat ramah bagi pengguna baru. Tidak perlu khawatir kalau Anda belum pernah mendesain sama sekali atau baru belajar dari nol. Cukup akses menu “tutorial kurva belajar”, dan pilih materi desain yang ingin diketahui.

3. DIA Designer

Mempunyai nama yang unik, DIA juga graphic design tools open source yang banyak didownload akhir-akhir ini.

Sistemnya dikembangkan dengan SDI (single document interface) yang serupa dengan GIMP. Namun DIA paling banyak dipakai untuk mendesain model dengan struktur tertentu seperti flowchart web.

DIA bisa mengekspor desain tersebut ke berbagai format, seperti JPEG, PNG, SVG, DXF dan EPS. Ia turut mendukung editing file berformat XML dan SVG.

4. Gravit Designer

Mencari graphic design tools gratis khusus untuk desain vector? Gravit Designer adalah jawabannya.

Software ini dilengkapi berbagai fitur premium untuk mendesain vector selayaknya Corel Draw. Anda bisa membuat berbagai proyek desain yang berbahan dasar vector, seperti icon aplikasi, animasi, ilustrasi website, objek icon presentasi, dan seterusnya.

Beberapa fitur unggulan dari Gravit Designer adalah:

  • Menu Boolean loops.
  • Blending integration.
  • Knife tool.
  • Text dengan berbagai model (font web, text on path, handcrafted text, custom).
  • Fill structure dan export (PDF, SVG, images JPG, PNG, JPEG, dan lain-lain).
  • Management layers.
  • Desain pixel.
  • Import sketsa dari aplikasi lain atau galeri offline.
  • Template desain.
  • Multiple design style (blending, border, share style, fills, efek compound).
  • Dan masih banyak lagi.

Seluruh fitur tersebut juga tersusun dalam tampilan antarmuka yang sederhana, sehingga memudahkan pengguna memilih alat-alat edit sesuai kebutuhan.

Artikel Terkait  Pemula Harus Baca! Adobe XD Trisets untuk Anda yang Ingin Menggunakan Adobe XD

5. SVG Edit

SVG Edit memiliki tampilan antar muka, fitur dan kegunaan yang sangat mirip dengan Adobe Illustrator. Tak heran akhirnya banyak orang merujuk design graphic tools ini sebagai “Illustrator Adobe versi gratis”.

Tentu saja seluruh fitur SVG Edit tersaji gratis dan lengkap, sehingga menjadikannya lebih diminati dari pesaing lain yang berbayar.

Anda bisa menjumpai serangkaian tool editing dasar (seperti cut, copy, shape, resize, teks, dan lain-lain) hingga menu-menu tingkat lanjut. SVG Edit biasa digunakan untuk mengedit item scalable vector graphic.

Cara pakai SVG Edit juga sangat praktis, tidak perlu diinstal karena bersifat web app. Anda hanya perlu mengakses tool ini lewat browser saja dan mulai mengedit.

6. Lunacy

Selanjutnya ada Lunacy, aplikasi desain dengan tool-tool berbasis AI yang juga gratis. Anda dapat mengandalkan software ini untuk membuat desain situs mobile friendly, lengkap dengan rancangan UI dan UX-nya.

Ada juga fungsi lain Lunacy yang sering dipakai, yaitu mendesain avatar, menghapus latar belakang foto, membuat dan menambahkan teks caption otomatis (text generator), dan menyesuaikan ukuran foto.

Namun keunggulan utama Lunacy terletak pada referensi pustaka material desainnya yang melimpah. Anda tidak perlu mencari elemen-elemen desain gratis dari banyak web. Cukup klik menu library, dan pilih icon, background, tekstur maupun vector yang ingin digunakan.

Lunacy dapat dipakai secara offline maupun online di semua jenis perangkat, dengan 21 jenis bahasa pengantar yang bisa disesuaikan pengguna.

7. Vectr

Meningkatnya kebutuhan akan desain vector turut menambah jumlah aplikasi desain grafis khusus vector. Kali ini ada Vectr, sebuah app vector editing yang kompatibel untuk desktop PC (web browser).

Vectr sangat disarankan bagi para desainer pemula karena tampilan antar mukanya yang simpel, intuitif dan mudah dimengerti. Anda pasti bisa menguasai banyak trik editing vektor tanpa perlu bersusah payah!

Kelebihan lain dari Vectr ialah bisa digunakan untuk desain multi user (desain bertim) secara real time. Semua perubahan desain yang dibuat oleh rekan tim dapat segera terupdate di layar Anda, sehingga project bisa selesai lebih cepat.

Beberapa produk editing vektor bertim yang biasa dibuat memakai Vectr adalah mockup website, presentasi, logo berskala besar, dan grafik-grafik yang kompleks lainnya.

8. Inkscape

Jika tadi kita sempat menyinggung aplikasi desain open source yang mirip Adobe Illustration. Sekarang ada design graphic tools yang lebih canggih karena mirip seperti perpaduan Adobe dan Corel Draw!

Aplikasi tersebut adalah Inkspace. Usut punya usut, kemiripan Inkspace dengan sistem Adobe ternyata didasari oleh pembuatnya yang merupakan salah satu kreator Adobe Illustrator.

Lalu apa saja kegunaan dan kelebihan dari Inkspace? Jawabannya tak lain adalah:

  • Memiliki format default file berupa SVG (scalable vector graphics).
  • Tetap mendukung semua jenis format file yang umum digunakan dalam dunia desain.
  • Proses dokumentasi desain yang sederhana.
  • Bisa dengan mudah memanipulasi bentuk objek desain.
  • Menu styling objek yang lengkap.
  • Tampilan antar muka aplikasi sangat sederhana dan fleksibel, bisa disesuaikan menurut preferensi pengguna.

9. Pixlr

Berbeda dari seluruh rekomendasi sebelumnya, Pixlr adalah design graphic software khusus untuk platform android dan iOS. Anda sendiri mungkin pernah menemukan aplikasi ini tersaji gratis di Play Store atau AppStore.

Saat ini Pixlr digemari oleh banyak anak muda yang lebih sering menggunakan smartphone ketimbang komputer – termasuk untuk membuat desain online. Hasil desain dapat diunggah langsung ke sosial media pengguna.

Aplikasi Pixlr tidak begitu berat dijalankan di ponsel. Fiturnya juga lengkap mencakup ratusan filter, efek overlay, stiker, garis border, double exposure, teks, palet warna, serta pengaturan editing pada umumnya.

Saat menggunakan aplikasi ini, Anda mungkin akan mengingat Adobe Photoshop karena layout kanvasnya juga didesain agak mirip. Satu-satunya kelemahan aplikasi Pixlr masih memuat beberapa iklan.

Artikel Terkait  InVision atau Adobe XD? | Review UI UX Software Terbaik

10. Paint.Net

Rekomendasi graphic design tool yang terakhir adalah Paint.Net. Tool desain ini adalah “versi terbaru” dari aplikasi Paint milik Microsoft.

Pengguna Paint.Net dapat menggunakan menu-menu yang tersedia untuk membuat desain online baik dengan material desain yang sudah ada, atau menggambar sendiri.

Untuk menyempurnakan hasil desain di Paint.Net, Anda juga bisa memasang beraneka plugin eksternal gratis sesuai kebutuhan. Seluruh plugin ekstensi tersebut dapat diperoleh langsung dari Microsoft Store.

Paint.Net patut untuk dicoba karena daya gunanya yang sangat baik. Ia bisa mengolah file desain berukuran besar tanpa menjadikan perangkat Anda lagging alias lemot.

Itulah dia 10 graphic design tools gratis dan open source yang banyak digunakan saat ini.

Terlepas dari kelebihan dan fitur-fitur canggih masing-masing app di atas, ingatlah untuk memilih software desain yang paling pas dengan kebutuhan serta kenyamanan Anda. Selamat mencoba!

Temukan lebih banyak inspirasi, tips dan informasi menarik seputar dunia IT hanya di APPKEY WEB APP. Baca gratis sekarang juga di https://appkey.id/. Sampai bertemu lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya