Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesigner tools10 Free Web Design Tools Simpel untuk Website Mobile...

10 Free Web Design Tools Simpel untuk Website Mobile Friendly

-

Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Mendesain website yang mobile friendly kini lebih gampang memakai 10 free web design tools ini. Penasaran? Yuk langsung disimak list aplikasinya di sini!

Tingginya jumlah pengakses website dari smartphone mendorong kita untuk mengemas situs secara mobile friendly. Jika tidak, maka web tidak dapat diakses dengan nyaman melalui hp.

Untungnya kini sudah ada banyak tool-tool desain mobile friendly yang gratis sekaligus simpel digunakan. Inilah rekomendasi 10 free web design tools yang wajib Anda coba.

10 Free Web Design Tools untuk Web Mobile Friendly

free-web-design-tools-2

Semua orang tentu ingin punya website dengan tampilan sekeren mungkin. Desain web merupakan elemen utama yang membentuk kesan pertama pengunjung dengan platform Anda.

Namun sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara mendesain situs dengan apik – khususnya website yang mobile friendly. Format layar display ponsel yang lebih kecil tentu menciptakan lebih banyak tantangan dalam proses mendesain.

Oleh sebab itu, kami telah merangkum 10 free web design tools terbaik yang dapat dimanfaatkan untuk mendesain web-web keren kekinian. Berikut list aplikasinya khusus untuk Anda:

1. Figma

Rekomendasi free web design tools yang wajib Anda coba pertama adalah Figma. Aplikasi ini menjadi andalan nomor 1 di kalangan UI desainer saat ini.

Figma adalah aplikasi berbasis browser (web app), sehingga dapat digunakan dengan praktis tanpa perlu instalasi. Format tersebut juga memungkinkan Figma memperoleh update-update fitur terbaru secara otomatis.

Sistem desain di Figma sepenuhnya berlangsung dengan vektor, bukan koding. Hal tersebut pun sukses menambah nilai plus aplikasi desain web ini, khususnya bagi pengguna pemula.

Namun keunggulan utama Figma terletak pada menu real time collaboration editing-nya. Fitur ini memungkinkan banyak orang bekerja menggarap sebuah desain secara bersamaan. Alhasil, desain dapat lebih cepat rampung.

2. InVision Studio

Anda dapat menciptakan beragam desain web berkualitas tinggi dengan InVision Studio. Tool ini tak kalah populer untuk membuat berbagai desain web mobile friendly.

Aplikasi InVision adalah rekomendasi terbaik untuk desain web dinamis interaktif lengkap dengan animasi-animasinya. Hasil desainnya pun bisa langsung dicek dalam format smartphone memakai fitur mirror.

Versi terbaru InVision kini sudah memiliki real time collaboration dan frame artboard untuk melancarkan proses desain bersama (lebih dari 1 user). Selain itu, pekerjaan Anda dipastikan berjalan ringan lewat support penyimpanan cloud berkapasitas besar. Semua hasil desain Anda secara otomatis akan tersimpan di sini.

3. Sketch

Sketch adalah tool web desain gratis terbaik untuk MacOS system. Terbukti, perangkat ini sukses menyabet penghargaan “Software Desain Web Terbaik” dari Apple pada 2010 silam.

Fitur-fitur unggulan Sketch akan membantu mewujudkan konsep desain web Anda dengan mudah, baik secara mobile friendly ataupun browser. Hasil desain Sketch pun dinilai lebih intuitif dan rapi ketimbang tool-tool desain website lain.

Terlebih lagi, cara pakai aplikasi Sketch terbilang mudah dengan vektor. Ada banyak template mockup desain dan menu kolaborasi yang langsung bisa digunakan secara gratis.

Artikel Terkait  10 Android UI Design Tools untuk Desain App Serbaguna

4. Bootstrap Studio

Ada lagi tool desain web mobile friendly yang bisa dipakai tanpa coding: Bootstrap Studio.

Membuat desain situs dengan Bootstrap Studio terbilang nyaman berkat kecepatan loading bak kilat serta tampilan antarmuka yang sangat interaktif.

Fitur-fiturnya juga sangat lengkap, mulai dari kanvas, template web siap pakai, tools editing, hingga widget pembantu dengan beragam fungsi (contohnya header – footer web, div, slideshow, span, dll).

Walaupun dapat digunakan tanpa coding, app Bootstrap Studio tetap menyediakan panel khusus jika Anda ingin belajar desain lewat kode. Anda juga bisa turut belajar membuat framework web asli di sini (memakai JavaScript, CSS dan HTML), lalu mengujinya bersamaan dengan desain mockup.

5. Dreamweaver

Ingin membuat desain secara offline? Gunakanlah Dreamweaver.

Dreamweaver adalah aplikasi desain web serbaguna buatan Adobe yang sangat populer di kalangan UI developer. Berbeda pula dari Figma, Sketch, maupun InVision yang full berbasis vektor, Dreamweaver sepenuhnya bekerja dengan kode HTML.

Jadi Anda hanya perlu menulis kode-kode desain pada kolom note yang tersedia di aplikasi. Membuat desain dengan kode juga punya kelebihannya sendiri, seperti menghasilkan website yang lebih responsif dan lancar dibuka dari mana saja (mobile friendly).

Proses pemeliharaan desain jangka panjang juga lebih mudah. Apabila kelak terjadi error atau ingin mengupdate tampilan web, Anda hanya perlu mengubah beberapa bagian pada susunan kode di Dreamweaver.

6. Wix

Siapa yang tidak pernah mendengar nama web design tools Wix? Aplikasi ini turut menjadi incaran desainer karena koleksi ratusan widget dan template webnya yang kekinian.

Wix bisa dipakai tanpa coding. Cukup seret dan lepas (drag and drop) elemen-elemen desain yang dibutuhkan ke kanvas, susun sesuai keinginan, dan selesai! Mockup website Anda bisa langsung jadi dalam hitungan menit.

Membuat desain website dengan Wix memang super simpel, persis seperti mengedit foto biasa dengan aplikasi editing di smartphone. Sayangnya, tool-tool Wix kini dibatasi untuk pemakaian gratis. Anda harus berlangganan premium kalau ingin mengakses full version.

7. Adobe XD

Selain Dreamweaver, Adobe juga turut merilis Adobe XD. Aplikasi ini masih satu “famili” dengan perangkat desain milik Adobe lain, yakni Illustrator dan PhotoShop.

Uniknya, banyak pengguna merasa bahwa Adobe XD sangat mirip dengan Sketch dan InVision.

Ia seolah menggabungkan kehebatan Sketch dan InVision untuk menyempurnakan kekurangan dari setiap app. Misalnya seperti Sketch yang pemakaiannya terbatas untuk perangkat MacOS saja.

Alhasil tak heran kalau banyak orang menyukai Adobe XD. Tool ini bisa menjadi “alternatif Sketch” untuk pengguna Windows.

XD pun dapat membantu proses desain website dan aplikasi android plus iOS. Meski di sisi lain, kemampuannya masih sangat terbatas untuk desain interaktif  berbasis animasi.

8. Weebly

Tahukah Anda, selain bermanfaat untuk membangun ecommerce, Weebly juga bisa untuk merancang tampilan antarmuka website dalam hitungan menit.

Weebly merupakan tool design gratis berbasis CMS yang sangat simpel. Pengguna hanya perlu memasukkan elemen-elemen desain (drop), lalu menatanya sesuai keinginan (drag) di kanvas.

Keunggulan lain dari app ini adalah menyediakan banyak fitur built in SEO. Jadi, desain web Anda bisa langsung disinkronisasikan menurut SEO ketika situs siap dirilis ke publik nantinya.

Anda juga bisa memilih sendiri template dan tema web sesuai kategori yang diinginkan: personal, bisnis, portofolio, mobile phone, dan seterusnya. Sayangnya, koleksi tema bawaan di Weebly masih belum begitu banyak. Tetapi Anda dapat menyiasatinya dengan mengimpor tema web dari sumber lain.

9. Bluefish

Bluefish juga patut dicoba, mengingat ia merupakan aplikasi web design dengan ukuran terkecil!

Bluefish sangat kecil dan ringan karena hanya berfokus untuk desain web berbasis HTML. Jadi Anda hanya akan menemukan panel editing kode sebagai fitur utama app Bluefish (no visual mode; text only).

Namun Bluefish mampu menghadirkan tampilan UI web yang bersih, serta membereskan banyak proyek desain sekaligus.

Bluefish versi terbaru kini dapat dijalankan di semua perangkat (laptop, tablet, dan smartphone), dan mendukung lebih banyak bahasa pemrograman terkait web building. (CSS, PHP, XML, Java, JavaScript, dan SQL).

10. Atom

Terakhir ada Atom, sebuah free web design tools yang bersifat open source. Seluruh sistem Atom terintegrasi langsung dengan paket manager Github. Otomatis, Anda sendiri berkesempatan ikut menambah fitur-fitur baru Atom yang dirasa bermanfaat.

Atom bisa digunakan untuk beragam keperluan. Mulai dari membuat desain website mobile friendly, sampai menyusun dan memperbaiki barisan kode web Anda. Sayangnya, pengoperasian alat ini bersifat full coding, sehingga memerlukan skill pemrograman yang baik.

Tampilan beranda Atom sepintas mirip dengan Bluefish. Bedanya, di sini Anda bisa mengimpor file kode yang sudah ada dari perangkat (add on), menyesuaikan warna kode, serta menambahkan tema panel dari sumber ketiga.

Itulah 10 free web design tools paling berkualitas untuk mendesain website yang mobile friendly. Anda bisa mencoba beberapa aplikasi di atas demi mendapatkan tool yang paling pas sesuai kebutuhan dan kenyamanan Anda pribadi. Selamat mencoba!

Mau mendapat lebih ilmu seputar dunia IT? Kunjungi APPKEY: WEB APP di https://appkey.id/ sekarang juga, dan baca ratusan artikel rekomendasi, tips dan trik terkait perkembangan teknologi kekinian. Sampai bertemu lagi!

 

 

 

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya