Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Designer tools InVision atau Adobe XD? | Review Software UI/UX Terbaik

InVision atau Adobe XD? | Review Software UI/UX Terbaik

-

Saat membicarakan software untuk desain UI/UX, maka kita akan mendapati 2 nama paling populer dari deretan UI UX software, yakni InVision Studio dan Adobe XD. Namun sering kali muncul pertanyaan seperti ini: “Apakah tools yang digunakan untuk mendesain layout front end website dan aplikasi UI UX software terbaik? Apakah Adobe XD? Ataukah InVision Studio?”

Ya, pertanyaan di atas memang nyatanya sering kali menghantui benak banyak front end developer. Sama seperti software lain pada umumnya, UI UX software Adobe XD vs InVision Studio tentunya mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Akan tetapi kita juga tidak bisa menampik bahwa persaingan antar kedua UI UX software ini cukup sengit di pasaran. Iya, kan? Nah, hal tersebut pun terbukti saat kita melihat website resmi Adobe XD, di mana pihak Adobe XD secara terbuka memposting artikel tentang ‘alasan-alasan Anda sebaiknya beralih dari InVision Studio ke Adobe XD’.

Nama InVision juga melejit sangat cepat di kalangan para front end developer. Meski baru dirilis beberapa minggu, fakta bahwa InVision sudah menjadi software desain front end web dan aplikasi terbanyak digunakan menjadi semacam tanda khusus kepada kita untuk tidak meragukan kualitas UI UX software satu ini.

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga masih bimbang menentukan siapa juara dari Adobe XD vs InVision Studio?

Tapi Anda tidak perlu cemas! Semua jawabannya sudah kami siapkan pada artikel spesial edisi kali ini. Yuk kita sama-sama mencari tahu bagaimana keunggulan, kekurangan dan perbedaan dari 2 UI UX software hebat: Adobe XD vs InVision Studio. Selamat membaca!

Review Adobe XD & InVision Studio : UI UX Software Jagoan Desainer

web-design

Saat Anda memutuskan untuk berkecimpung di dunia desain web dan aplikasi, maka serta merta Anda akan mengakrabkan diri dengan aneka macam software desain. Sebab, software-software desain inilah ‘senjata ampuh’ dan rahasia dari semua programmer front end untuk bisa menciptakan beraneka ragam layout depan web dan app yang menarik, dinamis, serta interaktif.

Saat ini Anda bisa menemukan banyak sekali software desain UI UX yang dapat dipakai secara online untuk bekerja, mulai dari yang gratis hingga berbayar sekalipun. Di antara semua nama software yang ada, ada 2 nama software UI UX unggulan para desainer yakni Adobe XD dan InVision Studio.

Artikel Terkait  Prototype adalah: Sebuah Panduan untuk UX yang Fungsional

Adobe XD adalah software editing layout yang masih merupakan turunan dari Adobe. Berbeda dengan tipe-tipe software Adobe lain, Adobe XD adalah software editing yang memang ditujukan untuk editing front end web dan aplikasi. Sehingga, kalau Anda bekerja sebagai seorang web app desainer, maka Adobe XD adalah software yang harus dipunya – bukan Adobe Creative Cloud, Photoshop, dan lain sebagainya.

Sementara InVision Studio hadir sebagai software editing UI UX yang menawarkan beraneka ragam fitur untuk desain, khususnya fitur animasi dan interaction. InVision juga bisa digunakan untuk melakukan project kolaborasi (collab dalam tim) maupun proyek individu. Semua fitur pada InVision dapat digunakan dengan gratis. Selain itu, framework InVision Studio bisa dijalankan pada beragam operation system (OS) seperti Windows, Linux dan Mac OS.

Tentang Adobe XD

Adobe XD adalah software yang tidak bisa diragukan lagi kehebatannya untuk urusan desain front end. Adobe XD menawarkan banyak fitur seperti animasi yang super kaya serta mudah digunakan siapa saja, termasuk oleh pemula. Software ini juga bisa dipakai pada hampir semua OS, seperti Windows, Linux, dan Mac OS. Harga penggunaan Adobe XD? Tenang, semuanya gratis!

Sama seperti software editing UI UX lainnya, fungsi utama dari Adobe XD adalah untuk membuat aneka desain serta prototype sederhana dan desain yang terbilang cukup elegan. Adobe XD banyak digunakan oleh para pecinta software Adobe, karena mengapa harus mencari yang lain lagi kalau bisa dapat sepaket Adobe semua sekaligus?

Ya, jika Anda sudah berlangganan Adobe CC (Creative Cloud), maka Anda bisa mendapatkan Adobe XD secara gratis. Selain itu, Adobe XD sudah terkoneksi dan terintegrasi dengan Adobe-Adobe lain seperti Photoshop, CC, Illustrator dan lainnya. Anda pun sangat dimungkinkan untuk melakukan editing di Adobe lain (misal Photoshop) dan dapat terekspor langsung ke Adobe XD. Wah, praktis sekali, ya!

Artikel Terkait  Metrik Paling Penting Yang Menjadi Masalah Untuk Aplikasi SMB Anda

Beberapa keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan dari Adobe XD antara lain

  • Ada fitur auto animate yang mirip dengan fitur animate khas Figma – sehingga prototype Anda dapat menjadi lebih dinamis.
  • Desain yang Anda buat bisa langsung dikirim ke klien menggunakan Adobe XD (tidak perlu software tambahan). Pun klien bisa memberikan live comment real time terhadap desain di Adobe XD.
  • Mudah dalam membuat grid – Anda cukup melakukan drag sesuai jumlah konten yang dibutuhkan ke dalam kotak-kotak grid.

Artikel Terkait  10 Situs Luar Negeri Yang Bisa Dijadikan Referensi Desain UI/UX

Tentang InVision Studio

desainer-UI

Sekarang, mari kita ulas mengenai InVision Studio. InVision Studio juga bisa digunakan untuk membuat prototype simpel dari desain untuk website dan aplikasi. Tak kalah dibandingkan Adobe XD, InVision Studio punya banyak fitur menarik yang bisa mempermudah aktivitas editing desain front end Anda. Fitur-fitur dan kelebihan InVision Studio tersebut adalah:

  • Dilengkapi dengan design system manager yang mempermudah untuk kerja kolektif atau berdasarkan tim. Fitur ini akan mempermudah Anda untuk melakukan pekerjaan bersama tim seperti membagi tugas individu atau melakukan desain bersamaan dalam 1 frame.
  • Bisa membuat prototype interaktif / animasi, ini adalah fitur juara dari InVision Studio, sebab masih belum ada software UI UX yang bisa digunakan untuk membuat prototype interaktif semudah dan sedinamis InVision.
  • Mempunyai responsive design, fitur ini mirip dengan smart layout punya aplikasi Sketch. Namun responsive design ini terletak pada artboard, sehingga Anda bisa membuat 1 prototype desain saja untuk disesuaikan otomatis ke beragam jenis layar seperti PC, laptop, tablet dan smartphone. Fitur ini dijamin akan mempermudah pekerjaan dan menghemat waktu Anda.

Demikianlah pembahasan lengkap review dari UI UX software unggulan para desainer front end development: Adobe XD dan InVision Studio. Dengan penjelasan yang cukup rinci di atas, sudahkah Anda menemukan mana UI UX software desain terbaik untuk digunakan dalam mendesain UI UX? Jadi nantinya, apapun pilihan Anda, selalu ingat untuk memilih UI UX software desain yang paling pas dengan kebutuhan desain Anda, ya!

Terima kasih sudah mengikuti artikel Appkey sampai di sini! Jika artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan Anda, jangan lupa untuk follow website dan media sosial kami agar Anda tidak ketinggalan aneka pembahasan menarik lainnya seputar dunia IT dan programming. Tentunya kami akan update setiap hari dengan beragam informasi menarik lainnya. Sampai bertemu lagi di artikel seru lain dari Appkey. Sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya