Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Cross-platform Instalasi RUBY dengan OS Windows; untuk aplikasi Desktop dan...

Instalasi RUBY dengan OS Windows; untuk aplikasi Desktop dan Web

-

Semakin hari, kian banyak orang yang tertarik dengan bahasa pemrograman dan mencoba untuk mempelajarinya. Baik itu, secara otodidak, kursus, atau bahkan menempuh jenjang pendidikan di Perguruan Tinggi.

Selain dipicu oleh ketertarikan, ada juga beberapa orang yang memiliki motivasi lain dalam mempelajari bahasa pemrograman. Mereka mempelajari bahasa pemrograman. Karena, tuntutan dunia kerja saat ini yang mengharuskan memiliki kemampuan, pengetahuan, atau wawasan teknis dalam hal programming. Berawal dari itulah, maka pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai bahasa pemrograman.

Seperti yang kita ketahui, bahasa pemrograman terdiri dari beberapa jenis. Salah satu bahasa pemrograman yang paling trending pada saat ini, yaitu RUBY.

Mengenal RUBY

php-framework

RUBY adalah bahasa pemrograman script yang berorientasi pada objek yang dinamis, cross-platform sistem operasi, fleksibel, dan dibentuk menggunakan konsep open source. Sintaks Ruby pun sederhana, dengan coding yang sedikit, mudah dibaca, dan ditulis dalam bahasa C yang kemampuannya itu setara dengan Phyton dan Perl.

Program RUBY ini telah menjadi favorit bagi para user, karena sistemnya yang mudah digunakan, terutama bagi para programmer yang ingin membangun sebuah aplikasi website yang user friendly, analisa data, dan tujuan-tujuan lain yang terkait dengan pemrograman.

RUBY pertama kali dirancang oleh penemunya, Yukihiro Matsumoto pada tahun 1993. Pada saat itu, Yukihiro Matsumoto ingin mengembangkan bahasa script pemrograman yang berorientasi objek. Pada awal perkembangannya ini, RUBY masih digunakan sendiri oleh Yukihiro.

Artikel Terkait  Berapa Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Aplikasi? Mengapa Jenis Dan Fitur Bisa Menjadi Penentu Harga Aplikasi?

Namun, lambat laun Ruby mulai banyak digunakan oleh orang-orang hingga membentuk sebuah komunitas pengguna RUBY. Melalui komunitas inilah program RUBY menjadi terkenal di seluruh dunia hingga saat ini.

Nah, seperti itulah sekilas mengenai RUBY. Apabila, anda masih penasaran dan tertarik ingin menggunakannya. Maka, terlebih dahulu harus menginstallnya di dekstop atau laptop anda.

Namun, apakah anda mengetahui cara menginstall RUBY pada dekstop atau laptop dengan Windows ?

Sebelum langsung membahas mengenai cara menginstall program RUBY di desktop atau laptop dengan Windows, anda harus mengetahui pra syarat untuk menginstall RUBY. Adapun prasyarat-prasyaratnya itu adalah sebagai berikut :

Prasyarat Menginstall RUBY

  1. Pastinya, komputer menjalankan sistem operasi Windows 10 yang telah diupdate.
  2. Akun user dengan hak administrator.
  3. Akses ke command line /powershell.
  • Klik Start > ketik ” cmd” > Klik kanan > Jalankan sistem sebagai administrator atau Start > Ketik Powershell> Klik langsung > Jalankan sebagai administrator.

Cara Menginstall RUBY

web-code

Sebenarnya, ada dua opsi untuk menginstal program RUBY pada OS Windows. Opsi pertama, yaitu menggunakan RubyInstaller. Opsi kedua, menginstall sub sistem Linux pada Windows, lalu gunakan perintah Linux untuk menginstall RUBY.

A. Cara Menginstall RUBY dengan Tools RubyInstaller

Proses instalasi menggunakan versi terbaru dari halaman “Ruby Developer Download”. Pada halaman ini, terdapat dua versi, ada instalasi yang menggunakan versi With Devkit dan versi Without Devkit.

With Devkit

Apabila, sistem yang digunakan untuk pengembangan software atau bisa juga ketika anda tidak yakin dengan versi yang dipilih. Maka, pilih versi with Devkit.

Without Devkit

Apabila, Anda hanya ingin menjalankan aplikasi Ruby pilih versi ini.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak langkah demi langkah tutorial cara menginstall RUBY dengan tools RubyInstaller di Windows berikut ini:

Artikel Terkait  Bagaimana mengembangkan aplikasi iPhone? Pahami dasar-dasarnya berikut ini

Langkah 1 : Sillahkan download alat Ruby Installer. Gunakan web browser untuk membawa anda langsung menuju ke halaman unduh.

Kemudian, simpan file di lokasi yang mudah diingat.

Langkah 2 : Jalankan RubyInstaller

  • Mencari lokasi dimana RubyInstaller tool disimpan. Setelah ditemukan, kemudian klik dua kali.
  • Sebuah dialog Setup muncul dan menampilkan License Agreement. Silahkan perhatikan dan tinjau terlebih dahulu. Selanjutnya, ceklis box to I accept the License sebagai bentuk menerima perjanjian. Kemudian, klik Next.
  1. Installer meminta untuk menyesuaikan lokasi instalasi dan jenis file yang terkait.
  • Pilih default setting. Klik Install.
  1. Sistem akan meminta anda untuk memilih komponen.
  • Pilih default setting. Kemudian, klik Next.
  1. Dialog Setting akan berlangsung selama beberapa menit. Setelah proses itu, sistem meminta anda menjalankan ridk install untuk mengatur MSYS2 dan pengembangan toolchain. Ceklis saja dan klik Finish.
  2. Sebuah Command-Line black style muncul, dengan label RubyInstaller 2 for Windows. Pilih komponen yang akan dipasang. Tekan Enter untuk instalasi alat secara default.
  3. Setelah selesai, tekan Enter lagi supaya menutup Installer.

Langkah 3 : Verifikasi proses penginstallan program RUBY.

Apabila, anda memiliki banyak terminal Windows yang terbuka, maka tutup jendelanya. Buka jendela terminal baru. Kemudian, masukan ini:

ruby -v

Sistem akan menampilkan versi RUBY yang diinstall dengan Windows 10.

B. Cara Menginstal Ruby dengan Subsistem Linux di Windows

Windows Subsistem Linux atau Linux Subsystem Windows (WSL) merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh Windows untuk para programmer yang belum bisa menjalankan sistem operasi Linux atau belum dapat melakukan migrasi dari Windows ke Linux di desktop/laptopnya.

Oleh karena itu, dengan adanya fitur ini para programmer dapat menjalankan environment Linux (seperti Command Line, aplikasi, dan tools) di Windows tanpa bantuan mesin virtual tambahan untuk menginstall RUBY pada desktop/laptop.

Lalu, apa kaitannya RUBY dengan Linux/ Subsistem Linux ?

Jika menggunakan Linux, ternyata menginstall RUBY menjadi lebih mudah, karena keduanya ini sama-sama menggunakan konsep open source.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Aplikasi iOS Profesional di Indonesia

Oke, langsung saja Anda simak cara menginstall RUBY dengan Linux Subsistem Windows.

Langkah 1: Aktivasi Sub sistem Linux di Windows (WSL)

Open Command-Line dan masukkan perintah berikut:

dism.exe /online /enable-feature /featurename:Microsoft-Windows-Subsystem-Linux /all /norestart

Sistem membutuhkan waktu beberapa saat untuk mengaktifkan fitur. Jadi, silahkan ditunggu. Kemudian, setelah mengaktifkan pastikan mereboot sistem agar perubahan terjadi.

Langkah 2: Instal Distro Linux

  1. Setelah sistem dimuat ulang atau direboot, Open Microsoft Store, klik Cari, dan ketik Linux. Berikut ini beberapa Distro versi Linux yang berbeda yang dapat berjalan dalam Windows.
  • Ubuntu.
  • OpenSuse Leap 15.
  • Kali Linux.
  • Debian.
  • Alpine WSL.
  • Suse Linux Enterprise 12.

Apabila, Anda tidak memiliki preferensi, pilih Ubuntu 20.04. Karena, distro tersebut distro yang modern dan mudah digunakan.

  1. Pilih versi, lalu klik Get.
  2. Store menampilkan bahwa sekarang anda telah memiliki software. Lalu, pilih Instal untuk menginstall. Anda diminta untuk sign in dengan akun Microsoft dan bisa melakukan skip sign in.
  3. Setelah proses selesai, klik Launch atau Exit dari Microsoft Store.
  4. Cari Subsistem Linux Ubuntu di Start Menu. Open untuk menyelesaikan instalasi.
  5. Ikuti perintah dan siapkan user account dan password untuk subsistem Ubuntu. Output kemudian memberi tahu Anda bahwa Anda telah berhasil menginstal Ubuntu.

Langkah 3: Update Subsistem Linux

Saat menggunakan Linux, penting untuk memperbarui paket sistem dan software, sebelum menginstal perangkat lunak baru.

Artikel Terkait  Pentingnya Tindakan Pembaruan Terhadap Aplikasi

Untuk mengupdate subsistem Linux Anda, open command line, dan masukkan yang berikut ini:

sudo apt update

Ijin proses untuk menyelesaikan. Anda diminta untuk mengonfirmasi instalasi beberapa paket untuk melakukannya, ketik y dan Enter.

Catatan: Perintah sudo adalah singkatan dari SuperUser DO. Ini memungkinkan Anda menjalankan satu perintah sebagai administrator, menjaga keamanan pada sistem sambil mengakses tugas-tugas penting.

Langkah 4: Instal Ruby

Setelah subsistem Linux terinstal dan diupdate sepenuhnya, instal Ruby dengan memasukkan berikut ini:

sudo apt menginstal ruby-full

Konfirmasi instalasi dengan y dan Enter.

Langkah 5: Verifikasi Instalasi

Untuk memverifikasi apakah program Ruby telah berhasil diinstal pada Windows 10 di desktop atau laptop Anda. Masukkan perintah berikut:

ruby –v

Sistem harus menampilkan versi terkini dari software Ruby yang telah terinstal.

Kesimpulan

Sekarang, Anda telah mengetahui tata cara menginstall bahasa pemrograman RUBY dan bisa langsung memasang atau menginstallnya di sistem operasi Windows pada desktop/laptop anda. Selanjutnya, Anda bisa mempelajari cara menjalankan bahasa program RUBY untuk mulai membangun sebuah aplikasi website yang baik dan menarik.

Demikianlah informasi yang kami sampaikan semoga bermanfaat.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya