Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Aplikasi Android Ini Dia Fitur-Fitur Keamanan Terbaru pada Android 11

Ini Dia Fitur-Fitur Keamanan Terbaru pada Android 11

-

Setelah penantian panjang, Google akhirnya merilis Android versi terbaru yakni Android 11 dengan beragam fitur keamanan terbaru yang semakin canggih. Meskipun penggunaan Android 10 saja masih belum merata di masyarakat Android dan mungkin Anda sendiri belum sempat mencoba Android 10, namun tidak ada salahnya untuk langsung upgrade ke Android 11 karena ada sangat banyak kelebihan Android 11 yang sayang untuk dilewatkan!

Akhir tahun 2020 membawa kabar bahagia, sebab setelah beta testing yang cukup panjang, Android 11 yang dinanti-nantikan tiba untuk semua pengguna Android. Fitur-fitur Android 11 adalah perbincangan hangat yang selalu menyita perhatian. Katanya, ada banyak sekali kelebihan Android 11 yang super canggih dan super aman dibandingkan Android versi sebelum-sebelumnya. Benarkah demikian?

Daripada bertanya-tanya sendiri, yuk, kita lihat pembahasannya bersama-sama pada artikel kali ini! Kami akan memperkenalkan fitur-fitur Android 11 yang wajib untuk segera dicoba. Selamat membaca!

Jangan Terlewat! 12 Fitur dan Kelebihan Android 11 untuk Anda

fitur-android-11

Aspek keamanan perangkat selalu menjadi PR besar bagi para developer Android mengingat sistem operasi yang satu ini sangat rentan untuk dibobol. Untuk itu, tidak mengherankan jika sistem Android selalu berkembang. Bahkan setiap versi Android mempunyai fitur-fitur canggihnya tersendiri. Begitu pula dengan Android 11.

Android 11 adalah versi Android terbaik di sepanjang sejarah perkembangan OS Android. Android 11 adalah sistem OS  yang menawarkan kendali keamanan dan privasi langsung di tangan para penggunanya, sehingga keamanan perangkat dapat lebih terjaga.

Harapan utama dari kehadiran Android 11 adalah pengguna bisa merasa lebih aman dan nyaman saat menggunakan smartphone untuk beragam kepentingannya. Hal ini pun turut disambut baik oleh komunitas Android, mengingat sebelum-sebelumnya ada banyak sekali ancaman serius terhadap keamanan Android, seperti malware, kebocoran data privasi, peretasan panel kendali user, bahkan Google Play Store yang disusupi oleh aplikasi berbahaya.

Android 11 datang bak pahlawan. Dengan memakai Android 11, Anda akan mendapatkan aneka fitur baru built-in yang sengaja didesain untuk melindungi data-data pengguna secara default, sistem kontrol keamanan yang lebih baik, dan meningkatkan transparansi data untuk user. Selain itu pun, masih banyak lagi kecanggihan fitur Android 11 yang tak boleh dilewatkan seperti berikut ini:

Artikel Terkait  Developer Aplikasi Game Berkualitas di Indonesia

Otomatis Menghapus Aplikasi yang Tak Terpakai

Fitur unik pertama Android 11 adalah request otomatis untuk menghapus aplikasi yang sudah tak terpakai pada perangkat. Fitur ini hadir berkat kebiasaan pengguna Android yang membiarkan begitu saja aneka aplikasi yang sudah tak terpakai pada perangkatnya. Kebiasaan ini membawa pengaruh buruk, tentu saja. Sebab, aplikasi-aplikasi yang tak digunakan tersebut akan terus mengonsumsi ruang penyimpanan di gadget Anda sekaligus mengakses data-data Anda di latar belakang tanpa disadari.

Semua permasalahan tersebut teratasi di sistem Android 11. Android 11 dapat mendeteksi aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan selama berbulan-bulan. Kemudian, OS akan memberikan notifikasi request untuk menguninstal app tersebut atau menghapus aksesnya pada data-data Anda dari smartphone.

Namun Anda tetap memegang kendali penuh untuk mengiyakan atau menolak request. Anda masih bisa menolak jika Anda memang merasa membutuhkan aplikasi yang dimaksud di kemudian hari.

Fitur One Time Permission

Kecanggihan berikutnya dari Android 11 adalah fitur one time permission. Fitur ini mungkin sudah dikenal lebih dulu pada OS iOS, namun baru muncul di Android 11. Fitur ‘one time permission’ ini akan muncul kapanpun user mencoba untuk mengakses informasi-informasi sensitif seperti kamera, lokasi dan mikrofon. Terkadang, izin akses ini pun muncul saat user baru selesai menginstal aplikasi baru.

Sesuai namanya, akses terhadap informasi-informasi tersebut hanya akan diberikan sebanyak 1 kali saja. Jika di lain waktu user ingin mengakses informasi sensitif tersebut, maka ia harus melalui proses one time permission lagi. Fitur one time permission ini dinilai sangat aman melindungi data pengguna, sebab aplikasi-aplikasi asing tidak dapat diam-diam mengakses data-data Anda di latar belakang.

Dulu, sering kali pengguna Android mendapati aplikasi yang meminta izin akses secara terus-menerus meskipun Anda tidak  menggunakan aplikasi tersebut. Jadi, Android 11 hadir untuk meminimalisir potensi kebocoran data dengan membatasi akses sensitif sesuai keinginan Anda dengan one time permission. Untuk lebih menjaga keamanan, Anda bisa mengatur pengaksesan data sehingga hanya bisa dilakukan saat aplikasi tersebut digunakan.

Keamanan Ganda Sensor Biometrik

Fitur keren lainnya dari Android 11 adalah sensor biometrik untuk keamanan ganda. Sensor biometrik ini teraplikasi dalam bentuk sensor sidik jari atau scan wajah saat user hendak masuk ke perangkat. Dengan begini, aplikasi-aplikasi yang memuat data-data penting Anda seperti mobile banking tidak akan mudah untuk dibuka oleh orang lain sebab telah dikunci dengan sistem pengamanan otentifikasi berlapis.

Artikel Terkait  Harga Jasa Pembuatan Aplikasi Android dan iOS Terpercaya

Mempunyai Sistem Penyimpanan Tersendiri (Khusus)

Android 11 menyediakan sistem penyimpanan tersendiri atau khusus untuk setiap aplikasi yang terinstal di dalamnya. Sistem ini sebenarnya sudah diperkenalkan pada versi Android Q di tahun 2019 lalu, namun semakin dimaksimalkan kemampuannya pada Android 11.

Dengan adanya sistem penyimpanan khusus ini, setiap aplikasi mendapatkan tempat khusus untuk terinstal, menyimpan data dan beroperasi dalam perangkat hardware. Cara ini akan memperkecil kemungkinan aplikasi lain untuk dapat mengakses atau mencuri data-data yang disimpan oleh aplikasi tertentu.

Sistem penyimpanan khusus ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kelebihannya, aplikasi tidak perlu lagi untuk meminta izin saat mengakses data-data yang mereka simpan sendiri / milik sendiri. Kekurangannya, aplikasi harus mendapatkan akses ke penyimpanan eksternal Anda.

Patch Keamanan Modul Play Store

Google Play Store pun turut diperbaharui pada versi Android 11. Kini, end user bisa mendownload dan memasang patch keamanan sekaligus di modul Play Store milik Server Google. Anda bisa mendownload dan memasang patch keamanan dan aneka patch bug seperti halnya mendownload aplikasi biasa. Sistem ini memberikan pengamanan ganda setelah update keamanan aplikasi dari pihak developer app, sehingga lebih melindungi aplikasi-aplikasi milik pengguna (end user) dari serangan hacker.

Membatasi Akses Lokasi Penggunaan

fitur-akses

Fiitur krusial yang sangat berbeda pada Android 11 adalah pembatasan akses lokasi penggunaan aplikasi. Dengan fitur ini, aplikasi tidak dapat terus-menerus mengonsumsi data atau mendeteksi lokasi Anda dan perangkat secara diam-diam di latar belakang. Seluruh kendali pemberian data bergantung sepenuhnya pada keinginan user. Jadi, aplikasi tidak akan mendapat data lebih banyak dari yang dibutuhkan.

Cara kerjanya seperti ini: ketika aplikasi meminta akses lokasi Anda, sistem OS Android 11 akan memberikan lokasi general kepada aplikasi. Jika aplikasi juga membutuhkan informasi lokasi untuk penggunaan di latar belakang, maka user akan diarahkan pada setting khusus. Jadi, Anda tidak akan asal-asalan menekan tombol ‘allow’ tanpa berpikir ‘untuk apa aplikasi ini menginginkan akses lokasi secara terus-menerus?’.

Namun Anda tidak perlu cemas, sebab pihak Google juga sudah memperbaharui sistem proteksi Play Store mereka. Pihak Google Play kini meminta penjelasan rinci dari developer mengapa aplikasi mereka memerlukan akses informasi secara konstan di latar belakang. Alhasil untuk meningkatkan keamanan, ingatlah untuk mengunduh aplikasi resmi dari platform Play Store saja, ya!

Peningkatan Stabilitas

Stabilitas keamanan dan operasi pada Android 11 pun jauh lebih baik dibandingkan Android 10. Dulu, di Android 10 kita mengenal Google Play Protect untuk melindungi aplikasi-aplikasi yang hendak digunakan. Sementara di Android 11 ada sekitar 22 modul baru yang dimuat dan digunakan pada Google Play Updates. Salah satu modul yang terdapat di sana adalah modul API jaringan tiruan untuk meningkatkan stabilitas operasi sistem, keamanan dan privasi, dan lainnya.

Artikel Terkait  Apa Kunci Kewirausahaan yang Sukses dalam Pengembangan Aplikasi? Tiga Pola Kegagalan dan Poin yang Perlu Diperhatikan

Itulah fitur-fitur keamanan dan privasi yang telah ditingkatkan pada sistem Android 11. Namun kehadiran Android 11 tak hanya bermanfaat dalam peningkatan sistem keamanan saja, lho. Ada lebih banyak fitur baru yang terdapat di Android 11 yang siap membuat Anda terpukau! Fiitur-fitur canggih lainnya pada Android 11 adalah:

Notifikasi yang Simpel, Fleksibel dan Praktis

Terjadi peningkatan fitur notifikasi pada Android 11. Sejauh ini, sistem notifikasi Android memang sudah sangat canggih di mana kita bisa langsung membaca dan membalas pesan tanpa membuka aplikasi – semuanya langsung dari bar notifikasi. Namun bersiaplah untuk mendapatkan kecanggihan yang lebih pada Android 11!

Sistem notifikasi Android 11 memungkinkan user untuk menampilkan percakapan berupa chat bubbles. Anda juga bisa mengirimkan aneka foto dan video langsung dari notifikasi. Alhasil, pesan chat yang masuk tidak akan mengganggu atau mendistraksi kerja aplikasi lainnya. Keren!

Persiapan Integrasi 5G

Google sudah mulai mempersiapkan produk-produk smartphone dan OS-nya untuk menghadapi era 5G. Di Android 11, Anda sudah bisa merasakan implementasi integrasi sistem 5G yang lebih matang. Nantinya, jika sinyal 5G sudah terdistribusi dengan baik, maka para pengguna smartphone berbasis Android 11 dapat menerima sinyal data unlimited secara otomatis. Sehingga, seluruh file gambar, film atau video akan otomatis terloading dalam kualitas HD.

Dark Mode Semakin Adaptif

Tajamnya kepopularitasan dark mode yang hadir pada Android 10 menjadikan fitur ini semakin dikembangkan pada Android 11. Di Android 11, fitur dark mode menjadi lebih adaptif dan otomatis, sehingga bisa lebih disesuaikan penggunaannya. Semisal dark mode akan aktif otomatis dari sore hingga malam hari, dan light mode aktif saat pagi dan siang hari. Lebih praktis, bukan?

Kamera Bokeh dan Perekaman Video yang Lebih Baik

Siapa yang selama ini menanti-nanti  kecanggihan efek kamera ‘bokeh’? Selamat, kini Anda sudah bisa menikmatinya pada Android 11! Dengan kamera bokeh, user bisa memfoto gambar dengan tag metadata, lebih mudah fokus pada objek, dan bisa menghasilkan aneka foto berkualitas baik meski dijepret dari jarak jauh.

Tak hanya sebatas foto, fitur perekaman video dengan Android 11 juga lebih baik dibandingkan pada Android versi sebelumnya. Di Android 11, Anda tidak akan mendapatkan gangguan berupa notifikasi apapun (pesan, telepon, alarm) saat sedang merekam gambar. Semua jenis notifikasi akan otomatis disenyapkan selama mode perekam video aktif. Jadi semakin bebas deh untuk nge-vlog!

Desain Layar Kekinian

Artikel Terkait  Pembuatan Aplikasi Mobile dan Perhitungan Biayanya

Kecanggihan terakhir dari Android 11 adalah desain layarnya yang super kekinian. Smartphone-smartphone rilisan terbaru dengan sistem OS Android 11 cenderung mempunyai ‘waterfall display’ dengan daya fungsionalitas atau kegunaan tinggi. Jadi, tampilan screen pada user tak hanya sebatas dekorasi semata. Anda sungguh-sungguh bisa menggunakan setiap fitur pada desain layar untuk keperluan pekerjaan di smartphone super canggih!

Demikianlah pembahasan pada artikel edisi kali ini tentang kecanggihan fitur-fitur di Android 11! Bagaimana, tertarik untuk segera mengupgrade Android Anda sekarang ke Android 11? Kami sarankan untuk Anda segera mengupdate Android ke versi 11. Kenapa?

Sebab, selain ada banyak fitur-fitur unik menanti digunakan seperti kamera bokeh,  Android 11 juga menyediakan sistem keamanan yang lebih kuat dibandingkan Android versi sebelumnya. Yuk bersama-sama kita saling menjaga keamanan data dan privasi saat memakai smartphone agar tidak menimbulkan kejadian-kejadian tak diduga di kemudian hari seperti kebocoran data.

Terima kasih sudah menyimak artikel sampai akhir. Kami akan selalu menyajikan artikel yang menarik dan informatif seputar dunia IT hanya dari Appkey.id, ya, sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya