Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Cross-platform Apa itu Chatbot? Indikator Pengembangan Layanan dan Tujuh Contoh...

Apa itu Chatbot? Indikator Pengembangan Layanan dan Tujuh Contoh Layanan yang Menggunakan Chatbot

-

VR, IoT, big data, FinTech, autonomous driving, dan lain sebagainya merupakan bidang yang memiliki pertumbuhan potensial di masa depan. Banyak bidang ini umumnya menggunakan AI dimana AI merupakan kecerdasan buatan yang memainkan peran penting dan inti dari teknologi. AI memiliki potensi secara fundamental mengubah bisnis dan layanan saat ini, seperti memberikan pembelajaran mengenai pengenalan gambar, merealisasikan percakapan secara alami, dan membantu penelitian orang dan perusahaan untuk mengembangkan suatu teknologi.

Chatbot merupakan layanan yang paling dekat dengan masa depan, karena chatbot merupakan layanan yang dikemas dengan teknologi masa depan. Perusahaan serta layanan yang sangat yakin dengan chatbot pada pemasaran web secara aktif memperkenalkan chatbot ke dalam bisnis mereka.

Pada artikel ini terdapat penjelasan mengenai chatbot yang akan digunakan oleh perusahaan Anda di masa depan.

Artikel Terkait  Buat Aplikasi Android Dengan Mudah | Untuk Pemula

Apa Itu Chatbot

chatbot-1
Layanan Pengembangan atau Alat Pelengkap yang Mewujudkan Otomatisasi

Obrolan atau chat merupakan alat komunikasi nyata yang menggunakan internet. Istilah bot berasal dari kata robot yang berarti bertindak atas berbagai macam aktivitas manusia. (Saat ini area operasi kecerdasan buatan sangat terbatas. Karena pada kenyataanya, sebagian besar tidak mampu membuat kecerdasan buatan secara otomatis memproses aktivitas yang ditetapkan pada manusia.) Chatbot merupakan keseluruhan program yang secara otomatis tanpa awak berkomunikasi dengan pengguna dalam obrolan. Chatbot saat ini menarik perhatian karena berkomunikasi dengan pelanggan secara otomatis dan telah banyak dilakukan dalam bisnis sejauh ini.

Dimana Chatbot Disediakan

Layanan yang disediakan oleh chatbots, pertama-tama pertimbangkan dimanakah chatbot akan disediakan. Aplikasi messenger mana yang harus dipilih? OS mana yang harus dipilih? Apakah Anda nantinya menyediakan dengan fitur suara? Atau Anda hanya menawarkan dalam teks? Karakteristik pelanggan yang seperti apa yang Anda targetkan? Pertimbangkanlah dengan tepat.

Cara Menggunakan Obrolan yang Beragam

Dengan teknologi secara keseluruhan chatbot tengah menunjukkan berbagai perkembangan yang pesat terutama negara maju seperti Eropa dan Amerika.

Chatbot kini menjadi fitur tambahan untuk aplikasi messenger seperti Facebook Messenger. Di Facebook, pengguna dapat dengan mudah menambahkan chatbot yang diperlukan dari Facebook Discover.

Chatbot Google, Google Asisten, dekat dengan format SEO, dan robot meminta informasi yang diperlukan, dan robot menerima panggilan serta jawaban terbaik.

Artikel Terkait  Web Aplikasi : Pengertian dan Keunggulannya

Mengapa Anda Perlu Chatbot Sekarang?

chatbot-2

Karena Operasi Internet Paling Biasa Digunakan Saat Ini

Komunikasi cepat melalui teks pada LINE dan Facebook Messenger berada dalam kondisi di mana hampir semua pengguna internet menggunakannya setiap hari. Dapat dikatakan bahwa UI tipe chat saat ini adalah cara termudah untuk mengoperasikan internet dari anak muda hingga orang tua.

Pengguna aplikasi SNS < Pengguna aplikasi perpesanan

Secara global, lebih banyak pengguna menggunakan aplikasi perpesanan daripada aplikasi SNS.

Dapat dibayangkan bahwa hampir semua pengguna yang memiliki akun SNS menggunakan aplikasi pengirim pesan, akan tetapi orang – orang yang menggunakan aplikasi pengiriman pesan kebanyakan tidak memiliki akun SNS dari berbagai kelompok umur yang tersebar.

Jumlah pengguna LINE aktif sangat luar biasa

Jumlah pengguna aktif aplikasi chatting LINE lebih dari 70 Juta. Tingkat aktif bulanan (pengguna yang mulai menggunakan aplikasi Line dalam satu bulan di antara para pengunduh aplikasi tersebut sejumlah 96,6%. Karena frekuensi penggunaanya lebih besar daripada aplikasi smartphone yang lain, dapat dilihat bahwa aplikasi chatting sangat terkait dengan banyak orang.

Karena Kita dapat Menghubungkan Kontak Harian Kita dengan Layanan Kita

Delapan puluh lima persen yang selalu ada pada smartphone adalah aplikasi, bukan web. Dan rata-rata hanya ada enam aplikasi yang digunakan setiap hari.

Penggunaan Smartphone oleh pengguna dan aktivitasnya di smartphone telah menjadi cukup pasti. Oleh karena itu, menjadi sangat sulit untuk membuat dampak bisnis ketika meluncurkan layanan baru dengan aplikasi dan layanan web, dan dapat dikatakan hal itu menjadi target pasar. Layanan yang paling banyak digunakan pada telepon pintar adalah aplikasi chatting.

Jika Anda ingin membuat kontak dengan pelanggan menggunakan layanan baru, maka tidak dapat dihindari untuk mempertimbangkan pengembangan layanan mulai dari aplikasi pengiriman pesan yang saat ini berada di pusat pengguna smartphone.

Karena Itu Adalah Pengalaman Paling Akrab yang Dikemas dengan Teknologi Masa Depan

Ada banyak bidang pertumbuhan potensial di masa depan seperti VR, IoT, big data, Fintech, dan autonomous driving. AI = Teknologi Kecerdasan Buatan adalah pusat yang mendukung bidang tersebut.

Saat periode akumulasi data. Di masa depan, penelitian akan ditingkatkan untuk mewujudkan percakapan dan memberikan layanan yang disesuaikan berdasarkan basis pengguna. Pada saat itu, chatbot akan menjadi tempat di mana kebanyakan orang akan mendapat pengalaman mengenai kecerdasan buatan.

Artikel Terkait  Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Dengan Mudah

Perubahan dalam Pemasaran Disebabkan oleh Penyebaran Chatbot

Meluasnya penggunaan chatbot akan mengubah cara pemasaran dilakukan sejauh ini. Di masa lalu, pemasaran melalui web digunakan oleh pengguna untuk mencari informasi. Pengguna mengunjungi situs atau aplikasi sebelum mereka memiliki kebutuhan pengambilan informasi yang jelas. Dengan meluasnya penggunaan chatbot, konduktor yang menggunakan komunikasi teks dan suara menjadi arus utama. Pengguna membentuk kebutuhan akan pengambilan informasi yang jelas antara komunikasi. Dari mengecek menjadi mendengar. Ada tiga perubahan yang mengubah arah pemasaran.

Perubahan desain Layanan

Desain layanan yang lebih sederhana akan menjadi standar. Obrolan dan interaksi suara pada internet akan mengubah desain layanan tradisional. Tidak ada desain atau pengkodean yang diperlukan untuk membuat layanan web di masa lalu. Intinya adalah bagaimana mencapai tujuan dengan sejumlah kecil komunikasi dan bagaimana membangun layanan yang sederhana.

Bagaimana cara menarik pengguna dengan perubahan

Untuk mengakses layanan “cari”, “obrolan”, dan “suara” yang akan ditambahkan. Saat ini, pengguna mencari informasi yang ingin mereka cari di browser, atau mengunduh aplikasi dan menggunakannya setiap hari. Untuk itu, perusahaan mengambil langkah-langkah SEO, periklanan, public relationship, dan lain – lain untuk menarik minat pelanggan. Di masa depan, tindakan mencari informasi yang diperlukan oleh pengguna tidak akan berubah, tetapi masuknya layanan melalui aplikasi perpesanan akan meningkat. Perusahaan yang merupakan penyedia layanan perlu menanggapi arus masuk melalui aplikasi pengiriman pesan.

Indikator pemasaran berubah

Ketika metode untuk menarik pelanggan berubah, demikian juga indicator seperti tujuan pemasaran dan KPI. Sudah banyak platformer layanan chatting seperti Google, Facebook, dan Line telah membuka penggunaan chatbot mereka kepada pengembang eksternal dan penyedia layanan.

Hingga saat ini, indikator pemasaran web masih berpatok pada “peringkat pencarian”, “PV”, “Jumlah Unduhan”, “MAU”, dan sebagainya. Indeks obrolan akan ditambahkan ke indeks pemasaran web ini.

Misalnya penanganan terhadap “pencarian”, yang merupakan salah satu metode menarik pelanggan, disebut SEO (Search Engine Optimization) di browser, tetapi disebut BEO (Bot Engine Optimization) di chatbot.

Indeks evaluasi BEO adalah :

  • Waktu dialog kumulatif per hari : berapa menit berbicara per hari
  • Jumlah sesi per hari : Berapa kali digunakan per hari
  • Kebenaran : Seberapa baik user menangkap kata-kata dan konteks pengguna dan mampu merespon secara alami
  • Tingkat kepuasan : seberapa banyak kita dapat menangkap situasi dan konteks ucapan pengguna manusia (ucapan atau teks) dan mengembalikan respon yang alami?

Tampaknya Google dan yang lain lebih suka menyebut bot dengan peringkat tinggi. Area ini cenderung menjadi indeks pemasaran yang dekat dengan SEO.

Tiga Langkah Diperlukan untuk Memperkenalkan Chatbot

chatbot-3

“Chatbot meningkatkan penjualan”, “Chatbot mudah diperkenalkan”, “Chatbot dapat menggantikan pelanggan” tidaklah mutlak.

Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan Anda dengan melakukan desain penempatan yang tepat di mana Anda membutuhkannya. Ada tiga langkah penting untuk mendapatkan chatbot ke layanan dan memastikan kesuksesan yang lebih besar.

            Langkah 1 : Memperjelas Tujuan Pengantar

Jika Anda mengatur “pertanyaan obrolan” di situs perusahaan, Anda akan mendapat lebih banyak pertanyaan! Apa yang bisa dipecahkan dengan memperkenalkan chatbot? Anda perlu membahas kebutuhan itu.

Misalnya,

  • Dapatkan dukungan 24/7 dan tingkatkan kepuasan pelanggan
  • Memotong biaya dengan mengurangi operasi penyelidikan
  • Kirim pesan obrolan ke ponsel cerdas pelanggan untuk meningkatkan jumlah aliran masuk situs

Bergantung pada tujuan pengantar, formulir yang akan ditangani akan sangat berubah.

Langkah 2 : Batasi Ruang Lingkup Ketentuan

Chatbot tidak serba guna. Juga, tidak semua pelanggan yang ditargetkan ingin berkomunikasi dalam obrolan. Ada kasus-kasus tertentu di mana Anda pasti dapat meningkatkan efisiensi dengan chatbot, tetapi platform apa itu? Bagian mana dari situasi saat ini diterapkan? Berapa banyak yang akan didukung chatbot? Sangat penting untuk membatasi ruang lingkup aplikasi.

Misalnya,

  • Situs web atau aplikasi smartphone
  • Akun LINE resmi dan halaman Facebook
  • Formulir input

Penting untuk memilih instalasi paling efektif sesuai dengan tujuannya.

Langkah 3 : Desain Komunikasi

Untuk layanan pelanggan di toko, Anda dapat berkomunikasi sambal melihat ekspresi wajah.

Untuk obrolan, terutama untuk komunikasi bot, perlu untuk merancang komunikasi dengan mempertimbangkan situasi layanan pelanggan sebelumnya.

Desain komunikasi terperinci seperti menunjukkan langkah-langkah dan panduan operasi yang unik untuk chatbot, penjelasan dan kecepatan sesuai dengan kelompok umur, dan interaksi sesuai dengan frekuensi pengguna layanan membuat perbedaan besar.

Sebagai contoh

  • Jangan menggunakan input gratis sebanyak mungkin dan memprioritaskan input pilihan dengan tombol
  • Jangan mengirim volume pesan yang membuat stress
  • Perlu diingat bahwa bot tidak serba guna dan menurunkan rintangan layanan

Pertimbangan yang cermat mempromosikan pengguna.

4 Klasifikasi yang Cocok untuk Memperkenalkan Chatbot dan Kasus Dalam dan Luar Negeri

Empat Klasifikasi yang Cocok untuk Memperkenalkan Chatbot. Chatbot tidaklah serba guna. Sebagai fungsi yang melengkapi layanan yang saat ini kami operasikan, kami pikir lebih baik untuk memperkenalkannya dengan cakupan aplikasi yang sempit.

Pembahasan ini telah membagi empat kategori paling populer di mana chatbot diperkenalkan : “Penyederhanaan”, “dukungan”, “EFO (Optimalisasi Formulir Entri)”, dan “fungsi push”.

Contoh “Penyederhanaan” Layanan

Ini adalah kasus di mana chatbot digunakan untuk membuat (kembali) membangun layanan lebih sederhana. Dengan asumsi bahwa pengenalan obrolan pasti akan menyederhanakan pengalaman sejauh ini, penyederhanaan harus memiliki kenyamanan tertentu.

DoNotPay (AI Chatbot Membantu Masalah Hukum)

Chatbot akan berkomunikasi dengan tiket parkir seperti “Apakah tanda itu terlihat jelas ketika saya didenda?” dan “Apakah ada cukup tempat parkir di sekitar saya?”

Tujuan pengantar:

Menyelamatkan yang lemah yang tidak bisa meminta pengacara sampai sekarang. Masalah Tiket Parkir Bot menghemat $ 9,3 juta orang dan menangani 375.000 perselisihan.

Cakupan:

Tersedia di situs DoNotPay. Dimulai dengan masalah tiket parkir, ia memiliki lebih dari 1.000 bot bawaan untuk membantu membuat dokumen hukum.

Desain komunikasi

DoNotPay menggunakan IBM Watson “Speech to Text” (fungsi yang menyalin teks dari pembicaraan dan percakapan) dan “Text to Speech” (fungsi yang mensintesis dan menghasilkan ucapan alami dari teks). Kami memperkuat fungsi dukungan bahasa Arab untuk menyelesaikan tuntutan hukum pengungsi.

Woebot (Dukungan untuk Terapi Perilaku Kognitif dengan AI Chatbots )

Dilengkapi dengan kecerdasan buatan, bot melacak suasana hati, dan gejala subjek dalam percakapan. Berdasarkan data, Woebot akan memberikan saran berdasarkan terapi perilaku kognitif.

Tujuan pengantar:

Masih ada beberapa dokter yang menyediakan terapi perilaku kognitif, dan jumlah pasien yang dapat menerima perawatan medis dan konseling terbatas. Chatbot mungkin cocok untuk membahas masalah psikologis yang sulit untuk didiskusikan dengan orang (dokter). Meskipun memiliki sedikit efek pada gejala parah seperti keinginan untuk bunuh diri, telah terbukti memiliki efek tertentu.

Cakupan:

Disediakan dengan memanfaatkan Facebook Messenger.

Desain komunikasi

Percakapan berlangsung dengan nada lucu, dengan lelucon sesekali. Sekali sehari hingga 10 menit, kontennya sangat mudah dan sederhana. Berikan video, teks, dan konten permainan kata untuk menargetkan orang sesuai dengan situasi konseling. Tekanan pengguna dirancang sangat rendah karena pengguna dapat melanjutkan dengan banyak pilihan tombol.

Contoh “Dukungan” untuk Layanan

Dukungan pertanyaan dan dukungan pelanggan untuk layanan seperti “FAQ” dan “Kontak”. Chatbots yang telah berevolusi dari dukungan pelanggan untuk mendukung penjualan untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan jumlah kontrak dan untuk mempromosikan penggunaan layanan juga telah muncul.

AdmitHub (Aplikasi Divisi Mahasiswa Universitas dengan AI Chatbot)

Aplikasi seluler yang mengkhususkan diri dalam berbagai prosedur dan perolehan informasi yang diperlukan untuk kehidupan universitas. Anda dapat menggunakan chatbot untuk memeriksa jadwal universitas, menjawab pertanyaan dari mahasiswa, dan menyelesaikan prosedur.

Tujuan pengantar:

Dengan memperkenalkan alat komunikasi baru yang dirancang khusus untuk siswa, kami dapat memberikan dukungan 24/7. Dengan lebih dari 10 staf penuh waktu beroperasi, jumlah siswa yang meninggalkan universitas pada musim panas menurun sebesar 21,4%.

Cakupan:

AdmitHub disediakan sebagai bagian dari fungsi dalam aplikasi resmi universitas.

Desain komunikasi

Dari pendaftaran kuliah, jadwal, peminjaman buku, prosedur dukungan keuangan, hingga perkenalan acara universitas, komunikasi yang dipersonalisasi dan terperinci dirancang.

Dukungan Obrolan HIS (Dukungan Obrolan Bot dan Manusia)

Bot layanan pelanggan (penjualan) yang melampaui dukungan. Saat ini, HIS adalah hibrida dari mesin dan manusia. HIS memandang chatbot sebagai solusi optimal untuk jumlah pertanyaan yang terus meningkat melalui web. Tujuannya tidak hanya untuk menyediakan dukungan dialog seperti pusat panggilan, tetapi juga untuk menyediakan layanan pelanggan untuk meningkatkan penjualan.

Tujuan pengantar:

Tujuannya adalah untuk mengurangi biaya manusia yang diperlukan untuk menangani pertanyaan dan untuk meningkatkan jumlah aplikasi.

Cakupan:

Fungsi yang disediakan dalam halaman Facebook Messenger dan Dukungan HIS (Pertanyaan yang Sering Diajukan).

Desain komunikasi

Dukungan Chatbot untuk FAQ dasar dibangun di atas premis bahwa komunikasi yang menyarankan rencana perjalanan terbaik bagi pengguna.

Kasus Layanan “EFO”

Langkah-langkah untuk meningkatkan tingkat konversi (tingkat penyelesaian input) dengan menggunakan formulir obrolan untuk input formulir sebelumnya. FiNC (Input Pengaturan Informasi Format Chatbot Pribadi)

Konsep layanan “Pelatih pribadi untuk kebugaran” diadopsi dengan ekspresi intuitif segera setelah meluncurkan aplikasi. Dari deskripsi layanan hingga input informasi profil, dilanjutkan melalui obrolan percakapan.

Tujuan pengantar:

Ini mengurangi beban memasukkan informasi profil dan memberi kesan konsep layanan segera setelah meluncurkan aplikasi.

Cakupan:

Selama aktivasi dalam aplikasi FiNC.

Desain komunikasi

Mengenai konten yang terkait dengan informasi pribadi, penjelasan tambahan yang cukup diberikan untuk menghilangkan citra keamanan cahaya. Anda dapat menikmati layanan sambil mengoperasikan ekspresi bebas yang unik dan perilaku unik untuk obrolan aplikasi. Seleksi Mutabot CORK (Input dan Seleksi Informasi Terkait Rekrutmen oleh Chatbot)

Konsep layanan “Pelatih pribadi untuk kebugaran” diadopsi dengan ekspresi intuitif segera setelah meluncurkan aplikasi. Dari deskripsi layanan hingga input informasi profil, kami melanjutkan melalui obrolan percakapan.

Tujuan pengantar:

Meningkatkan jumlah pelamar untuk insinyur dan mempromosikan merek perusahaan.

Cakupan:

Diberikan sebagai LINE chatbot.

Desain komunikasi

Ekspresikan pandangan dunia dari Space Brothers dengan chatbot. Anda dapat melanjutkan komunikasi sambil menggunakan gambar dan teks. Input mekanis dari informasi rekrutmen hingga saat ini telah disublimasikan menjadi konten informasi tiga dimensi yang menggabungkan merek perusahaan.

Contoh “Fungsi Push” Layanan

Dorong pesan ke obrolan untuk mendapatkan pembaruan, pengumuman, dan kunjungan ke layanan. Ini digunakan untuk meninjau kembali dan mempertahankan hubungan pelanggan.

Golf Digest Online (Distribusi Konten yang Dikuratori oleh Chatbot)

Layanan yang memberikan konten GDO yang dikuratori oleh bot pada waktu yang tetap. Ini meningkat sebagai sarana alternatif / pelengkap untuk pemberitahuan push di majalah email, aplikasi, dan browser. Salah satu metode penggunaan chatbot paling berguna untuk media web.

Tujuan pengantar:

Peningkatan retensi pengguna dan kunjungan situs. Ketika kupon didistribusikan pada messenger, itu menjadi 30% CVR (akuisisi kupon).

Cakupan:

Dikirim di Facebook Messenger.

Desain komunikasi

Dengan memilih sebelumnya preferensi pengguna dan waktu pengiriman, menghindari menjadi informasi spam.

Desain Layanan Masa Depan Untuk Era Chatbot dan IoT

Format data dan volume yang dapat diubah ke bentuk optimal. Html, CSS, js, gambar dan teks saat ini diperlukan untuk membangun situs web dan aplikasi. Di dunia chatbots, ada yang tidak perlu dan ada yang tambahan. Selain itu, di masa depan, di era IoT (peralatan rumah tangga terhubung ke Internet), perlu dirancang layanan yang mempertimbangkan kontak pengguna dengan perangkat yang bahkan tidak memiliki layar.

Desain layanan masa depan akan memerlukan manajemen informasi yang fleksibel dan bertujuan umum untuk semua operasi pengguna dan komunikasi, termasuk operasi suara dan operasi tanpa kontak.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya