Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Cross-platform Manakah Yang Harus Dibuat Aplikasi, Website atau Keduanya?

Manakah Yang Harus Dibuat Aplikasi, Website atau Keduanya?

-

Ada kalanya para pengusaha kebingungan saat mencoba mengembangkan bisnis mereka secara online. Mungkin Anda juga salah satunya? Mencari cara terbaik untuk mengembangkan bisnis secara digital sekaligus menjaring konsumen secara online memang kadangkala agak membingungkan.

Saat ini, sudah terdapat beragam pilihan yang dapat dicoba untuk mengembangkan bisnis online. Mulai dari mencoba situs website terpercaya hingga mencoba aplikasi yang baru dan inovatif. Sayangnya, banyaknya jenis pilihan yang tersedia justru menambah kebingungan untuk menetapkan pilihan akan sarana terbaik.

Manakah yang lebih baik untuk mengembangkan bisnis online, apakah website atau aplikasi? Tapi bagaimana jadinya jika Anda memilih mencoba kedua sarana tersebut sekaligus? Hal ini bisa jadi pilihan tersulit untuk dijawab sebagian besar orang, mengingat baik website maupun aplikasi sama-sama memberikan jutaan keuntungan dan manfaat terhadap perkembangan bisnis.

Lantas, apa sajakah kelebihan dari website dan aplikasi? Berikut jawabannya untuk Anda.

Artikel Terkait  [Versi 2020] Penjelasan Menyeluruh Tentang Pengembangan Aplikasi Untuk Pemula. Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggunakan Jasa Pihak Luar.

Website

web003

Di era serba teknologi seperti sekarang, tak heran jika mayoritas bisnis saat ini memiliki situs website sendiri. Jika perusahaan Anda belum memiliki website khusus, kemungkinan besar bisnis Anda telah kehilangan banyak calon konsumen potensial. Selain itu, ada cukup banyak keuntungan lain yang diberikan oleh website terhadap tumbuh kembang perusahaan Anda. Apa sajakah?

Murah dan Praktis

Siapa bilang membuat sebuah website itu mahal? Justru sebaliknya, sekarang Anda dapat membuat website dengan mudah dan tak memakan banyak biaya. Sudah ada sejumlah perusahaan yang menawarkan template untuk website yang dapat Anda gunakan sebagai sarana mempublikasikan konten bisnis. Memanfaatkan template untuk website yang sudah disediakan tentunya akan lebih menghemat pengeluaran waktu, tenaga serta biaya yang mahal ketimbang mengembangkan website dari awal.

Kemudahan dalam Beriklan

Website milik pribadi merupakan sarana periklanan dan marketing perusahaan yang efisien dan telah terbukti jitu. Dengan website, Anda dapat mengiklankan produk atau jasa dari perusahaan Anda sendiri secara mudah dan gratis di dunia maya yang diakses jutaan orang. Selain itu, laman mesin pencari pun dapat mengarahkan calon konsumen langsung ke laman perusahaan Anda ketika mereka tertarik dengan produk yang ditawarkan. Sistem promosi ini dinilai lebih menarik dibandingkan beriklan pada media tradisional seperti media cetak atau radio. Beriklan pada media offline dikenal lumayan memakan biaya dan sulit. Sementara memasang iklan pada website pribadi dinilai lebih mudah dan murah.

Search Engine Optimization (SEO) atau Optimisasi Mesin Pencari menjadi salah satu cara terbaik agar website Anda muncul di posisi pertama di laman mesin pencari seperti Google. Sistem optimisasi ini bekerja dengan cara mengurutkan website sesuai dengan peringkat kata kunci yang terkait dalam proses pencarian. Sebuah website yang bagus menurut kategori SEO biasanya akan mendapatkan posisi teratas dalam mesin pencari.

Dalam website bisnis, jika terdapat semakin banyak pengunjung situs yang berganti status menjadi “pembeli produk”, maka kualitas trafik website akan semakin baik. Jika hal tersebut terjadi maka peringkat website Anda di SEO pun akan meningkat. Terdapat sejumlah cara untuk menaikkan peringkat website Anda di mesin pencari, seperti memberikan tautan ke laman website sebanyak-banyaknya pada situs-situs eksternal, dan mengunggah postingan setiap hari di laman website.

Ada pula pilihan lain untuk meningkatkan SEO website, seperti melalui periklanan sosial media dengan menggunakan jumlah “likes” di Facebook, Instagram dan Twitter. Cara ini dapat menaikkan pengetahuan calon konsumen tentang keberadaan website Anda sekaligus mengarahkan mereka untuk “mampir” ke perusahaan. Keuntungan yang maksimal ini sungguh mengagumkan, mengingat Anda hanya mengeluarkan sedikit biaya untuk beriklan ketimbang repot-repot memasang iklan tradisional di koran atau majalah.

Menampilkan Semua Penawaran dan Produk

Kelebihan selanjutnya dari memiliki website adalah Anda memiliki laman khusus untuk menampilkan semua penawaran dan produk kepada konsumen. Anda bisa mengunggah semua produk dan penawaran sebanyak-banyaknya di website. Keleluasaan ini tentunya memberikan Anda ruang yang maksimal untuk mengembangkan bisnis. Website juga dapat menampilkan seluruh postingan mulai dari yang terlama hingga terbaru, ulasan rekomendasi atau testimonial dari pelanggan sebelumnya yang telah berbelanja di perusahaan Anda, serta keseluruhan informasi terkait bisnis Anda termasuk narahubung perusahaan.

Sesungguhnya masih ada banyak sekali keuntungan yang dapat diberikan oleh sebuah website terhadap perkembangan perusahaan Anda. Namun untuk proses perbandingan, mari sekarang kita bandingkan dengan keuntungan yang ditawarkan oleh sebuah aplikasi.

Artikel Terkait  Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Aplikasi

app-2-1

Dunia aplikasi terus tumbuh dan berkembang setiap harinya. Pertumbuhan ini juga turut didorong oleh merebaknya perusahaan yang melebarkan sayap melalui sarana aplikasi. Banyak pengusaha menilai aplikasi memiliki prospek yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan konsumen secara cepat dan mudah. Tentunya dengan memanfaatkan aplikasi, setiap orang dapat mengakses informasi dan layanan terkait kebutuhan mereka semudah satu kali “klik”.

Tak kalah dengan website, ada serentetan keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mengembangkan bisnis dengan aplikasi.

Hadir Melekat dalam Jiwa Pelanggan

Jika Anda ingin mengukuhkan perusahaan dalam benak pelanggan, maka penggunaan aplikasi adalah pilihan terbaik! Aplikasi memiliki fitur khusus unggulan bernama “push notification”, alias fitur pesan notifikasi yang muncul di layar gadget. Fitur push notification memungkinkan pengusaha untuk menginformasikan pembaharuan aplikasi hingga informasi penawaran terbaru kepada setiap pengguna aplikasi.

Setiap notifikasi terkait bisnis dan layanan akan dikirimkan langsung ke gadget setiap pelanggan. Jadi, mereka tidak akan melewatkan secuil pun informasi meskipun tidak sedang membuka aplikasi. Dengan kata lain, tak satupun konsumen akan ketinggalan informasi terbaru dari produk, diskon, cashback, dan lainnya!

Fitur menarik lainnya yang dapat Anda jalankan melalui aplikasi adalah membership loyalty program. Ini adalah program pemberian reward atau penghargaan yang bervariatif dan besar-besaran khusus untuk para pelanggan setia dari bisnis Anda. Reward yang diberikan dapat berupa potongan diskon, gratis ongkir, cashback dan lainnya. Fitur membership loyalty program jauh lebih mudah diatur dan diaplikasikan melalui aplikasi ketimbang website.

Menjadi yang Terdepan

Dalam dunia bisnis yang penuh kompetisi, penting bagi Anda untuk selalu memerhatikan arah pergerakan kompetitor serta memanfaatkan celah keuntungan yang tersedia. Jika para pesaing Anda ternyata tidak tertarik pada investasi bisnis di pasar aplikasi, otomatis kesempatan dan inovasi baru terbuka untuk Anda! Saat para pesaing masih sibuk mengais pelanggan secara tradisional, Anda dapat memanfaatkan potensi ladang online untuk mengembangkan perusahaan.

Gerakan yang “berbeda” ini akan menjadi angin segar bagi para konsumen, dan tahu-tahu saja, perusahaan Anda sudah dilirik banyak orang dikarenakan inovasi baru ini. Pelebaran sayap bisnis melalui aplikasi juga menjadi jalan terbaik untuk memperlihatkan kepada konsumen bahwa perusahaan Anda memberikan yang terbaik dalam pelayanan dan pemenuhan kebutuhan mereka.

Artikel Terkait  Keuntungan dan Kerugian Memperkenalkan Perusahaan dengan Aplikasi | Beberapa Perusahaan yang Sukses Berkat Aplikasi

Menunjukkan Penawaran Terkini dan Banyak Lagi!

Selayaknya website, sebuah aplikasi dapat mempromosikan semua produk atau jasa yang bisa Anda tawarkan ke konsumen. Dengan aplikasi, proses promosi kepada konsumen dapat berlangsung secara cepat dan mudah dilihat dari layar gadget masing-masing.

Selain itu, terdapat beberapa fitur tambahan dalam aplikasi yang umumnya tidak dimiliki oleh website. Fitur-fitur tersebut seperti fungsi scrolling pada layar gadget, kemampuan untuk beroperasi dalam kondisi tanpa jaringan internet (offline), kustomisasi desain secara penuh untuk memperlihatkan citra bisnis kepada konsumen, dan masih banyak lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi sebagai sarana mengembangkan bisnis, Anda sudah otomatis meletakkan perusahaan Anda di garda terdepan teknologi sekaligus perdagangan. Sebab, aplikasi selalu memberikan peluang bagi ribuan orang untuk mengakses toko Anda setiap hari. Bukankah kesempatan ini merupakan USP (Unique Selling Proposition) yang baik dan menguntungkan?

Menggabungkan yang Terbaik

Setelah menelisik beberapa keuntungan dari penggunaan website dan aplikasi untuk pengembangan bisnis Anda, kini Anda telah mengetahui jawaban dari pertanyaan semula. “Manakah yang lebih bagus dari website atau aplikasi untuk mengembangkan bisnis online?” Jawabannya, sudah tentu, keduanya. Berkat kecanggihan teknologi yang terus berkembang, Anda beruntung sebab pilihan yang tersedia tidak lagi terbatas hanya pada website ataupun aplikasi saja. Sekarang, sudah ada “pemain baru” yang lahir dari penggabungan kelebihan kedua sarana tadi; sebuah inovasi tersebut bernama Progressive Web App (PWA). Progressive Web App merupakan sebuah teknik di mana Anda bisa mengakses website dan aplikasi secara bersamaan tanpa harus repot-repot menginstal aplikasi di perangkat gadget Anda.

Berbekal fitur-fitur terbaik dari sebuah aplikasi, cara kerja PWA sama dengan proses mengakses website yang berlangsung via browser. Hilangnya keperluan untuk menginstal aplikasi sebelum menggunakannya otomatis mengurangi resiko penghambat yang merugikan seperti kemacetan toko aplikasi. Pelanggan sudah tentu tidak bisa menemukan aplikasi bisnis Anda jika toko aplikasinya macet, bukan? Dengan kata lain, PWA menjadi solusi terbaik dari permasalahan memilih website atau aplikasi untuk mengembangkan bisnis.

Jika Anda masih bingung memutuskan antara memilih website, aplikasi atau keduanya untuk mengembangkan bisnis di ranah online; kenapa tidak menggunakan gabungan kelebihan website dan aplikasi dalam PWA sebagai solusi?


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya