Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi AndroidSemantic UI hingga Chakra UI, Inilah Komponen Library React...

Semantic UI hingga Chakra UI, Inilah Komponen Library React UI Terbaik yang Harus Anda Coba!

-

Bagi Anda developer JavaScript pasti sudah tidak asing lagi dengan React UI. React UI adalah library JavaScript yang membantu Anda untuk membangun interface untuk membangun website maupun aplikasi mobile. Artikel ini akan membahas tentang Library React UI berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian React UI

react-library-2

React UI adalah Library JavaScript open-source yang mudah digabungkan dengan framework dan library JavaScript lainnya. React UI berisi bit kode kecil yang berdiri sendiri yang disebut komponen. Komponen inilah yang akan menjadi sorotan dalam sumber daya ini.

React menjadi salah satu framework JavaScript yang terutama digunakan untuk mendesain front-end dan pengembangan aplikasi seluler. React pun dapat digunakan secara luas di seluruh domain. Berikut ini adalah Komponen Library React UI Terbaik yang Harus Anda Coba.

Semantic UI React

Semantic UI menggunakan HTML yang ramah manusia untuk kerangka pengembangannya dan memiliki integrasi dengan React, Angular, Meteor, Ember dan banyak kerangka kerja lainnya. Semua fungsionalitas jQuery telah diimplementasikan kembali di React.

Komponen library ini memungkinkan Anda memuat tema Semantic UI CSS apa pun di atas aplikasi Semantic UI React Anda. Selain itu, Anda juga akan memiliki akses lengkap ke markup, yang berarti ada fleksibilitas dalam menyesuaikan komponen. Jumlah bintang di GitHub lebih dari 11.000.

Library React UI ini memberi Anda komponen React untuk mendesain ketika Semantic UI memberikan lembar gaya CSS. Semantic UI juga merupakan proyek sumber terbuka di GitHub. Beberapa fitur dari Semantic UI adalah:

  1. API Deklaratif: Ini menyediakan fitur yang kuat.
  2. Augmentasi: Memberi Anda kekuatan dengan menyusun fitur komponen yang disesuaikan.
  3. Shorthand Props: Properti singkatan umumnya digunakan untuk menghasilkan mark-up untuk kode Anda.
  4. Sub Komponen: Sub Komponen memberikan fleksibilitas dan kebebasan penuh untuk mengakses dan memanipulasi markup.
  5. Auto Control State: Pustaka reaksi UI semantik meningkatkan konsep komponen React yang terkontrol dan tidak terkontrol yang membantu Anda memanipulasi properti.

React Bootstrap

React Bootstrap adalah kit UI yang mempertahankan inti Bootstrap. Untuk memberi Anda lebih banyak kendali atas bentuk dan fungsi setiap komponen, itu menggantikan JavaScript Bootstrap dengan React. Setiap komponen dibuat agar mudah diakses, penting untuk pembuatan kerangka front-end. Karena React Bootstrap tidak banyak berubah dari fitur-fitur awal Bootstrap, Anda pun dapat memilih dari ribuan tema Bootstrap yang tersedia.

Komponen library ini telah memperoleh 14500+ bintang di GitHub. React Bootstrap sama seperti bootstrap yang sebenarnya tetapi dibuat untuk React, ini benar-benar luar biasa dan memberi Anda lebih banyak variasi konten berkualitas untuk dipilih.

Bootstrap React adalah open-source dan sepopuler bootstrap populer untuk front-end. Fitur terpenting dari bootstrap React adalah Anda dapat menyelesaikannya. Anda juga dapat membuat front-end menggunakan React bootstrap dan tidak memerlukan integrasi jQuery atau JavaScript bootstrap.

Artikel Terkait  Apa itu Chatbot? Indikator Pengembangan Layanan dan Tujuh Contoh Layanan yang Menggunakan Chatbot

Ant Design

Ant Design adalah library React UI lain yang dibuat khusus untuk pekerjaan perusahaan dan berisi banyak komponen React yang berat. Anda harus memiliki pengetahuan yang baik tentang React dan ES2015 sebelum beralih ke Ant Design karena memerlukan lebih banyak pemahaman tentang konsep react dan ES2015. Dengan kata lain, Ant Design tidak ditujukan untuk Anda yang masih pemula di JavaScript maupun React.

Library React UI ini adalah sistem desain untuk produk tingkat tinggi yang biasanya diperuntukan pada perusahaan. Ant Design didasarkan pada proyek Ant Design dan berisi sekumpulan komponen dan demo berkualitas tinggi untuk membangun UI interaktif yang kaya. Komponen tersebut mencakup dukungan internasionalisasi untuk berbagai bahasa.

Ant Design juga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan komponen dengan spesifikasi desain Anda sendiri. Ant Design menggunakan Less.js untuk bahasa gayanya. Komponen Ant Design mencakup tombol, ikon, kisi, runut tautan, menu tarik-turun, penomoran halaman, dan banyak lagi.

Proyek ini mendapatkan hampir 60 ribu bintang di GitHub, sehingga sangat populer di kalangan pengembang. Berikut adalah beberapa fitur Ant Design:

  1. Kustomisasi tema yang powerful: Ini menyediakan satu set tema yang kuat yang dapat dirancang lebih lanjut dengan detail spesifik.

Kumpulan komponen React berkualitas tinggi. Ant Design memberi para developer yang menggunakannya kekuatan untuk memanipulasi dan mengembangkan beberapa komponen React berkualitas tinggi.

  1. Dukungan lingkungan (Environtment Support). Mendukung semua browser modern termasuk juga Internet Explorer 11.
  2. Sumber daya dan alat desain lengkap. Ant Design memberi Anda paket lengkap sumber daya desain dan alat pengembangan dengan kualitas hebat.
  3. Mendukung banyak bahasa: Ini mendapat dukungan dari banyak bahasa internasional.

Material UI

Material UI adalah library interface React yang awalnya dimulai pada tahun 2014 sebagai proyek sumber terbuka yang kemudian disukai oleh para pengembang karena seiring berjalannya waktu ia mengatasi kekurangannya dan hadir dengan versi yang lebih baik. Dengan 55K bintang di GitHub, Material-UI menempati peringkat di antara komponen Library React UI paling populer.

Komponen di dalam Material UI mengandalkan React, tetapi menggunakan Desain Material Google. Bagi Anda yang perlu mengisi, desain material mengambil inspirasi dari dunia fisik dan tekstur sambil meminimalkan elemen UI yang sebenarnya.

Tersedia berbagai macam komponen bermanfaat, seperti bilah aplikasi, pelengkapan otomatis, lencana, tombol, kartu, kotak dialog, ikon, menu, penggeser, dan lainnya. Bermanfaat, Material-UI juga menawarkan tema dan templat React, sehingga Anda dapat memiliki tema warna khusus untuk aplikasi Anda. Beberapa fitur Material UI adalah:

  1. UI yang Konsisten. Hal ini juga mendorong konsistensi antarmuka pengguna.
  2. Akses langsung props komponen. Material UI memberi kita fitur seperti mengakses nilai tema langsung dari props komponen.
  3. Gaya tata letak responsif dengan mudah. Hal ini memungkinkan Anda merancang dan menulis kode responsif dengan mudah.
  4. Komponen library yang cepat. Sangat cepat sehingga tidak pernah menjadi masalah untuk diselesaikan sambil mengoptimalkan kinerja aplikasi atau situs Anda.
  5. Bekerja dengan setiap objek tema. Material UI kompatibel yang menimbulkan kesalahan paling sedikit dan juga berfungsi dengan solusi CSS-in-JS.

Artikel Terkait  Keuntungan dan Kerugian Memperkenalkan Perusahaan dengan Aplikasi | Beberapa Perusahaan yang Sukses Berkat Aplikasi

Chakra UI

react-native-1

Chakra UI adalah library React yang diperkenalkan untuk mendesain website dan aplikasi React Native, dan dikembangkan oleh Segun Adebayo. Aplikasi ini menyediakan satu set komponen React yang dapat diakses, dapat digunakan kembali, dan disusun yang Anda butuhkan untuk membangun aplikasi front-end.

Kesederhanaan, modularitas, dan aksesibilitasnya membuat Chakra UI menjadi library yang sangat baik. Menggunakan Chakra UI dapat mempercepat proses pembangunan aplikasi.

Chakra UI menggunakan Emotion and Styled System. Sistem gaya adalah jenis infrastruktur hebat yang dapat digunakan untuk membangun pustaka komponen UI. Mereka membuat banyak hal menjadi lebih mudah. Meskipun merupakan alat sumber terbuka, Chakra UI memiliki dokumentasi yang bagus. Ini memiliki 10,3K bintang GitHub dan 678 garpu GitHub.

Library Chakra UI telah muncul sebagai hal yang harus dilakukan oleh pengembang aplikasi React dan mode multi warna yang memberi Anda kekuatan untuk mengganti darkness atau lightness sesuai kenyamanan pelanggan Anda. Library ini juga dapat dikembangkan dan disesuaikan. Beberapa fitur Chakra UI adalah:

  1. Sederhana dan mudah digunakan. Library React UI ini tidak memerlukan penyiapan berat dan berlebihan untuk diterapkan dan sederhana serta mudah digunakan.
  2. Menyediakan banyak modular. Library Chakra UI memberi Anda komponen reaksi modular yang membantu menulis kode yang bersih dan optimal.
  3. Dapat dengan mudah diakses. Library Chakra UI secara ketat mengikuti standar WAR-ARIA untuk semua komponen yang membuatnya mudah diakses untuk digunakan.
  4. Terdapat fitur-fitur yang membantu Anda melakukan pengoptimalan. Library React UI ini dapat meningkatkan proses pengembangan karena menerapkan default yang sangat masuk akal dan memberikan kekuatan untuk memanipulasi sesuai kebutuhan Anda.
  5. Komponen yang ada pada Chakra UI dapat digunakan kembali (reusable components). Anda dapat menggunakan komponen React yang sama sebanyak yang Anda inginkan dan menyesuaikannya untuk penggunaan lebih lanjut.

Demikianlah penjelasan tentang library React UI terbaik yang harus Anda coba. Ada banyak hal yang harus dipelajari dan dijelajahi dan saat memilih perangkat lunak apapun. Anda hanya perlu ber fokus pada penggunaan dan fitur pustaka.

Anda dapat memilih library sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jika Anda seorang pemula Anda dapat menggunakan Chakra UI, jika Anda seorang yang sudah ahli dalam bidang programming dan sudah memahami dengan betul tentang React UI, maka Ant Design menjadi pilihan yang baik untuk Anda. Semuanya kembali kepada kebutuhan ANda.

Jangan sekedar terjun ke dalam teknologi hanya karena teknologi tersebut hype atau mungkin sedang trend yang terjadi di kalangan developer karena banyak teknologi baru yang diperkenalkan dan jika Anda akan terus bergerak ke arah tren lama kelamaan Anda bisa tersesat di tengah pusaran trend teknologi. Oleh karena itu akan lebih baik pilih teknologi mana yang sangat Anda butuhkan dan berguna bagi Anda.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya