Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Aplikasi Android Geofencing - Apa Geofencing itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Geofencing – Apa Geofencing itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

-

Apakah Anda baru saja akan menginjakkan kaki ke mobil untuk pulang ke rumah, saat ponsel Anda berdengung di saku, dengan pemberitahuan seperti apa lalu lintas itu dan berapa lama perjalanan yang Anda harapkan? Ini dikenal sebagai geofencing. Sebuah taktik pemasaran untuk menargetkan masyarakat lokal di daerah setempat.

Pada dasarnya, geofencing memungkinkan Anda untuk menempatkan pagar virtual di sekitar area yang Anda pilih, dan untuk ukuran apa pun yang Anda inginkan. Ketika pengguna aplikasi Anda kemudian masuk ke area Anda, mereka akan disajikan dengan pemberitahuan push yang mempromosikan aplikasi Anda, layanan Anda atau produk Anda.

Artikel Terkait  Operator Situs EC Harus Baca! Keuntungan dan Kerugian Membuat Situs Web Menjadi Aplikasi

Apa itu Geofencing?

geofencing-1

Jika Anda memilih untuk membangun aplikasi seluler untuk bisnis Anda, Anda mungkin sudah tahu bahwa pemberitahuan push adalah salah satu fitur paling efektif yang bisa Anda dapatkan untuk mendapat manfaat dari. Melalui pemberitahuan push, Anda dapat mengirim pesan ke setiap orang yang telah mengunduh atau menggunakan aplikasi Anda, baik mereka membuka aplikasi atau tidak.

Geofencing membantu Anda mengingatnya setiap saat karena Anda dapat berkomunikasi langsung dengan mereka dengan penawaran hebat, pembaruan informasi perusahaan Anda, beberapa berita industri terbaru atau rilis produk terbaru yang Anda persiapkan untuk rilis ke pasar.

Saat membuat area Anda, pengguna aplikasi Anda dapat dikirimi pemberitahuan push begitu mereka menginjakkan kaki ke area Anda, atau bahkan ketika mereka meninggalkannya. Ini adalah pilihan yang bagus ketika berjuang untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan karena pengguna aplikasi Anda akan mendengar tentang Anda ketika mereka berada dekat dan dalam jarak yang sangat dekat!

Mengapa Memilih Geofencing?

Jika Anda bertanya-tanya apakah itu agak terlalu merepotkan untuk diatur atau apakah Anda benar-benar mendapatkan pengembalian karena melakukannya, pertimbangkan beberapa statistik ini di sekitar penargetan berbasis lokasi:

  • Saat ini sekitar 30% populasi wilayah dunia sudah menggunakan atau dipengaruhi oleh penargetan berbasis lokasi
  • 80% orang mengatakan mereka ingin atau senang menerima pesan lokasi yang ditargetkan dari bisnis
  • Jika mereka mendapatkan sesuatu sebagai balasannya, 70% konsumen akan senang berbagi lokasi mereka
  • Jika mereka dekat dengan bisnis, 72% konsumen akan menindaklanjuti dengan ajakan bertindak yang diterima melalui pemberitahuan push
  • 60% orang sekarang mencari informasi lokal di ponsel mereka, sementara 40% mencari informasi saat bepergian.

Artikel Terkait  Maksimalkan Aplikasi Android dengan “Dark Mode” | Tips Buat Dark Mode Termudah

Manfaat Penawaran Geofencing untuk Bisnis Anda

geofencing-2

Peningkatan Optimalisasi Lokal

Dalam pencarian lokal yang sangat diinginkan, geofencing dapat menjadi alat yang sangat kuat yang membantu Anda untuk peringkat yang lebih tinggi. Karena sistem berbasis lokasi memungkinkan Anda menargetkan pelanggan lokal di area tertentu yang Anda pilih, menjadikan pesan Anda sangat tepat waktu dan relevan.

Pengumpulan Data yang Disempurnakan

Mungkin sulit untuk mengetahui bagaimana pelanggan Anda mengetahui tentang Anda atau mengapa mereka memilih Anda. Namun geofencing memungkinkan Anda untuk mengumpulkan lebih banyak data yang disempurnakan. Anda akan dapat mengukur berapa lama seseorang bertahan di pengaturan Anda, keefektifan pesan yang Anda kirim melalui pemberitahuan push, seberapa sering mereka berada di dekat Anda dan frekuensi mereka mengunjungi.

Menawarkan Elemen Pribadi

Dengan menggunakan data sebagaimana diuraikan di atas, Anda akan berada di tempat yang jauh lebih baik untuk menawarkan pengalaman yang lebih personal bagi pengguna aplikasi seluler Anda. Anda dapat melihat pesan mana yang menarik populasi lokal, apa yang paling baik untuk menggambarkannya dan jenis hal apa yang perlu Anda hindari.

Hemat Uang, Hasilkan Uang

Tidak peduli berapa banyak anggaran yang Anda miliki, besar atau kecil, geofencing dapat membuat cara Anda membelanjakannya lebih efektif. Saat Anda menargetkan audiens yang sangat halus dan relevan, Anda pada gilirannya akan membelanjakan lebih sedikit uang untuk beriklan sendiri kepada orang-orang yang tidak tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Artikel Terkait  8 Aplikasi Filter Instagram Gratis Terbaik untuk Feeds IG ala Selebgram

Menerapkan Geofencing Dalam Strategi Pemasaran Anda

Jangan Menargetkan Area yang Terlalu Luas

Anda dapat mengatur area geofenced ke ukuran apa pun yang Anda inginkan. Namun sebaiknya tidak menjadi terlalu besar karena Anda ingin audiens yang disempurnakan yang membuat geofencing berfungsi dengan baik. Tetaplah pada lingkungan Anda terlebih dahulu dan terutama, dan ingatlah untuk mempertimbangkan apakah target pasar Anda cenderung berjalan atau berkendara ke lokasi Anda karena ini dapat berdampak pada seberapa luas area yang Anda targetkan.

Ajakan Panggilan yang Jelas untuk Bertindak

Pesan yang Anda kirim ke pelanggan Anda adalah kunci, karena Anda membutuhkan mereka untuk memperhatikan dan menyelesaikan tindakan yang diinginkan. Ajakan bertindak yang jelas yang mengarahkan mereka untuk menyelesaikan aktivitas yang sangat instan adalah apa yang ingin Anda lakukan. Inti dari kegiatan ini adalah untuk mengarahkan konsumen ke lokasi Anda pada saat itu, sementara mereka berada dalam radius target Anda.

Lengkapi dengan Promosi

Promosi, penawaran, dan penawaran masih merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat pelanggan datang kepada Anda. Pastikan Anda memiliki beberapa faktor penawaran yang akan menerbangkan kompetisi dan membuat pengguna aplikasi Anda tidak punya pilihan selain mengunjungi Anda.

Libatkan Sosial Media

Dengan jumlah besar pengguna media sosial hari ini, Anda dapat memanfaatkan kekuatan sosial untuk geofencing yang baik! Jika Anda menjalankan pembaruan rutin di media sosial di samping kampanye geofencing Anda, Anda bisa mendapatkan dorongan besar ketika menyangkut kesadaran merek.

Bagaimana itu bekerja

Jadi sekarang kita tahu lebih banyak tentang apa itu geofencing, bagaimana hal itu dapat menguntungkan bisnis Anda dan cara menerapkannya dalam kampanye pemasaran Anda yang lebih luas, sekarang patut untuk melihat bagaimana sebenarnya geofencing itu bekerja dari perspektif teknis.

Mengerjakan Lokasi

Untuk menemukan perangkat pengguna untuk mengirim semua notifikasi push yang penting itu, geofencing menggunakan kombinasi triangulasi seluler, GPS, atau WiFi. Yang terakhir bersama dengan triangulasi seluler adalah yang paling andal, dengan GPS diketahui menguras baterai pengguna, oleh karena itu membuatnya jauh lebih tidak ramah pengguna.

Tidak Perlu Hardware

Hal hebat tentang geofencing adalah tidak perlu perangkat keras yang mahal. Dengan perangkat lunak yang dapat diimplementasikan langsung ke aplikasi seluler baru perusahaan Anda, kemudian dapat dikelola melalui dasbor yang dirancang untuk bekerja untuk Anda.

Privasi Terlindungi

Dengan meningkatnya kebutuhan untuk memenuhi persyaratan privasi, Anda dapat yakin bahwa dengan geofencing Anda tentu tidak akan mengintai keberadaan siapa pun. Seorang pengguna harus mengizinkan izin untuk aplikasi Anda untuk memantau lokasi mereka dan mengirim pemberitahuan. Artinya pengguna berada dalam kendali penuh setiap saat.

Artikel Terkait  Panduan Lengkap Teknik Desain Aplikasi Mobile

Pertimbangan Penting untuk Diingat

Sekarang Anda mengetahui seluk beluk geofencing, ada beberapa pertimbangan penting yang perlu diingat selama proses perencanaan dan pengaturan.

  1. Pikirkan di luar kotak
  2. Dapatkan pengaturan waktu anda dengan benar
  3. Berikan apa yang mereka inginkan
  4. Jangan mencambuk sendiri
  5. Ukur segalanya

Kami telah menjelaskan beberapa dampak dari Geofencing, tetapi kepentingannya benar-benar tidak dapat ditekankan. Setiap metrik atau bagian kecil data dapat berdampak pada perubahan kecil atau besar yang Anda lakukan untuk maju.

Mungkin kelihatannya asing pada saat ini, namun dengan bereksperimen dan menggunakan hasil untuk memperbaiki apa yang Anda lakukan, Anda akan segera menjalankan kampanye pemasaran yang dipersonalisasi yang sangat relevan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya