Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteBackendApa itu DBMS? Mengenal Aplikasi DBMS dan Contohnya

Apa itu DBMS? Mengenal Aplikasi DBMS dan Contohnya

-

Pernahkah Anda mendengar aplikasi DBMS? DBMS adalah kepanjangan dari Database Management System. DBMS sendiri adalah aplikasi yang banyak digunakan belakangan ini karena sangat membantu dalam mengelola database.

Meskipun Anda pernah mendengar tentang aplikasi DBMS, Anda mungkin tidak tahu atau tidak memahami apa itu DBMS dan apa kegunaannya.

Beruntunglah Anda menemukan artikel ini! Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas tentang apa itu DBMS, kegunaanya, serta contoh DBMS yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin tahu tentang DBMS maka simaklah artikel ini sampai akhir.

Apa Itu DBMS? Pengertian Database Management System

apa-itu-dbms..

Database Management System adalah sistem perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan, mengambil, dan menjalankan kueri pada data. DBMS berfungsi sebagai interface antara pengguna akhir dan database, memungkinkan pengguna untuk membuat, membaca, memperbarui, dan menghapus data dalam database.

DBMS mengelola data, mesin basis data, dan skema basis data, memungkinkan data dimanipulasi atau diekstraksi oleh pengguna dan program lain. Ini membantu memberikan keamanan data, integritas data, konkurensi, dan prosedur administrasi data yang seragam.

Ia juga berguna untuk mengoptimalkan organisasi data dengan mengikuti teknik desain skema database yang disebut normalisasi yang membagi tabel besar menjadi tabel yang lebih kecil ketika atributnya memiliki nilai redundansi. DBMS menawarkan banyak keuntungan dibandingkan sistem file tradisional, termasuk fleksibilitas dan sistem backup yang lebih kompleks.

Database Management System dapat diklasifikasikan berdasarkan berbagai kriteria seperti model data, distribusi basis data, atau nomor pengguna. Jenis perangkat lunak DBMS yang paling banyak digunakan adalah relasional, terdistribusi, hierarkis, berorientasi objek, dan jaringan.

Karakteristik dari Database Management System

Berikut adalah ciri-ciri dan sifat-sifat yang dimiliki oleh Database Management System:

  • Memberikan keamanan dan menghilangkan redundansi
  • Sifat menggambarkan diri dari sistem database
  • Isolasi antara program dan abstraksi data
  • Dukungan beberapa tampilan data
  • Berbagi data dan pemrosesan transaksi multipengguna
  • Perangkat Lunak Manajemen Basis Data memungkinkan entitas dan hubungan di antara mereka untuk membentuk tabel.
  • Ia bekerja berdasarkan konsep ACID (atomicity, consistency, isolation, and durability).
  • DBMS mendukung lingkungan multi-pengguna yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memanipulasi data secara paralel.

Artikel Terkait  Tutorial Membuat REST API Spring Boot

Fitur-Fitur Database Management System

Setelah Anda mengetahui dasar apa itu DBMS, sekarang saatnya Anda mengeksplor fitur-fitur yang ada dalam aplikasi DBMS. Apa saja fitur DBMS? Ini dia berbagai fitur DBMS yang perlu Anda ketahui.

1. Normalisasi Data

Risiko duplikasi data dalam database relatif tinggi karena banyak pengguna membagikannya secara bersamaan. Normalisasi data mengurangi risiko ini dan meminimalkan kemungkinan munculnya anomali destruktif. Tidak ada redundansi dan pengulangan data yang menghemat penyimpanan dan secara signifikan meningkatkan waktu akses.

2. Aturan dan batasan yang ditentukan pengguna

Batasan integritas membantu organisasi mencegah kerusakan yang tidak disengaja pada database oleh pengguna yang berwenang. DBMS memungkinkan pengguna untuk menentukan aturan dan kondisi validasi dan integritas untuk memastikan data memenuhi semantik.

3. Protokol keamanan

Kontrol keamanan melindungi integritas database serta data dan catatan yang ada di dalamnya. Beberapa kontrol keamanan DBMS yang penting termasuk enkripsi data, otentikasi pengguna, dan otorisasi pengguna.

4. Cadangan data

Cadangan melindungi database Anda dari kehilangan data. Salinan file yang disimpan dalam database harus tersedia untuk merekonstruksi data jika data hilang atau rusak. Sebagian besar DBMS mendukung pencadangan data logis dan fisik.

5. Struktur data

Sebuah DBMS harus memungkinkan pengguna untuk mengatur informasi dalam database dalam struktur hierarki yang jelas. Artinya semua objek, record, dan tabel dapat disusun secara sistematis, seperti katalog, sehingga record dapat dengan mudah diakses dan diambil kembali.

Jenis-Jenis Database Management System

Setelah mengetahui apa itu DBMS dan fitur-fiturnyaDBMS adalah aplikasi yang cukup kompleks meskipun tampaknya cukup sederhana. DBMS sendiri mempunyai banyak jenis. Beberapa jenis DBMS adalahs sebagai berikut.

1. Distributed.database management system (Sistem manajemen basis data terdistribusi)

DBMS terdistribusi adalah sekumpulan database yang saling berhubungan secara logis yang didistribusikan melalui jaringan yang dikelola oleh aplikasi database terpusat. Jenis DBMS ini menyinkronkan data secara berkala dan memastikan bahwa setiap perubahan pada data diperbarui secara universal dalam database.

2. Hierarchical database management system (Sistem manajemen basis data hierarkis)

Hierarchical database mengatur data model dalam struktur seperti pohon. Penyimpanan data pada DBMS jenis ini adalah format top-down atau bottom-up dan direpresentasikan menggunakan hubungan parent-child.

3. Network database management system (Sistem manajemen basis data jaringan)

Model basis data jaringan menjawab kebutuhan akan hubungan yang lebih kompleks dengan memungkinkan setiap child pada database ini memiliki banyak parent. Entitas ini sendiri telah diatur dalam grafik yang bisa Anda akses melalui beberapa cara.

4. Relational database management system (Sistem manajemen basis data relasional)

Sistem manajemen basis data relasional atau yang berarti Relational Darabase Management System (RDBMS) adalah model data yang paling populer karena interface yang ramah pengguna. Ini didasarkan pada normalisasi data dalam baris dan kolom tabel. Ini adalah opsi yang layak ketika Anda membutuhkan sistem penyimpanan data yang skalabel, fleksibel, dan mampu mengelola banyak informasi.

5. Object-oriented database management system (Sistem manajemen database berorientasi objek)

Object-oriented database management system dalam suatu objek, bukan baris dan kolom. Ini didasarkan pada pemrograman berorientasi objek (OOP) yang memungkinkan objek memiliki anggota seperti bidang, properti, dan metode.

Contoh DBMS yang Populer

Sekarang Anda sudah tahu apa itu DBMS karakteristik, serta fitur dari DBMS. Sekarang, kami akan memberikan berbagai contoh DBMS yang populer dan mungkin Anda juga tahu. Ini dia beberapa contoh DBMS.

1. Oracle

Oracle Database adalah sistem manajemen database relasional komersial. Ini menggunakan teknologi database skala perusahaan dengan serangkaian fitur yang kuat langsung dari kotak. Itu dapat disimpan di cloud atau di tempat.

2. MySQL

MySQL adalah sistem manajemen basis data relasional yang umum digunakan dengan sistem manajemen konten sumber terbuka dan platform besar seperti Facebook, Twitter, dan Youtube.

3. SQL Server

Dikembangkan oleh Microsoft, SQL Server adalah sistem manajemen basis data relasional yang dibangun di atas bahasa kueri terstruktur (SQL), bahasa pemrograman standar yang memungkinkan administrator basis data untuk mengelola basis data dan data kueri.

4. Microsoft Access

Microsoft Access adalah sistem manajemen database dari Microsoft yang menggabungkan Access Database Engine relasional dengan interface pengguna grafis dan alat pengembangan perangkat lunak.

5. PostgreSQL

Saat ini PostgreSQL telah banyak digunakan sebagai tempat untuk menyimpan data utama ataupun penyimpanan data lainnya untuk banyak aplikasi web, seluler, geospasial, dan analitik. PostgreeSQL dianggap sebagai salah satu alternatif SQL terbaik.

6. dBASE

dBase adalah salah satu sistem manajemen database pertama untuk mikrokomputer dan yang paling sukses pada masanya. Sistem dBase mencakup mesin database inti, sistem kueri, mesin formulir, dan bahasa pemrograman yang mengikat semua komponen ini bersama-sama.

Artikel Terkait  Membandingkan Tipe Database: Bagaimana Tipe Database Berevolusi Untuk Memenuhi Kebutuhan Yang Berbeda

7. FoxPro

FoxPro adalah bahasa pemrograman berorientasi prosedural berbasis teks dan sistem manajemen basis data, dan juga merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek, awalnya diterbitkan oleh Fox Software dan kemudian oleh Microsoft, untuk MS-DOS, Windows, Macintosh, dan UNIX.

8. SQLite

SQLite adalah database engine, ditulis dalam bahasa C. SQLite bukan aplikasi mandiri; alih-alih, ini adalah perpustakaan yang disematkan oleh pengembang perangkat lunak di aplikasi mereka. Dengan demikian, itu milik keluarga database tertanam.

9. MariaDB

MariaDB adalah relational database management system MySQL yang dikembangkan komunitas dan didukung secara komersial, dimaksudkan untuk tetap menjadi perangkat lunak sumber terbuka dan gratis di bawah Lisensi Publik Umum GNU.

10. Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server adalah relational database management system yang dikembangkan oleh Microsoft. Sebagai server basis data, ini adalah produk perangkat lunak dengan fungsi utama menyimpan dan mengambil data seperti yang diminta oleh aplikasi perangkat lunak lain yang dapat dijalankan di seluruh jaringan yang terkoneksi dengan berbagai computer yang sama maupun berbeda.

Itulah penjelasan tentang apa itu DBMS serta berbagai contoh DBMS yang ada. Untuk organisasi besar, database berisi item catatan penting yang memiliki hubungan logis yang kompleks dengan berbagai kumpulan data lain yang tumbuh dengan jumlah pengguna. Akibatnya, organisasi perlu secara aktif memantau, menyesuaikan, dan meningkatkan basis data mereka untuk memastikan kinerja tingkat tinggi.

Jika Anda ingin membuat sebuah database namun bingung bagaimana membuatnya, kunjungi https://appkey.co.id. Appkey adalah jasa pengembangan website dan database yang bisa jadi solusi untuk Anda yang kesulitan untuk membuat website, aplikasi, dan database.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya