Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Backend 10 Pilihan Framework Node.Js yang dapat Anda Gunakan di...

10 Pilihan Framework Node.Js yang dapat Anda Gunakan di Tahun Ini

-

Node.js atau Node merupakan perangkat lunak berbasis JavaScript yang bersifat open-source, dapat dijalankan dalam lingkungan lintas platform untuk mengeksekusi kode JavaScript di luar browser. Secara tradisional, browser menyediakan lingkungan runtime untuk kode JS.

Setiap browser memiliki mesin JS yang mengubah kode JS menjadi kode-kode mesin. Misalnya, Microsoft Edge memiliki Chakra, Firefox memiliki spider monkey, dan Chrome memiliki mesin V8.

Untuk mengeksekusi JS dari browser mesin tercepat V8 disematkan ke dalam program C ++, ini disebut Node. Oleh karena itu, Node adalah lingkungan runtime untuk kode JS. Ini berisi mesin JS yang mengeksekusi kode JS tetapi juga memiliki objek tertentu yang menyediakan lingkungan untuk kode JS yang tidak disediakan di dalam browser.

Node.js ideal untuk digunakan pada layanan back-end yang sangat skalabel, intensif daya, dan mendukung aplikasi secara real-time. Kelebihan-kelebihan lain yang dimiliki oleh Node.js adalah:

  1. Node.js sangat baik untuk pembuatan prototipe dan pengembangan yang lebih cepat.
  2. Node.js membantu Anda dalam membangun layanan super cepat dan sangat skalabel.
  3. Mendukung JavaScript, yang mana merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunakan saat ini.
  4. Basis kode yang lebih bersih dan lebih konsisten.
  5. Ekosistem besar perpustakaan sumber terbuka.

10 Daftar Framerwork Pilihan Node.Js Terbaik Tahun Ini

definisi-node-js

Berikut ini adalah framework Node.js terbaik yang dapat Anda gunakan:

1. Express.js

Dibangun oleh TJ Holowaychuk, Express.js adalah Node.js Framework yang fleksibel dan minimal yang dirancang khusus untuk membangun aplikasi satu halaman, multi-halaman, dan hybrid yang menyediakan serangkaian fitur yang kuat untuk aplikasi web dan seluler.

Express tidak memiliki mesin pemetaan relasional objek out-of-the-box. Express tidak dibuat berdasarkan komponen tertentu. Kebebasan ini, ditambah dengan pengaturan secepat kilat dan lingkungan JavaScript murni dari Node, menjadikan Express kandidat kuat untuk pengembangan yang gesit dan pembuatan prototipe yang cepat.

Express paling populer di kalangan startup yang ingin membuat produk secepat mungkin dan tidak memiliki banyak kode lama. Framework ini memiliki keuntungan dari pembaruan dan reformasi berkelanjutan dari semua fitur inti. Ini adalah kerangka kerja minimalis yang digunakan untuk membangun beberapa aplikasi seluler dan API.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh Express.js:

  1. Mendukung tindakan skala aplikasi yang lebih cepat.
  2. Didukung oleh Google V8 Engine
  3. Memiliki dukungan komunitas yang besar. Hal ini dikarenakan Express.js saat ini banyak digunakan oleh para developer dunia.
  4. Mendukung fitur caching.

2.Hapi.js

Hapi.js diperkenalkan oleh Eran Hammer. Hapi adalah framework Node.js dengan sumber terbuka (open-source) terbaik yang kuat untuk mengembangkan JSON API. Server Application programming interface (API), situs web, dan aplikasi proxy HTTP dapat dibuat hanya dengan menggunakan Hapi.js.

Berbagai fitur utama seperti validasi input, caching implement, fungsionalitas berbasis konfigurasi, penanganan error, logging, dan banyak lagi serta sistem plugin yang dikembangkan dengan baik menjadikan Hapi salah satu framework yang paling disukai.

Framework ini juga digunakan dalam membangun aplikasi yang berguna dan menyediakan solusi teknologi oleh beberapa situs web skala besar seperti PayPal, Disney.

Fitur-fitur yang ada pada Hapi.js:

  1. Kode dapat digunakan kembali
  2. Tidak ada ketergantungan eksternal
  3. Memiliki keamanan yang sangat baik
  4. Arsitektur Terintegrasi: API otorisasi dan otentikasi komprehensif yang tersedia dalam kerangka kerja node.

Artikel Terkait  Belajar Komputasi Terdistribusi dengan Hadoop | Framework Big Data

3. Meteor.js

Meteor.js adalah salah satu platform pembangunan aplikasi menggunakan Node.js dengan berbagai framework frontend. Meteor.js merupakan framework front-end yang sama seperti Angular, React, dan Blaze. Untuk pembuatan database, para developer yang menggunakan Meteor.js biasanya menggunakan MongoDB secara default.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh Meteor.js:

  1. Meteor.js adalah build tools yang bersifat zero configuration atau tanpa konfigurasi. Meteor juga menyediakan pemisahan kode dan impor dinamis.
  2. Meteor.js adalah framework yang tergolong cepat karena dilengkapi dengan fitur real-time.
  3. Anda dapat menciptakan front-end terintegrasi dengan baik dengan back-end dengan menggunakan Meteor.js
  4. Metode dari framework ini adalah mendefinisikan fungsionalitas sisi server pada server dan kemudian memanggil metode langsung dari sisi klien dan tidak harus berinteraksi dengan API yang tersembunyi.
  5. Akun dan otentikasi pengguna sangat baik dengan menggunakan Meteor.
  6. Meteor adalah platform yang sangat baik untuk membangun karena tidak memerlukan kode yang terpisah antara semua bagian dari satu basis kode yang berkomunikasi dengan lancar.

4. Sails.js

Sails adalah kerangka kerja model-view-controller (MVC) untuk Node.js yang mengikuti prinsip konvensi atas konfigurasi (convention over configuration). Framework ini terinspirasi dari framework web Ruby on Rails sehingga mengemulasi pola MVC yang sudah dikenal untuk membangun aplikasi satu halaman, REST API, dan aplikasi real-time.

Secara ekstensif menggunakan generator kode yang memungkinkan membangun aplikasi dengan lebih sedikit menulis kode. Kerangka kerja ini dibangun di atas Socket.io, library JavaScript untuk menambahkan komunikasi real-time, dua arah, berbasis peristiwa ke aplikasi dan Express.js, salah satu pustaka Node.js paling populer.

Fitur-fitur yang dimiliki Sails.js:

  1. Sails didukung oleh berbagai database seperti MySQL, MongoDB, Redis, dan masih banyak lagi database lainnya.
  2. Sails menawarkan pandangan baru pada model relasional yang sudah dikenal, yang bertujuan membuat pemodelan data lebih praktis.
  3. Dilengkapi dengan blueprint yang membantu memulai back-end aplikasi Anda tanpa menulis kode apa pun.
  4. Mendukung WebSockets tanpa kode tambahan.
  5. Menyediakan keamanan dasar dan kontrol akses berbasis peran secara default dalam bentuk kebijakan – fungsi middleware sederhana yang dapat digunakan kembali yang berjalan sebelum pengontrol dan tindakan Anda.
  6. Kompatibel dengan berbagai platform frontend seperti Angular, Backbone, iOS, ObjC, Android, Java, dan Windows Phone.
  7. Memiliki asset pipeline yang fleksibel.
  8. Sails merupakan teknologi sisi server ringan yang memungkinkan pengembang untuk menulis aplikasi jaringan yang sangat cepat dan dapat diskalakan dalam JavaScript.

5. Koa.js

Koa adalah aplikasi lingkungan runtime sisi server yang lintas platform. Koa memiliki request objek berisi larik fungsi middleware yang disusun dan dieksekusi secara bertumpuk (stack) di atasnya sehingga memudahkan pengembang web untuk membangun aplikasi jaringan yang cepat dan dapat diskalakan dengan JavaScript.

Fitur-fitur yang dimiliki Koa.js

  1. Koa.js didesain sebagai Framework Node.js yang ringan dan fleksibel.
  2. Koa.js memiliki desain modern dan futuristil dan menyediakan berbagai kelas dan modul yang baru.
  3. Memiliki fitur generator yang berfungsi untuk menghentikan dan mengulang eksekusi kode dengan stack yang sama.
  4. Saat menulis kode untuk aplikasi web, pemrogram ini mencari cara untuk mengidentifikasi dan menangani kesalahan dengan lebih efisien.
  5. Membantu developer menghindari penulisan kode tambahan dengan meneruskan file.
  6. Koa.js mengidentifikasi dan memahami operasi yang dibutuhkan oleh klien melalui metode HTTP seperti GET, POST, PUT dan DELETE.

6. NestJS

NestJS adalah Node.js Framework yang progresif untuk membangun aplikasi sisi server yang efisien, andal, dan dapat diskalakan sehingga membantu pengembang membuat aplikasi web sisi server yang modular, dapat diskalakan, dan maintainable.

Nest mengimplementasikan pola MVC (Model-View-Controller) dan menyediakan ekstensibilitas untuk Anda gunakan. Fitur luar biasa dari NestJS adalah dukungan aslinya untuk TypeScript, yang memungkinkan Anda mengakses pemeriksaan tipe statis opsional bersama dengan perkakas yang kuat untuk aplikasi besar dan fitur ECMAScript terbaru.

Fitur-fitur yang dimiliki Nest:

  1. Dapat Diperluas serta memungkinkan penggunaan library lain karena arsitektur modular, sehingga membuatnya benar-benar fleksibel.
  2. Serbaguna. Nest menawarkan ekosistem yang dapat beradaptasi yang merupakan tulang punggung yang lengkap untuk semua jenis aplikasi sisi server.
  3. Progresif. Nest membawa pola desain dan solusi canggih ke dunia node.js dengan memanfaatkan fitur JavaScript terbaru.

Artikel Terkait  Database Adalah ? | Cara Meningkatkan Keamanan Database

7. Adonis

Adonis merupakan Node.js Framewrok yang dikenal dengan struktur MVC kuat. Adonis memiliki pola desain yang memecah fungsionalitas tertentu menjadi beberapa bagian aplikasi yang berbeda. Adonis menggunakan mesin edge template, yang sangat mudah digunakan.

Fitur-fitur yang ada pada Adonis:

  1. Adonis memiliki fitur CLI (Commanc Line Interface).
  2. Mudah dipelajari untuk Anda yang sudah familiar dengan Laravel.
  3. Memiliki fitur validator yang berguna untuk memeriksa apakah data yang mengalir ke pengontrol memiliki format yang benar, dan mengeluarkan pesan ketika beberapa kesalahan terjadi.

8. Total.js

Total.js adalah framework Node.js dengan modular serta modern yang mendukung arsitektur MVC. Framework client-side seperti Angular.js, Polymer, Backbone.js, Bootstrap, sepenuhnya kompatibel dengan Total.js.

Framework ini dapat dikembangkan dan menawarkan kinerja serta stabilitas yang sangat baik. Total.js juga memiliki NoSql yang tertanam di dalamnya dan mendukung array dan prototipe lainnya.

Fitur-fitur yang dimiliki Total.js:

  1. Mendukung pengerjaan proyek dengan cepat serta memiliki perbaikan bug.
  2. Mendukung melakukan rute RESTful.
  3. Mendukung streaming video
  4. Total menyediakan banyak tema.
  5. Mendukung WebSocket
  6. Mendukung model, modul, paket, dan kode isomorfik
  7. Mendukung pemrosesan gambar melalui GM atau IM
  8. Mendukung pelokalan dengan alat diff dan ekspor CSV

9. DerbyJS

DerbyJS adalah framework full-stack open-source untuk membangun aplikasi web realtime modern. Menggunakan PubSub dan kompatibel dengan database apa pun. Developer pun dapat menggunakan NPM untuk menambahkan fitur dan fungsionalitas ke proyek Derby. Library lain tidak dimuat secara otomatis dan tidak secara global disertakan dalam Derby.

Framework ini berfokus untuk memungkinkan pengguna membuat aplikasi web waktu nyata yang memuat dengan cepat dan fleksibel serta dapat diperluas. Template dapat disediakan di browser dan di server. Di browser, DerbyJS merender dengan metode DOM asli yang cepat.

Beberapa fitur yang dimiliki Derby:

  1. Mendukung kolaborasi real-time
  2. Server Rendering
  3. Memiliki komponen dan mendukung pengikatan data
  4. Memiliki modular

Artikel Terkait  Tutorial Membuat REST API Spring Boot

10. LoopBack.js

LoopBack adalah framework Node.js dengan fitur CLI yang mudah digunakan. LoopBack juga memiliki fitur penjelajah API dinamis yang memungkinkan Anda membuat model berdasarkan skema atau model dinamis.

Framework ini kompatibel dengan sejumlah layanan REST dan berbagai macam database, termasuk MySQL, Oracle, MongoDB, Postgres, dan banyak lagi.

LoopBack memungkinkan pengguna untuk membangun API server yang memetakan ke server lain, hampir seperti membuat API yang merupakan proxy untuk API lain. Ini mendukung SDK seluler dan browser asli untuk klien seperti Android / Java, iOS, JavaScript Peramban (Angular).

Fitur:

  1. Luar biasa bisa dikembangkan
  2. Grafik Dukungan QL


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya