Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Front end HTML 5 adalah? Pengertian dan Fungsi HTML

HTML 5 adalah? Pengertian dan Fungsi HTML

-

Anda yang menekuni dunia digital online, khususnya yang sering berkecimpung dengan situs web pastinya sudah tahu tentang Bahasa pemrograman HTML. Sejak kemunculannya hingga mengalami perkembangan yang sangat signifikan, HTML atau versi terbarunya yang kita kenal sebagai HTML 5 adalah Bahasa pemrograman khusus tampilan situs web yang bersifat statis.

Jika Bahasa program PHP dikhususkan untuk sisi program, JavaScript untuk pengaturan gerak, maka html digunakan pada bagian tampilan.

Nah, hari ini kita akan membahas tentang HTML dan versi barunya yaitu HTML 5. Kegunaan Bahasa program ini dan apa kelebihan yang dimilikinya pada versi terbarunya.

Dan pertama-tama mari kita bahas terlebih dahulu pengertiannya.

HTML5 adalah versi terbaru HTML

 

photo3

Artikel Terkait  Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Hyper-Text Markup Language (HTML) adalah bahasa utama Worldwide Web. Bahasa program ini memungkinkan pengembang untuk mendesain bagaimana elemen halaman web, seperti teks, hyperlink, dan file multimedia, ditampilkan di browser.

Bahasa ini berfungsi secara statis, yang berarti Anda tidak dapat membuat fitur halaman web dinamis atau interaktif menggunakan HTML. Ia hanya memodifikasi elemen statis dari halaman web, seperti header konten, footer, posisi gambar, dan lain-lain.

Untuk membangun situs web yang indah dan interaktif, Anda harus menggabungkan HTML dengan setidaknya dua bahasa front-end: Cascading Style Sheet (CSS) dan JavaScript.

HTML menggunakan berbagai tag, termasuk judul, tabel, dan paragraf, untuk menentukan struktur teks suatu halaman. Setiap tag didefinisikan menggunakan rumus <A> dan </A>. Biasanya disebut sebagai tag “pembuka” dan “penutup”.

Misalnya, jika Anda ingin mengubah gaya teks tertentu menjadi miring, Anda dapat menggunakan <i> ketik teks Anda di sini </i>. Browser Anda akan membuat konten melalui tag ini, lalu menampilkannya di layar.

HTML pertama dirilis pada tahun 1991 oleh Tim Berners-Lee. Ciptaannya itu hingga kini telah melihat banyak pembaruan sejak itu, termasuk HTML 2.0 pada tahun 1995, HTML 3.2 pada tahun 1997, HTML 4.01 pada tahun 1999, dan XHTML pada tahun 2000. Dan yang saat ini kita gunakan dirilis pada tahun 2014 bernama HTML5. HTML5 adalah versi terbaru Bahasa program statis ini dan hingga kini belum ada pembaharuan lagi.

Pengertian HTML5 adalah?

 

html-1

HTML 5 adalah revisi dari Hypertext Markup Language (HTML), bahasa pemrograman standar untuk menggambarkan konten dan tampilan halaman Web.

HTML5 dikembangkan untuk menyelesaikan masalah kompatibilitas yang memengaruhi standar saat ini, HTML4. Salah satu perbedaan terbesar antara HTML5 dan versi standar sebelumnya adalah bahwa versi HTML yang lebih lama memerlukan plugins dan API eksklusif. (Inilah sebabnya mengapa halaman Web yang dibangun dan diuji dalam satu browser mungkin tidak dimuat dengan benar di browser lain.) HTML5 menyediakan satu antarmuka umum untuk membuat elemen dimuat dengan lebih mudah. Misalnya, tidak perlu menginstal plugin Flash di HTML5 karena ia sudah elemen akan berjalan dengan sendirinya.

Salah satu tujuan desain untuk HTML5 adalah mendukung multimedia di perangkat seluler. Fitur sintaksis baru diperkenalkan untuk mendukung ini, seperti tag video, audio dan kanvas. HTML5 juga memperkenalkan fitur-fitur baru yang benar-benar dapat mengubah cara pengguna berinteraksi dengan dokumen termasuk:

  • Aturan penguraian baru untuk meningkatkan fleksibilitas
  • Atribut baru
  • Penghapusan atribut yang sudah ketinggalan zaman atau berlebihan
  • Adanya fungsi drug and drop yang belum ada di versi sebelumnya
  • Pengeditan offline
  • Penyempurnaan perpesanan
  • Aturan terperinci untuk penguraian
  • Pendaftaran MIME dan penanganan protocol
  • Standar umum untuk menyimpan data dalam database SQL (Web SQL)

HTML 5 diadopsi oleh kelompok kerja baru World Wide Web Consortium (W3C) pada tahun 2007. Grup ini menerbitkan konsep publik pertama HTML 5 pada Januari 2008. Sampai sekarang, HTML5 berada dalam status “Call for Review”, dan W3C waktu itu menargetkan bahwa versi ini akan mencapai finalnya pada akhir 2014.

Artikel Terkait  Domain Gratis 2020 | Daftar Domain Gratis

HTML5 memiliki sejumlah fitur tambahan bagi pendahulunya, seperti dukungan penyimpanan media offline, elemen konten yang lebih spesifik (seperti footer, header, navigasi, dll.), Doctype inline yang lebih sederhana, dukungan embedding audio, dan video.

Apa yang bisa dilakukan dengan HTML5?

 

html-1

Dulu sebelum kita menggunakan HTML5, HTML versi awal digunakan untuk memberikan tata letak halaman web yang sederhana. Namun sekarang, setelah mengalami perkembangan yang lumayan signifikan, HTML telah berwvolusi menjadi HTML5 yang mampu memberikan grafik yang luar biasa, video dengan tingkat tinggi, memberi tahu situs web di mana Anda berada dan banyak lagi.

HTML VS HTML5 – Apa Perbedaan Utamanya?

 
HTML5 dirilis dengan tujuan utama meningkatkan pengalaman World Wide Web untuk pengembang dan pengguna akhir. Jika kita bandingkan HTML vs HTML5 ini, kita akan menemukan beberapa perbedaan utama yang mereka miliki seperti:

  • HTML5 mendukung SVG (Scalable Vector Graphics), kanvas, dan grafik vektor virtual lainnya, sedangkan dalam HTML, menggunakan grafik vektor hanya mungkin dengan menggunakannya bersama dengan teknologi yang berbeda seperti Flash, VML (Vector Markup Language), atau Silverlight.
  • Database SQL Web digunakan dalam HTML5 untuk menyimpan data sementara. Sementara itu, dalam versi HTML sebelumnya, hanya cache browser yang dapat digunakan untuk tujuan ini.
  • Dengan HTML5, JavaScript dapat dijalankan dalam browser web, sedangkan HTML yang lebih lama hanya memungkinkan JavaScript untuk berjalan di utas antarmuka browser.
  • HTML5 tidak didasarkan pada SGML. Ini berarti bahwa Bahasa ini telah meningkatkan aturan parsing yang memberikan peningkatan kompatibilitas.
  • Anda dapat menggunakan inline MathML dan SVG dalam teks dengan HTML5, sedangkan HTML versi sebelumnya membatasi hal itu.
  • Beberapa elemen dihapus dalam HTML5, seperti isindex, noframes, akronim, applet, basefont, dir, font, frame, frameset, big, center, strike, dan tt.
  • HTML5 mendukung jenis kontrol formulir baru, termasuk tanggal dan waktu, email, nomor, jangkauan, tel, url, pencarian, dll.
  • Ada beberapa elemen baru di HTML5. Beberapa yang paling penting adalah ringkasan, waktu, bagian side, audio, perintah, data, datalist, dan sebagainya.

Keuntungan utama yang disediakan HTML5 untuk pengembang

 

html 3

HTML5 bertujuan agar pengembang memiliki lebih banyak fleksibilitas saat merancang situs web. Untuk tujuan ini, di sini kita akan membahas tentang peningkatan fungsi yang signifikan yang terjadi pada bahasa program ini:

Penanganan Kesalahan Persisten

 
Sebagian besar browser memiliki dukungan untuk mengurai kode HTML yang salah secara struktural / sintaksis. Namun, hingga beberapa tahun yang lalu, tidak ada proses standar untuk menangani hal ini.

Ini berarti bahwa pengembang peramban harus melakukan pengujian dokumen HTML yang sudah dibuatnya ke dalam browser yang berbeda untuk mengetahui kesalahan yang terjadi sehingga bisa menerapkan solusi yang tepat dalam proses perbaikannya.

Penanganan kesalahan yang konsisten dalam HTML5 telah membuat perbedaan besar dalam hal ini. Algoritma penguraian yang ditingkatkan yang digunakan dalam HTML5 memiliki manfaat yang tidak terelakkan dalam menghemat banyak uang dan banyak waktu karena pengembang tidak perlu khawatir akan perbedaan tampilan yang timbul di berbagai browser.

Semantik yang Diperbaiki untuk Elemen

 
Perbaikan telah dilakukan pada peran semantik dalam berbagai elemen yang ada dalam HTML untuk meningkatkan insinuasi kode.

Bagian, artikel, nav, dan header adalah elemen baru yang telah menggantikan sebagian besar elemen div yang sekarang sudah usang. Hal ini membuat proses pemindaian kesalahan yang lebih rumit menjadi jauh lebih mudah.

Peningkatan dukungan terhadap fitur aplikasi web

 
Salah satu tujuan utama HTML5 adalah memungkinkan browser web berfungsi sebagai platform aplikasi. Dengan demikian, ini memberikan pengembang kontrol yang lebih baik dalam meningkatkan kinerja situs web mereka.

Di masa lalu, pengembang harus menggunakan solusi lain karena banyak teknologi sisi server dan ekstensi browser yang tidak ada atau tidak didukung.

Saat ini, kita tidak perlu menggunakan solusi berbasis JavaScript atau Flash (seperti yang dilakukan sebelumnya dalam HTML4) karena ada elemen dalam HTML5 yang menyediakan semua fungsi tersebut.

Mempermudah pengembang dalam membuat web seluler (responsive)

 
Demografi pemilik ponsel pintar terus meningkat selama dekade terakhir, dan hal itu menciptakan kebutuhan akan standar HTML yang lebih baik.

Pengguna akhir ingin dapat mengakses sumber daya web kapan saja melalui perangkat apa pun. Dengan kata lain, memiliki situs web adalah persyaratan. Untungnya, HTML5 telah membuat dukungan seluler jauh lebih sederhana dengan mampu memenuhi perangkat elektronik berdaya rendah seperti tablet dan smartphone.

Elemen kanvas

 
Salah satu fitur paling menarik dari HTML5 adalah elemen <canvas> yang memungkinkan Anda menggambar berbagai komponen grafis, seperti kotak, lingkaran, teks, dan gambar.

Mengingat betapa mudahnya penggunaan HTML5 untuk menggambar grafik dengan menggunakan berbagai warna dan bentuk melalui skrip (mis., JavaScript), diyakini bahwa bahasa ini akan membuat Flash menjadi teknologi yang benar-benar usang.

Namun, perlu disebutkan bahwa elemen <canvas> hanyalah sebuah wadah grafik. Jadi, untuk mendefinisikan grafik, skrip lainnya juga harus dijalankan.

Elemen menu

 
Elemen <menu> dan <menuitem> yang baru ditambahkan adalah konstituen dari spesifikasi elemen interaktif.

Kedua item ini dapat digunakan untuk memastikan peningkatan interaktivitas web. Tag <menu> digunakan untuk mewakili perintah menu di aplikasi seluler dan desktop untuk tujuan kesederhanaan. Salah satu kemungkinan penggunaan tag menu adalah:

<body contextmenu=”new-menu”>

<menu id=” new-menu” type=”context”>

<menuitem>Hello!</menuitem>

</menu>

</body>

Atribut data yang dapat disesuaikan

 
Dimungkinkan untuk menambahkan atribut khusus ke versi HTML yang lebih lama, tetapi itu berisiko. Misalnya, atribut khusus terkadang menghentikan halaman agar tidak merender sepenuhnya dalam HTML4 dan menyebabkan dokumen salah / tidak valid.

Untungnya, atribut data-* dalam HTML5 telah mengakhiri masalah yang sering terjadi ini. Ada beberapa kegunaan untuk atribut ini, seperti menata elemen CSS atau mengakses atribut data elemen melalui jQuery. Namun, tujuan utamanya adalah untuk menyimpan informasi tambahan tentang berbagai elemen.

Sekarang, data khusus dapat dimasukkan, memberi pengembang kesempatan untuk membuat halaman web yang menarik dan efisien tanpa harus memperkenalkan pencarian sisi server yang rumit atau panggilan Ajax.

Penyimpanan web untuk mengganti cookie

 
HTML5 menggunakan penyimpanan web atau penyimpanan lokal untuk mengganti cookie. Dalam versi HTML yang lebih lama, jika pengembang ingin menyimpan sesuatu, mereka harus menggunakan cookie yang menyimpan sejumlah kecil data (sekitar 4 kb).

Namun, cookie memiliki beberapa kelemahan – cookie dapat kedaluwarsa, membatasi penggunaan data yang kompleks (hanya mengizinkan string), dan memperlambat server web dengan membawa skrip tambahan ke server.

Penyimpanan web, di sisi lain, memungkinkan data disimpan di komputer klien secara permanen (kecuali jika pengguna menghapusnya), ia juga memiliki penyimpanan data yang lebih besar (5 MB) dan tidak memberikan beban tambahan dengan meminta server.

Artikel Terkait  Membandingkan Tipe Database: Bagaimana Tipe Database Berevolusi Untuk Memenuhi Kebutuhan Yang Berbeda

 

Keuntungan HTML5 untuk pengguna akhir

 

html-5

HTML5 menghadirkan perubahan paradigma untuk pengembang dan pengguna akhir. Beberapa keuntungan yang disediakan untuk pengguna akhir adalah:

  • Versi baru dari bahasa program ini dapat mengurangi crash browser seluler.
  • Berikan ketergantungan yang lebih baik pada situs web seluler. Ketika pengunjung ingin menggunakan layanan perusahaan tertentu tetapi tidak ingin mengunduh aplikasi mereka, mereka dapat masuk ke situs web perusahaan yang responsif.
  • Hilangkan kebutuhan untuk menggunakan Adobe Flash dengan memberikan pengembang pengalaman pengguna yang kaya akan estetika menggunakan JavaScript dan MPEG4.
  • Mendukung elemen audio dan video asli tanpa plugin tambahan.

Kesimpulan

 
Dalam artikel HTML vs HTML5 ini, kita telah mempelajari fitur utama yang membedakan HTML5 dengan pendahulunya.

Pertama, HTML5 meningkatkan banyak hal yang kurang dimiliki versi lawasnya. HTML5 adalag versi baru html yang mendukung penyisipan audio dan video melalui tag <audio> dan <video>, memberikan dukungan penuh untuk JavaScript untuk berjalan di latar belakang, menyediakan beberapa elemen baru, seperti tanggal, datalist, ringkasan, dll., dan memiliki kompatibilitas yang lebih baik dengan penguraian yang ditingkatkan aturan.

Kedua, dari sudut pandang pengembang, HTML5 menghadirkan peningkatan di banyak bidang, termasuk penanganan kesalahan yang persisten, elemen semantik, dukungan untuk aplikasi web dan penggunaan seluler, pemanfaatan untuk elemen <canvas>, dan lain-lain.

Akhirnya, mengingat betapa mudahnya penggunaan HTML5 dalam teknologi web modern, kita dapat dengan aman berasumsi bahwa adopsi bahasa markup ini akan meningkat bahkan lebih cepat di tahun-tahun mendatang.

Sangat penting bagi Anda untuk belajar tentang HTML5 secepat mungkin untuk memaksimalkan potensi browser modern. Kami berharap artikel HTML vs HTML5 ini dapat membantu. Semoga berhasil!
[jasa-pembuatan-website]


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya