Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Server / Hosting Fungsi Web Server dan Cara Kerjanya

Fungsi Web Server dan Cara Kerjanya

-

Saat ini, internet menjadi sumber berbagai informasi sehingga banyak orang menggunakannya. Jika  menginginkan suatu informasi apa pun, seseorang dapat mencarinya di internet, kemudian tinggal menunggu informasi yang muncul, meskipun informasi yang didapatkan bisa sesuai harapan ataupun tidak.

Siapa yang memberikan informasi ini kepada kita dan bagaimana caranya? Semua ini difasilitasi oleh apa yang disebut sebagai Web Server. Bersamaan dengan itu ada browser sebagai aplikasi yang kita gunakan seperti Chrome, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Safari, dan sebagainya, untuk berinteraksi dengan website sehingga bisa menelusuri dan mengambil file di server web yang dikenal sebagai klien web.

Untuk lebih memahami apa fungsi web server? Bagaimana cara kerjanya? Yuk kita baca tulisan berikut.

Apa sih web server itu? Apa fungsi web server?

 
server-6

Artikel Terkait  9 Tips Menjaga Keamanan Web (Web Security)

Web server adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menerima permintaan yang dikirimkan oleh klaim melalui browser. Mesin yang menjalankan program ini biasanya disebut sebagai server.

Secara umum,  ketika memikirkan materi web server, orang mungkin menganggapnya sebagai beberapa komputer yang memiliki daya tinggi. Anggapan seperti itu sampai batas tertentu dapat dikatakan benar karena beberapa komputer berdaya tinggi pun disebut sebagai web server, tetapi komputer ini dibangun dengan tujuan web hosting. Di hosting web, server web memungkinkan penyedia hosting untuk menangani beberapa domain (atau beberapa website) di satu server. Yang harus dipahami di sini, ketika kita merujuk ke web server, itu berarti perangkat lunak yang dapat diunduh di sistem komputer. Dalam pembahasan ini, kita akan menekankan bahwa web server merupakan perangkat lunak.

Siapa saja yang membutuhkan web server?

 
server-3

Secara umum, web server digunakan oleh perusahaan hosting web dan pengembang aplikasi web profesional. Akan tetapi, sebenarnya siapa pun yang memenuhi salah satu kategori di bawah ini dapat menggunakannya, yaitu:

  • Orang yang memiliki situs web (untuk membuat salinan lokal pada sistem mereka menyerupai apa yang ada di internet).
  • Orang yang ingin menggunakan teknologi sisi server, seperti, PHP atau ColdFusion, juga dapat menggunakan server web.

Fungsi Web Server

 
server-5

Web server sesuai dengan penggunaannya memiliki beberapa fungsi. Jika Anda berencana untuk menggunakan layanan suatu web server, pastikan bahwa Anda sudah memahami dengan baik tentang fungsinya. Pemahaman ini akan membantu Anda untuk menentukan pilihan layanan terbaik yang bisa Anda gunakan untuk situs Anda.

Secara Sederhana

 
secara sederhana? Supaya kita mudah memahaminya, fungsi web server secara sederhana adalah pelayan atau pemberi layanan untuk web klien (browser) seperti Opera, Mozilla, Chrome, dan sebagainya. Tujuannya adalah agar browser bisa menampilkan halaman atau data sesuai dengan yang kita minta.

Fungsi Web Server yang Utama

 
Apa fungsi web server yang utama? Fungsi web server yang utama yaitu melakukan transfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang sudah ditentukan. Halaman web yang diminta bisa terdiri atas berkas teks, gambar, video, file dan sebagainya

Bagaimana Web Server Bekerja?

 
server-8

Bagaimana fungsi web server bekerja? Halaman di internet dapat dilihat ketika browser memintanya dari web server dan web server merespons dengan suatu halaman. Untuk menggambarkan cara kerja web server atau fungsi web server, kita bisa melihat proses sederhananya terdiri atas 4 langkah berikut, yaitu:

  • Memperoleh Alamat IP dari nama domain: Peramban website kita pertama-tama mendapatkan alamat IP nama domain diputuskan untuk. Itu bisa mendapatkan alamat IP dalam 2 cara yaitu dengan mencari di cache-nya dan dengan meminta satu atau lebih Server DNS (Domain Name System).
  • Browser meminta URL lengkap: Setelah mengetahui Alamat IP, browser sekarang menuntut URL lengkap dari server web.
  • Server web merespons permintaan: Server web merespons browser dengan mengirim halaman yang diinginkan, dan jika ada halaman yang tidak ada atau terjadi kesalahan lain, ia akan mengirim pesan kesalahan yang sesuai. Sebagai contoh: kita mungkin telah melihat kesalahan 404, saat mencoba membuka halaman website, yang merupakan pesan yang dikirim oleh server ketika halaman tidak ada. Yang umum lainnya adalah Kesalahan 401 ketika akses ditolak kepada kita karena kredensial yang salah, seperti nama pengguna atau kata sandi, yang diberikan oleh kita.
  • Browser menampilkan halaman web: Browser akhirnya mendapatkan halaman web dan menampilkannya, atau menampilkan pesan kesalahan.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Desa Murah | Desain Profesional

Walaupun cara kerja web server atau fungsi web server tersebut nampak rumit, namun dalam praktiknya proses ini berlangsung cepat sekali. Bahkan, kita sampai tak sadar bahwa ketika meminta halaman website, ternyata memerlukan proses yang panjang hingga halaman tersebut muncul.

Beberapa pertimbangan untuk memilih web server terbaik

 
server-7

Web server kerap menjadi bagian dari paket program terkait Internet dan intranet yang lebih besar untuk mengunduh permintaan untuk file Protokol Transfer File (FTP), melayani email, serta membuat dan menerbitkan halaman website. Pertimbangan dalam memilih web server, di antaranya:

  • seberapa baik kinerjanya jika dibandingkan dengan OS dan server lain;
  • kemampuannya menangani pemrograman sisi server;
  • karakteristik keamanan.

Pilihan web server yang populer

 
Ada beberapa web server yang tersedia, seperti, Apache, Microsoft IIS, Server Web Nginx, Server Web LightSpeed. Akan tetapi, dua yang paling populer, yaitu:

  • Apache HTTP Server: Ini adalah web server paling populer yang tersedia dan banyak digunakan. Ini dikembangkan dan dikelola oleh Apache Software Foundation. Perangkat lunak ini diproduksi di bawah Lisensi Apache, yang menjadikannya gratis dan open source. Apache pertama kali didesain untuk sistem operasi lingkungan UNIX. Apache memiliki program pendukung yang lumayan banyak. Hal ini memberikan layanan yang lumayan lengkap untuk penggunanya.Saat ini, Apache tersedia untuk berbagai Sistem operasi – Windows, Mac OS X, Unix, Linux, Solaris, Novell Netware dan FreeBSD.
  • Layanan Informasi Internet Microsoft: Microsoft IIS (Layanan Informasi Internet) adalah web server kedua yang paling populer digunakan, dan pangsa pasarnya meningkat cukup cepat setiap harinya dan kemungkinan akan merombak Apache di tahun-tahun mendatang. Server IIS memiliki semua fitur seperti Apache, tetapi tidak open source. Ini dikembangkan, dan dikelola oleh Microsoft, sehingga bekerja dengan semua platform sistem operasi Windows.

Artikel Terkait  Mengetahui Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakan Github (Lengkap)

Kesimpulan tentang Fungsi Web Server

 
Meringkas itu semua, web server dapat digunakan oleh individu atau oleh perusahaan penyedia hosting web. Dalam hal seseorang melakukannya, ia akan secara lokal meng-hosting website hanya pada sistemnya sendiri (yaitu, konten website hanya dapat diakses di sistem lokal dan bukan di sistem lain), sedangkan ketika perusahaan penyedia hosting menampung mereka , website dapat dilihat oleh siapa saja di seluruh dunia. Seseorang juga dapat meng-host websitenya secara publik dengan web servernya, tetapi untuk itu seseorang harus menggunakan koneksi internet garis (untuk mendapatkan alamat IP khusus) dan server DNS untuk menghubungkannya dengan domain website (umumnya tidak disukai karena keamanan alasan).
[jasa-pembuatan-website]


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya