Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Laravel Belajar Membuat Login dan Register di Laravel 8 |...

Belajar Membuat Login dan Register di Laravel 8 | Seri Belajar Laravel

-

Selamat datang di seri Laravel tutorial dari Appkey! Kali ini, kami akan memperkenalkan bagaimana cara membuat login dan register dengan Laravel versi terbaru, alias Laravel 8.

Namun apa itu fitur login dan register? Apa kegunaan fitur-fitur ini sehingga kita harus mempelajari cara membuat login dan register dengan Laravel?

Pada dasarnya, setiap aplikasi harus mempunyai fitur form login untuk bisa beroperasi dengan baik. Form login ini memegang peranan yang sangat penting dalam kinerja aplikasi, sebab dapat digunakan untuk melakukan pengelolaan database dengan metode CRUD (create, read, update dan delete) pada apps.

Form register juga tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan login, karena hanya dengan form register sajalah user (pengguna) apps dapat mendaftarkan dirinya untuk bisa memakai aplikasi.

Form login dan register tidak serta merta ada dalam aplikasi – melainkan Anda lah yang harus membuatnya sendiri. Membuat kedua form ini sesungguhnya tidak sulit. Kini sudah ada cara membuat login dan register dengan Laravel.

Sudah penasaran bagaimana cara membuat login dan register dengan Laravel? Yuk langsung kita simak pembahasan lengkapnya dalam seri Laravel tutorial dari Appkey berikut ini.

Selamat membaca!

Laravel Tutorial: Cara Membuat Login dan Register dengan Laravel

Laravel adalah framework yang sangat kaya akan fitur dan kegunaan. Oleh sebab itu, wajar saja jika ada banyak rangkaian seri Laravel tutorial yang bisa Anda baca dan pelajari untuk menyempurnakan pengetahuan Anda tentang Laravel. Salah satu Laravel tutorial tersebut adalah tentang membuat form login dan register.

Artikel Terkait  Apa Itu Enkripsi dan Bagaimana ini Melindungi Data Anda?
Artikel Terkait  Apa Itu Bounce Rate? Berikut Cara Meningkatkannya

Terlebih saat ini kita punya Laravel versi 8, yang merupakan Laravel versi terbaru. Dibandingkan dengan Laravel versi sebelumnya, Laravel 8 mempunyai fitur dan pendekatan yang sangat berbeda termasuk untuk membuat form login dan register.

Dari dulu kita sudah memahami bahwa membuat form login dan register di Laravel sangat mudah: cukup ketikkan kode artisan php artisan make:auth. Dengan Laravel 8, terdapat sedikit perbedaan untuk membuat form login dan register ini. Meski demikian, pembuatan login dan register tersebut tetaplah simpel bahkan lebih simpel jika dibandingkan memakai Laravel versi sebelumnya.

Yuk siapkan catatan Anda dan mari kita mulai Laravel tutorial membuat form login dan register dengan Laravel 8:

Instalasi Laravel: Konfigurasi Database dan Mengatasi Error Database

Mula-mula, tentunya kita harus mulai dengan melakukan instalasi Laravel 8. Jika Anda belum mempunyai Laravel versi 8, sebelumnya, Anda harus memastikan versi PHP yang terpasang di web server Anda saat ini adalah 7.3 atau ke atas.

Untuk instalasi Laravel 8, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka Command Line > jalankan command:

composer create-project –prefer-dist laravel/laravel laravel8-authentication

  1. Begitu proses selesai > buka file .env
  2. Konfigurasi database dengan kode:
    DB_CONNECTION=mysql DB_HOST=127.0.0.1 DB_PORT=3306 DB_DATABASE=laravel-8 DB_USERNAME=root DB_PASSWORD=toor
  3. Pada tahap no 3, Anda bisa memasukkan nama database milik sendiri (di variabel DB_DATABASE). Sertakan pula username (variabel: DB_USERNAME) dan password (variabel: DB_PASSWORD)
  4. Lakukan ‘Run Migration’

Sebagai catatan, untuk menghindari terjadinya error pada database saat proses run migration, Anda bisa melakukan konfigurasi lebih lanjut pada database mengikuti langkah-langkah di bawah:

  1. Buka php
  2. Tambahkan kode ini pada bagian methode boot():

public function boot() { Schema::defaultstringLength(191); }

  1. Tambahkan use statement: use Illuminate\Support\Facades\Schema;
  2. Jalankan migration di command line memakai kode: php artisan migrate
Artikel Terkait  Jasa Desain Web dan Buat Situs Profesional
Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Desa Murah | Desain Profesional

Jika sudah sukses, maka Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yakni proses instalasi jetstream.

Instalasi Laravel Jetstream

laravel-8Tahap kedua dalam Laravel tutorial membuat form login dan form register adalah melakukan proses instalasi jetsream. Apa itu jestream? Jetstream adalah salah satu ‘pesawat’ yang ditawarkan oleh framework Laravel.

Laravel Jetstream merupakan salah satu komponen yang selalu ada pada framework ini. Jetstream didesain menggunakan Tailwind CSS. Dengan memakai Jetstream, Anda bisa mendapatkan 2 pilihan scaffolding pelengkap berupa Intertia atau Livewire.

Pada Laravel versi 8 sendiri, Laravel Jetstream sudah dilengkapi dengan aneka tambahan fitur-fitur terkini yang jauh lebih canggih dibandingkan pada Laravel versi sebelumnya.

Beberapa fitur Laravel Jetsream versi 8 antara lain fitur e-mail verification, fitur login, fitur registration, autentikasi dua arah (two-factor authentication), dan fitur management yang terbagi menjadi dua jenis yakni fitur team management dan fitur session management. Selain itu semua, Laravel Jetstream dilengkapi dengan API Support khusus yang sudah di-cover oleh Laravel Sanctum.

Lakukan instalasi pada Laravel Jetstream menggunakan langkah-langkah runut berikut:

  1. Buka command line > run (jalankan) command.
  2. Jalankan command memakai kode: composer require laravel/jetstream
  3. Tunggu sejenak hingga proses instalasi selesai.
  4. Begitu proses instalasi selesai dilakukan, lanjutkan dengan instalasi salah satu jenis scaffolding pendukung: Inertia atau Livewire. Sebagai contoh, kami memilih menggunakan instalasi scaffolding pendukung Livewire.
  5. Instal scaffolding Livewire memakai kode pemrograman berikut:

php artisan jetstream:install livewire

  1. Sebab memakai scaffolding Livewire, maka untuk proses kompilasi (compile) JavaScript dan CSS dilakukan dengan kode-kode pemrograman berikut: command npm install && npm run dev

Membuat Fitur Form Login dan Register di Laravel 8

laravel-8-3

Setelah instalasi Laravel Jetstream dan scaffolding selesai, kini kita tinggal menyelesaikan pembuatan form login dan form register di Laravel 8. Untuk membuat form login dan form register di aplikasi dengan Laravel 8 sesungguhnya tidak sulit.

Artikel Terkait  Cara Membuat Link WA (WhatsApp) Menuju Chat Langsung
Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Online Shop Terbaik dan Profesional

Anda hanya perlu untuk menjalankan kode pemrograman berikut: command php artisan migrate.

Langkah-langkah lengkapnya antara lain:

  1. Jalankan command > command php artisan migrate
  2. Kode di atas akan digunakan untuk mengeksekusi migration baru yang sudah di-generate.
  3. Migration ini digunakan untuk melakukan handling dari two factor authentication (autentikasi dua arah).
  4. Gunakan Laravel Sanctum dan session management untuk melakukan API Authentication.
  5. Begitu selesai, buka command line kembali.
  6. Jalankan command php artisan serve
  7. Buka browser.
  8. Akses http://localhost:8000

Jika semua tahap sudah dilaksanakan dengan baik, maka Anda akan menemukan fitur menu login dan menu register telah tercipta otomatis pada aplikasi. Mudah sekali, bukan?

Itulah Laravel tutorial seri cara mudah dan praktis dalam membuat menu login dan menu register di aplikasi dengan memakai Laravel versi 8.

Laravel versi 8 ini memang sangat mempermudah dan amat membantu kita dalam melakukan pemrograman sebab segala sesuatu yang kita butuhkan sudah tersedia lengkap di dalamnya.

Hanya dengan langkah-langkah sederhana dan instalasi yang ringkas, kita sudah bisa membuat menu login dan menu register. Sangat praktis, ya!

Demikianlah pembahasan seri Laravel tutorial dari kami kali ini. Semoga referensi dari kami mampu membantu menambah wawasan dan pemahaman Anda tentang Laravel. Nantikan lebih banyak seri belajar Laravel dan bahasa pemrograman lainnya hanya dari Appkey.id. Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya