Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Aplikasi Game Cara Membuat Game Multiplayer Android Sederhana Tanpa Ngoding

Cara Membuat Game Multiplayer Android Sederhana Tanpa Ngoding

-

Dewasa ini, banyak orang tertarik untuk membuat game. Berkat kehadiran era smartphone dan gadget mini lainnya seperti komputer tablet, kini ada semakin banyak orang yang gemar bermain game online.

Beraneka ragam game pun dapat didownload secara lebih mudah, praktis dan gratis hanya dari Google Play Store saja. Hal ini jelas jauh berbeda dibandingkan pada zaman dahulu dimana kita harus membeli kaset game atau menyewa di rental untuk bisa bermain.

Segala kepraktisan dan tingginya permintaan game di masyarakat inilah yang menjadikan banyak developer tertarik untuk mengembangkan game. Bahkan dengan kehadiran sistem server pun, banyak developer bisa berinovasi dengan menciptakan game multiplayer android.

Game multiplayer android belakangan ini sedang naik daun di kalangan masyarakat seluruh dunia karena bisa dimainkan secara bersama-sama dan dinilai jauh lebih asyik ketimbang permainan single player.

Permainan berbasis multiplayer biasanya diwujudkan dalam bentuk permainan RPG. Kini ada pula sub genre dari permainan RPG tersebut, yaitu game MMORPG.

Dibandingkan dengan RPG, game MMORPG jauh lebih sulit untuk dibuat sebab sampai hari ini, game MMORPG masih perlu untuk dikembangkan oleh para programmer ahli dengan biaya, tenaga dan waktu yang tidak sedikit.

Di sisi lain, game multiplayer android RPG ternyata jauh lebih mudah dibuat. Bahkan ada cara membuat game online di HP android yang mudah dan tanpa coding sekalipun!

Penasaran bagaimana cara membuat game multiplayer android? Yuk kita simak bersama-sama cara membuat game multiplayer android termudah dari kami pada artikel berikut ini. Selamat membaca!

Cara Membuat Game Multiplayer untuk Pemula: Ngoding dan Tanpa Ngoding

game-multiplayer

Pada dasarnya, membuat game multiplayer android memang mirip dengan membuat aplikasi android pada umumnya. Namun jika ditelusuri lebih lanjut, terdapat perbedaan pada cara membuat game online di HP android dengan membuat aplikasi android biasa.

Game multiplayer android dikenal juga dengan nama RPG. RPG adalah singkatan (akronim) Role Playing Game. Tipe game RPG sangat terkenal di masyarakat sebab dapat dimainkan multiplayer, berbasis online dan ringan dijalankan pada beragam jenis gadget.

Ada banyak tema dari game multiplayer android RPG ini, seperti Pokemon, Among Us, Mobile Legend, PUBG dan lain sebagainya.

Apakah Anda juga ingin membuat game multiplayer android milik sendiri? Banyak orang berpikir bahwa untuk bisa membuat game sendiri, maka ia harus mempunyai kemampuan dasar coding (menulis bahasa pemrograman) terlebih dahulu.

Hal ini memang benar, namun di samping itu, ternyata ada cara membuat game online di HP android tanpa memerlukan kemampuan coding. Seperti apa?

Berikut ini kami akan membahas cara membuat game multiplayer android dengan cara ngoding memakai Android Studio dan tanpa ngoding memakai software RPG Maker.

Artikel Terkait  Point Penting untuk Membuat Aplikasi yang Bisa Digunakan Sehari-hari?

Membuat Game RPG Tanpa Ngoding: RPG Maker

pokemonGo

Untuk mengaplikasikan cara membuat game online di HP android tanpa ngoding, Anda akan membutuhkan tools atau software bernama RPG Maker. RPG Maker adalah software yang sudah menyediakan alur logika untuk membuat game multiplayer android sendiri. Jadi, Anda tetap bisa membuat game sendiri meskipun Anda tidak punya atau belum begitu mahir menguasai teknik-teknik coding dan juga menggambar karakter dalam permainan RPG.

RPG Maker dapat dipakai untuk membuat aneka game online android, iOS, Windows, hingga HTML5 di browser. Software ini juga menyediakan aneka fitur pembangunan game RPG seperti resolusi tampilan tinggi, mendukung kontrol mouse dan touchscreen, event system yang sederhana, map editor, pemaksimalan database, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa memakai RPG Maker, Anda akan membutuhkan perangkat dengan spesifikasi minimal:

  • HDD 2GB
  • RAM 2GB
  • CPU Intel Core 2 Duo
  • OS Windows 7 sampai 10 (32 bit atau 64 bit) atau Mac OS X versi 10.10 ke atas
  • Display screen 1.280 x 768 ke atas
  • Graphics OpenGLR

Sebab RPG Maker sudah menyediakan algoritma pemrograman sendiri, maka dengan software ini, Anda cukup melakukan penambahan dan mengedit database game buatan memakai RPG Maker. Semua fitur yang sudah disediakan langsung memfasilitasi Anda untuk mengedit karakter pemain beserta tampilannya dengan template yang ada.

Anda bisa sekalian menambahkan parameter skill karakter, jenis-jenis senjata atau aksesoris karakter, peta pemainan, musuh, dan jalan cerita. Semuanya semudah mengklik tambah dan edit!

Artikel Terkait  Docker Adalah : Pengertian, Sistem Kerja dan Keunggulannya

Membuat Game RPG dengan Ngoding Simple: Android Studio

amongUS

Jika Anda ingin mencoba membuat game multiplayer android sembari belajar ngoding, maka Anda bisa mencoba membangun aplikasi game memakai Android Studio. Android Studio memang terkenal sebagai software IDE yang digunakan untuk membangun aneka aplikasi Android.

Semisal Anda sudah mempunyai pengetahuan dasar pemrograman, maka kami sangat sarankan untuk mengasah pengetahuan Anda dengan ngoding game multiplayer sederhana menggunakan Android Studio.

Untuk membuat game multiplayer sederhana dengan Android Studio, Anda tentunya harus mulai dengan melakukan instalasi Android Studio dan Android SDK. Dua software ini adalah tools dasar untuk membuat aplikasi android yang juga memberikan akses ke hardware melalui sistem standar Vulkan dan API OpenGL.

Agar bisa mengoperasikan Android Studio, Anda minimal harus menguasai bahasa pemrograman Java.

Kemudian, Anda bisa menggunakan software Unreal atau Engine Unity yang digabungkan dengan IDE Android Studio untuk menciptakan desain tampilan visual game yang menarik. Penggabungan software-software inilah yang menjadikan proses ngoding game android berbeda dan sedikit lebih kompleks dibandingkan saat ngoding aplikasi android biasa.

Unreal dan Engine Unity (Unity) mempunyai kegunaan yang berbeda, tergantung pada tipe game yang hendak Anda buat. Unity memakai bahasa pemrograman C# yang cocok untuk membangun game virtual 2D yang simpel dan tidak akan memakan banyak daya baterai saat dioperasikan.

Sementara Unreal lebih cocok jika Anda ingin mengembangkan game 3D dengan detail grafis yang lebih kompleks.

Jika semua kebutuhan sudah disiapkan, kini Anda bisa mulai mengembangkan game dengan memakai tool-tool tersebut. Anda harus mulai dari mengembangkan “badan” aplikasi terlebih dahulu (sisi back end) dengan Android Studio dan bahasa pemrograman Java.

Kemudian, penyusunan diselesaikan dengan memprogram tampilan (sisi front end) game memakai Unity atau Unreal. Di sini pula Anda baru bisa menambahkan efek-efek lain seperti logo developer, sound effect, musik, dan lain sebagainya.

Demikianlah cara untuk membuat game multiplayer android sederhana. Apapun metode yang Anda pilih untuk gunakan saat membuat game multiplayer di smartphone android nantinya, kami sarankan untuk Anda sebaiknya membuat rancangan game terlebih dahulu. Mulailah dari menentukan konsep game yang hendak dibuat.

Seperti apa kira-kira ide game Anda, genre yang hendak diusung dalam permainan, dan seperti apa pula tantangan serta alur cerita yang harus dihadapi oleh para pemain.

Dari sanalah nanti Anda bisa menemukan sejumlah keunggulan dan keunikan dari game yang Anda kembangkan. Setelah mempunyai konsep game pun, Anda juga dapat lebih mudah menentukan tools terbaik untuk mengoptimalkan proses pengembangan game. Bagaimana, sudah siap untuk mencoba membangun game online android sendiri?

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini. Temukan lebih banyak referensi terkait mengembangkan game online dan artikel tentang dunia IT lain hanya dari Appkey.id! Sampai jumpa lagi di artikel edisi berikutnya.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya