Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteTeknologi WebPayment Gateway : Cara Integrasinya Pada Web dan Aplikasi!

Payment Gateway : Cara Integrasinya Pada Web dan Aplikasi!

-

Last Updated on June 26, 2023 by

Banyak situs web dan aplikasi saat ini yang menawarkan kemudahan pembelian produk dan pembayaran online. Amazon, eBay, dan BestBuy adalah situs eCommerce paling populer. Integrasi payment gateway menjadi bagian penting dalam proses pengembangan pasar online karena membantu pemilik situs web menerima pembayaran online.

Pada artikel kali ini akan dibahas pengertian payment gateway, pilihan yang paling populer, cara memilih yang terbaik, dan bagaimana cara mengintegrasikannya ke dalam situs web maupun aplikasi mobile. Mari simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

Apa itu Payment Gateway?

payment gateway

Payment gateway adalah layanan yang menjembatani antara pedagang dan pelanggan saat adanya transaksi pembelian secara online. Pengguna perlu mengklik tombol pembelian, membagikan detail kartu debit atau jenis data pembayaran lainnya, dan membayar produk atau layanan. Proses pembayaran cepat dan tanpa hambatan bagi pembeli.

Bagaimana Cara Kerja Payment Gateway?

Gateway mengumpulkan informasi pembayaran, mengenkripsinya, memeriksa apakah metode pembayaran valid, dan mentransfer data ke prosesor pembayaran. Prosesor mentransfer semua data ke bank penerbit untuk memproses pembayaran. Akibatnya, uang ditarik dari akun pelanggan dan dikirimkan ke akun pedagang.

Perlu dicatat bahwa penyedia layanan gateway pembayaran biasanya memiliki prosesor pembayaran in-built. Oleh karena itu, payment gateway dianggap sebagai perangkat lunak fintech lengkap yang mengumpulkan data pembayaran pelanggan dan membebankan mereka.

Jenis Gateway Pembayaran

Layanan pembayaran ini dibagi menjadi dua jenis yang paling umum. Berikut dua jenis layanan pembayaran yang harus diketahui.

payment gateway

Hosted Payment Gateway

Jenis yang satu ini adalah jenis gateway pembayaran yang paling populer. Solusi hosted disediakan oleh perusahaan pembayaran pihak ketiga. Untuk menyelesaikan pembayaran, pengguna dialihkan ke situs web eksternal setelah membagikan detail kartu debit atau detail pembayaran lainnya.

Artikel Terkait  Google Drive: Yuk Simak Pengertian dan Keunggulannya!

Non-Hosted Payment gateway

Jenis ini membutuhkan pemilik situs web untuk mengimplementasikan layanan gateway di server. Pengguna dapat membagikan detail kartu debit mereka langsung di situs web. Payment gateway non-hosted menghapus kebutuhan untuk mengarahkan pengguna ke situs web eksternal.

Cara Memilih Layanan Gateway Pembayaran Terbaik

Jangan ragu untuk melakukan riset di internet tentang payment gateway yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah petunjuk untuk mengevaluasi dan memilih yang terbaik untuk diintegrasikan ke website.

1. Pilih Jenis Payment Gateway

Analisis kebutuhan dan tentukan jenis gateway pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan website maupun aplikasi. Analisis pro dan kontra dari integrasi sistem pembayaran yang di-hosting dan non-hosting untuk membuat keputusan yang tepat. Pengguna juga dapat mengevaluasi keamanan dari gateway yang dipilih

Untuk mengevaluasi keamanan dari gateway, pengguna dapat memeriksa fitur keamanan mulai dari enkripsi data, kepatuhan PCI DSS, deteksi penipuan, otentikasi multi faktor (MFA), transaksi elektronik aman (SET), tokenisasi, 3D secure, serta sertifikasi SSL.

2. Periksa Fitur Layanan Gateway Pembayaran

Banyak payment gateway menawarkan sejumlah besar fitur khas yang membawa fungsionalitas yang membantu. Evaluasi terhadap fitur-fitur tersebut diperlukan untuk memastikan kemudahan dalam menggunakannya. Fitur gateway yang dapat diperiksa seperti integrasi prosesor pembayaran, penagihan berkala serta pelaporan dari gateway.

Gateway pembayaran harus dapat berintegrasi dengan platform eCommerce yang digunakan. Jika menggunakan solusi khusus, pengguna mungkin perlu memastikan bahwa API gateway dapat berfungsi dengan teknologi yang digunakan. Pertimbangkan juga apakah gateway pembayaran cocok dengan model bisnis.

3. Biaya dan Struktur Harga

Setiap payment gateway memiliki struktur harga yang berbeda. Beberapa mungkin mengenakan biaya per transaksi, sementara yang lain mungkin memiliki biaya bulanan. Pastikan untuk memahami semua biaya yang mungkin terlibat sebelum memilih gateway yang tepat.

4. Bantuan dan Dukungan Pelanggan

Dukungan pelanggan yang baik sangat penting. Pastikan perusahaan gateway pembayaran memiliki dukungan yang responsif dan membantu jika mengalami masalah. Penyedia layanan gateway pembayaran harus memiliki saluran komunikasi yang mudah seperti telepon, email, atau chat langsung.

Artikel Terkait  10 Alat Asisten Virtual AI, Manakah yang Terbaik?

5. Tinjauan dan Reputasi

Langkah terakhir dalam memilih gateway adalah pastikan untuk memeriksa ulasan online dari gateway pembayaran. Lihat apa yang dikatakan pelanggan lain tentang keandalan dan kinerja gateway, serta pengalaman mereka dengan dukungan pelanggan.

Cara Mengintegrasikan Gateway Pembayaran Pada Website

Adanya payment gateway sangat penting bagi website seperti e-commerce untuk mengatasi pembayaran dari pengguna. Berikut langkah untuk mengintegrasikan gateway pembayaran pada website.

Persiapan Integrasi Gateway Pembayaran

Sebelum memulai mengintegrasikan, pengguna perlu mempersiapkan beberapa hal untuk integrasi gateway pembayaran yang lancar. Berikut langkah-langkah yang dapat diikuti.

  1. Pilih Gateway: Analisis secara mendalam gateway pembayaran yang telah disingkirkan dengan menggunakan petunjuk ini, lalu pilihlah salah satu yang sesuai dengan kebutuhan dari website dan model bisnis.
  2. Pasang Sertifikat SSL: Semua situs web yang mengumpulkan dan mentransfer informasi pembayaran dan data sensitif lainnya harus menggunakan Secure Sockets Layer (SSL) untuk dienkripsi. Pastikan bahwa sertifikat SSL telah terpasang di situs dan situs hanya dapat diakses melalui protokol HTTPS.
  3. Buka Akun Pedagang: Hubungi bank dan minta untuk membuka akun pedagang. Pengguna mungkin perlu memberikan bukti bahwa bisnis tersebut sah untuk membuka akun bank bisnis.
  4. Perekrutan Pengembang: Tergantung pada gateway pembayaran yang dipilih, pengguna mungkin perlu memperbarui basis kode situs, mengkonfigurasi integrasi API, atau membangun solusi non-hosted lengkap. Pelajari dokumentasi gateway pembayaran yang dipilih dan rekrut pengembang perangkat lunak dengan keahlian teknis yang diperlukan.

Mengonfigurasi Gateway Pembayaran

Setelah memilih gateway pembayaran, pengguna harus menemukan petunjuk rinci untuk mengonfigurasi fungsionalitas baru. Berikut adalah petunjuk implementasi tiga gateway pembayaran yang paling populer.

  • PayPal: Menjadi gateway yang paling populer dan menawarkan solusi berguna untuk bisnis dalam menerima pembayaran. Pengguna perlu membuat akun bisnis PayPal dan mengonfigurasikannya. Ada dua cara untuk mengintegrasikan gateway pembayaran PayPal ke dalam situs web yaitu tombol PayPal standar dan checkout lanjutan.
  • Stripe: Gateway pembayaran kedua yang paling populer dengan dokumentasi lengkap dan lingkungan kode rendah untuk mengintegrasikan solusi. Stripe juga menawarkan kesempatan untuk menambahkan integrasi Apple Pay dan Google Pay ke situs web.
  • Amazon Pay: Amazon adalah toko online terbesar yang telah mengembangkan gateway pembayaran sendiri untuk membantu pedagang menerima pembayaran. Ada dua cara populer konfigurasi Amazon Pay: menggunakan plugin pre-built atau melakukan checkout sekali dan pembayaran berulang.
Artikel Terkait  Apa Itu Sitemap? Fungsi dan Cara Membuatnya

Menguji Gateway Pembayaran

Setelah mengambil semua langkah pengujian gateway pembayaran yang diperlukan, pengguna dapat menambahkan solusi ke lingkungan live. Meskipun demikian, disarankan juga untuk melakukan uji pembayaran menggunakan kartu debit asli untuk memastikan bahwa klien tidak akan mengalami masalah.

Cara Mengintegrasikan Gateway Pembayaran di Aplikasi Mobile

Mengintegrasikan gateway pembayaran ke dalam aplikasi mobile adalah proses yang rumit dan memerlukan keahlian teknis. Pengguna perlu memasukkan Software Development Kit (SDK) yang disediakan oleh vendor dan mengatur fungsi checkout. Berikut petunjuk umum untuk mengintegrasikan gateway pembayaran ke dalam aplikasi mobile:

  1. Persiapan Integrasi: Langkah pertama adalah mempersiapkan proyek untuk integrasi. Langkah Ini biasanya melibatkan membuat akun pengembang dengan vendor gateway pembayaran, mendapatkan kunci API, dan mendownload SDK yang relevan.
  2. Integrasi SDK: Setelah memiliki semua yang dibutuhkan, pengguna kemudian perlu mengintegrasikan SDK pada proyek aplikasi mobile yang dibangun. Ini biasanya melibatkan menambahkan file dan kode tertentu pada proyek.
  3. Konfigurasi Gateway Pembayaran: Setelah SDK diintegrasikan, pengguna perlu mengonfigurasi gateway pembayaran. langkah ini melibatkan mengatur metode pembayaran yang didukung, mata uang, dan detail lainnya.
  4. Uji Integrasi: Setelah gateway pembayaran dikonfigurasi, pengguna harus menguji integrasi. Ini akan melibatkan uji transaksi untuk memastikan bahwa segalanya berjalan dengan baik.
  5. Rilis Aplikasi: Setelah yakin bahwa segalanya berjalan dengan baik, pengguna dapat merilis aplikasi. Pastikan untuk memantau performa gateway pembayaran setelah rilis untuk memastikan bahwa segalanya terus berjalan dengan lancar.

Kesimpulan

Payment gateway merupakan layanan yang penting dan mengintegrasikannya pada web dan aplikasi mobile menjadi proses penting namun kompleks yang melibatkan beberapa langkah penting. Setiap gateway pembayaran dan platform aplikasi mobile maupun web mungkin memiliki instruksi spesifik dan berbeda, jadi penting untuk merujuk ke dokumentasi resmi untuk petunjuk yang paling akurat dan up-to-date.

Bagaimana dengan artikel diatas? Menarik bukan? Nantikan update kami selanjutnya ya! See you!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya