Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
URL Adalah : Pengertiannya yang Tidak Banyak Orang Tahu
Url adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, yaitu rangkaian karakter yang memiliki format tertentu yang digunakan untuk menunjukan alamat website. Simak selengkapnya disini!
22674
post-template-default,single,single-post,postid-22674,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
url-adalah

URL Adalah : Pengertiannya yang Tidak Banyak Orang Tahu

Dewasa ini hampir setiap orang memiliki smartphone dan dapat mengakses internet hanya dengan sentuhan jari mereka. Tujuan aksesnya pun beragam, mulai dari keperluan pribadi, bisnis atau keperluan pekerjaan. Banyak dari pertanyaan sederhana yang Anda temukan dapat terjawab dengan mencarinya di internet. Semua ini dapat Anda nikmati manfaatnya berkat adanya Internet. Tapi sadarkah Anda bahwa hampir semua informasi yang Anda cari di internet berasal dari halaman tertentu dari sebuah website? Seperti halaman ini yang memiliki URL appkey.id/blog/url-adalah, hampir tiap informasi yang Anda cari di internet menampilkan dan memiliki URL berbeda yang akan mengarahkan penggunannya ke halaman tertentu yang ingin dituju.

Apa Itu URL ? Kepanjangan URL

 

Artikel Terkait  Daftar Domain: Harga dan Syarat Pendaftarannya

apa-itu-url 

Kepanjangan URL adalah uniform resource locator. Pengertian URL sendiri secara umum adalah lokasi dari website spesifik, halaman atau file di internet. Berbeda dari nama domain yang merupakan bagian dari URL yang lebih ramah pengguna sedangkan URL adalah rangkaian informasi lokasi atau keseluruhan alamat internet dari sebuah website. Untuk lebih mudah memahami apa itu URL, mari kita gunakan halaman ini sebagai contoh: jika Anda menekan enter URL appkey.id/blog/url-adalah pada browser web Anda, URL tersebut akan membawa Anda ke halaman ini. Tapi jika Anda menekan enter pada browser web Anda hanya dengan https://appkey.id/blog, Anda akan diarahkan menuju ke halaman utama blog dari website ini.

Untuk menambah pengetahuan pembaca mengenai URL, tulisan di bawah akan menjelaskan 3 bagian penting dari URL untuk pengguna umum yang diharapkan bisa menjawab dari pertanyaan terkait definisi URL :

Protokol

 
Secara umum, protokol adalah yang mengatur bagaimana browser pengguna berinteraksi dengan server website untuk mengirim dan menerima informasi. Terdapat 2 jenis protokol yang sudah lumrah digunakan sebagai protokol; http:// dan https://. Umumnya, tiap website telah menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP), tapi dengan seiring berkembangnya teknologi, banyak website yang mengadopsi Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) yang memiliki fungsi sama tapi lebih aman karena protokol ini meng enkripsi data bolak-balik antara server dan browser yang ditunjukan pada web browser dengan gembok berwarna hijau.

Nama Domain

 
Nama domain atau domain name adalah bagian yang paling mudah diidentifikasi dari sebuah website. Ambil contoh URL lengkap dari:

https://appkey.id/blog/autentikasi-google-play/

Seperti yang dapat kita lihat, appkey.id pada URL diatas merupakan nama domain yang berfungsi sebagai pengidentifikasi dari website tertentu, yang pada umumnya akan membawa Anda langsung ke halaman utama jika tidak ada yang ditambahkan dibelakang nama domain.

Penting untuk diketahui bahwa nama domain juga terdiri dari dua bagian kecil, nama domain, dan Top-Level Domain (TLD) yang pada dasarnya adalah penunjuk .com, .org, atau .net diakhir dari nama domain. Hal ini akan berpengaruh saat Anda membuat website Anda sendiri.

Path dari URL Tersebut

 
Bagian setelah TLD sering disebut dengan path. Hal ini dikarenakan bagian tersebut membawa user ke bagian tertentu dari sebuah website.

Pentingnya URL dalam Sebuah Website

 
Setelah mengetahui 3 poin penting dari URL, kita akan membahas pentingnya URL dalam sebuah website. Dengan berkembangnya fungsi website, idealnya tiap pemilik website ingin agar websitenya mendapat traffic website yang bagus terlepas dari tujuan dibuatnya website itu sendiri. Hal tersebut dapat dicapai oleh pemilik web dengan struktur URL yang baik. Berikut dijelaskan mengapa pentingnya sebuah URL dan struktur URL yang baik

  1. URL sering digunakan sebagai teks untuk merujuk ke suatu website
  2. URL biasanya dicetak sebagai bahan marketing seperti kartu bisnis,flyer dan email
  3. URL merupakan salah satu faktor penentu dalam perankingan Anda dalam pencarian internet
  4. URL dapat menjadi salah satu identitas brand awareness Anda.

 

Yang Harus Dipertimbangkan dalam Membuat Struktur URL

 

penting-dalam-url 

WWW atau Bukan WWW?

 

Artikel Terkait  Proxy Server Adalah Komputer Server | Bagaimana Cara Kerjanya?

Dikarenakan  http://www.namadomainanda.com dan http://namadomainanda.com merupakan 2 website yang berbeda, Anda harus konsisten dalam mengkomunikasikan nama website Anda. Mana yang lebih baik antara WWW atau non-WWW? Tidak ada jawaban pasti, kuncinya adalah konsistensi. Pastikan Anda mengecek website Anda di Google untuk mengetahui URL utama apa yang mereka gunakan. Jika Google mendaftarkannya sebagai WWW atau tanpa WWW, makan Anda harus menyesuaikan usaha dan konsistensi Anda ketimbang harus mengubah algoritma perangkingan Google.

Tanda Hubung atau Garis Bawah

 
Meskipun tidak ada perbedaan kasat mata yang dapat dilihat dari penggunaan tanda hubung atau garis bawah dalam kemampuan perangkingan website Anda, sangat dianjurkan untuk menggunakan tanda hubung karena alasan pengalaman pengguna. Ketika URL yang menggunakan garis bawah, di link-an, hampir selalu garis bawahnya tertutupi oleh ‘underline’ dari link tersebut yang jika dilihat oleh user, akan tampak seperti spasi. Kurangnya satu karakter dalam URL merupakan suatu langkah yang salah dalam struktur URL yang baik karena, jika diketikkan kedalam search bar akan membawa user ke link yang rusak dan mengirimkan user ke halaman error.

URL dengan Huruf Campuran

 
Dikarenakan huruf kapital dan huruf kecil dianggap sebagai 2 URL yang berbeda, Anda harus berhati-hati dalam pengkapitalan URL Anda. Jika memungkinkan, selalu hindari menggunakan huruf kapital dalam pembuatan struktur URL.

Buat URL Gampang Diingat

 
Dengan banyaknya sumber informasi yang tersedia di internet, sangat memungkinkan bagi pengguna untuk kehilangan jejak informasi yang telah didapatkan sebelumnya. Mengingat fungsi URL,dimana URL adalah lokasi dari website spesifik, halaman atau file di internet akan lebih menguntungkan jika calon pengunjung website Anda telah mengingat URL yang telah Anda buat dengan sesederhana mungkin.

Kaya akan Kata Kunci

 
URL yang Anda miliki akan memiliki peranan penting dalam memberikan konten Anda dalam perjalanan user dalam query mesin pencarian mereka. Jika memungkinan, selalu masukkan kata kunci kedalam URL Anda.

Hindari Penggunaan Angka dalam URL

 
Penggunaan CMS atau content management system dapat membuat peng-input an data menjadi lebih mudah, tetapi sama halnya dengan huruf besar pada URL, angka bukanlah sesuatu yang ramah pengguna. Ada beberapa situasi dimana angka mungkin dapat diterima tapi sebisa mungkin dihindari.

Submit URL Webmaster

 

submit-url 

Hal terakhir yang Anda harus ketahui jika Anda serius mempelajari URL atau ingin membuat website Anda sendiri dengan struktur URL yang baik, Anda harus melakukan submit URL webmaster atau yang sekarang lebih dikenal dengan Google Search Console. Google Search Console merupakan sebuah layanan gratis dari Google yang dapat membantu Anda untuk memantau, memelihara dan memecahkan masalah keberadaan Anda dalam hasil pencarian google. Hal ini juga dapat menunjang Search Engine Optimization (SEO) mengingat URL telah menjadi bagian penting dari sebuah SEO.

Artikel Terkait  Firebase Adalah? Memahami Penggunaan Firebase dalam Pengembangan Aplikasi

Singkatnya SEO merupakan aksi atau praktek optimasi website Anda sehingga memungkinkan search engine untuk menilai kelayakan website Anda ditampilkan di posisi teratas dalam hasil pencarian. Struktur URL yang baik dapat menjadi salah satu faktor penentu dari keberhasilan SEO suatu website. Beberapa  pertimbangan dalam memiliki struktur URL yang baik dan dapat mempengaruhi kinerja dari SEO website Anda:

Meningkatkan Pengalaman Pengguna

 
Jika di desain dengan benar, struktur URL yang baik dapat menguntungkan manusia dan mesin pencari (search engine). Struktur URL yang baik dapat membantu pengguna untuk memahami landing page yang akan dituju serta memahami apa informasi yang didapat dan secara langsung meningkatkan peluang pengunjung website bertambah

Ranking

 
Meskipun URL memiliki peranan yang dapat dibilang kecil dalam menentukan peringkat dalam search engine dan relevansi dari pencarian, menggunakan URL dalam kata kunci (keyword) dapat membantu meningkatkan ranking dari sebuah halaman.

Linking

 
Dengan struktur URL yang baik, Anda dapat menggunakan URL tersebut sebagai link yang dapat Anda bagikan di berbagai macam platform media sosial.

Kesimpulan

 
URL adalah lokasi dari website spesifik, halaman atau file di internet. Berbeda dari nama domain yang merupakan bagian dari URL, pengertian URL sendiri mencakup 3 hal penting yaitu: protokol, nama domain dan path dari URL yang bersangkutan. Secara umum, ya URL hanya sebatas penunjuk informasi yang Anda butuhkan di internet.Tetapi jika didalami, URL merupakan sesuatu yang memiliki dampak untuk keberlangsungan serta kesuksesan suatu website. Hal tersebut dapat dicapai dengan struktur URL yang baik yang mencakup pemilihan kata kunci, penggunaan tanda hubung dan pentingnya kehati-hatian dalam penggunaan kapitalisasi serta angka pada URL.

Tags: