Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Bandwidth Adalah ? Apa yang Dimaksud dengan Bandwidth ?
Bandwidth adalah nilai maksimal transfer data yang dapat dilakukan selama satu waktu pada saat melakukan pertukaran data.
20413
post-template-default,single,single-post,postid-20413,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.1,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-5.5.5,vc_responsive

Bandwidth Adalah? Apa yang Dimaksud dengan Bandwidth?

Berapa banyak bandwidth yang kita butuhkan? Berapa banyak bandwidth yang kita butuhkan tergantung apa yang ingin kita lakukan dengan koneksi internet. Semakin besar bandwidth yang kita miliki, itu lebih baik. Meskipun demikian, kita pun perlu menyesuaikan dengan kebutuhan.

Jika kita tidak memiliki   khusus, seperti membuka media sosial, bandwidth dengan kecepatan rendah pun mungkin tidak masalah. Namun, apabila kita punya beberapa TV untuk streaming, sejumlah komputer, tablet dan perangkat lain untuk melakukan hal-hal penting, kamu perlu bandwidth yang lebih besar.

Bandwidth adalah Penentu dalam Internet

Artikel Terkait  15 Rekomendasi Anti Virus Terbaik (Gratis) 2020

Apa yang dimaksud dengan bandwidth? Bandwidth adalah nilai maksimal transfer data yang dapat dilakukan selama satu waktu pada saat melakukan pertukaran data. Ada yang mengupamakan bandwidth seperti pipa. Ilustrasinya seperti ini: data untuk bandwidth adalah sama dengan jumlah air di pipa dengan ukuran tertentu. Ketika bandwidth bertambah, maka jumlah data yang dapat mengalir dalam jumlah waktu tertentu pula. Sama seperti ketika diameter pipa bertambah maka jumlah air yang dapat mengalir juga tentunya akan bertambah. Jika kalian sedang menonton film secara streaming, lalu teman kalian bermain game online, sementara ibu kamu mengunduh video cara memasak suatu masakan. Hal ini dapat mengakibatkan internetnya melambat. Hal tersebut tentu saja berhubungan dengan bandwidth.

Pengetahuan tentang Fungsi Bandwidth adalah Hal Penting

Berdasarkan peran atau penggunaannya dalam jaringan internet, ada beberapa fungsi yang berkaitan dengan bandwidth.

Bandwidth adalah Pengukur Media Pengiriman Data

Fungsi bandwidth yaitu sebagai alat ukur media atau jalur pengiriman data yang hampir berlaku di semua tempat yang mempunyai dan menggunakan jaringan komputer. Fungsi ini dipunyai suatu komputer atau jaringan tertentu.

Jika berkaitan dengan distribusi jaringan, bandwidth sangat berguna. Secara umum, ukuran bandwidth dipakai sebagai patokan pengguna untuk menentukan provider atau penyedia layanan yang berkaitan dengan koneksi internet. Semakin besar bandwidth yang ditawarkan, semakin baik juga layanan yang diberikan.

Bandwidth adalah Pembagi Kecepatan Transfer Data

Fungsi bandwidth yang kedua adalah sebagai pembagi kecepatan transfer data. Dengan demikian, kecepatan yang dipunyai bisa didistribusikan dengan adil ke seluruh pengguna. Pembagian tersebut pun untuk membatasi supaya di antara pengguna tidak saling berebut bandwidth.

Apabila tidak dibagi secara adil, seluruh bandwidth yang dialoksaikan bisa jadi hanya digunakan seorang pengguna saja dan pengguna lain tidak dapat mendapatkannya. Contohnya: ketika seorang pengguna mengunduh file yang sangat besar maka akan terjadi permintaan data yang besar ketika sedang proses mengunduh. Hal ini tentu akan membanjiri bandwidth di jaringan. Apabila tidak dilakukan pembatasan, koneksi pengguna lain akan menjadi lambat, bahkan sama sekali tidak terkoneksi. Apalagi, jika pengguna mengunduh dengan memakai “download manager” tertentu.

Bandwidth adalah Pengatur Besar Data yang Ditransfer

Administrator jaringan kadang-kadang membatasi besarnya data yang dapat diakses atau diunduh dari internet. Tujuannya adalah untuk mengurangi trafik yang tinggi dalam jangka waktu yang lama. Dalam jangka waktu yang lama, trafik yang tinggi dapat mengganggu stabilitas jaringan karena berpengaruh terhadap kapasitas bandwidth yang tersedia.

Itulah beberapa fungsi bandwidth yang dapat memberikan gambaran umum dalam memahami bandwidth. Meskipun bandwidth sebenarnya adalah istilah yang dipakai dalam mendefinisikan kapasitas maksimal transfer data.

Komputer dan Bandwidth adalah Dua Hal tak Terpisahkan Saat Ini

Apa yang dimaksud dengan bandwidth dalam jaringan komputer? Bandwidth dalam jaringan komputer adalah kecepatan suatu jaringan dalam melakukan transfer data yang dihitung per detik. Pengukuran kecepatan dihitung dalam bits per second. Contohnya: jika seorang pengguna memakai koneksi Local Area Network (LAN), kecepatan transfer datanya dapat mencapai 100 mbps. Semakin besar bandwidth suatu jaringan maka semakin cepat juga data yang ditransfer.

Artikel Terkait  Database Adalah ? | Cara Meningkatkan Keamanan Database

Jenis Bandwidth adalah Bandwidth Digital dan Bandwidth Analog

Bandwidth di komputer terdiri atas 2 jenis, yaitu sebagai berikut.

Badwidth Digital

Apa yang dimaksud dengan bandwidth digital? Bandwidth digital berfungsi untuk mengirimkan informasi secara digital, baik dengan saluran kabel maupun tanpa memakai kabel (nirkabel). Satuan hitung dari data yang ditransfer dalam bit per second. 2. Bandwidth Analog

Bandwidth Analog

Apa yang dimaksud dengan bandwidth analog? Bandwidth analog memiliki fungsi yang sama dengan bandwidth digital. Perbedaannya adalah satuan hitung bandwidth analog memakai  Hertz.

Bandwidth adalah Layanan Tanpa Batas di Hosting

Apa yang dimaksud dengan bandwidth di hosting? Apabila kita membuka halaman penyedia hosting, kita pasti akan menemukan kata bandwidth di sana. Bandwidth yang tercantum di layanan hosting ini umumnya dipakai dalam menentukan berapa banyak besar pertukaran data yang terjadi di akun hosting.

Dulu, akun hosting yang melebihi kapasitas bandwidth yang telah ditentukan akan ter-suspend atau website-nya tidak dapat diakses dalam jangka waktu tertentu. Akan tetapi, sekarang ini, layanan hosting sudah tidak menggunakan peraturan seperti itu lagi. Contohnya, Niagahoster menerapkan bandwidth yang memberikan hosting murah unlimited bandwidth bagi penggunanya dengan harga cukup murah.

Di paket pelajar, personal, dan bisnis, Niagahoster memberikan unlimited disk space dan bandwidth (data transfer). Hal ini menunjukkan bahwa Niagahoster memberikan kebebasan dalam memakai sumber daya yang dibutuhkan.

Bandwidth adalah Layanan Tebatas di VPS

Apa yang dimaksud dengan bandwidth di VPS? Sebenarnya sama saja, yang berbeda dengan layanan hosting adalah Virtual Private Server (VPS) masih menggunakan peraturan bandwidth dulu, yaitu akun hosting yang melebihi kapasitas bandwidth yang telah ditentukan akan ter-suspend atau website-nya tidak dapat diakses dalam jangka waktu tertentu. Besarnya batasan bandwidth yang dapat digunakan tergantung dari paket yang dipakai. Semakin bagus paket umumnya akan semakin besar bandwidth yang bisa didapatkan di satu VPS.

Contoh bandwidth di VPS adalah besarnya bandwidth di salah satu paket Niagahoster yang mereka tawarkan. Di dalam paket tersebut, tercantum sebuah keterangan bahwa kapasitas bandwidth untuk paket tersebut adalah 2000 GB. Artinya, data yang masuk dan keluar secara keseluruhan dalam satu bulan maximal adalah 2000 GB. Dengan demikian, jumlah data yang yang masuk keluar dalam satu bulan tidak boleh melebihi 2000 GB. Jika VPS telah melebihi kapasitas bandwidth yang ditentukan maka kecepatannya akan berkurang. Jadi, apabila VPS yang dipakai adalah VPS hosting dan dipakai untuk menjalankan sejumlah website maka kecepatan akses website akan berkurang. Perhitungan banyaknya bandwidth umumnya yang dipakai di VPS akan diatur ulang sesudah penggunaan mencapai satu bulan.

Pengecekan Penggunaan Bandwidth adalah Hal Mudah di VPS Linux

Kita bisa mngecek pemakaian bandwidth di VPS Linux langsung dengan teks perintah dengan memakai apliaksi aplikasi vnstat. Aplikasi tersebut belum tersedia ketika melakukan instalasi sistem operasi. Oleh karena itu, kita harus menginstall dulu memakai sejumlah baris perintah.

Istilah-istilah yang berhubungan dengan Bandwidth adalah Hal Penting Jika Ingin Mempelajarinya Lebih Dalam

Selain definisi bandwidth yang telah dijelaskan di atas, ada sejumlah istilah lain yang umumnya berkaitan dengan bandwidth, di antaranya sebagai berikut.

Egress bandwidth adalah atribut yang dipakai dalam menentukan kecepatan unggah (upload). Egress bandwidth merupakan kebalikan dari ingress. Ingress adalah kecepatan mengunduh di jaringan internet.

Manajemen bandwidth merupakan istilah umum yang digunakan untuk sekumpulan tools dan teknik yang bisa dipakai oleh suatu institusi dalam mengurangi keperluan kritikal dari sebuah segmen jaringan.

Unmetered bandwidth merupakan jumlah traffic, transfer data (upload dan download) dalam melakukan akses akun ataupun website, baik yang kita lakukan sendiri maupun oleh pengunjung website, keduanya tidak dibatasi.

Artikel Terkait  Domain Gratis 2020 | Daftar Domain Gratis

Kesimpulan

Bandwidth adalah nilai maksimal transfer data yang dapat dilakukan selama satu waktu pada saat melakukan pertukaran data. Bandwidth merupakan deskripsi yang tidak dapat dilepaskan dari dari hal-hal yang berkaitan dengan jaringan internet. Adapun dalam pemilihan layanan yang berkaitan dengan pertukaran data, seperti hosting dan VPS, bandwidth merupakan salah satu hal yang harus dipertimbangkan.

Setidaknya, terdapat tiga fungsi bandwidth, yaitu sebagai media pengiriman data, indikator pembagi kecepatan data, dan dipakai dalam mengatur besar data yang diizinkan untuk diproses. VPS masih menggunakan batas besarnya data yang diizinkan untuk diproses. Penyedia VPS umumnya akan membatasi jumlah bandwidth yang bisa dipakai setiap bulannya. Jika melebihi batas yang sudah ditentukan, kecepatan akses internet pun akan berkurang.

Sesudah membaca artikel ini, semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang pengertian bandwidth, fungsi bandwidth, cara kerja bandwidth, dan contoh bandwidth. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang bandwidth.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.
Tentang Kami Kontak Kami
Pengenalan Perusahaan Pengenalan Layanan