Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteServer / HostingBandwidth Adalah : Pengertian dan Jenisnya Lengkap!

Bandwidth Adalah : Pengertian dan Jenisnya Lengkap!

-

Last Updated on July 28, 2023 by

Berapa banyak bandwidth yang kita butuhkan? Berapa banyak bandwidth yang kita butuhkan sendiri tergantung pada apa yang ingin kita lakukan dengan koneksi internet tersebut. Semakin besar bandwidth yang kita miliki, itu lebih baik. Meskipun demikian, kita pun perlu menyesuaikan dengan kebutuhan. Bandwidth adalah hal yg penting saat ini.

Jika kita tidak memiliki pekerjaan khusus, seperti membuka media sosial, bandwidth dengan kecepatan rendah pun mungkin tidak masalah. Namun, apabila kita punya beberapa Smart TV untuk streaming, sejumlah komputer untuk browsing, tablet ataupun perangkat lain untuk melakukan hal-hal penting, kamu perlu bandwidth yang lebih besar.

Bandwidth Adalah

bandwidth adalah, apa yang dimaksud dengan bandwidth, bandwidth digital adalah

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Ecommerce Profesional dan Terpercaya

Apa yang dimaksud dengan bandwidth? Bandwidth adalah nilai maksimal transfer data yang dapat dilakukan selama satu waktu pada saat melakukan pertukaran data. Ada yang mengumpamakan bandwidth seperti pipa. Ilustrasinya seperti ini: data untuk bandwidth sendiri sama dengan jumlah air di pipa dengan ukuran tertentu. Ketika bandwidth bertambah, maka jumlah data yang dapat mengalir dalam jumlah waktu tertentu pula. Sama seperti ketika diameter pipa bertambah maka jumlah air yang dapat mengalir juga tentunya akan bertambah. Jika kalian sedang menonton film secara streaming, lalu teman kalian bermain game online, sementara ibu kamu mengunduh video cara memasak suatu masakan. Hal ini dapat mengakibatkan internetnya melambat. Hal tersebut tentu saja berhubungan dengan bandwidth.

Fungsi Bandwidth

Berdasarkan peran atau penggunaannya dalam jaringan internet, ada beberapa fungsi yang berkaitan dengan bandwidth.

Pengukur Media Pengiriman Data

Fungsi pertama bandwidth adalah sebagai alat ukur media atau jalur pengiriman data yang hampir berlaku di semua tempat yang mempunyai dan menggunakan jaringan komputer. Fungsi ini dipunyai suatu komputer atau jaringan tertentu.

Jika berkaitan dengan distribusi jaringan, bandwidth sangat berguna. Umumnya, ukuran dari bandwidth sendiri digunakan sebagai sebuah patokan bagi pengguna untuk menentukan provider atau penyedia layanan yang berkaitan dengan koneksi internet. Semakin besar ukuran bandwidth yang ditawarkan, maka semakin baik juga layanan yang diberikan oleh penyedia layanan.

Pembagi Kecepatan Transfer Data

Fungsi bandwidth yang kedua yaitu sebagai pembagi dari kecepatan transfer data. Dengan demikian, kecepatan yang dipunyai bisa didistribusikan dengan adil ke seluruh pengguna. Pembagian tersebut pun untuk membatasi supaya di antara pengguna tidak saling berebut bandwidth.

Apabila tidak dibagi secara adil, seluruh bandwidth yang dialokasikan bisa jadi hanya digunakan seorang pengguna saja dan pengguna lain tidak dapat mendapatkannya. Contohnya: ketika seorang pengguna mengunduh file yang sangat besar maka akan terjadi permintaan data yang besar ketika sedang proses mengunduh. Hal ini tentu akan membanjiri bandwidth di jaringan. Apabila tidak dilakukan pembatasan, koneksi pengguna lain akan menjadi lambat, bahkan sama sekali tidak terkoneksi. Apalagi, jika pengguna mengunduh dengan memakai “download manager” tertentu.

Pengatur Besar Data yang Ditransfer

Administrator dari jaringan internet sendiri terkadang membatasi besarnya data yang dapat diakses maupun diunduh dari internet. Tujuan dari hal tersebut adalah untuk mengurangi trafik yang tinggi dalam jangka waktu yang lama. Dalam jangka waktu yang lama, trafik yang tinggi dapat mengganggu stabilitas jaringan karena berpengaruh terhadap kapasitas bandwidth yang tersedia.

Itulah beberapa fungsi bandwidth yang dapat memberikan gambaran umum dalam memahami bandwidth. Meskipun bandwidth sebenarnya adalah istilah yang dipakai dalam mendefinisikan kapasitas maksimal transfer data.

Artikel Terkait  Captcha Artinya? Pengertian dan Fungsinya untuk Website

Komputer dan Bandwidth Menjadi Dua Hal Tak Terpisahkan Saat Ini

bandwidth adalah, apa yang dimaksud dengan bandwidth, bandwidth digital adalah

Apa yang dimaksud dengan bandwidth dalam jaringan komputer? Dalam jaringan komputer, istilah bandwidth adalah kecepatan dari suatu jaringan dalam melakukan transfer data yang dihitung dalam hitungan per detik. Pengukuran kecepatan dihitung dalam bits per second. Contohnya dari hal tersebut adalah jika seorang pengguna memakai koneksi Local Area Network (LAN), maka kecepatan transfer datanya dapat mencapai 100 mbps. Semakin besar bandwidth suatu jaringan maka semakin cepat juga data yang ditransfer.

Artikel Terkait  Spam Email Adalah? Pengertian, Akibat dan Cara Mencegahnya

Jenis Bandwidth 

Bandwidth di komputer terdiri atas 2 jenis, yaitu sebagai berikut.

Bandwidth Digital

Apa yang dimaksud dengan bandwidth digital? Bandwidth digital berfungsi untuk mengirimkan informasi secara digital, baik dengan saluran kabel maupun tanpa memakai kabel (nirkabel). Satuan hitung dari data yang ditransfer adalah bit per second. 

Bandwidth Analog

Apa yang dimaksud dengan bandwidth analog? Bandwidth analog memiliki fungsi yang sama dengan bandwidth digital. Perbedaannya adalah satuan hitung bandwidth analog memakai Hertz.

Bandwidth Sebagai Layanan Tanpa Batas di Hosting

Apa yang dimaksud dengan bandwidth di hosting? Apabila kita membuka halaman penyedia hosting, kita pasti akan menemukan kata bandwidth di sana. Kata bandwidth yang tercantum pada layanan hosting tersebut umumnya digunakan dalam menentukan berapa banyak dan berapa besar pertukaran data yang terjadi di akun hosting.

Dahulu, akun hosting yang pengunaannya melebihi kapasitas bandwidth yang telah ditentukan akan ter-suspend atau website-nya tidak dapat diakses dalam jangka waktu tertentu. Akan tetapi, sekarang ini, layanan hosting sudah tidak menggunakan peraturan seperti itu lagi. Contohnya, Niagahoster yang menerapkan bandwidth tanpa batas untuk memberikan hosting murah dengan unlimited bandwidth bagi penggunanya dengan harga yang relatif murah.

Di paket pelajar, personal, dan bisnis, Niagahoster memberikan unlimited disk space dan bandwidth (data transfer). Hal ini menunjukkan bahwa Niagahoster memberikan kebebasan dalam memakai sumber daya yang dibutuhkan.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website WordPress Terbaik (Biaya Terjangkau)

Bandwidth Sebagai Layanan Terbatas di VPS

Apa yang dimaksud dengan bandwidth di VPS? Sebenarnya sama saja, yang berbeda dengan layanan hosting adalah Virtual Private Server (VPS) masih menggunakan peraturan bandwidth dulu, yaitu akun hosting yang melebihi kapasitas bandwidth yang telah ditentukan akan ter-suspend atau website-nya tidak dapat diakses dalam jangka waktu tertentu. Besarnya batasan bandwidth yang dapat digunakan tergantung dari paket yang dipakai. Semakin bagus paket umumnya akan semakin besar bandwidth yang bisa didapatkan di satu VPS.

Contoh dari bandwidth pada VPS adalah besarnya bandwidth di salah satu paket dari Niagahoster yang mereka tawarkan. Dalam paket tersebut tercantum sebuah keterangan bahwa kapasitas dari bandwidth untuk paket tersebut adalah sebesar 2000 GB. Artinya, data yang dapat masuk dan keluar secara keseluruhan dalam satu bulan maksimal sebesar 2000 GB. Dengan demikian, jumlah data yang masuk serta keluar selama satu bulan tidak boleh melebihi kapasitas maksimal yaitu 2000 GB. Jika ukuran bandwidth pada VPS telah melebihi kapasitas maksimal yang ditentukan maka kecepatannya akan berkurang. Jadi, apabila VPS yang dipakai adalah VPS hosting dan dipakai untuk menjalankan sejumlah website maka kecepatan akses website akan berkurang. Perhitungan dari banyaknya bandwidth yang akan dipakai pada VPS selanjutnya akan diatur ulang sesudah penggunaan mencapai satu bulan.

Pengecekan Penggunaan Bandwidth di VPS Linux

Kita bisa mengecek pemakaian bandwidth di VPS Linux langsung dengan teks perintah dengan memakai aplikasi aplikasi vnstat. Aplikasi tersebut belum tersedia ketika melakukan instalasi sistem operasi. Oleh karena itu, kita harus menginstall dulu memakai sejumlah baris perintah.

Artikel Terkait  15 Tools Ini Membantu Kamu Buat Website Gratis Tanpa Coding!

Istilah-istilah yang berhubungan dengan Bandwidth 

Selain definisi bandwidth yang telah dijelaskan di atas, ada sejumlah istilah lain yang umumnya berkaitan dengan bandwidth, di antaranya sebagai berikut.

  • Egress bandwidth adalah istilah untuk atribut yang dipakai dalam menentukan kecepatan unggah (upload). Egress bandwidth sendiri merupakan kebalikan dari ingress. Ingress adalah kecepatan dalam mengunduh di jaringan internet.
  • Manajemen bandwidth merupakan istilah yang umum digunakan untuk menggambarkan sekumpulan tools dan teknik yang bisa digunakan oleh suatu institusi dalam mengurangi keperluan kritikal dari sebuah segmen jaringan.
  • Unmetered bandwidth adalah jumlah traffic, transfer data (upload dan download) dalam melakukan akses akun ataupun website, baik yang kita lakukan sendiri maupun oleh pengunjung website, keduanya tidak dibatasi.
Artikel Terkait  Hosting Web Gratis | Beberapa yang Terbaik di Tahun Ini

Optimalisasi Penggunaan Bandwidth

Meningkatnya kebutuhan akan bandwidth memerlukan strategi khusus agar penggunaannya dapat dioptimalkan. Optimalisasi penggunaan bandwidth bukan hanya bertujuan untuk mendapatkan akses internet yang cepat, tetapi juga untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam berbagai aktivitas yang bergantung pada koneksi internet.

Pemantauan Trafik 

Menggunakan alat pemantauan trafik dapat membantu kita memahami puncak penggunaan bandwidth dan memastikan bahwa tidak ada satu aplikasi atau pengguna yang menggunakan terlalu banyak bandwidth.

Penjadwalan Tugas Bandwidth-Intensif 

Aktivitas seperti backup data atau pembaruan perangkat lunak dapat dijadwalkan di waktu-waktu ketika penggunaan bandwidth rendah untuk menghindari hambatan pada pengguna lain.

Kompresi Data 

Dengan mengompresi data sebelum mengirimkannya, kita dapat mengurangi jumlah bandwidth yang diperlukan untuk transfer data.

Menggunakan Content Delivery Network (CDN) 

Jika memiliki situs web dengan lalu lintas yang tinggi, menggunakan CDN dapat membantu mendistribusikan beban trafik ke beberapa server di seluruh dunia, mengurangi beban pada server utama dan meningkatkan kecepatan akses bagi pengunjung.

Pembatasan Bandwidth 

Untuk memastikan semua pengguna mendapatkan akses yang adil, administrator jaringan dapat mengatur batasan penggunaan bandwidth berdasarkan prioritas.

Cara Meningkatkan Bandwidth

Jika Anda merasa bandwidth yang Anda miliki kurang mencukupi, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan:

  • Upgrade Paket Internet: Banyak penyedia layanan internet menawarkan berbagai pilihan paket dengan beragam kecepatan. Anda bisa mempertimbangkan untuk upgrade ke paket dengan bandwidth lebih besar.
  • Menggunakan Multiple Internet Connections: Terutama untuk bisnis besar, memiliki lebih dari satu sambungan internet dapat membantu dalam mendistribusikan beban trafik, sehingga koneksi tetap optimal.
  • Menggunakan Teknologi Terbaru: Pastikan Anda menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak terbaru yang mendukung kecepatan transfer data yang lebih cepat.
  • Mengatur Penggunaan Bandwidth di Jam Sibuk: Anda bisa memprioritaskan penggunaan bandwidth untuk aplikasi atau kegiatan tertentu saat jam-jam sibuk.
Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Toko Online Murah dan Berkualitas

Bandwidth dan Keamanan

Dalam era digital ini, keamanan data menjadi prioritas utama. Dengan meningkatnya serangan cyber, ada kebutuhan untuk mengamankan informasi yang ditransfer melalui jaringan. Selain itu, adanya malware atau aplikasi berbahaya yang berfungsi untuk menguras bandwidth juga perlu diwaspadai.

Menggunakan firewall, memastikan semua perangkat lunak dan sistem operasi selalu diperbarui, serta melakukan pemindaian reguler terhadap virus dan malware dapat membantu dalam menjaga keamanan jaringan. Dengan menggabungkan strategi keamanan dengan optimalisasi bandwidth, kita dapat memastikan koneksi internet yang aman dan cepat.

Bandwidth dan Masa Depan Teknologi

Dengan perkembangan teknologi, seperti Internet of Things (IoT), Augmented Reality (AR), dan Virtual Reality (VR), kebutuhan akan bandwidth akan terus meningkat. Perangkat yang terhubung ke internet akan semakin banyak dan kompleks, dan semuanya memerlukan koneksi yang cepat dan stabil.

Sebagai contoh, perangkat AR dan VR memerlukan kecepatan tinggi untuk memberikan pengalaman yang realistis kepada pengguna. Demikian juga dengan IoT, di mana ratusan hingga ribuan perangkat dapat terhubung dalam satu jaringan dan saling berkomunikasi.

Dengan demikian, pemahaman, pengelolaan, dan peningkatan bandwidth akan menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam era digital yang semakin canggih ini. Bagi perusahaan dan individu, menjadi proaktif dalam mengelola bandwidth akan memberikan keunggulan kompetitif di masa depan.

Kesimpulan

Bandwidth adalah nilai maksimal transfer data yang dapat dilakukan selama satu waktu pada saat melakukan pertukaran data. Bandwidth merupakan deskripsi yang tidak dapat dilepaskan dari dari hal-hal yang berkaitan dengan jaringan internet. Adapun dalam pemilihan layanan yang berkaitan dengan pertukaran data, seperti hosting dan VPS, bandwidth merupakan salah satu hal yang harus dipertimbangkan.

Setidaknya, terdapat tiga fungsi bandwidth, yaitu sebagai media pengiriman data, indikator pembagi kecepatan data, dan dipakai dalam mengatur besar data yang diizinkan untuk diproses. VPS masih menggunakan batas besarnya data yang diizinkan untuk diproses. Penyedia VPS umumnya akan membatasi jumlah bandwidth yang bisa dipakai setiap bulannya. Jika melebihi batas yang sudah ditentukan, kecepatan akses internet pun akan berkurang.

Sesudah membaca artikel ini, semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang pengertian bandwidth, fungsi bandwidth, cara kerja bandwidth, dan contoh bandwidth. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang bandwidth.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya