Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign AppFacebook, WhatsApp dan Instagram Resmi Luncurkan Fitur Mode Gelap...

Facebook, WhatsApp dan Instagram Resmi Luncurkan Fitur Mode Gelap (Dark Mode), Berikut Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode

-

Setiap hari, kita mendapat paparan radiasi dari ponsel selama berjam-jam yang mengakibatkan mata lelah dan sakit kepala. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, sebab sudah ada solusinya: tampilan layar gelap (mode dark)!

Diawali dari perilisan google dark mode yang lebih bersahabat dengan mata, kemudian, banyak media sosial ternama menyusul merilis tampilan versi gelap selayknya google dark mode. Tak hanya nyaman untuk dipandang, tampilan gelap ini tampak lebih elegan.

Ingin tahu cara mengaktivasi tampilan gelap pada media sosial di gadget Anda? Mari simak jawabannya pada artikel kali ini.

3 Manfaat Mode Dark, Bikin Betah Main Smartphone

dark-mode

Tampilan mode dark yang stylish sukses mendapat ulasan positif, sebab mampu membuat masyarakat semakin nyaman saat menggunakan smartphone. Ada 3 manfaat mode dark untuk user, yakni:

Membuat Mata Lebih Nyaman

Sinar radiasi dari smartphone faktanya menjadikan mata lebih cepat lelah, sebab layar cerah “memaksa” mata untuk lebih kuat bertahan menatap layar. Namun mode dark yang lebih minim cahaya akan membuat mata lebih rileks saat melihat layar.

Menghemat Baterai

Warna hitam dan pencahayaan yang minim layar terbukti menghemat tenaga baterai smartphone untuk menyalakan LED atau OLED.

Meningkatkan Keleluasaan Membaca

Warna gelap mampu meningkatkan keleluasaan dan juga fokus saat membaca via gadget. Pernyataan ini telah dibuktikan secara ilmiah melalui sebuah jurnal berjudul “The Impact of Web Page Text-Background Color Combinations on Readability, Retention, Aesthetics, and Behavioral Intention.

Artikel Terkait  Yuk Bedah User Experience (UX) Desain dari Game Among Us!

Wah, jadi ingin segera mencoba fitur tampilan gelap, ya! Yuk cari tahu cara aktivasi tampilan gelap pada Facebook, WhatsApp dan Instagram di bagian selanjutnya!

Artikel Terkait  Flat Desain Dan 10 Tips Untuk Membuat Desain Yang Menarik

Cara Mengaktifkan Facebook Dark Mode

>
Saat sedang asyik bermain Facebook, tiba-tiba mata merasa letih dan pening? Yuk atasi permasalahan tersebut dengan beralih ke Facebook dark mode. Facebook menghadirkan tampilan gelap untuk tampilan desktop/website dan aplikasi. Cara mengaktifkannya pun sangat mudah!

Untuk mengaktifkan Facebook dark mode versi desktop atau website:

  1. Login ke Facebook, cari menu “Setting”.
  2. Cari ikon anak panah yang mengarah ke bawah di bagian pojok kanan atas Facebook desktop. Klik ikon tersebut.
  3. Pilih “Beralih ke Facebook Baru”.
  4. Cari tombol “mode gelap”. Aktifkan.
  5. Selesai!

 Tampilan Facebook mode gelap juga bisa didapatkan untuk aplikasi Facebook Lite versi 185.0.0.6.118. Cara mengaktivasi mode dark di Facebook Lite adalah:

  1. Mengunduh Facebook Lite versi terbaru (versi 185.0.0.6.118) di Google Play Store atau App Store.
  2. Buka Facebook Lite. Klik ikon yang berupa 3 garis vertikal di pojok kanan atas aplikasi. Begitu terbuka akan ada serangkaian menu setting yang muncul.
  3. Klik menu “setelan”, lalu gulir sampai menemukan “mode dark”.
  4. Klik pilihan “mode dark” dan aktivasi. Selesai! Facebook Lite Anda kini sudah tampil dalam warna hitam yang stylish. Sebagai catatan, saat fitur tampilan gelap dihidupkan, warna biru khas Facebook yang sering menghiasi beranda otomatis tidak akan muncul lagi.

 Cara Mengaktifkan WhatsApp Versi Mode Dark

>
Saat ini sudah ada banyak orang menggunakan WhatsApp dark mode. Tampilan versi gelap WhatsApp ini juga dinilai lebih nyaman karena tidak membuat mata pengguna kelelahan meski berlama-lama menatap layar. Tidak perlu waktu lama juga untuk mengaktifkan WhatsApp dark mode di smartphone iOS atau android Anda.

Untuk iOS, WhatsApp versi dark hanya disupport oleh tipe iOS 13 ke atas. Jadi sebelum mengaktifkan WhatsApp versi dark, pastikan iPhone Anda sudah memiliki iOS tipe ini. Cara mengaktifkan tampilan gelap pada WhatsApp iOS adalah:

  1. Buka setting iPhone
  2. Pilih bagian “Display & Brightness”.
  3. Anda akan otomatis menemukan opsi “Dark”. Pilih opsi tersebut, aktifkan.
  4. selesai! WhatsApp versi layar gelap siap dipakai.
Artikel Terkait  Cara Mendesain Splash Screen Terbaik untuk Aplikasi Anda
Artikel Terkait  UI Adalah? Apa Perbedaannya Dengan User Experience (UX)?

Anda yang menggunakan smartphone android juga bisa berbahagia sebab sudah ada cara aktifkan dark mode WhatsApp android dengan mudah plus cepat. Cukup beberapa menit saja, pengguna android sudah bisa menikmati WhatsApp versi mode gelap. Ikutilah cara aktifkan dark mode WhatsApp android berikut:

  1. Pastikan WhatsApp di smartphone Anda adalah versi terbaru. Sebagai catatan, WhatsApp dark mode sejauh ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna android 9. Jika smartphone Anda belum memiliki tipe android tersebut, Anda harus mengupdatenya terlebih dahulu.
  2. Buka “Setelan WhatsApp”.
  3. Pilih menu “Obrolan” atau “Chat”.
  4. Cari fitur “Tema”. Pilih tema “Dark” dan aktifkan.
  5. Selesai.

Untuk mengembalikan tampilan WhatsApp ke versi cerah (light), Anda cukup mengulangi saja langkah-langkah di atas. Nantinya di bagian “Tema”, Anda pilih opsi “tema light” dan aktifkan. Mudah, bukan? Yuk segera dicoba!

Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode

>
Setelah belajar cara aktifkan dark mode WhatsApp android, kini tibalah kita pada tutorial terakhir tentang mengaktifkan Instagram dark mode. Sama seperti WhatsApp dan Facebook, Instagram telah merilis versi tampilan gelap yang bisa dinikmati oleh pengguna iOS dan Android. Lalu bagaimana caranya mengaktifkan Instagram dark mode secara mudah?

Untuk pengguna Android, Instagram dengan tampilan gelap dapat dinikmati dengan smartphone android tipe 9 dan Android Pie. Berikut ini 3 cara mudah mengubah Instagram versi biasa ke tampilan yang gelap:

1.Pastikan Smartphone Mempunyai Mode Malam dan Siang

Pastikan terlebih dulu smartphone Anda memiliki fitur mode malam (dark) dan siang (light). Anda bisa mengeceknya di bagian setting smartphone masing-masing. Jika sudah menemukannya, langsung ubah mode malam dari “off” menjadi “on”.

Artikel Terkait  Library JavaScript UI Terbaik yang Harus Anda Coba

2.Update Aplikasi Instagram

Selanjutnya, Anda perlu mendapatkan Instagram versi beta di Google Play Store. Caranya, buka Google Play Store lalu cari “Instagram Beta”. Setelah itu, pilih menu “bergabung”. Anda bisa mengupdate aplikasi Instagram terlebih dahulu jika dibutuhkan.

Artikel Terkait  Cara Membuat Ikon Aplikasi yang Sempurna

3.Selesai

Selesai sudah! Kini saat Anda membuka Instagram, maka otomatis tampilan akan berubah ke mode gelap (dark). Mudah sekali, bukan?

Lalu bagaimana dengan pengguna iPhone / iOS? Tenang, selain di smartphone android, Anda juga bisa mengganti Instagram ke versi mode gelap di smartphone berbasis iOS atau iPhone. Seperti halnya android yang memiliki versi minimal, Instagram versi gelap hanya dapat diaktivasi pada iPhone yang dipasangi iOS 13 ke atas. Jika iPhone Anda belum memiliki versi iOS ini, harap mengupdatenya terlebih dahulu

Berikut langkah-langkah mengaktivasi Instagram versi gelap di iPhone:

 

1.Mengubah Setting

Setelah memastikan iPhone Anda terpasang iOS 13, kini Anda bisa mulai mengaktivasi versi gelap Instagram. Untuk mengubah tampilan light ke dark, Anda cukup membuka bagian setting. Lalu pilih menu “tampilan” dan ubah “light” ke “dark”.

2.Mengupdate Aplikasi

Jika Instagram belum juga tampil dalam mode malam atau gelap, berarti Anda perlu mengupdate aplikasi terlebih dahulu. Buka App Store lalu lakukan update. Setelah selesai, coba buka kembali aplikasi.

3.Selesai

Selesai! Kini Anda sudah bisa menikmati tampilan Instagram versi malam di Iphone. Selamat mencoba!

 Itulah pembahasan kali ini terkait fitur Whatsapp, Instagram, Facebook dan Google dark mode plus cara mudah mengaktifkannya pada gadget Anda. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk mengaktifkan fitur-fitur tersebut ya! Selamat menikmati tampilan layar mode gelap pada media sosial Anda.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya