Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design App 10 Tips Keren untuk Mengembangkan Aplikasi dengan Desain yang...

10 Tips Keren untuk Mengembangkan Aplikasi dengan Desain yang Ramah Pengguna

-

Anda berencana mengembangkan sebuah aplikasi? Satu hal yang pasti, Anda tidak sendiri. Tapi sebelum Anda berargumentasi seberapa penting aplikasi tersebut, sisihkan waktu Anda 5 menit saja untuk membaca artikel berikut ini.

Saat ini jutaan aplikasi di Google play maupun Apple Store. Dan seperti yang pernah diperkirakan oleh TechCrunch, jumlah aplikasi di AppStore akan mencapai hingga 5 juta aplikasi di tahun 2020 ini. Tetapi apakah jumlah tersebut berbanding lurus dengan penggunanya?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh App Annie pada tahun 2019 lalu tentang penggunaan aplikasi, hasilnya menunjukkan bahwa meskipun beberapa tahun belakangan ini terjadi peningkatan waktu penggunaan aplikasi seluler, rata – rata pengguna hanya mengakses sekitar 30 aplikasi dan hanya 9 diantara yang diluncurkan setiap hari.

Dari hasil ini kita tahu bahwa betapa sulitnya menunjukkan keunggulan dari aplikasi yang kita miliki di antara jutaan pesaingnya di pasaran. Jadi siapa sih, yang dengan pikiran waras bersedia berinfestasi ratusan juta bahkan milyran di tengah persaingan pasar yang begitu ketat dan tanpa kepastian bahwa aplikasi itu akan digunakan oleh banyak pengguna.

Namun, seseorang yang tahu bagaimana membuat yang menarik lebih dari sekedar ide menarik akan mampu membuat aplikasi yang akan digunakan oleh banyak orang. Di sinilah keramahan terhadap pengguna harus dimiliki oleh aplikasi yang Anda buat.

Apa Itu Aplikasi yang Ramah Pengguna?

android-app009

Aplikasi yang ramah pengguna berarti bahwa bagi pengguna, aplikasi tersebut intuitif, mudah digunakan, sederhana, dan yang pasti pelanggan dapat mengandalkan produk yang dijual di dalamnya. Pengguna biasanya akan lebih tertarik menggunakan aplikasi dengan tampilan yang sederhana dibandingkan desain aplikasi dengan kompleksitas tinggi.

Kehandalan adalah elemen terpenting yang mutlak harus dimiliki aplikasi, karena ketika terdapat bug sehingga tidak berfungsi dengan baik, pengguna tidak akan dapat mengandalkannya.

Artikel Terkait  Mengapa Lebih Banyak Perusahaan Mengembangkan Aplikasi Pendukung Penjualan?

Yang juga penting adalah antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna (UI dan UX). Antar muka pengguna (UI) berarti desain aplikasi harus diatur sedemikian rupa sehingga mudah dipahami untuk kelompok pengguna yang ditargetkan. Sedangkan pengalaman pengguna (UX), artinya sebuah aplikasi dibuat untuk dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna.

Jadi bagaimana kita bisa mendapatkan predikat “Ramah Pengguna” itu untuk aplikasi yang kita buat? Ingatlah, aplikasi itu anda buat untuk memenuhi kebutuhan pengguna, mulailah dari rencana yang sederhana namun berguna, lalu baru mulai mengembangkan!

Bagaimana Membuat Aplikasi yang akan Disukai Pengguna?

Pengembangan-android (2)

Bagaimana membuat aplikasi yang akan disukai pengguna? sangat sulit menjelaskan hal ini, karena kelompok yang kita bisa targetkan sangat banyak dan semuanya akan memiliki kebutuhan dan harapan yang berbeda.

Tapi 10 tips berikut ini mungkin bisa sedikit membantu Anda dalam mengembangkan aplikasi seluler dengan desain aplikasi yang ramah pengguna.

Tips 1: Buatlah Aplikasi Seluler yang Berguna

Ini adalah kunci utama yang harus terpenuhi dalam pengembangan aplikasi seluler. Sebuah aplikasi yang pasti harus bisa membantu pengguna secara nyata, misalnya bisa membantu menghemat waktu, uang dan umumnya membuat hidup mereka lebih mudah.

Yang paling baik untuk memulai adalah memulai dengan memasukkan nilai pengguna itu ke dalam bisnis Anda. Pikirkan, apakah bisnis Anda benar-benar menangani permasalahan penting yang dimiliki orang -orang?

Ujilah ide yang Anda miliki pada teman, keluarga, orang acak, dan yang paling penting pada orang dalam kelompok sasaran Anda. Tanyakan kepada mereka apakah hal yang ditawarkan oleh bisnis Anda adalah sesuatu yang masuk akal.

Tips 2: Pahamilah Pengguna Anda

Ini mungkin sudah jelas, tetapi terlalu sering dilewati oleh pengembang aplikasi karena kurangnya waktu dan ketidaksabaran.

Anda perlu meminta orang untuk menguji aplikasi Anda sebelum ditayangkan. Akan tetapi proses pengujian ini tidak boleh dilakukan oleh orang-orang yang telah terlibat dalam proses perancangan atau pengembangan aplikasi Anda. Apa yang harus Anda uji di sini adalah, bagaimana mereka menavigasi aplikasi Anda, apakah itu cukup intuitif dan tidak menyebabkan mereka frustrasi.

Salah satu cara untuk menguji adalah dengan mengumpulkan umpan balik dari pengguna tersebut. Setelah tahap pengujian beta selesai, Anda bisa mengumpulkan masukan dan memperkenalkan perubahan yang diperlukan sebelum Anda meluncurkan aplikasi.

Media sosial adalah tempat yang luar biasa untuk bertanya kepada orang-orang yang tidak terlibat tentang pendapat konstruktif tentang apa yang dapat ditingkatkan dan apa yang mereka harapkan untuk ada di aplikasi Anda.

Tips 3: Pastikan Aplikasi Anda Super Mudah Digunakan

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Aplikasi Android Online Shop Terpercaya

Aplikasi yang mengharuskan pengguna untuk mendaftar di langkah pertama kini sudah tidak jaman lagi. Memaksa orang melalui tahap ini akan menciptakan rasio pentalan yang sangat tinggi.

Singkirkan semua penghalang yang mungkin menghentikan orang mencoba menggunakan aplikasi dengan bertanya tentang detail pribadi atau kartu kredit mereka bahkan sebelum mereka mulai menggunakan aplikasi. Jika aplikasi Anda memerlukan salah satu dari hal-hal ini, tidak masalah tetapi pastikan pengguna sudah menyukai aplikasi Anda sebelum Anda meminta mereka untuk berkomitmen dan memercayai Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa membuat desain aplikasi dimana pengguna bisa terlebih dahulu menjelajahi konten di dalamnya sebelum memutuskan untuk mendaftar dan memasukkan informasi pribadi mereka.

Tips 4: Gunakan Upaya yang Terbaik dalam Pengembangan Aplikasi Anda

Dengan begitu banyak aplikasi di sekitar kita dan begitu sedikit yang benar-benar sukses, adalah hal yang bijak untuk mengikuti jejak orang-orang yang berhasil sukses tersebut. Kita tidak berarti harus meniru siapa pun, maksud saya, kita harus memperhatikan kegagalan yang pernah dialami oleh orang-orang sukses yang telah mendahului kita.

Ini terutama sangat berlaku dalam hal pembuatan desain aplikasi. Kita semua suka membiarkan imajinasi dan kreativitas kita menjadi liar, tetapi kenyataannya adalah ketika berbicara tentang membuat aplikasi, desain yang kita buat harus berfungsi.

Sudah sering terjadi, bereksperimen di luar kerangka kerja yang telah diuji dengan baik bukanlah praktik yang baik dan dapat menyesatkan Anda dan bisnis Anda. Selalu gunakan desainer yang mengetahui tentang seluler dan memahami pedoman populer yang tersedia online seperti penggunaan material desain aplikasi yang disediakan oleh Google.

Tips 5: Hindari Melakukan Redirect

Aplikasi yang baik harus terdiri dari semua yang dibutuhkan pengguna untuk menavigasi dan menyelesaikan masalahnya. Karenanya, menautkan atau mengalihkan halaman aplikasi ke halaman eksternal dari aplikasi Anda adalah praktik yang sangat buruk.

Jika Anda tidak dapat menyertakan semua elemen atau konten ke dalam aplikasi Anda, perlu diingat bahwa selalu lebih baik untuk memberikan lebih sedikit pilihan fungsi kepada pengguna. Berkonsentrasilah pada penyempurnaan fungsi utama produk Anda daripada menyediakan beberapa solusi berkualitas rendah.

Tips 6: Rancang Titik Kontak Pengguna

Pertimbangkan situasi tertentu ketika pengguna mungkin tiba-tiba menjadi ingin menggunakan aplikasi Anda dan siapkanlah. Dari sudut pandang teknis, push notifikasi adalah alat hebat yang harus Anda coba untuk meningkatkan kemungkinan itu.

Setiap pengguna memiliki pandangan yang berbeda tentang notifikasi, tetapi itu hanya karena banyak aplikasi yang secara berlebihan menggunakan mekanisme ini atau menggunakannya dengan cara yang salah. Namun bila diterapkan dengan benar, push notifikasi akan menarik orang kembali ke produk tepat pada saat mereka paling membutuhkannya.

Bayangkan ketika GoJek mengirimi Anda pesan “Driver Anda telah tiba” tepat saat Anda membutuhkannya. Apakah ini akan mengganggu Anda sebagai pengguna? Tentu saja tidak!

Artikel Terkait  4 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dalam Push Notifications

Tips 7: Integrasikan ke Pihak Ketiga

Jika Anda membutuhkan, katakanlah, sistem pembayaran, chat bot, atau opsi berbagi file, gunakan alat yang sudah dikenal orang yang dapat Anda integrasikan ke dalam produk Anda dengan biaya rendah.

Dengan cara ini Anda mempermudah mereka dan membuat produk Anda lebih baik dengan bekerja sama dengan sistem standar tinggi yang sudah disukai banyak orang. Jangan lupa komponen yang siap diintegrasikan seperti Whatsapp, Paypal, atau Google Docs.

Tips 8: Buatlah Hal-Hal Indah yang Diinginkan Orang

Meskipun fungsi utama desain adalah menyediakan pengalaman pengguna yang baik (lihat poin 4), membuat produk Anda terlihat bagus juga tidak boleh diremehkan. Hal ini sering akan diuji saat Anda meluncurkan aplikasi melalui Apple Store atau Google Play. Aplikasi yang tampak apik cenderung mendapatkan lebih banyak unduhan.

Ini adalah fakta sederhana bahwa orang-orang lebih suka melihat hal-hal cantik, sehingga menghabiskan cukup waktu dan sumber daya untuk membuat desain cantik akan terbayar. Sebenarnya hal ini berlaku untuk industri apa pun, dan dalam pengembangan aplikasi, hal ini lebih banyak berlaku untuk aplikasi “keren” seperti yang berkaitan dengan hiburan, jejaring sosial, atau tren.

Tips 9: Ciptakan Lingkungan yang Aman

Dengan banyaknya aplikasi yang ada, tidak mengherankan jika kita sering mendengar tentang data pengguna yang dicuri. Jika Anda memerlukan detail kartu kredit pengguna, pastikan Anda menggunakan penyedia layanan pembayaran yang tepercaya seperti Doku atau Midtrans di Indonesia.

Jika Anda tidak 100% yakin dengan keamanan aplikasi Anda, akan lebih aman jika Anda mengintegrasikan login Facebook atau Google ke dalam aplikasi Anda karena ini berarti Anda mengalihkan keamanan pengguna Anda ke produk yang dijaga dengan baik. Ini adalah praktik yang sangat disambut baik oleh pengguna karena itu berarti mereka tidak perlu mendaftar lagi tetapi cukup masuk dengan profil media sosial yang mereka miliki.

Tips 10: Kembangkan Aplikasi yang Berkualitas dan Ramah dengan Mendengarkan Pengguna Anda

Seperti yang Anda ketahui, kemajuan teknologi bersifat eksponensial. Sistem operasi baru menciptakan kemungkinan baru bagi aplikasi seluler untuk menghindari kesalahan yang sering terjadi sebelumnya.

Perubahan ukuran layar smartphone secara konstan mungkin memerlukan penyesuaian tata letak produk Anda. Perilaku pengguna juga berubah, yang berarti bahwa apa yang bekerja dengan luar biasa kemarin mungkin sangat mengganggu pengguna Anda bulan depan.

Teruslah membaca dan membalas komentar pengguna Anda, dorong mereka untuk berbagi masukan dan terapkan saran mereka di versi aplikasi Anda berikutnya. Bersikaplah ramah dengan Google Analytics untuk memastikan Anda selalu berada di puncak.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya