Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign UI20 Plugin Figma Terbaik yang Wajib UI Designer Gunakan!

20 Plugin Figma Terbaik yang Wajib UI Designer Gunakan!

-

Last Updated on April 3, 2023 by

Figma telah menjadi salah satu tools desain UI/UX paling populer dan terbaik di industri kreatif dan teknologi saat ini. Banyak desainer yang beralih ke Figma untuk mengoptimalkan alur kerja mereka dan menciptakan desain yang menarik. Selain itu, Figma juga menawarkan berbagai plugin yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas daftar lengkap dari 20 plugin Figma terbaik yang wajib digunakan oleh para UI Designer untuk mendesain antarmuka pengguna dari sebuah aplikasi. Yuk simak daftar lengkapnya di bawah ini!

20 Plugin Figma Terbaik yang UI Designer Wajib Coba

plugin figma

Berikut adalah daftar 20 plugin Figma terbaik yang wajib dicoba oleh para desainer antarmuka. Beberapa plugin ini akan membantu Anda mencapai hasil terbaik dalam membuat desain antarmuka pengguna:

1. Autoflow

Plugin terbaik pertama adalah Autoflow. Ekstensi ini dapat membantu Anda untuk membuat flowchart dan diagram dengan mudah di Figma. Anda hanya perlu memilih elemen-elemen mana saja yang ingin dihubungkan, lalu jalankan plugin ini untuk menghubungkan elemen tersebut secara otomatis. Plugin Autoflow ini sangat berguna untuk menyusun alur desain dengan cepat dan efisien.

2. Batch Styler

Jika Anda ingin mengatur gaya (style) pada objek-objek yang telah dipilih secara bersamaan, Anda dapat menggunakan ekstensi Batch Styler. Dengan plugin ini, Anda dapat dengan mudah mengganti beberapa format atribut seperti warna, jenis font, dan atribut lainnya pada banyak objek sekaligus. Ini sangat berguna saat Anda ingin mengubah gaya pada desain Anda tanpa harus mengubah elemen objek tersebut satu persatu secara manual.

3. Blush

Blush menawarkan banyak ilustrasi yang dapat diedit dan disesuaikan sesuai dengan kebutuhan desain yang dibuat. Dengan plugin ini, Anda dapat menambahkan ilustrasi berkualitas tinggi ke dalam desain Anda dengan cepat dan mudah. Anda dapat menyesuaikan beberapa format ilustrasi tersebut seperti warna, bentuk, dan detail dari ilustrasi sesuai kebutuhan proyek desain Anda.

Artikel Terkait  Cara Memilih Skema Warna Terbaik untuk Aplikasi Anda

4. Chart

Chart adalah plugin yang memungkinkan Anda membuat grafik dan diagram interaktif secara langsung pada desain di Figma. Anda dapat dengan mudah mengimpor data dari beberapa format file seperti  file CSV atau JSON untuk menghasilkan grafik yang baik dalam hitungan detik. plugin Chart mendukung berbagai jenis grafik, seperti bar, pie, line, dan area chart sesuai dengan kebutuhan desain Anda.

5. Content Reel

Ekstensi Content Reel dapat menambahkan konten atau data yang realistis ke dalam desain dengan sangat mudah. Plugin yang satu ini menyediakan perpustakaan data yang lengkap seperti nama, alamat, tanggal, dan teks sampel yang dapat Anda seret dan jatuhkan ke dalam desain Anda. Hal ini sangat berguna untuk membuat mockup yang lebih realistis, menarik dan profesional.

6. Dark Mode Magic

Dark Mode atau mode gelap merupakan salah satu teknologi populer dalam aplikasi seluler. Dark Mode Magic dapat membantu Anda untuk mengonversi desain dari yang sebelumnya dalam mode terang menjadi mode gelap dengan satu kali klik. Plugin ini memudahkan Anda untuk membuat desain yang ramah terhadap mode gelap dan meningkatkan kualitas desain Anda secara keseluruhan agar tetap relevan dengan teknologi terbaru yang ada saat ini.

7. Feather icons

Feather icons menyediakan perpustakaan ikon open-source yang ringan dan lengkap. Dengan bantuan plugin ini, Anda dapat dengan mudah mencari dan menambahkan ikon ke dalam desain Anda secara langsung dari panel Figma. Anda juga dapat menyesuaikan ukuran dari setiap ikon yang telah dipilih sesuai dengan kebutuhan desain.

8. Figma to HTML, CSS, React & more

Plugin Figma to HTML, CSS, React & more dapat membantu Anda untuk mengonversi desain Figma Anda menjadi kode pemrograman seperti  HTML, CSS, React maupun kode pemrograman lainnya yang siap untuk digunakan. Ini sangat berguna bagi para desainer dan developer aplikasi yang ingin menghemat waktu dan usaha saat mengubah desain menjadi situs web atau aplikasi.

9. Figmoji

Ingin menambahkan emoji menarik dalam desain? Figmoji adalah jawaban terbaiknya. Plugin ini memudahkan Anda untuk mencari dan menambahkan emoji ke desain Anda secara langsung dari panel Figma. Plugin ini menawarkan perpustakaan emoji yang luas dan lengkap untuk bisa dipilih, yang akan membantu Anda untuk mengekspresikan emosi dan pesan melalui emoji dengan lebih efektif dalam desain Anda.

Artikel Terkait  Contoh Web Perusahaan, Bisnis dan Toko Online Dengan Desain Terbaik Tahun ini

10. Icon Resizer

Ikon adalah elemen penting dalam sebuah aplikasi sehingga ukuran yang tepat akan membuat desain lebih baik. Anda bisa mengubah ukuran dari beberapa ikon secara massal dan mempertahankan proporsi asli dari ikon-ikon tersebut dengan Icon Resizer. Ekstensi Ini sangat berguna saat Anda ingin menyesuaikan ukuran dari banyak ikon dalam desain Anda tanpa mengorbankan kualitas visual dari ikon-ikon itu sendiri.

11. Iconify

plugin figma

Iconify adalah salah satu plugin terbaik dalam hal menyediakan perpustakaan ikon yang luas dan lengkap dengan lebih dari 50.000 ikon kualita tinggi dari berbagai paket ikon populer. Dengan ekstensi ini, Anda dapat dengan mudah mencari dan menambahkan ikon ke desain Anda langsung dari panel Figma, serta mengubah ukuran dan mengatur gaya ikon tersebut sesuai dengan kebutuhan.

12. Breakpoints

Breakpoints adalah salah satu plugin penting untuk mengatur dan mengelola jeda dalam desain responsif Anda. Plugin ini memungkinkan Anda untuk menambahkan breakpoint yang berbeda dan mengganti tampilan desain Anda berdasarkan lebar layar yang berbeda. Hal ini sangat berguna untuk memastikan desain Anda terlihat sempurna di semua perangkat dan resolusi.

13. Isometric

Isometric adalah plugin yang membantu Anda membuat objek isometrik dari bentuk datar dengan mudah. Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengubah elemen-elemen yang ada pada desain Anda menjadi perspektif isometrik dengan hanya beberapa kali klik serta memberikan tampilan yang unik dan menarik pada desain Anda.

14. Draw Connector

Draw Connector adalah ekstensi terbaik untuk menggambar sebuah konektor atau garis penghubung antar objek dalam desain Anda. Plugin ini sangat berguna untuk membantu dalam membuat flowchart, diagram, dan ilustrasi yang membutuhkan suatu hubungan antara elemen-elemen yang berbeda.

15. LottieFiles

LottieFiles adalah plugin yang memungkinkan Anda untuk mengimpor, melihat, dan mengedit animasi Lottie dalam Figma. Dengan plugin ini, Anda dapat dengan mudah menambahkan banyak animasi yang menarik dan interaktif ke dalam desain Anda, serta menguji dan mengoptimalkannya sebelum diintegrasikan ke dalam aplikasi atau situs web Anda.

Artikel Terkait  Cara Membuat Ikon Aplikasi yang Sempurna

16. Mapsicle

Mapsicle adalah ekstensi yang memudahkan Anda untuk menambahkan sebuah peta interaktif ke desain Anda dengan mudah. Dengan menggunakan plugin ini Anda dapat mencari lokasi, mengubah tampilan peta, dan menambahkan penanda lokasi pada peta untuk membuat peta yang lebih informatif dan menarik dalam desain Anda.

17. Remove BG

Remove BG adalah plugin yang memudahkan Anda untuk menghapus latar belakang dari sebuah gambar dengan mudah hanya dengan satu kali klik. Plugin ini menggunakan teknologi AI canggih untuk mengidentifikasi dan menghapus latar belakang dari suatu gambar, sehingga Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan gambar dengan latar belakang yang transparan ke dalam desain Anda. Ini sangat berguna untuk mengedit foto dan menciptakan komposisi desain yang lebih bersih dan profesional.

18. UIGradients

UIGradients menawarkan koleksi gradien warna yang indah dan siap digunakan untuk desain Anda. Dengan plugin ini, Anda dapat dengan mudah mengeksplorasi dan mengaplikasikan gradien dari warna yang berbeda pada elemen desain Anda sehingga dapat memberikan sebuah tampilan desain yang lebih menarik dan dinamis.

19. Unsplash

Unsplash adalah plugin yang memungkinkan Anda untuk mencari dan menambahkan foto berkualitas tinggi ke desain Anda secara langsung dari panel Figma. Dengan perpustakaan foto yang lengkap dan beragam, plugin ini memudahkan Anda untuk menemukan gambar yang tepat untuk proyek Anda, baik itu untuk ilustrasi, latar belakang, konten atau lainnya.

20. Typescale

Plugin terakhir dalam daftar ini adalah Typescale. Add-ons satu ini dapat  membantu Anda mengelola dan mengatur skala tipografi dalam desain Anda. Dengan ekstensi ini, Anda dapat dengan mudah menentukan skala tipografi dan hierarki dari teks agar lebih konsisten, sehingga Anda dapat dengan mudah mengatur gaya teks dan menjaga konsistensi teks tersebut pada desain Anda.

Kesimpulan

Nah, itu dia ulasan mengenai daftar lengkap 20 plugin Figma terbaik yang wajib digunakan oleh para UI Designer. Dengan memanfaatkan plugin-plugin terbaik tersebut, Anda akan dapat menciptakan desain antarmuka yang lebih efisien, menarik, dan profesional.

Semoga bisa menambah referensi Anda terutama untuk yang ingin mulai mendesain sebuah desain UI. Jika Anda ingin tahu lebih banyak seputar pembangunan web dan aplikasi, ikuti terus kami di appkey.id supaya tidak ketinggalan ulasan informasi menarik lainnya ya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya