Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteBackendMengenal Lebih Dalam Load Testing dan Cara Kerjanya

Mengenal Lebih Dalam Load Testing dan Cara Kerjanya

-

Last Updated on April 10, 2023 by

Pada setiap pengembangan perangkat lunak, tidak akan lepas dengan yang namanya pengujian. Tentunya karena pengujian merupakan bagian dasar yang wajib dilakukan sebelum suatu perangkat lunak digunakan oleh end user. Menguji perangkat lunak sangatlah penting untuk mengetahui apakah perangkat lunak tersebut sudah layak atau tidak untuk dirilis. Terdapat berbagai macam pengujian yang dapat dilakukan, salah satunya adalah load testing.

Dari berbagai banyak pengujian, pengujian ini tidak boleh dilewatkan begitu saja karena sangat berpengaruh pada performa perangkat lunak. Maka, pada pembahasan kali ini, mari mengenal lebih dalam tentang load testing tentang memahami apa yang dimaksud dengan pengujian ini, cara kerja, dan lainnya.

Pengertian Load Testing

load testing

Load testing dilakukan untuk menguji perilaku dari perangkat lunak yang dibangun pada dua kondisi, yaitu dalam kondisi normal dan dalam puncak load (beban) atau dalam load maksimal atau kapasitas maksimum. Dengan pengujian ini dapat memastikan aplikasi, web, atau perangkat lunak dapat berjalan dengan lancar dan sesuai ekspektasi ketika dirilis serta sesuai dengan service level agreement (SLA).

Pengujian ini menentukan bagaimana perangkat lunak yang dibangun berjalan ketika perangkat lunak tersebut diakses oleh banyak pengguna secara bersamaan. Dengan pengujian ini, dapat meningkatkan performansi dari traffic yang tinggi dan memastikan fungsionalitas pada perangkat lunak dapat stabil dan berjalan lancar sebelum memasuki proses deployment.  Pengujian ini merupakan tipe pengujian non-fungsional yang biasanya digunakan untuk client/server, aplikasi web baik internet ataupun intranet.

Pentingnya Melakukan Load Testing

Mengapa melakukan load testing termasuk penting dan tidak boleh dilewatkan? Pengujian ini memastikan beban, traffic, dan lainnya berjalan lancar pada perangkat lunak, ketika tidak berjalan lancar, tentunya pengguna akan lebih rentan untuk meninggalkan perangkat lunak Anda karena sudah frustasi dengan kinerjanya. Hal ini kemudian akan menurunkan performa perusahaan.

Artikel Terkait  Mengenal Oracle : Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya

Pengujian ini dapat memberikan proteksi untuk menanggulangi dari performansi yang rendah. Selain itu, pentingnya melakukan pengujian ini adalah memberikan kepercayaan diri pada sistem dan reabilitas dari perangkat lunak yang dibangun.

Cara Kerja Load Testing

Ketika ingin melakukan load testing dapat menggunakan suatu tool untuk pengujian ini. Nah, proses pengujiannya adalah load atau beban akan disimulasikan pada perangkat lunak. Saat proses ini berlangsung, tool akan mengukur kapasitas dari perangkat lunak melalui waktu meresponnya. Jadi, ketika perangkat lunak yang diuji melebihi waktu respon dan menjadi tidak stabil pada traffic tertentu, menunjukkan bahwa perangkat lunak telah mencapai beban maksimal atau kapasitas maksimum.

Maka, perlu dicari solusi untuk mengatasi hal tersebut. Pada load testing, ada beberapa yang dapat diukur atau diidentifikasi, antara lain:

  1. Tingkat pemanfaatan sumber daya.
  2. Performansi dari lingkungan hardware, seperti CPU dan RAM.
  3. Jumlah pengguna yang bersamaan mengakses perangkat lunak yang dapat di-supportoleh perangkat lunak dan skalabilitas yang memungkinkan pengguna lebih banyak untuk mengakses perangkat lunak tersebut.
  4. Kekurangan desain perangkat lunak.
  5. Performansi dari load balancer.
  6. Menentukan apakah infrastruktur dari perangkat lunak merupakan infrastruktur yang tepat dan memadai untuk dijalankan.
  7. Response timeatau waktu respon.
  8. Performansi dari komponen databasedalam load yang berbeda.
  9. Performansi dari komponen sistem dalam berbagai load.
  10. Delayjaringan antara client dan server.

Sebagai pengembang, dengan melakukan pengujian ini dapat diidentifikasi masalah seperti lag pada sistem, waktu load pada halaman perangkat lunak yang lambat, ataupun adanya crash saat traffic pada level yang berbeda.

Strategi Melakukan Load Testing

Ada beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk melakukan load testing. Berikut adalah strateginya.

  1. Pengujian manual, merupakan strategi yang mengeksekusi pengujian yang dilakukan secara manual. Pengujian ini tidak dapat menghasilkan hasil yang dapat diulang, serta pengukuran level stress dari aplikasi.
  2. Toolpengujian yang dikembangkan sendiri, merupakan strategi mengeksekusi pengujian dengan tool yang memang dikembangkan sendiri yang biasanya dikembangkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan yang memandang pengujian ini merupakan pengujian yang penting dilakukan.
  3. Open sourcetool, merupakan strategi dengan mengeksekusi pengujian menggunakan tool yang tersedia secara open source dan gratis untuk digunakan. Nah, jika Anda memiliki biaya yang terbatas dapat menggunakan tool open source.
  4. Toolkelas perusahaan, merupakan strategi dengan mengeksekusi pengujian yang didukung dengan banyak protocol dan dapat mensimulasikan banyak pengguna.
Artikel Terkait  5 Web API Terbaik Untuk Menambah Fungsionalitas Proyek Anda

Persiapan Melakukan Load Testing

load testing

Setelah mengetahui bagaimana load testing bekerja, maka untuk melakukan pengujian ini dapat dilakukan dengan beberapa langkah persiapan. Berikut akan dijelaskan hal yang perlu dipersiapkan.

Identifikasi Obyektif dari Aplikasi Web

Pertama-tama, identifikasilah ruang lingkup yang diantisipasi dan volume dari aplikasi web yang dimiliki. Identifikasi fungsionalitas yang harus diuji selama proses produksi aplikasi web. Misalnya, waktu respon, tingkat pemanfaatan sumber daya, ataupun beban maksimal dari pengguna, sehingga Anda dapat membuat dengan jelas untuk proses pengujian nanti.

Uraikan Perjalanan dari Pengguna

Buatlah garis besar bagaimana nantinya pengguna akan menggunakan dan berinteraksi dengan perangkat lunak Anda. Hal ini dapat Anda lakukan dengan memonitoring data dari tool untuk monitoring performansi aplikasi atau application performance monitoring (APM), sehingga dengan menggunakan tool tersebut Anda dapat berfokus pada proses dan metrik performansi selama melakukan pengujian.

Pilih Tool yang Tepat untuk Pengujian

Untuk melakukan pengujian, pilihlah tool yang mudah digunakan dan di-scaling, menyediakan hasil yang akurasi, serta terintegrasi dengan tool lain sehingga mudah untuk dikelola. Ada beberapa tool yang dapat Anda gunakan seperti LoadNinja dan Load Runner.

Cara Melakukan Load Testing

Setelah mempersiapkan semuanya, saatnya untuk melakukan load testing. Berikut adalah beberapa praktik terbaik yang dapat dilakukan.

Artikel Terkait  Apa itu API Security? Wajib Tahu dan Penting Diterapkan!

Buatlah Skenario yang Realistis

Ketika melakukan pengujian, buatlah skenario atau test case baik positif atau negatif secara realistis berdasarkan pada deployment yang berbeda, browser, ataupun perangkat. Pengguna akhir terkadang tidak dapat diprediksi, sehingga tetap variasikan ketika setting pengujian ini. Jadi, berpikirlah menjadi pengguna bagaimana menggunakan perangkat lunak Anda.

Tetapkan Benchmark yang Realistis

Mengoptimasi performansi pada perangkat lunak membutuhkan pemahaman tentang aplikasi Anda dan penggunanya. Identifikasilah secara praktik dan realistis tes yang dapat merefleksikan realita, dapat berupa memilih device, browser yang digunakan, jumlah pengguna, dan lainnya.

Pengujian ini tidak dapat dimulai dari nol. Jadi, Anda dapat mencoba untuk menjalankan pengujian setelah sistem sudah berada pada load. Hal ini dapat mengurangi “false-positive” yang dapat terjadi ketika memulai pengujian dari nol.

Jalankan Pengujian lebih Awal dan secara Rutin

Disarankan untuk melakukan pengujian lebih awal dan secara rutin serta tidak menunggu proyek perangkat lunak hampir selesai. Hal ini dapat membantu para pengembang untuk memperbaiki masalah pada kode lebih cepat pada seluruh lifecycle produksi perangkat lunak.

Kelebihan dan Kekurangan Load Testing

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan melakukan load testing, berikut adalah uraiannya.

Kelebihan pengujian:

  1. Performansi bottleneckdapat diidentifikasi lebih awal sebelum produksi.
  2. Dapat meningkatkan skalabilitas dari sistem.
  3. Mengurangi biaya kerugian atau kegagalan yang mungkin terjadi setelah produksi.
  4. Meningkatkan kepuasan pelanggan menggunakan perangkat lunak.
  5. Dapat menghindari downtime.

Kekurangan pengujian:

  1. Membutuhkan pengetahuan tentang programminguntuk menggunakan tool
  2. Toolyang digunakan dapat lebih mahal jika menggunakan yang berbayar dan dukungan jumlah pengguna.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai load testing yang penting untuk dilakukan. Tentunya untuk melakukan pengujian ini, pahamilah terlebih dahulu cara kerjanya, kemudian memperhatikan strategi yang digunakan, cara melakukannya atau praktik terbaiknya, persiapan, dan tool yang digunakan agar perangkat lunak yang dibangun dapat meraih sesuai yang diekspektasikan. Untuk artikel menarik lainnya, pantengin terus informasinya di Appkey.id, ya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya