Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design Web Tujuh Tips untuk Desain Web dan Media Sosial yang...

Tujuh Tips untuk Desain Web dan Media Sosial yang Menarik Perhatian

-

Berbicara masalah design baik itu untuk pakaian, rumah, hingga produk digital, factor psikologi memiliki peranan yang sangat penting atas terciptanya desain tampilan yang baik dan menarik.

Dalam pembuatan desain web, untuk menghasilkan tampilan antar muka yang berkualitas, Aspek psikologi ini dapat membantu kita dalam memperkirakan bagaimana pengguna akan bereaksi terhadap konten atau elemen tertentu yang ada di dalam halaman situs kita karena bagaimanapun elemen-elemen ini juga akan menjadi penentu banyak atau sedikitnya pengguna yang berkunjung ke situs kita.

Tujuan dari situs web yang berbeda akan bervariasi, tetapi psikologi akan memengaruhi seberapa menarik situs web tersebut kepada audiens targetnya.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa tips tentang cara membuat desain web yang efektif berdasarkan konsep psikologi pengguna

1. Menggunakan gambar dan warna yang tepat untuk membangun kepercayaan pengguna

Gambar yang kita gunakanan haruslah gambar yang mampu mengalihkan pandangan pengguna ke situs Anda. Selain itu penggunaan gambar yang mengandung karakter manusia baik itu ilustrasi maupun foto nyata bisa membuat pengunjung merasa aman dan rasa keakraban yang ditimbulkannya juga akan menjadikan mereka lebih percaya kepada situs yang kita miliki

Sedangkan elemen warna biasanya memengaruhi orang dengan cara yang berbeda, oleh karena itu kita harus benar-benar mempertimbangkan penggunaan warna di situs web kita.

Misalnya, anak-anak biasanya akan lebih menyukai warna-warna yang cerah seperti kuning dan lain-lain, akan tetapi orang dewasa yang  berusia di atas 30 tahun belum tentu menyukai warna tersebut.

Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki pengetahuan tentang warna ini dalam pembuatan desain di dalam situs Anda.

2. Pengarahan sudut pandang pengunjung ke tempat yang tepat

ide-design

Hirarki ini memiliki peran penting dalam pembuatan desain website yang menarik. Pengguna perlu tahu bagaimana ia melakukan pencarian informasi yang dibutuhkannya di dalam situs kita , oleh karena itu kita dapat membantu mereka dengan menggunakan elemen yang tepat sehingga mempermudah mereka menjelajah selama berada di dalam situs kita.

Desain yang baik bukan hanya tentang penggunaan warna yang tepat dan gambar yang menarik, Penggunaan judul, subpos, kutipan blok, baris tag, dan pengelompokan lainnya dapat membantu pengunjung menilai betapa pentingnya konten teks di dalam situs.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan taktik yang sama untuk mengarahkan pengunjung untuk melakukan apa yang kita inginkan.

Namun sebelum itu, jangan lupa, kontras, ukuran gambar dan huruf, warna, dan tata letak juga semuanya penting. Foto misalnya, akan menjadi hal pertama yang dilihat orang sebelum membaca caption yang mengikutinya.

Artikel Terkait  Memilih Domain adalah Langkah Awal Membuat Website | Tips Memilih Domain yang Bagus untuk Web

3. Gunakan warna untuk mempengaruhi perilaku pengguna

Seperti yang sudah kita bahas di atas, warna adalah elemen yang memengaruhi orang dengan berbagai cara. Kita perlu memahami psikologi di balik warna saat membuat sebuah desain situs web. Warna dapat membantu Anda mencapai tujuan yang berbeda karena ada filosofi di balik warna yang kita lihat.

Penerapan kontras pada warna, misalnya, dapat membantu Anda meningkatkan rasio klik-tayang. Pada halaman arahan, tombol harus kita memiliki warna yang kontras dengan warna latar belakang sehingga lebih terlihat menonjol. Tombol berwarna terang akan bekerja lebih baik dan lebih mudah difahami fungsionalitasnya oleh pengguna.

Pemilihan warna yang sesuai juga dapat membantu Anda membuat jalur visual. Gradien, misalnya, akan mengarahkan pengunjung untuk melakukan scroll. Ada begitu banyak panduan mendetail tentang penggunaan warna dan bagaimana pengaruhnya terhadap pengguna dan menggunakan panduan ini akan menghilangkan spekulasi yang kurang sesuai dalam proses desain web.

4. Pandu pengunjung dengan elemen berulang

Format dan gaya judul yang sama ada karena suatu alasan, yaitu hal itu memungkinkan pengunjung untuk segera mengidentifikasi item yang kita maksud atas penggunaan tajuk tersebut.

Dengan membangun system ini, pengunjung secara tidak sadar akan tahu halaman apa yang harus dituju atau apa yang harus dilakukan yang menjadi panduan mereka saat menavigasi sebuah situs web.

5. Manfaatkan ruang negatif

Ruang negatif yang dimaksud adalah area yang tidak terhalang di sekitar elemen yang oleh desainer disebut sebagai ruang negatif. Sebagai contoh, jika Anda memiliki lingkaran besar dan Anda menempatkan titik kecil di tengahnya, jarak antara titik dan garis lingkaran besar itulah yang disebut sebagai ruang negatif.

Ruang negatif dapat menarik perhatian pengunjung, terutama bila ada ukuran kontras antara elemen yang berfungsi sebagai titik fokus dan elemen lainnya. Teknik ini sangat efektif jika Anda ingin agar pengunjung fokus pada suatu tombol, produk, atau elemen tertentu di dalam halaman tersebut.

6. Gunakan tampilan yang minimalis

design-web-4

Meskipun konten di situs web tidak sepenuhnya berada di bawah kendali penuh perancang, kita wajib tahu bahwa menghindari penempatan banyak item atau elemen di dalam halaman bisa efektif untuk pengguna. Sebagai perancang, kita tentu tidak ingin pengunjung merasa kewalahan dalam menggunakan situs yang kita buat.

Awalnya, masih bisa dapat diterima untuk mengemas semua konten di dalam halaman. Namun, hal itu menjadi hal yang tidak begitu disukai, karena orang-orang mulai merasa terganggu karena begitu banyak hal yang memperebutkan perhatian mereka di situs Anda.

Kini, Anda perlu membuat pesan Anda tetap singkat dan fokus pada apa yang ingin Anda katakan. Tidak lebih dari itu.

Kemudian untuk melengkapi pesan yang ingin Anda sampaikan, Anda dapat menggunakan elemen lain dalam desain web Anda untuk meningkatkan pengalaman pengguna di situs Anda.

Artikel Terkait  Mengenal Lebih dalam Mengenai Algoritma

7. Lakukan tur visual

Cobalah bayangkan apa yang mungkin dialami pengunjung saat mengunjungi situs web anda. Cobalah untuk mencaritahu dan melihat bagaimana perasaan pengguna ketika mereka mengunjungi situ web Anda.

Gunakan semua alat yang mungkin agar para pengunjung tidak hanya mengklik tanpa melakukan apa-apa di dalam situs. Ini adalah kesempatan yang baik untuk menarik perhatian mereka dan membuat mereka lebih banyak melakukan penjelajahan di halaman web Anda.

Psikologi adalah cabang ilmu yang menarik, dan dapat membantu kita dalam berbagai bidang lainnya, begitu juga dalam hal pembuatan desain situs web. Anda meningkatkan kualitas desain web sambil menerapkan perubahan dan juga mempertimbangkan psikologi pengguna sehingga dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya