Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi GameSudah Tahu Bahasa Pemrograman Lua? Yuk, Kenali Lebih Dekat!

Sudah Tahu Bahasa Pemrograman Lua? Yuk, Kenali Lebih Dekat!

-

Ada berbagai banyak bahasa pemrograman yang kita kenal sampai saat ini. Bahasa-bahasa tersebut tentunya memiliki ciri khas dan fungsinya masing-masing sehingga memudahkan developer dalam membangun perangkat lunak. Seperti JavaScript dan PHP yang sering dipakai membangun website, Java untuk membangun aplikasi, dan masih banyak lagi. Dari banyaknya bahasa pemrograman tersebut, pernahkan Anda mendengar tentang bahasa pemrograman Lua? Mungkin bagi yang baru terjun ke dunia pemrograman, bahasa ini masih terasa asing. Nah, sebenarnya bahasa ini tidak kalah efisien dan cepat dari bahasa pemrograman lain juga, lho. Pada bahasan kali ini, mari menyelam lebih dalam untuk mengenal bahasa pemrograman ini!

Apa itu Lua?

bahasa pemrograman lua

Istilah Lua (dibaca “LOO-ah”) berasal dari bahasa Portugis yang artinya “moon” atau “bulan”, sehingga nampak pada logonya yang berbentuk bulat. Bahasa pemrograman Lua adalah bahasa scripting yang diciptakan pada tahun 1993, cukup lama bukan? Meskipun bukan bahasa yang baru, Lua jarang dipakai untuk sebagai bahasa atau pondasi utama dalam membangun suatu aplikasi, karena Lua memiliki fungsi utama sebagai bahasa scripting. Karena sebagai bahasa scripting ini, Lua bekerja sebagai bagian embedded suatu aplikasi.

Lua ditulis pertama kali oleh anggota Computer Graphics Technology Group (TecGraf) di Universitas Pontifical Catholic, Rio de Janeiro, Brazil. Adapun anggotanya yang menulis bahasa ini terdiri dari Roberto Lerusalimschy, Luiz Henrique de Figueiredo, dan Waldemar Celes. Awalnya, dari tahun 1977 hingga 1992, pemerintah Brazil membatasi perdagangan, salah satunya perdagangan perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Tentunya kebijakan ini membuat klien TecGraf tidak mampu membeli perangkat lunak dari luar, sehingga TecGraf terdorong membuat bahasa scripting mereka sendiri, yaitu Lua.

Artikel Terkait  Developer Aplikasi Game Berkualitas di Indonesia
Artikel Terkait  Rekomendasi Sistem Operasi Terbaik Untuk Game di Tahun Ini

Lua mendukung berbagai metode program seperti procedural, object-oriented, functional, dan data-driven programming. Lua memiliki dua komponen utama, yaitu interpreter dan virtual machine. Lua ini menggunakan interpreter untuk meng-compile file menjadi bytecode. Interpreter tersebut ditulis dalam ANSI C sehingga lebih portabel dan memungkinkan untuk berjalan di berbagai perangkat. Virtual machine pada Lua akan menjalankan bytecode yang telah di-compile, jika misalnya kompilasi selesai sebelum runtime untuk meningkatkan load-time.

Peran Lua dalam Game Development

Bahasa pemrograman Lua populer dan sering digunakan dalam industri game. Pada game development ini, banyak game yang menggunakan Lua sebagai bahasa scripting dan berbagai tugas lain juga. Ada beberapa game populer yang menggunakan Lua, seperti Warframe, Angry Birds, World of Warcraft, dan game puzzle Enigma. Berikut beberapa dari sekian banyak game engine yang menggunakan Lua dalam membangun game, antara lain:

1. LÖVE

LÖVE adalah salah satu game engine yang bertujuan untuk membangun game 2D dan menggunakan Lua untuk menulis script-nya. Game engine ini mudah digunakan, sehingga menjadi pilihan yang bagus untuk pemula. LÖVE dapat dijalankan di berbagai platform (cross platform) seperti Windows, Linux, Mac OS X, Android, dan iOS. Terlebih lagi, game engine ini bersifat open-source dan gratis.

2. Defold

Defold merupakan salah satu game engine yang berfokus pada pembuatan game 2D, tetapi mampu juga untuk digunakan dalam membangun game 3D. Dibuat oleh Christian Murray dan Ragnar Svensson, game engine gratis untuk digunakan dalam pengembangan game konsol, desktop, mobile, hingga web. Tentunya Defolf bersifat cross platform juga. Lua menjadi bahasa scripting Defold dalam menulis logika game.

Artikel Terkait  Memahami Citra 3DS Emulator dan Cara Menggunakannya

3. Roblox Studio

Siapa yang tidak tahu game Roblox? Game populer ini dikembangkan oleh Roblox Corporation yang memungkinkan pengguna untuk mendesain game sendiri dan memainkan game yang dibuat oleh pengguna lain, tidak mengherankan dari anak-anak hingga dewasa menyukai game ini. Menurut situs resminya pada Roblox.com, pengguna aktifnya (daily active users) mencapai 58,8 juta pada kuarter ketiga tahun 2022. Roblox Corporation menyediakan Roblox Studio memungkinkan untuk para game developer untuk membuat gamenya sendiri seperti Roblox. Roblox studio ini merupakan game engine yang menggunakan Lua sebagai bahasa scripting mereka.

Artikel Terkait  Steam Adalah : Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

4. Solar2D

Solar2D (sebelumnya dikenal dengan Corona SDK) merupakan game engine untuk membangun game 2D yang dikembangkan oleh Corona Labs Inc. Game engine ini gratis, open-source, serta cross platform. Bahasa pemrograman Lua digunakan pada game engine ini.

5. Moai

Moai merupakan platform yang digunakan untuk membangun game seluler di Android maupun iOS. Moai terdiri dari Moai SDK sebagai game engine dan Moai Cloud untuk melakukan hosting dan deployment pada game service. Moai ini ditulis menggunakan Lua sebagai bahasa scriptingnya dan C++.

Peran Lua dalam Bidang Lain

Selain memiliki peran dalam pengembangan game. Bahasa pemrograman Lua juga digunakan dalam berbagai bidang seperti jaringan dan sistem pemrograman lain. Lua digunakan dalam program untuk konfigurasi dan otomatisasi, seperti Adobe Lightroom dan VLC Media Player. Pada jaringan, Lua digunakan pada Cisco System dan Nmap. Lua juga digunakan dalam Apache dan Nginx web server, MySQL proxy, dan Redis NoSql.

Kelebihan dan Kekurangan Lua

Bahasa pemrograman Lua memiliki banyak kelebihan sehingga banyak digunakan oleh para developer, antara lain:

1. Cepat

Dibandingkan dengan bahasa interpreted scripting lainnya, Lua melakukan perintah lebih cepat.

2. Simpel

Lua termasuk bahasa yang simpel tetapi powerful. Sintaks pada Lua sederhana dan format yang gampang dipahami, sehingga siapapun dapat dengan mudah menggunakan Lua pada program mereka.

Artikel Terkait  Penggunaan Aplikasi AR dalam Pengembangan Aplikasi Game
Artikel Terkait  Steam Adalah : Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

3. Ukuran Kecil

Ukuran yang kecil akan lebih mudah dan ideal ketika diintegrasikan ke berbagai platform. Seperti halnya Lua memiliki ukuran yang kecil dibandingkan bahasa yang lainnya. Source code yang lengkap dan dokumentasinya hanya membutuhkan 1.3 MB.

4. Gratis

Lua didistribusikan di bawah MIT lisence. Lua bersifat open-source dan gratis sehingga siapapun dapat menggunakannya tanpa membayar sepeserpun.

5. Variabel

Saat menulis variabel tidak perlu mendefinisikan tipe variabel tersebut karena secara otomatis ditentukan berdasarkan nilai dari variabel.

6. Komunitas

Komunitas Lua termasuk luas, apalagi di bidang game development. Karena banyaknya game engine yang menggunakan Lua, tentunya komunitas Lua terus bertumbuh. Beberapa game engine juga menyediakan tutorial menggunakan Lua sehingga mempermudah dalam menerapkannya.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, tidak memungkiri Lua memiliki kekurangan, seperti:

  1. Memungkinkan terjadinya error pada variabel assignment karena semua variabel yang digunakan pada Lua bersifat global (global scope).
  2. Jika ada fungsi yang diubah oleh update, maka source code-nya juga harus ditulis ulang pada setiap project.

Tertarik untuk mendalami Lua? Dengan kelebihan yang dimiliki, tentunya akan sangat ideal menggunakan Lua sebagai bahasa scripting dengan mudah dan cepat yang tidak kalah dengan bahasa pemrograman lainnya. Apalagi jika Anda tertarik pada game development, bahasa ini dapat menjadi pilihan untuk dipelajari karena sangat sesuai pada bidang tersebut. Demikian informasi mengenai bahasa pemrograman Lua, semoga bermanfaat dan pantengin terus update terbaru seputar teknologi di Appkey.id, ya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya