Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteMaintenancePengertian Modem, Cara Kerja serta Jenis-Jenisnya

Pengertian Modem, Cara Kerja serta Jenis-Jenisnya

-

Last Updated on October 20, 2023 by

Modem adalah salah satu perangkat yang berguna untuk menghubungkan perangkat lainnya ke internet. Mungkin banyak generasi sekarang yang tidak mengetahui apa itu modem dan hanya mengetahui WiFi sebagai media untuk menyambung ke internet. Penasaran apa itu modem, cara kerja dan jenisnya? Yuk simak pembahasan di bawah ini!

Pengertian Modem

Modem adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengubah sinyal digital dari komputer atau perangkat lain menjadi sinyal analog yang dapat ditransmisikan melalui jalur komunikasi analog seperti saluran telepon kabel atau jalur koneksi DSL (Digital Subscriber Line) dan sebaliknya serta mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital saat menerima data. Singkatannya sendiri berasal dari kata “modulator” dan “demodulator,” yang mengacu pada fungsi dasar perangkat ini.

Fungsi utamanya adalah

  • Modulasi: Mengubah data digital dari komputer menjadi sinyal analog yang dapat ditransmisikan melalui jalur komunikasi fisik
  • Demodulasi: Mengubah sinyal analog yang diterima melalui jalur komunikasi menjadi data digital yang dapat dipahami oleh komputer atau perangkat lain

Modem digunakan dalam berbagai hal seperti misalnya untuk mengakses internet melalui koneksi telepon (dial-up modem), DSL, kabel, serat optik atau koneksi nirkabel seperti Wi-Fi atau 4G/5G. Selain itu juga digunakan dalam sistem komunikasi data yang lebih kompleks seperti jaringan telepon seluler dan jaringan komunikasi satelit.

Dalam konteks internet modern sering digunakan bersama dengan router untuk menghubungkan beberapa perangkat ke internet dan mendistribusikan koneksi secara nirkabel atau melalui kabel Ethernet. Modem DSL, kabel dan serat optik lebih umum digunakan daripada dial-up modem karena mereka dapat menyediakan koneksi internet yang lebih cepat dan stabil.

modem

Cara Kerja Modem

Bekerja dengan cara mengubah data digital yang dihasilkan oleh komputer atau perangkat lain menjadi sinyal analog yang dapat ditransmisikan melalui jalur komunikasi fisik, seperti kabel telepon atau kabel koaksial. Selain itu juga bertanggung jawab untuk mengubah sinyal analog yang diterima dari jalur komunikasi menjadi data digital yang dapat dipahami oleh komputer atau perangkat penerima. Secara singkat, berikut adalah cara kerjanya.

Artikel Terkait  Apa Itu Phalcon? Tutorial PHP Phalcon Terlengkap untuk Pemula

Modulasi (Modulation)

Data digital dari komputer diubah menjadi sinyal analog. Proses ini disebut modulasi. Modem menggunakan skema modulasi tertentu seperti QAM (Quadrature Amplitude Modulation) atau FSK (Frequency Shift Keying) untuk mengubah data digital menjadi gelombang analog yang sesuai dengan pola data yang ingin dikirim.

Transmisi

Sinyal analog yang dihasilkan dikirimkan melalui jalur komunikasi fisik seperti kabel telepon atau kabel koaksial. Sinyal ini dapat pergi melalui berbagai jenis media tergantung pada jenis koneksi internet yang digunakan (DSL, kabel, serat optik, dll.).

Demodulasi (Demodulation)

Di sisi penerima menerima sinyal analog yang dikirimkan melalui jalur komunikasi. Kemudian melakukan proses demodulasi yang mengubah sinyal analog kembali menjadi data digital yang dapat dipahami oleh komputer atau perangkat penerima.

Pengiriman Data

Data digital yang telah didemodulasi dikirimkan ke komputer atau perangkat penerima untuk digunakan atau ditampilkan.

Distribusi Koneksi (Opsional)

Dalam konteks jaringan rumah atau bisnis modem dapat terhubung ke router yang mengelola distribusi koneksi internet ke berbagai perangkat dalam jaringan.

Modem memainkan peran penting dalam mengubah data digital menjadi sinyal yang dapat ditransmisikan melalui infrastruktur komunikasi fisik dan sebaliknya. Hal ini memungkinkan perangkat kita untuk terhubung ke internet dan berkomunikasi melalui jalur yang tersedia seperti jalur telepon, kabel atau serat optik sesuai dengan jenis koneksi yang digunakan.

Jenis Modem

Berikut adalah jenis-jenis yang umum digunakan saat ini.

Dial-Up Modem

Adalah salah satu jenis modem lebih tua yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke internet melalui jalur telepon konvensional. Modem ini bekerja dengan menghubungkan komputer ke saluran telepon, menghubungkan ke penyedia layanan internet melalui nomor telepon khusus dan melakukan panggilan untuk mengakses internet.

Artikel Terkait  Rekomendasi Aplikasi Website Terbaik Untuk Bangun Situs Anda

Modem Kabel

Modem kabel menggunakan kabel koaksial untuk terhubung ke jaringan internet. Modem kabel biasanya menawarkan kecepatan internet yang cepat dan stabil tetapi ketersediaannya terbatas pada area-area tertentu saja.

Modem DSL

Modem DSL menggunakan kabel telepon untuk terhubung ke jaringan internet. Modem DSL lebih umum tersedia daripada modem kabel tetapi kecepatan internet yang ditawarkannya tidak secepat modem kabel.

Modem GSM

Modem GSM menggunakan jaringan seluler untuk terhubung ke internet. Modem GSM dapat digunakan di mana saja di mana terdapat sinyal seluler tetapi kecepatan internetnya dapat bervariasi tergantung pada kondisi jaringan.

Modem CDMA

Modem CDMA juga menggunakan jaringan seluler untuk terhubung ke internet tetapi menggunakan teknologi yang berbeda dari modem GSM. Modem CDMA biasanya menawarkan kecepatan internet yang lebih cepat daripada modem GSM tetapi ketersediaannya lebih terbatas.

Modem Satelit

Modem satelit menggunakan sinyal satelit untuk terhubung ke internet. Modem satelit dapat digunakan di mana saja di dunia tetapi kecepatan internetnya biasanya lebih lambat daripada jenis modem lainnya.

Selain jenis modem di atas, ada juga modem yang lebih modern seperti modem LTE dan 5G. Modem LTE dan 5G menawarkan kecepatan internet yang sangat cepat tetapi ketersediaannya masih terbatas.

Ketika memilih modem, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan kalian. Jika kalian membutuhkan kecepatan internet yang cepat dan stabil, maka modem kabel adalah pilihan yang baik. Jika kalian membutuhkan modem yang dapat digunakan di mana saja maka modem GSM atau CDMA adalah pilihan yang baik. Jika kalian membutuhkan modem yang dapat digunakan di area di mana tidak ada jaringan internet kabel atau seluler maka modem satelit adalah pilihan yang baik.

modem

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih modem yang tepat.

  • Pertimbangkan kebutuhan kalian akan kecepatan internet. Jika kalian membutuhkan kecepatan internet yang cepat maka pilihlah modem yang menawarkan kecepatan tinggi.
  • Pertimbangkan ketersediaan jaringan internet di area kalian. Jika kalian tinggal di area di mana tidak ada jaringan internet kabel maka pilihlah modem GSM, CDMA atau satelit.
  • Pertimbangkan harga modem. Modem bervariasi dalam harga jadi penting untuk memilih modem yang sesuai dengan anggaran kalian.
Artikel Terkait  Monica AI: AI Cerdas yang Dapat Terintegrasi dengan Chrome

Kesimpulan

Modem adalah perangkat elektronik yang penting dalam menghubungkan perangkat komputer atau perangkat lain ke internet. Modem mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog yang dapat ditransmisikan melalui jalur komunikasi fisik dan sebaliknya serta mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital saat menerima data. Modem memiliki dua fungsi utama, seperti pengertiannya yaitu modulasi dan demodulasi.

Cara kerja modem melibatkan proses modulasi di mana data digital diubah menjadi sinyal analog yang sesuai dengan pola data yang ingin dikirim dan proses demodulasi di mana sinyal analog yang diterima dikonversi kembali menjadi data digital yang dapat dipahami oleh komputer atau perangkat penerima.

Selain itu, modem sering digunakan bersama dengan router untuk mendistribusikan koneksi internet ke berbagai perangkat dalam jaringan. Modem DSL, kabel dan serat optik lebih umum digunakan daripada dial-up modem karena mereka menyediakan koneksi internet yang lebih cepat dan stabil.

Beberapa jenis modem yang umum digunakan saat ini yaitu dial-up modem, modem kabel, modem DSL, modem GSM, modem CDMA, modem satelit serta modem LTE dan 5G yang lebih modern. Pemilihan modem yang tepat harus mempertimbangkan kebutuhan kecepatan internet, ketersediaan jaringan internet di daerah tertentu dan anggaran yang tersedia.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya