Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Aplikasi Android Bikin App Android Sendiri Dengan Mudah

Bikin App Android Sendiri Dengan Mudah

-

Pernah tidak Anda merasa penasaran dan mencoba mencari tahu mengenai cara untuk membuat aplikasi Android? Bagi orang awam, pasti beranggapan bahwa bikin app android sendiri merupakan hal yang mustahil untuk dilakukan. Padahal, jika mengetahuinya caranya, maka Anda bisa membuat aplikasi Android sendiri dengan mudah.

Bukannya aplikasi Android harus dibuat oleh programmer yang handal dan profesional? Hal tersebut memang benar, namun tergantung jenis aplikasi apa yang hendak Anda buat. Semisal jika Anda hendak membuat aplikasi belanja berkualitas terbaik seperti Shopee, maka Anda harus memiliki tim yang merupakan orang-orang yang mahir dan berpengalaman dalam bidang IT, desain hingga pemrograman.

android-app004

Akan tetapi, jika Anda berencana untuk membuat aplikasi Android yang sederhana, walau tidak memiliki basic bahasa pemrograman apapun, maka Anda sudah bisa membuatnya dengan mudah, yakni dengan membuat aplikasi tanpa coding. Mungkin sekarang ini Anda hanya mampu membuat dan mengembangkan aplikasi Android tanpa coding, namun bisa jadi di masa depan Anda bisa jadi seorang developer application yang ternama.

Sebab untuk bisa mahir dari membuat berbagai jenis aplikasi, rahasianya adalah dengan menguasai kemampuan programmer yang dipelajari melalui proses latihan terus-menerus. Ketika Anda tak pernah lelah belajar dan berlatih untuk membuat aplikasi Android meski kerap kali mengalami kegagalan, maka akan semakin mudah bagi Anda dalam mengembangkan aplikasi Android suatu saat nanti.

Bikin App Android Berkualitas Terbaik

android-app005

Artikel Terkait  Beda Proses Pengembangan Aplikasi Android dan iOS: Bahasa Program, Environtment Hingga Proses Rilis

Sebelum memulai proses pembuatan aplikasi Android berkualitas terbaik (dengan coding), setidaknya Anda harus mempersiapkan alat tempurnya terlebih dahulu. Berikut ini merupakan alat yang wajib Anda gunakan sebagai bekal untuk membuat aplikasi berbasis Android.

Menginstal Aplikasi JDK

Apa itu JDK? JDK merupakan kepanjangan dari Java Development Kit, yakni sebuah software yang dapat digunakan untuk melakukan kompilasi dari bahasa pemrogaraman Java ke bahasa pemrograman jenis bytecode.

·        Menginstal Aplikasi Android Studio

Dibandingkan tool pembuat aplikasi Android offline lainnya, Android Studio adalah yang terbaik. Android Studio adalah aplikasi yang memiliki IDE (Integrated Development Environment) yang difungsikan untuk melakukan pembuatan dan pengembangan aplikasi berbasis Android. Aplikasi ini dilengkapi dengan developer tools dan editor code IntelliJ dengan kemampuan terbaik. Selain itu, Android Studio juga menyediakan kelengkapan fitur yang lebih kompleks, sehingga dapat memudahkan Anda dalam membuat aplikasi Android dengan menggunakan bahasa pemrograman yang tepat.

·        Membuat Interface dan Struktur Project

Langkah awal untuk membuat aplikasi Android Anda, yakni dengan membuat interface dan struktur project. Hal ini bisa dilakukan ketika pertama kalinya Anda membuka IDE Android Studio, yakni dengan cara klik atau memilih tombol Start a new Android Studio project.

Buat Linear Layout

Linear Layout adalah sekelompok tampilan yang dibuat sejajar dalam satu arah, yakni dalam bentuk horizontal maupun vertikal. Melalui Linear Layout ini, Anda bisa mengatur dan menetapkan arah layout sesuai dengan keinginan.

Buat Relative Layout

Relative layout merupakan salah satu tampilan yang ada pada grup struktur code, yakni yang biasa digunakan untuk mengatur setiap komponen yang tersimpan di dalamnya secara relatif. Adapun contohnya, seperti ini :

<RelativeLayout xmlns:android=”http://appkey.co.id/app/res/android”

android:id=”@+id/activity_main”

android:layout_width=”match_parent”

android:layout_height=”match_parent”

android:background=”#dce02e7″>

Mengenal dan Membuat Splash Screen

Istilah splash screen digunakan untuk mendefinisikan tampilan awal pada saat Anda mencoba membuka sebuah aplikasi Android. Dengan kata lain, splash screen adalah tampilan yang pertama kali muncul sebelum menu utama. Ada banyak contoh yang menggunakan splash screen, contohnya seperti YouTube, Facebook, Twitter dan masih banyak lagi yang lainnya. Pelajaran dasar untuk membuat splash screen, adalah dengan menggunakan layout splash screen beserta code xml.

Mengenal User Interface Pada Dashboard Menu

Tampilan user interface dashboard atau menu utama harus dibuat sebagus dan semenarik mungkin, agar para user merasa tertarik dan betah berlama-lama untuk menggunakan aplikasi Android yang Anda buat.

Mengenali Webview With Progress Bar

Android Webview adalah sistem resmi dari pihak Google Chrome yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis Android yang Anda buat, yakni gunanya untuk menampilkan konten web yang sudah dipublish.

Contohnya, pada saat Anda menginginkan sebuah aplikasi Android yang bisa digunakan untuk mengakses halaman web secara langsung (tanpa perlu membuka aplikasi browser terlebih dahulu). Atau bisa juga dilakukan bagi Anda yang sudah memiliki web, sehingga Anda bisa membuat aplikasi Android untuk web, sehingga situs resmi Anda langsung bisa diakses melalui aplikasi Android tersebut.

Artikel Terkait  Aplikasi Developer Terbaik | Pembuat Aplikasi Android

Mengenali Custom Font

Pada umumnya, dalam sistem Android sudah menyediakan sistem bawaan yang bisa Anda pelajaran. Dalam hal ini, Anda tetap harus memberikan font-font yang terbaik untuk aplikasi yang hendak dibuat. Membuat font custom ternyata tidak begitu sulit, karena tingkat kesulitannya hanya ada pada pemakaian coding bahasa pemrograman java yang memang dianggap cukup rumit.

Setidaknya beberapa hal di atas tersebut yang harus dijadikan sebagai bekal yang Anda miliki ketika hendak membuat aplikasi Android berkualitas tinggi. Sebab, aplikasi berkualitas terbaik hanya bisa dibuat menggunakan coding atau bahasa pemrograman yang tepat. Agar lebih mudah dan praktis untuk memiliki aplikasi berkualitas tinggi, Anda hanya tinggal mempercayakan setiap proses pengerjaannya pada pihak yang profesional di bidang pembuatan aplikasi.

Bikin App Android Sendiri Dengan Mudah

android-app002

Masih merasa kesulitan untuk membuat aplikasi Android dengan coding? Sebagai pembanding, berikut ini akan dijelaskan cara agar Anda bisa membuat aplikasi Android dengan mudah, karena tidak perlu menggunakan bahasa pemrograman apapun, yakni melalui situs online pembuat aplikasi Android berikut ini :

Situs Appery.io

Appery.io adalah salah satu situs yang menyediakan fitur pengembangan aplikasi mobile enterprise dengan backend service yang terintegrasi dengan baik, sekaligus kaya akan kehadiran plugin API. Fungsinya adalah untuk menyederhana integrasi dengan cloud service dan sistem enterprise pada aplikasi yang hendak Anda buat.

Situs Apprery.io dapat digunakan untuk menggabungkan proses pengembangan visual dengan kemampuan bahasa pemrograman JavaScript, sehingga Anda bisa membuat aplikasi dengan cepat melalui situs ini. Saat ini situs Apprey.io populer sebagai salah satu situs pengembang aplikasi mobile terbaik di dunia. Oleh karena itu, tak heran apabila sudah 30 situs besar pernah membahas tentang Appery.io, diantaranya seperti : ComputerWorld, ChinaTimes, CloudTimes, SDTimes, TechTarget, infoTech, InfoWorld dan lain-lain.

Apabila berniat untuk bikin app android dengan menggunakan situs Appery.io, maka terdapat 5 pilihan paket yang bisa Anda pilih, yakni Starter, Standard, Pro, Premium, dan juga Enterprise. Pilihan paket tersebut dapat dipilih sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.

Walaupun situs ini dapat digunakan secara gratis, namun Appery.io tetap membatasi fiturnya, karena Anda hanya bisa mengakses sekitar 1.000.000 API call saja dengan kapasitas 1GB.

Dikarenakan terbentuk sebagai web base, maka Anda tidak perlu mendownload situs ini, karena Anda bisa langsung mengakses dan menggunakannya langsung dari web browser. Di dalamnya telah disediakan editor visual untuk melakukan drag and drop plugin untuk membangun aplikasi Android Anda dengan lebih mudah. Di situs Appery.io ini Anda juga bisa meng-export file menjadi aplikasi berbasis Android dan juga menjadi aplikasi berbasis iOS.

Situs AppMachine

Situs web base yang juga dapat digunakan untuk mendevelop aplikasi Android maupun aplikasi iOS dengan User Interface professional selanjutnya adalah AppMachine. Situs ini mudah digunakan oleh siapapun, karena di dalamnya telah disediakan fitur drag and drop yang telah dikombinasikan dengan berbagai building block yang dilengkapi oleh beragam fitur seperti informasi, foto, video, dll.

Namun yang menjadi kekurangannya adalah, AppMachine tidak dapat digunakan secara gratis. Untuk bikin app android melalui AppMachine, Anda harus mendaftar paket plus sekitar $49. Jika menginginkan paket yang paling murah, Anda bisa mendaftar seharga $19, namun nantinya paket tersebut hanya bisa digunakan untuk membuat aplikasi HTML5 saja.

Situs AppMakr

Selain dapat digunakan untuk mendevelop  aplikasi Android dan aplikasi seluler HTML5 tanpa perlu memiliki kemampuan coding bahasa pemrograman tertentu, situs AppMakr juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi iPhone dengan kreasi dan kreatifitas yang Anda miliki. Penggunaan situs ini sangatlah fleksibel, karena memang dapat digunakan oleh siapa saja, baik oleh pemula sekalipun.

Situs Appy Pie

android-app003

Tak perlu memiliki skill coding selama bisa menggunakan situs Appy Pie, karena Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat aplikasi Android. Di dalamnya telah disediakan fitur drag and drop, sehingga Anda langsung bisa membuat aplikasi dengan banyak kemudahan. Setelah selesai membuat dan mengembangkan aplikasi yang dibuat melalui situs Appy Pie, Anda bisa langsung mempublikasikannya ke Play Store maupun Apple App Store.

Appy Pie menawarkan 4 pilihan paket diantaranya : Free, Basic, Platinum dan Gold.  Untuk pilihan paket free memang disediakan secara gratis, namun penggunanya masih tetap dibatasi, karena Anda hanya bisa menggunakannya untuk membuat aplikasi HTML5 dan Android dengan fitur yang sangat terbatas. Untuk memperoleh fitur lengkap dari Appy Pie, Anda harus membayarnya sesuai dengan pilihan paket yang dipilih.

Situs Good Barber

Good Barber merupakan platform Android builder yang menyediakan aneka pilihan tema yang menarik. Terdapat sekitar 350 tema yang bisa Anda pakai untuk memaksimalkan tampilan aplikasi Android Anda. Kendati demikian, semua yang ditawarkan oleh Good Barber tidak disediakan secara gratis, karena untuk menggunakan situs ini, Anda harus membayar sekitar $32 s/d $200 per bulannya.

Dari sini dapat disimpulkan, bahwa untuk bikin app android sendiri dengan mudah, Anda dapat menggunakan dua metode. Yang pertama adalah dengan menggunakan native coding atau dengan mengkode bahasa pemrograman java secara manual melalui aplikasi Android Studio. Dan yang kedua adalah, dengan aplikasi Android dengan menggunakan platform pihak ketiga seperti Appery.io, Good Barber dan lain-lain.

Diantara kedua metode tersebut, lebih aman mana? Dari segi keamanan dan kualitas, membuat aplikasi dengan bantuan platform pihak ketiga akan sangat beresiko sekali, karena aplikasi yang dihasilkan hanya sebatas berkualitas sederhana. Tak hanya itu, aplikasi tersebut akan tercipta dengan banyak bug, sehingga dalam proses pengembangannya dan perilisannya akan terdapat banyak sekali permasalahan, terutama dalam hal keamanan.

Jika ingin memiliki aplikasi Android berkualitas dengan mudah dan tanpa ribet, maka ambil jalan tengahnya saja, yakni dengan menggunakan layanan jasa pembuatan aplikasi Android misalnya dengan menggunakan jasa pembuatan aplikasi yang kami sediakan. Melalui jasa profesional, Anda tidak akan dipusingkan dengan coding-coding yang rumit. Cukup duduk manis dan menunggu hingga aplikasi Anda siap digunakan.

Artikel Terkait  Pentingnya Tindakan Pembaruan Terhadap Aplikasi

Bikin App Android Menggunakan Jasa Pengembang

Ketika ingin segera memiliki aplikasi Android dengan mudah dan dengan jaminan kualitas tinggi, maka solusi yang paling tepat adalah, memesannya dari perusahaan pengembang. Mengapa menggunakan jasa mereka adalah pilihan yang layak untuk dicoba, berikut beberapa alasannya:

Berpengalaman

Dalam urusan bikin app android berkualitas terbaik, tidak ada yang lebih paham daripada perusahaan-perusahaan tersebut. Apalagi jika perusahaan yang Anda pilih adalah yang sudah berpengalaman. Tentunya kualitas yang mereka hasilkan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Profesional 

Perusahaan pengembang juga biasanya tahu bagaimana bikin app android maupun yang profesional. Begitupun tahu bagaimana bekerja secara profesional untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

Memberikan jaminan mutu

Sebagai seorang yang profesional, kita sudah tidak perlu lagi meragukan mutu dari perusahaan yang kita gunakan dalam membikin app android untuk meningkatkan performa perusahaan kita. Perusahaan-perusahaan IT yang menyediakan layanan pembuatan aplikasi biasanya menyediakan jaminan mutu untuk setiap produk yang mereka hasilkan untuk klien. Sehingga Anda tidak perlu khawatir terhadap aplikasi yang Anda pesan.

Demikian tadi ulasan kami tentang cara bikin app android sendiri dengan mudah. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu di tulisan kami selanjutnya.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya